Re: [astro_indonesia] Tantangan Astronomi

  • Adi Nugroho
    Message 1 of 9 , Mar 3, 2003

      Terima kasih kepada semua rekan yg menjawab (Tri Laksmana & Goteng) meskipun tantangan tersulitnya nggak terjawab.

      Masa nggak ada sih yg bisa melukiskan secara universal GST itu yach? jadi meskipun bumi itu kaya gasing tapi kan harusnya ada satu rumus GST yg bisa mentransformasikan itu semua.

      salam,

      Adi Nugroho

      Do you Yahoo!?
      Yahoo! Tax Center - forms, calculators, tips, and more
    • Novi Irawan
      Message 2 of 9 , Mar 4, 2003
        HA di dalam rumus itu maksudnya LHA bukan?

        LHA = GHA(aries) - RA + Lon +360 derajat

        untuk Azimuth rumus yang saya punya:
        tan (Az*) =
        (-sin(LHA)/((((cos(phi))*(tan(dec)))-((sin(phi))*(cos(LHA))))

        dengan Az= Az* jika sin(LHA) <= 0
        = 360 - Az* jika sin(LHA) > 0

        saya nge-cross check dengan catatan saya. cmiiw, soale saya juga bukan
        anak astronomy tapi kebetulan tugas akhir saya dulu berhubungan dengan
        beginian.

        btw, tolong dong kasih alamat pudak scientific, mungkin saya juga mo
        blanja-blanji :)

        good luck buat tugasnya. kasih tau kalo udah jadi :)

        -ech-

      • Tri Laksmana
        Message 3 of 9 , Mar 7, 2003
          --- Novi Irawan <ni@...> wrote:

          > HA di dalam rumus itu maksudnya LHA bukan?

          Iya. Khan sistem alt-az itu sistem lokal, jadi
          pastinya HA yang dimasukkan adalah HA lokal.

          Ciao,

          =====
          Message 4 of 9 , Mar 7, 2003
            --- Adi Nugroho <steveadinegoro@...> wrote:
> [...]
            > universal GST itu yach? jadi meskipun bumi itu kaya
            > gasing tapi kan harusnya ada satu rumus GST yg bisa

            Kalau mau dicari sih ada, tapi mungkin ketelitiannya
            gak akan bagus, karena jam sideris itu ditentukan oleh
            gerak gasing bumi (yang kecepatannya tidak konstan
            karena dipengaruhi oleh presesi dan nutasi),
            kemiringan ekliptika (tak konstan walaupun geraknya
            sedikiiiiiiiiiiitttt sekaliiii) dan juga oleh gerak
            revolusi bumi (yang juga tidak konstan).

            Rasa-rasanya sih kalau kita mau menginterpolasi rumus
            umum GST dari kedua komponen tadi (dan komponen2
            lainnya yang jadi penyebab) yang berlaku untuk kapan
            saja, ketelitiannya tidak bagus (barangkali lhooo).
            Namun, untuk rentang waktu tertentu, bisa saja.

            Dari Astronomical Almanac thn 2003 neh, ada rumus umum
            GMST (Greenwich Mean Sidereal Time/Waktu Sideris
            Rata-Rata di Greenwich) untuk jam 0h UT (UT =
            Universal Time atau sebenernya adalah GMT/Greenwich
            Mean Time) yang berlaku untuk seluruh waktu:

            GMST = [24110.54841 + (8640184.812866*T) +
            (0.093104*(T^2)) - ((6.2*(10^(-6)))*(T^3))] detik

            yang mana

            T = selang waktu sesudah 1 Januari 2000 jam 12h UT,
            dalam satuan abad Julian (1 Abad Julian = 36525 hari)

            jadi

            T = (JD - 2451545.0)/36525

            Sementara JD sendiri adalah Julian Day yaitu jumlah
            hari yang sudah berlalu semenjak Tengah hari Tanggal 1
            Januari 4713 SM. Untuk sepanjang tahun 2003, JD pada
            0h UT adalah:

            JD = 2452639.5 + (jumlah hari sejak 1 Januari 2003
            hingga tanggal yang ingin dicari JD-nya).

            (Sebenernya udah ada rumus umum JD untuk waktu
            kapanpun, tapi lebih panjang. Nanti gua kasih deh,
            saat ini gua lagi gak bawa bukunya)

            Ada juga rumus GMST yang berlaku untuk sepanjang tahun
            2003, pada hari d dan jam t GMT:

            GMST = [6.6167774 + (0.0657098245*d) + (1.00273791*t)]
            jam

            di mana:

            d = jumlah hari sejak 1 Januari 2003 hingga tanggal
            penentuan

            t = jam penentuan. Boleh pake desimal untuk
            memperhitungkan menit dan detiknya.

            Ini semua untuk GMST lho alias Waktu Sideris Rata-rata
            Greenwich di mana asumsinya adalah Bumi bergerak
            dengan kecepatan konstan. Kalau mau mencari GAST
            (Greenwich Apparent Siderial Time) atau Waktu Sideris
            Tampak Greenwich, lebih rumit karena memasukkan
            komponen Nutasi, Kemiringan rata-rata Ekliptika (Tak
            Konstan), dan posisi Bulan. Lebih panjang dan
            mengerikan.

            There you have it.

            Ciao,

            =====