Re: [astronomi_indonesia] New member and mo nanya....

  • Edwards
    Message 1 of 3 , Mar 1, 2009
      'Alaikum salam wr wb.

      1. Sayang pak Kolopaking tidak menyebutkan hari dan jam berapa melihat
      3 bintangnya. Tapi saya duga itu adalah 3 bintang di rasi Orion:
      Alnitak - Alnilam - Mintaka.

      2. Saya rasa ada 2 faktor:
      -- faktor alami: cahaya bintang yang kita lihat sangat dipengaruhi
      oleh atmosfer bumi, istilah astronominya "seeing". Semakin tipis
      atmosfer, semakin bagus kualitas cahaya bintang yang kita lihat.
      Dataran tinggi atmosfernya lebih tipis daripada di dataran rendah,
      itulah sebabnya observatorium umumnya dibangun di dataran tinggi atau
      di puncak gunung.
      --faktor non alami: Bekasi memiliki tingkat polusi cahaya yang lebih
      buruk ketimbang Purwakarta. Di daerah yang lebih banyak lampu, cahaya
      bintang lebih sulit terlihat. Belum lagi polusi udara, mengingat
      Bekasi adalah kawasan industri.

      --
      "The hardest part was letting go not taking part" (Coldplay - The Hardest Part)

      Edwards Taufiqurrahman
      http://www.edskywalker.co.cc
    • Mr. Kolopaking Al Kebumaini
      Message 2 of 3 , Mar 1, 2009

        Saya melihatnya setelah jam 20.00, terkadang saat subuh terlihat sangat terang. O ya saya pernah juga melihat kelebatan cahaya terang yang terjadi cuma beberapa detik. Saya menduga, itu semacam meteor jatuh. Memang di Bekasi, polusi udaranya sudah parah, kalau di Purwakarta (Kp. Bojong), pemandangan langit sangat menakjubkan. Eniwei buswei, terima kasih mas Edwards atas infonya.

        regards

        Irawan
        Dari: Edwards <edwards.taufiqurrahman@...>
        Topik: Re: [astronomi_indonesia] New member and mo nanya....
        Kepada: astronomi_indonesia@yahoogroups.com
        Tanggal: Minggu, 1 Maret, 2009, 9:13 PM

        2009/2/28 Mr. Kolopaking Al Kebumaini <cah_kebumen94@ yahoo.co. id>

> [...]

        --
        "The hardest part was letting go not taking part" (Coldplay - The Hardest Part)

        Mencari semua teman di Yahoo! Messenger?
        Undang teman dari Hotmail, Gmail ke Yahoo! Messenger dengan mudah sekarang!