Meteor shower , Burung Ababil dan Batu Neraka (api)

  • Miyamoto Musashi
    Message 1 of 7 , Dec 1, 2002
      Numpang nanya dikit nich...mumpung masih dalam suasana Ramadhan akhir.

      November 1998 kemaren di daratan cina dihebohkan dengan penampilan Leonid shower. Waktu itu puluhan ribu meteor masuk ke atmosfer bumi dan menimbulkan pemandangan indah di atas Tembok Cina, dan menurut Bang Ferry simatupang sektiar tahun 1833 (di Inggris?)juga pernah terjadi hujan meteor serupa namun saat itu masyarakat panik dan dikira kiamat karena pengetahuan manusia saat itu belum mengerti tentang meteor shower.

      Pertanyaan saya, dalam sejarah Islam, diceritakan bahwa saat Rasulullah SAW lahir, Ka'bah diserang oleh tentara gajah pimpinan Abraha, saat itu mereka musnah karena dijatuhi ribuah batuan berapi dari neraka yang dibawa oleh burung Ababil, nah mungkinkan fenomena ini merupakan peristiwa meteor shower (belum tentu Leonid)?. Dan dapatkah kita menyamakan Ababil dengan Pheonix si burung api? atau dengan kata lain saat itu terjadi hujan teteor yang radiannya berasal dari rasi Phoenix.

      Mungkin ada rekan-rekan di Astro.. yang dapat menjelaskan fenomena ini, baik secara ilmiah-astronomi maupun secara ke-islaman.

      Terima kasih
      Mars

      Get 25MB, POP3, Spam Filtering with LYCOS MAIL PLUS for $19.95/year.
      http://login.mail.lycos.com/brandPage.shtml?pageId=plus&ref=lmtplus
    • Ferry M. Simatupang
      Message 2 of 7 , Dec 2, 2002
        > Pertanyaan saya, dalam sejarah Islam, diceritakan bahwa saat Rasulullah SAW lahir, Ka'bah diserang oleh tentara gajah pimpinan Abraha, saat itu mereka musnah karena dijatuhi ribuah batuan berapi dari neraka yang dibawa oleh burung Ababil, nah mungkinkan fenomena ini merupakan peristiwa meteor shower (belum tentu Leonid)?. Dan dapatkah kita menyamakan Ababil dengan Pheonix si burung api? atau dengan kata lain saat itu terjadi hujan teteor yang radiannya berasal dari rasi Phoenix.

        menjawab pertanyaan yang berkaitan dengan agama-sains ini cukup tricky.
        apalagi dalam forum yang heterogen. :)
        kalo menurut saya pribadi, itu bukan hujan meteor. kalo memang hujan meteor,
        mengapa hanya lokal saja (hanya tentara yang 'diserang')?
        hujan meteor berasal dari partikel komet yang kecil-kecil (seukuran pasir
        sampai 1-2 cm) dan mudah hancur dalam atmosfer. kemungkinan samapi
        kepermukaan adalah kecil. biasanya habis pada ketinggian 50 km (!). jadi
        kelihatannya tidak mungkin bahwa hujan meteor (seperti yang kita kenal!)
        adalah yang menghancurkan tentara abrahah.

        salam,

        ferry m. simatupang

        ===============================
        the universe is my home

        Ferry's Astronomy Page
        http://www.as.itb.ac.id/~ferry/
        ===============================
      • Tri Laksmana
        Message 3 of 7 , Dec 3, 2002
          Betul tuh Pak Ferry. Ini persoalannya karena ini
          interpretatif aja. Modal kita cuman ayat-ayat atau
          cerita yang bebas diinterpretasikan.

> [...]
          > menyamakan Ababil dengan Pheonix si burung api? atau
          > dengan kata lain saat itu terjadi hujan teteor yang

          Meteor Shower? Likely...
          Kalo menurut gua sih tentara si abrahah kaget dan
          ketakutan makanya kabur. Maklum yang mau diancurin
          adalah rumah ibadah dan ketika ada peristiwa
          "supernatural" nongol karuan aja pada takut semua.
          Atau gajahnya kali yang panik, karena gak pake penutup
          mata macam kuda. But then again, gak ada record yang
          bisa menjadi data tambahan selain yang ada di Quran.

          Sudah pernah baca artikel tentang bintang bethlehem
          waktu kelahiran Yesus (Hehehehe....mumpung mau natalan
          nih)? Dalam QJRAS (Quarterly Journal of Royal
          Astronomical Society - Jurnal Triwulan Perkumpulan
          Astronom Kerajaan) nomor berapa gitu (tahun
          tujuhpuluhan kalo gak salah) pernah dibuat artikel
          yang menjelaskan fenomena tersebut. Dengan
          ngitung-ngitung peredaran planet-planet, sekelompok
          orang mendapatkan data bahwa bintang yang memandu tiga
          raja ke Bethlehem adalah Planet Venus dan Planet
          Jupiter yang pada waktu itu lagi berdekatan sekali
          sehingga tampak seperti satu objek dengan magnitudo
          gabungan yang tentu saja lebih terang dunx. Dan kalau
          dihitung, terjadinya fenomena ini berdekatan tentang
          perkiraan waktu kelahiran Yesus yang diperkirakan
          ahli-ahli sejarah. Saya lupa jelasnya entar deh saya
          baca lagi, okeh.

          Ciao,

          =====
          Tri Laksmana
          http://mailplus.yahoo.com
        • felisiana
          Message 4 of 7 , Dec 7, 2002
            eh, mo numpang nanya nih, k-lo boscha itu terbuka untuk
            umum nggak sih? trus, k-lo iya, kapan dibukanya?
            terakhir, met iedul fitri 1423 hijriah!!
          • Tri Laksmana
            Message 5 of 7 , Dec 8, 2002
              --- felisiana <malaikatbiru@...> wrote:
              > eh, mo numpang nanya nih, k-lo boscha itu terbuka
              > untuk
              > umum nggak sih? trus, k-lo iya, kapan dibukanya?

              Terbuka untuk umum tapi pada waktu-waktu tertentu saja
              dan harus konfirmasi dulu sama Tata Usaha di sana.
              Untuk jelasnya, telepon saja 022 - 2786001.

              Ciao,

              =====
              Tri Laksmana
              http://mailplus.yahoo.com
            • Ferry M. Simatupang
              Message 6 of 7 , Dec 9, 2002
                > eh, mo numpang nanya nih, k-lo boscha itu terbuka untuk
                > umum nggak sih? trus, k-lo iya, kapan dibukanya?
                > terakhir, met iedul fitri 1423 hijriah!!

                ya, bosscha terbuka untuk umum. tapi ingat, bosscha bukan museum atau
                planetarium. jadi tidak dedicated untuk menrima kunjungan, meski punya
                program menyebarkan ilmu astronomi. bosscha adalah lembaga penelitian (!).
                kalo mau berkunjung, silakan mendaftar dahulu. tanggalnya akan ditetapkan
                lewat pendaftaran, tidak bisa langsung datang untuk mendaftar dan sekaligus
                berkunjung, karena perlu dijadwalkan waktu kunjungan dan siapa yang akan
                menerimanya.
                semenjak pertengahan paroh pertama tahun 2002, kunjungan di bosscha mulai
                dikenakan biaya. untuk lebih jelas, silakan baca ini:

                http://www.as.itb.ac.id/~ferry/IndoAstro/Bosscha/Bosscha.html
                http://www.as.itb.ac.id/~ferry/IndoAstro/Bosscha/VisitingRules.html

                dan silakan telepon/fax/email ke tata usaha bosscha untuk keterangan lebih
                lanjut

                salam,

                ferry m. simatupang

                the universe is my home