Re: [astronomi_indonesia] KOREKSI BOLOMETRIKS (BC) negatif

  • Denny M.
    Message 1 of 4 , Sep 30, 2007
      sebelumnya aku perlu tau dulu nih, rumus BC (bolometric correction) yang dipake itu yang mana karena nyatanya antara kalangan astronom sendiri ada 2 versi, yaitu M(bol) = M (v) - BC atau M(bol) = M(v) + BC.

      klo di buku " introduction to stellar astrophysics" yang dipake itu rumus yang pertama. tapi klo cari2x di internet justru malah banyak yang pake rumus kedua. perlu diketahui sebelumnya, M(bol) adalah magnitudo mutlak bintang pada seluruh panjang gelombang, yaitu dari far infrared sampai extreme ultraviolet. M(v) adalah magnitudo mutlak bintang pada panjang gelombang visual. dengan demikian, luminositas bintang pada seluruh panjang gelombang akan "jauh" lebih besar daripada luminositas pada gelombang visual saja. akibatnya, M(bol) akan bernilai lebih kecil daripada M(v).
      pertama, kita bahas dulu rumus yang pertama. BC bernilai negatif biasanya terjadi pada bintang maharaksasa tapi dengan temperatur permukaan seperti matahari (~ 6000 K). bintang bertemperatur ~6000 K luminositasnya dominan di daerah visual maka nilai M(v) pun cenderung kecil bahkan kadang lebih kecil daripada M(bol). jadi ga aneh 'kan klo BC jadi negatif pada jenis bintang tertentu.

      untuk rumus yang kedua, selalu disebutkan BC hampir selalu bernilai negatif. alasannya ya karena nilai M(bol) hampir selalu lebih kecil dari M(v). karena (lagi) luminositas pada seluruh panjang gelombang hampir selalu lebih besar daripada daerah visual. dan BC bernilai positif pada bintang maharaksasa bertemperatur ~ 6000 K.

      yah...segitu dulu. lain kali klo sempat dilanjutin lagi. soalnya masih ada yang kurang, yaitu tentang mekanisme gimana caranya luminositas visual bisa lebih besar daripada luminositas bolometrik. harus baca2x lagi nih.

      Message 2 of 4 , Oct 3, 2007
        Halo d_ace_shines,

        Bener apa yang di bilang Denny, ada dua rumus yang digunakan untuk mengkoreksi magnitudo bolometrik. Apapun rumusnya, pada prinsipnya, M_bol harus lebih kecil atau sama dengan M_V. BTW yang kamu maksud dengan "pengertian BC" itu apa ya?

        M_V bukan magnitudo visual, tapi magnitudo yang diukur menggunakan filter V (seperti pada filter UBV). Pita ini sempit sekali sementara untuk sistem ideal benda hitam akan lebih besar lagi dari filer V. Karena itu ketika dilakukan koreksi magnitudo untuk seluruh panjang gelombang, M_bol, didapatkan harga yang lebih kecil. Ingat, semakin kecil harga magnitudo maka semakin cemerlang objeknya.

        Jadi, apapun tandanya, ingat M_bol lebih kecil dari M_V. Semoga terbantu.

        Anton W.

        From: d_ace_shines <d_ace_shines@...>

[...]

        Yahoo! oneSearch: Finally, mobile search that gives answers, not web links.
      • d_ace_shines
        Message 3 of 4 , Oct 11, 2007
          saya baca di buku MENUJU OIMPIADE ASTRONOMI jilid 1. hal 59, ada
          beberapa binang yang memiliki BC negatif, padahal di buku ini juga
          disebutkan(rumus yang dipakai) Mv - Mbol = BC. kalau BC dapat bernilai
          negatif, artinya Mbol dapat lebih besar dari Mv(dengan kata lain lebih
          lemah dari bagian V-nya)apa mungkin energi yang dipancarkan bintang
          pada panjang gelombang V lebih besar dari energi yang dipancarkan pada
          SELURUH panjang gelombang?