Mohon Penjelasan Matematika

  • pranoto rusmin
    Message 1 of 7 , Aug 31 8:24 PM
      Salam kenal pada teman2 semua....

      Baru 2 hari ini saya gabung, karena ada hal berkaitan dengan astronomi, yang belum dapat saya cerna.

      Mohon penjelasan teman2 tentang dua hal ini;

      1.  satu tahun Masehi (matahari) adalah 365-366 hari, yang berdasarkan pada siklus pergerakan semu Matahari melewati titik vernal equinok dua kali berturut-turut, yang lamanya rata-rata adalah 365, 242199 hari. [http://langitselatan.com/2007/06/08/kalender-masehi/].
      Apakah teman2 ada yang pernah membuktikannya?

      Saya coba menghitung dari sisi lain. Bumi mengelilingi matahari selama 12 bulan. Tiap bulan (dalam kalender bulan) 29-30. Jadilah lama satu tahun 354-355 hari. Bumi,matahari, dan bulan dalam diskusi ini kan sama. Jadi, tidak mungkin ada 2 pernyataan, satu tahun=lama bumi mengelilingi matahari 365-366, yang satu menyatakan 354-355?
      Mohon masukannya, kalau2 saya salah berpikir.

      2. Gerhana matahari ada 4 jenis (yag saya tahu): total,parsial,hibrid, dan annular. Apakah ada di antara teman2 yang memiliki perhitungan matematisnya, kapan pasti terjadi total, kapan parsial, dan sebagainya.

      Itu dulu saja yang ingin saya tanyakan. Tks atas perhatian teman2.

      Salam

      Pranoto

      Real people. Real questions. Real answers. Share what you know.
    • Adi Nugroho
      Message 2 of 7 , Sep 2, 2007
        saya coba bantu jawab:

        1. Satu Tahun Masehi adalah lamanya Bumi mengitari Matahari hingga persis 360º. Satu Tahun Bulan (Qomariyah) adalah lamanya Bulan mengitari Bumi 12 kali.

        Cara membuktikan Satu Tahun Masehi 365 1/4 hari sangat mudah. Cobalah ambil 1 waktu dalam 1 tahun, misalnya 31 Desember jam 20:00 tepat. Ambil 1 benda langit, misalnya bintang Betelgeuse di rasi Orion dan hitunglah seteliti mungkin berapa derajat tingginya dari horizon (bisa menggunakan oktans, sektans, atau astrolabe). Bandingkan tahun berikutnya, berikutnya, dan berikutnya lagi. Akan tampak ada sedikit pergeseran ke satu arah dan pada tahun kabisat dikembalikan lagi. Polanya kira2 akan tampak seperti ini:
                                  x2007
               x2008
                     x2009
                           x2010
                                  x2011

        Perihal Satu Tahun Bulan, lebih mudah lagi. Hanya menghitung ada berapa hari dalam satu putaran Bulan dan jumlahkan hingga 12 kali.

        2. Perihal itu saya rasa hitungannya rumit sekali kalau dibuat secara matematis. Lebih baik kita gunakan yg sudah ada di http://sunearth.gsfc.nasa.gov/eclipse/eclipse.html
        Sekadar utk diketahui, tidak semua hitungan dibuat secara matematis, tapi lebih secara empirik (berdasarkan pengamatan atau eksperimen).

        salam astronomi,

        Adi Nugroho

[...]

        Looking for a deal? Find great prices on flights and hotels with Yahoo! FareChase.
      • Edwards
        Message 3 of 7 , Sep 2, 2007
          Saya coba jawab ya. Mudah2an bisa membantu.

          Gerakan rotasi dan revolusi bumi sebenatrnya bukan sebuah perkara
          yang begitu sederhana. Dia agak rumit karena bumi tidak bulat
          sempurna, rotasinya mengalami presesi dan orbit bumi mengelilingi
          matahari berbentuk elips.

          Jadi untuk perhitungan kalender, yang digunakan adalah pendekatan.
          Misalkan bumi bulat, parameter presesinya sekiat, eksentrisitas orbit
          sekian dsb.

          Ada beberapa istilah :
          Satu tahun sideris --> lama pergerakan semu matahari dari titik
          vernal equinoks hingga kembali ke vernal equinoks.
          Satu tahun tropis --> lama pergerakan "matahari semu" dari vernal
          equinox hingga kembali ke vernal equinox.

          Saya coba sedikit memberi 'pelurusan'. Saya belum bisa memberikan
          perhitungan matematis karena kudu baca catatan kuliah sistem kalender
          dulu :) . Mungkin yang lebih berpengalaman dengan kalender seperti
          pak Ma'rufin dan pak Mutoha bisa membantu lebih banyak :)

          Perhitungan kalender bulan dan kalender matahari itu berbeda.
          Kalender matahari menggunakan patokan gerak semu matahari, yakni
          gerak matahari sejak dari titik vernal equinox hingga kembali ke
          vernal equinox. Lamanya 365,2422 hari. Hal ini sudah dihitung oleh
          manusia sejak zaman peradaban Mesopotamia.

          Kalender bulan itu memakai patokan fase bulan. Yang dimasksud "satu
          bulan" adalah lama waktu fase bulan baru ke bulan baru berikutnya.
          Lamanya sekitar 29,xxxx hari (maaf lupa persisnya).

          Jadi tidak bisa digeneralisasi bahwa satu tahun matahari dan satu
          tahun bulan itu sama. Parameternya beda, angka-angka yang digunakan
          beda, bagaimana mungkin bisa disamakan begitu saja? Kalau kalender
          bulan dan kalender matahari digabungin itu bisa (contoh kalender
          Cina), tapi kalo disamakan ya nggak mau.

          --- In astronomi_indonesia@yahoogroups.com, pranoto rusmin
          <pranotohr@...> wrote:

> [...]
          parsial, dan sebagainya.

          > Itu dulu saja yang ingin saya tanyakan. Tks atas perhatian teman2.

        • Emanuel Sungging
          Message 4 of 7 , Sep 3, 2007
            Pak Pranoto,

            Untuk nomer satu, angka 365,24 sekian-sekian hari itu
            diperoleh dari pengamatan bila ada satu bintang di
            posisi tertentu diamati, maka pada suatu saat kemudian
            bintang tersebut harus berada lagi di posisi yang sama
            (berdasarkan pengamatan yang seteliti mungkin), maka
            angka itu yg diperoleh.

            Mengenai sistem kalender, ada sistem kalender
            matahari, ketika Bumi berevolusi mengelilingi
            Matahari, maka angka yang muncul adalah 365-366, dan
            tahun kabisat itu adalah pembulatan dari angka 0,24
            tadi.

            Sistem kalender bulan didasarkan pada fase kemunculan
            bulan, dari bulan baru, purnama, mati sampai bulan
            baru lagi, tanpa memandang bagaimana bumi berevolusi
            mengelilingi matahari. Kalau memperhitungkan keduanya,
            dikenal sebagai kalender lunisolar.

            Mengenai perhitungan gerhana, bisa diperoleh dari
            buku-buku, salah satu buku yang saya rekomendasikan
            adalah Astronomical Algorithm oleh Jean Meus

            Astronomical Algorithms ,by Jean Meeus
            Hardcover: 477 pages
            Publisher: Willmann-Bell; 2nd edition (December 1998)
            Language: English
            ISBN-10: 0943396611
            ISBN-13: 978-0943396613

            disitu tidak hanya soal gerhana, tapi banyak
            aspek-aspek dasar perhitungan astronomi, terutama bwat
            teman2 yg hobi pemrograman, atau pengajar matematika,
            fisika dengan penerapan di astronomi, bisa sangat
            bermanfaat.

            tabik,

            [http://langitselatan.com/2007/06/08/kalender-masehi/%5d.
> [...]
            >
            > Pranoto
            >

            > ---------------------------------
            >
            > Real people. Real questions. Real answers. Share

            Yahoo! Answers - Got a question? Someone out there knows the answer. Try it
            now.
            http://uk.answers.yahoo.com/
          • pranoto rusmin
            Message 5 of 7 , Sep 7, 2007
              Thanks to Pak Emanuel Sungging atas informasinya, saya pelajari dulu.

              Message 6 of 7 , Sep 7, 2007
                Terima kasih pak Edwards atas penjelasannya. Saya pelajari dulu.

                Message 7 of 7 , Sep 7, 2007
                  Tks pak Adi Nugroho atas penjelasannya. Saya pelajari dulu.

                  Real people. Real questions. Real answers. Share what you know.