Re: [astronomi_indonesia] Re: Bikin Buku Astronomi

  • harnanto
    Message 1 of 26 , Mar 31, 2007
      kalau ada yang bisa saya bantu,
      no telp saya : 021-711000611
      atau e-mail : nantovco@...
      terima kasih atas kepercayaannya.

      Quoting Dhany Dewantara <dhanyd@...>:

      > Qt juga brp kali mo bikin. Tp ternyata susah banget
      ngeluangin waktu untuk
      > nulisnya. Semoga dengan melihat antusias teman2
      milis ini, qt bs lebih
      > termotivasi utk ngeluangin waktu sejenak, di tengah
      kesibukan masing2.
      > Rekan2 qt di bdg jg ada yg sedang menyelesaikan buku
      astronominya lho..
      > jadi
      > qt tunggu aja. Semoga diberi kemudahan.
      >
      > Pak Harnanto.. boleh dong qt japri2an utk bicarakan
      mengenai tawaran
      > percetakan anda.
      >
      > Mas taruma, iya bner.. qt jg stuju klo dibikin versi
      e-book/magazine.. ini
      > hanya bisa ditujukan untuk paperless society donk..
      sekelas kota2 besar
      > saja.. kasihan yg di daerah yg ga punya akses
      internet, bahkan ga punya
      > komputer.. apalagi laptop yg kyk tukul dan
      diperebutkan Anggota Dewan.

      > Btw, teman2 qt sedang bikin agregator web (dlm
      bentuk blog) untuk komunitas
      > astronomi di Indonesia.. Nama yg kami sepakati
      adalah langitselatan.com.
      > Rada sepihak sih.. tanpa ngumumin ini ke komunitas
      dulu. Tp semoga tidak
      > membuat teman2 merasa dilangkahi, karena kami rada2
      mikir jg klo
      > difloorin..
      > ntar ga slesai2 diskusi nama. Wong qt aja wkt godok
      nama ini dgn otak 5 org
      > ngabisin 2-3 hr kok.. gmn klo minta seabrek org
      ngusulin nama.. kapan
      > selesainya.
      > Skrg sedang dalam proses pengerjaan, maintenance
      dsb. semoga minggu dpn
      > sudah bs full operated. Minta dukungannya ya..
      Teman2 HAAJ, JAC yg sudah
      > punya blog.. minta bantuannya ya untuk menyuburkan
      komunitas qt.

      > 1 more thing.. ada acara heboh bulan agustus yg
      sedang qt godok bersama2.
      > Kami juga membutuhkan bantuan dari teman2 himpunan
      astronomi se-Indonesia,
      > karena ini bisa dibilang acara besarnya komunitas se-
      Indonesia. Mohon

      <t4rum4@...> wrote:

> [...]
      pk e-book ato lebih
      > keren
      > saya
      menurut saya (mo lihat di
      klo blon ada, sibuk
      > nihh
      mo bwat. sambil menambah

      Sholahuddin Noorazmy

      menulis buku tentang
      iya, barangkali ini
      > menjadi
      sejak dini.

      _____________________________

      > --
      > --
      > Dhany Dewantara
      > Email : dhanyd@...
      > Personal blog : kayanganku.wordpress.com
      > Upcoming aggregator astronomy community :
      langitselatan.com

    • harnanto
      Message 2 of 26 , Mar 31, 2007
        ok deh kk

        Quoting Adam Badra Cahaya <adambadra@...>:

        > klo dah jadi upload,ya!

        mencetak

        _
        Pleasures list.

      • herozero_18
        Message 3 of 26 , Apr 1 9:05 PM
          boleh juga tuh idenya
          biar bangsa kita tambah cerdas dan gak ketinggalan berita
          kalau bisa bukunya diberikan kepada yang kurang mampu jadi di sini
          kita juga cari donatur kalau bisa untuk invest, gimana ada yang setuju
        • Dhany Dewantara
          Message 4 of 26 , Apr 1 11:08 PM
            Betul pak.. 1+7 = Satujuh.. skrg ini qt lg ngjalanin bbrp program utk fund raisingnya.. semoga lancar nih.. biar ga menghilangkan element of surprise dr program qt, nanti qt bahas via japri aja ya..

            Terima kasih

            On 3/31/07, Adi Nugroho <steveadinegoro@... > wrote:

            Sekadar saran aja ya, belajar dari manajemen keuangan Centaurus, alangkah baiknya jika portal langitselatan.com juga memikirkan fund raising yg mencukupi & lebih realistis dgn maksud untuk bisa mengembangkan ke arah yg lebih baik. We live in a material world man!!!
            salam astro

            -Adi-
            Mutoha <jogja_astroclub@yahoo.com> wrote:
            Menanggapi fenomena lahirnya "Komunitas Virtual Astronomi Indonesia" yang bakal muncul dari Bandung ini ( langitselatan.com ) kami seluruh crew JAC mendukung sepenuhnya dan siap dimintai bantuan dalam bentuk apapun (Insya Allah). Pertemuan non formal dengan bbrp anggota kemaren sudah kita sosialisasikan dan semuanya mendukung.

            Kami berharap portal ini akan bisa menggantikan Centaurus paling tidak atau justru bisa lebih baik. Berharap portal juga dapat menyediakan source2 astronomi secara komplit baik dalam bentuk e-book2, aneka astro digital imaging, artikel2, tips2, software2, sejarah tokoh2 astro nasional, soal2 & pembahasan olimpiade astro, forum diskusi astro, laporan & jurnal astro indonesia tmsk club2, kalender event astro bulanan/tahunan. dsb2  pokoknya serba astro. Nah kalo perlu milis juga nanti boyong kesana sekalian. Mengenai nama sudah oke juga. Nah yg penting seberat apapun beban kalo yg ngangkat org banyak menjadi ringan.... ya gak?

            Hidup Astronomi Indonesia.
            itu dulu ya mas dhan..ntar malah bingung..

            Salam,

            Mutoha

            Finding fabulous fares is fun.
            Let Yahoo! FareChase search your favorite travel sites to find flight and hotel bargains.

            --
            Dhany Dewantara
            Email  : dhanyd@...
            > Upcoming : langitselatan
          • nggieng
            Message 5 of 26 , Apr 2 2:14 AM
              setuju dgn pendapat bung adi, tapi kalau mau lebih 'serius' &
              'profesional', harus-nya mulai belajar memisahkan urusan 'manajemen' &
              'akademis' , yang artinya, anak2 astro biarin aja ngurusin urusan yang
              ilmiah2nya; sementara untuk jalannya perusahaan , percayakan saja sama
              orang2 yg beneran ngerti manajemen.

              Gak salah sih kalo misalnya anak astro jg mau ikut terjun di manajemen,
              bagus malah, tapi ya harus konsentrasi disitu, dan keputusan satu sisi
              dengan sisi yang lain adalah saling independen. Keputusan manajemen ya
              keputusan manajemen, keputusan redaksional ya keputusan ilmiah. Kalau
              semua-nya diborong sendiri?

              Gak usah jauh2 dech .. majalah Centaurus ajah, materi ilmiah banyak, tiap
              hari ada, blog tentang astronomi di tulis terus & tiap hari ada yang baca.
              Nyata-nya? koq Centaurus yang baru gak terbit2? Sorry, bukannya pengen
              meng-kritik, tapi, sekedar urun pikiran, majalah koq gak ada iklan?

              Jadi, moral cerita-nya adalah, kalau mau belajar profesional, harus berani
              singsingkan lengan baju & nyemplung di dunia nyata. Dunia nyata itu kejam,
              keras & butuh keuletan. Dan iklan adalah salah satu prekursor, di dunia
              manakah kita berdiri?? Aku gak menafikan idealisme astronomi, tapi
              astronom itu tidak hidup sendirian di menara gading ... yaa, kecuali kalau
              emang mau memilih begitu .. sementara masyarakat makin buta, dan buta.

              Soal langiselatan dot com, namanya cukup eksotik untuk teman2 di luar
              negri, mudah2an ini tidak hanya jadi gerbang untuk masyarakat astronomi di
              Indonesia saja, tapi membuka wawasan dan ajang komunikasi dengan teman2 di
              luar negri , untuk awalnya aku mencoba untuk membuka link-link dengan
              teman2 di asia-pasifik.

              Jadi, sumbang-saran, pikiran, kontribusi dan keringat teman2 dibutuhkan,
              kalau emang mau mencari sponsor ya hayuk, mau nyumbang material, definitly
              welcome. Kalau bukan kita2, siapa lagi?

              --
              mundus vult decipi, ergo decipiatur
            • Adi Nugroho
              Message 6 of 26 , Apr 2 8:49 AM
                kalo gitu eike daftar jadi sukarelawan tim manajemen deh... biarkan yg lain ngurusin astronomi sementara tim manajemen mengolahnya menjadi lahan subur duit he he he...

                sekadar sumbang pikiran (lagi), waktu itu sempet ngobrol sama Bp. Djuhana Widjajakusumah (kalo blm tau beliau salah satu aktivis astronomi di Indonesia, salah satu pendiri HAAJ). Beliau ini cerita pernah jadi salah satu petinggi salah satu perusahaan pembuatan kapal Indonesia dan jg Malaysia (ato negara lain, rada lupa sih). Bedanya antara pekerja Indonesia en non Indonesia adalah pada integrasi kapalnya. Pekerja Indonesia itu katanya kalo ngerjain satu ruangan gak punya kesadaran akan kesinambungan dgn ruangan lainnya.

                Nah, belajar dari kasus ini mungkin okelah kita profesional pada bidang masing2, ada yg bagian ilmiah ada yg bagian manajemen, tapi lakukanlah itu secara integral & berkesinambungan.

                salam manajemen astro

                -Adi-

                --
                mundus vult decipi, ergo decipiatur

                <*> Your email settings:
                Individual Email | Traditional

                <*> To change settings online go to:
                (Yahoo! ID required)

                <*> To change settings via email:
                mailto:astronomi_indonesia-digest@yahoogroups.com
                mailto:astronomi_indonesia-fullfeatured@yahoogroups.com

                http://docs.yahoo.com/info/terms/

                Bored stiff? Loosen up...
                Download and play hundreds of games for free on Yahoo! Games.

              • Sholahuddin Noorazmy
                Message 7 of 26 , Apr 3 12:20 AM
                  Menurut saya kalau mencari investor yang mau mendanai penerbitan ini mungkin tidak akan sulit. Karena secara sederhana kalau satu buku berbiaya produksi 10 ribu dan dicetak 5 ribu tentu bukan nilai yang besar dibanding dengan trickle down effectnya. Usul spek buku ukuran A4 dengan kertas art paper atau matt paper full color. Tebal maksimal 80 halaman. Mas Harnanto tahu kira-kira berapa harganya?

                  Salam hangat

                  Message 8 of 26 , Apr 4 1:13 AM
                    hal itu bagaimna kalau sambil mengirimkan artikel saja kita cari info
                    tentang harga tersebut, sekarang kita mulai mengirimkan artikel dan
                    dikumpulkan ke satu orang. agar rencana kita cepat tercapai. bagaomana
                    ada yang setuju?
                  • Dhany Dewantara
                    Message 9 of 26 , Apr 4 10:01 PM
                      Bagus tuh idenya. Sy setuju..
                      gmn klo dimasukkan ke langitselatan dulu. Jadi ntar buku astronomi yang dicetak adalah versi cetak dari yang dikumpulkan di langitselatan. tentu saja setelah pengembangan dan editing2 yg lebi baik..

                      Bner kata pak Mutoha, berat klo dipikul rame2 bisa lebih ringan..

                    • maria lubis
                      Message 10 of 26 , Apr 5 8:16 AM
                        Sebagai alumnus astronomi dan pernah bekerja sebagai editor di salah satu penerbit (yang lumayan beken lah, hehehe) di Indonesia, boleh ya sedikit sumbang suara?

                        Kalau dari sisi kita sebagai pencinta astronomi, senang sekali jika ada buku astronomi, baik yang populer maupun agak ilmiah. Tapi kalau dari sisi penerbit, tema astronomi ini kok agak sempit ya. Maksudnya, penerbit mana pun biasanya mencari tema yang diperkirakan laku di pasaran. Dan dari pengalaman saya yang cuma sedikit itu, buku-buku sains baik populer, apalagi ilmiah, nggak begitu laku di pasaran. Kalah jauh dari komik, novel, buku percintaan remaja, atau buku-buku praktis (seperti buku resep, dll). Kalaupun ada buku pengetahuan untuk anak-anak, biasanya penerbit lebih memilih menerbitkannya dalam bentuk serial karena akan lebih mudah dipajang dan dijual (misalnya si penerbitnya punya divisi direct selling pun bisa dibuat dengan edisi lux, asal serial)

                        Nah ... kalau saya boleh saran, ada beberapa cara supaya cita-cita mulia tentang terbitnya buku astronomi ini bisa terwujud:

                        1. kalau untuk anak-anak usia TK sampai SD kelas 2 (kira-kira), dalam bentuk buku bergambar, seperti yang telah saya ungkapkan sebelumnya, sebaiknya terbit dalam bentuk serial. mungkin bisa berwujud serial khusus astronomi, misalnya seri pertama mengenalkan tata surya, seri kedua tentang galaksi, seri ketiga mengenalkan penciptaan alam semesta (hmm ... agak berat buat anak-anak ya? hehehe), dst. Karena, satu judul buku tentang astronomi akan tenggelam di lautan buku anak lainnya. Apalagi kalau tipis kiwir-kiwir.

                        2. Bentuknya komik. Mungkin ini lebih cocok untuk pangsa anak-anak yang lebih besar, remaja, bahkan dewasa. Kalau misalnya bisa seperti Komik Peradaban bagus tuh, tapi sekali lagi, lebih menarik kalau diterbitkan berseri (ya nggak usah banyak-banyak, tiga seri aja hehe)

                        3. Dibuat serial dengan banyak tema, gabungan dengan bidang ilmu lain. Misalnya, seri satu tentang astro, seri dua tentang matematika, seri tiga tentang biologi, dst.

                        4. Kalau memang mentok nyari penerbit besar yang berminat menerbitkan, lebih baik bukunya diterbitkan secara independen saja, dengan jalur distribusi independen juga. Jadi bukunya nggak perlu masuk toko buku, karena untuk masuk toko dan dipajang dengan apik, sebuah buku harus bertarung dengan ribuan buku lain. Dan tentu saja, biasanya pemenangnya adalah buku yang benar-benar diproyeksikan laku (misalnya novel atau dll), buku dari penerbit besar, atau dari penerbit yang punya toko. Kalau jalur distribusinya independen, mungkin ebook bisa jadi salah satu alternatif yang okay.

                        Segitu dulu suara saya, mudah-mudahan bisa sedikit membantu. Maaf juga kalo nggak cukup jelas, tapi kan bisa mengarah ke diskusi yang lebih lanjut lagi.

                        Tengkiuuuu
                        -Maria-

                        mmlubis.multiply.com

                        Looking for earth-friendly autos?
                        Browse Top Cars by "Green Rating" at Yahoo! Autos' Green Center.
                      • Rani Elsanti
                        Message 11 of 26 , Apr 6 4:18 AM

                          Sekadar nambahin usul Mbak Maria,

                          Kalau memang mau bikin buku astronomi populer, *jangan* dalam bentuk kumpulan tulisan. Lebih baik bikin satu naskah utuh—ini lebih baik juga untuk pengembangan ilmu itu sendiri. Kalau naskahnya bagus dan utuh, lebih mudah mencarikan penerbit, atau setidaknya jualan naskahnya lebih mudah. Hehehe. Oplah cetaknya memang pasti kecil—5.000 eksemplar yang sempat disebutkan oleh Mas Sholahuddin Noor itu terlampau optimistis. Biasanya, buku dicetak 2.000 eksemplar dulu. Di Indonesia, sering kali buku sejumlah itu baru habis dalam dua tahun. (itu pun kalau habis… ;-p ) Tapi, pembaca Indonesia seringkali tak terduga. Banyak, lho, buku ilmiah populer yang diterbitkan “hanya” karena naskahnya memang bagus (artinya, penerbit tidak terlampau berharap buku itu laku, cuma berpikir bahwa buku itu *harus* terbit), eh ternyata laku keras dan perlu cetak ulang.

                          Pengumpulan tulisan dalam langitselatan.com tentu ide bagus. Tapi, sekali lagi, kalau mau bikin buku yang dicetak massal, sebaiknya jangan bikin dalam bentuk kumpulan tulisan. IMHO, kumpulan tulisan itu tidak menawarkan hal baru dan terlampau ‘berisik’—kalah bersaing dalam keriuhan lain yang ditawarkan toko buku. Lebih baik, tawarkan satu pemikiran utuh. Tulisan-tulisan yang dikumpulkan dalam langitselatan.com itu nanti bisa dilihat lagi, mana yang bisa diperkaya untuk jadi satu naskah utuh. Mungkin juga beberapa tulisan bisa dikembangkan dan dijahit jadi satu.

                          Tapi… Kalau melihat specs yang diusulkan oleh Mas Sholahuddin (art paper, full color, 80 halaman), berarti bakal bikin buku untuk remaja atau anak-anak ya? Soalnya, 80 halaman kan tipis banget… Istilahnya Mbak Maria, “kiwir-kiwir”.

                          Soal lain…. Mumpung kemarin ada yang tanya soal Copernicus… Ada novel, lho, karya John Banville, pengarang Irlandia yang tahun lalu memenangi anugrah Man Booker yang bergengsi. Novel itu berjudul Doctor Copernicus, bercerita tentang kehidupan Nicholas Koppernigk, sejak kecil sampai masa tuanya. Novel ini sangat cantik dan halus, dan memenangi penghargaan ketika ia diterbitkan pada 1976. Novel itu bagian pertama dari Trilogi Revolusi karangan Banville. Bagian keduanya berjudul Kepler, dan yang terakhir The Newton Letter (yang terakhir ini ada filmnya).

                          Sekian dua kepeng dari saya…

                          Tabik,

                          r.

                        • herozero_18
                          Message 12 of 26 , Apr 6 7:49 PM
                            kalau gitu boleh juga sih. memang harus ada pengumpulan dan adanya
                            satu tema utuh. selain itu hal yang perlu diperhatikan mungkin juga
                            kita membutuhkan sorang penulis novel fiksi ilmiah . jadi intinya kita
                            msukin pengetahuan tentang astronomi itu akan meningkatkan minat baca.
                          • Adi Nugroho
                            Message 13 of 26 , Apr 6 7:52 PM
                              usul yg patut sekali didukung nih... tinggal cari komikusnya. temen2ku banyak sih (dgn japanese style terutama), keren2 gambarnya... cuma ya mereka perlu materinya n arahan yg jelas.

                              maria lubis <as97007@...> wrote:
[...]

                              Don't be flakey. Get Yahoo! Mail for Mobile and
                              always stay connected to friends.