Re: Astronomical Telescope

  • astro_william
    Message 1 of 10 , Mar 1, 2007
      > Dear All
      > Saya mendapat penawaran telescope dari salah satu Kartu Kredit
      dengan spesifikasi

      > 1. Lensa D=60mm, panjang 700 mm
      Refraktor 60mm, berarti resolusi ideal: 1.93 detik busur.

      > 2. 4 buah lensa pengamat D=20mm, 1,25mm, 9mm dan 4mm
      D? Diameter? Saya pikir harga yang disebutkan adalah panjang fokus.
      Panjang fokus eyepiece menentukan tingkat perbesaran.
      Rumusnya
      (fokus utama)/(fokus eyepiece), jadi untuk teleskop ini perbesaran
      maksimal adalah:
      700/1.25 = 560 X

      > 3. Built In Barlow 3x
      Barlow berfungsi memperpanjang panjang fokus teleskop. Kalikan saja
      angka barlow dengan panjang fokus utama teleskop.

      > 4. Pembesaran 525x
      Salah! Pembesaran bergantung pada panjang fokus eyepiece teleskop.
      Silahkan dihitung kembali pembesaran untuk masing-masing eyepiece
      menggunakan rumus pada poin 2.

      > 5. Finder Scope 6x25mm
      Seperti binokular, penulisan 6x25 berarti perbesaran 6 kali dengan
      diameter 25mm. Finderscop berguna untuk membidik objek langit yang
      akan kita amati.

      > 6. Length of Stand 114 cm
      Biasanya disediakan dalam bntuk tripod.

      > 7. Screwdriver dan Space Map
      Space map? Planisphere mungkin? Saya tidak yakin space mapnya adalah
      untuk lintang 0 derajat. Lebih baik cari planisphere di Planetarium
      Jakarta.

      > 8. Caring Case yang kuat dan praktis
      Kuat dan praktis? Asalkan jangan cuma dikasih karton saja..

      > 9. Harga 1,2Jt
      Hmm.. Tidak ada detail mengenai mountingnya, kualitas optik. Saya
      asumsikan saja mountingnya alt-az. Seharusnya harga bisa lebih murah.
      Saya pernah lihat teleskop jenis ini dengan harga 600 ribu saja.

      > Mohon pencerahannya mengenai kelengkapan dan harga. Kira2 dengan
      spek diatas bisa melihat apa ya?
      Bisa melihat bulan, jupiter, saturnus dan cincinnya, gugus bola omega
      centauri, duet alpha centauri. Melihat galaksi mungkin belum bisa.
      Saya sarnkan beli bino kualitas bagus! Tapi kalau niatnya untuk
      koleksi teleskop, beli saja :).

      > Abdul Holil
      > www.abdul-family.net
    • lavan1477
      Message 2 of 10 , Feb 9, 2009
        saya ingin tahu bagaimana caranya dapat bantuan alat astronomi
        khususnya teleskop untuk sekolah kami karena penting untuk media
        pembelajaran ? tolong dong infonya.

        --- In astronomi_indonesia@yahoogroups.com, "astro_william"
        <astro_william@...> wrote:

> [...]
        > centauri, duet alpha centauri. Melihat galaksi mungkin belum bisa.
        > Saya sarnkan beli bino kualitas bagus! Tapi kalau niatnya untuk

      • Edwards
        Message 3 of 10 , Feb 10, 2009
          Coba saja bikin proposal ke Dinas Pendidikan dulu.

          --
          Sent from my mobile device

          "The hardest part was letting go not taking part" (Coldplay - The Hardest Part)

          Edwards Taufiqurrahman
          http://www.edskywalker.co.cc
        • nggieng
          Message 4 of 10 , Feb 10, 2009
            Setahu saya di tahun astronomi internasional ini ada Galileo Teacher
            Training Program

            http://www.astronomy2009.org/globalprojects/cornerstones/galileoteachertraning/

            yang emang tujuannya ya pelatihan tele, dan untuk indonesia itu
            ambasador-nya mbak vie dari langit selatan, coba aja kontak si mbak vie ..

            --- In astronomi_indonesia@yahoogroups.com, Edwards
            <edwards.taufiqurrahman@...> wrote:

> [...]
            > >>

            > --
            > Sent from my mobile device
            >
            > "The hardest part was letting go not taking part" (Coldplay - The

          • Benk Benk
            Message 5 of 10 , Feb 22, 2009
              maaf, saya ni junior banget. baru gabung.. mau nanya, kalo mau beli teleskop - teleskop gitu dimana sih? di daerah bandung ada ga ya? terima kasih banyak..

              <astro_william@ ...> wrote:

> [...]
              > centauri, duet alpha centauri. Melihat galaksi mungkin belum bisa.
              > Saya sarnkan beli bino kualitas bagus! Tapi kalau niatnya untuk

              net

            • resti vurwarin
              Message 6 of 10 , Mar 1, 2009
                punten, saya buka agen teleskop. tapi saya kemarin beli di tokoteleskop. com

                kalo beli di distributor besar, bisa2 kita diakali karena langsung ditawari yang mahal dan ga sesuai dengan kebutuhan kita, harganya juga lebih mahal sih..

                di toko teleskop, kebetulan yang jual juga pemakai teleskop dan juga peneliti di Bosscha,. jadi bisa tanya2 lebih banyak.

                resti

                <astro_william@ ...> wrote:

> [...]
                > centauri, duet alpha centauri. Melihat galaksi mungkin belum bisa.
                > Saya sarnkan beli bino kualitas bagus! Tapi kalau niatnya untuk

              • ceamute
                Message 7 of 10 , Jun 12, 2009
                  --- In astronomi_indonesia@yahoogroups.com, "astro_william" <astro_william@...> wrote:
                  >ya Q gabung nie malah pnegen tahu tentang varian teleskop n seluk beluknya, skalian nie ay pgen tahu cara kerja n bagian bagiannya penting nie wat tugas dosen heheh bagi yang tahu plissssssssssssssss help mee
                  singkatnya teleskop yang wat rukysh/ ngliat awal bulan low harga2 taw

                • haryanto lagha
                  Message 8 of 10 , Jun 13, 2009
                    Nama saya haryanto lagha,bertempat tinggal di jl.anuang 117 makassar.Saya bisa memperoleh dimana peta rasi bintang?

                    Lebih bersih, Lebih baik, Lebih cepat - Yahoo! Mail: Kini tanpa iklan. Rasakan bedanya! http://id.mail.yahoo.com
                  • jonni jonni
                    Message 9 of 10 , Jun 14, 2009
                      bisa didownload versi PDFnya di sini

                      ceamute wrote:

> [...]
                      > NOTE: Jangan mengirimkan spam karena Anda akan langsung kami ban dari milis ini

                      New Email names for you!
                      Hurry before someone else does!