Re: [astro_indonesia] Re: seputar novel contact

  • Hunk Von Xute
    Message 1 of 32 , Aug 1, 2002
      ----- Original Message -----
      From: "Miyamoto Musashi" <simmen-munisai@...>
      To: <astro_indonesia@yahoogroups.com>
      Sent: Thursday, August 01, 2002 1:50 PM
      Subject: Re: [astro_indonesia] Re: seputar novel contact

      > Pada halaman 24 (Fisika startrek) alam semesta dianalogikan sebagai
      selembar karet dan gravitasi menarik bagian tengah lembaran karet sedemikian
      sehingga jarak antara titik A dan B lebih jauh disbanding jika karet
      tersebut tidak ditarik. Yang pengen saya tanyakan (lagi), jika Gravitasi
      membuat ruang melengkung, lalu energi apa yag dapat menarik "kembali" ruang
      tersebut - yang digambarkan seperti selembar karet- sehingga kembali
      mendatar dan jarak antara A dan B = garis tengah lingkaran karet tersbut.
      Apa ada "materi" yang memiliki tingkat energi yang hampir sama tetapi
      merupakan kebalikan kari gravitasi yang melengkungkan ruang.

      kalo gak salah materi itu yang disebut anti matter, itupun menurut S.Hawk.
      masih berupa teori kalo
      kita berandai andai mau bikin medium yang bisa jalan2 mengarungi
      ruang&waktu.

      > Dari Pengambaran tersebut, jika mesin (dalam contact) yang dibuat dapat
      "menekuk" ruang kembali sehingga jarak antara A dan B menjadi lebih dekat
      dibanding jika kita mengikuti bidang lengkung, lalu bagaimana dengan gel.
      radio yang terlanjur dipancarkan oleh makhluk Vega sebelum mesin
      dinyalakan, bukankan gelombang radio yang terlanjur dipancarkan akan tetap
      mengikuti lintasan lengkung tesebut ? dan seharusnya gelombang radio yang
      sudah terlanjut keluar masih akan diteriima terus. Dan gel. radio yang
      terlanjur dipancarkan tersebut merupakan masa lalu Vega, sedang di Kompas
      beberapa hari yang lalu dikatakan bahwa kita mungkin dapat mengunjungi masa
      lalu tetapi tidak mungkin merubah masa tersebut, karena masa tersebut hanya
      berkas cahaya yang terpancar dari masa lalu kita.

      > Salam bintang
      > t. mars
      napa sih pusing pusing mikirin itu, kebayang gak sih kalo misalnya si alien
      waktu ngirimin
      sinyal itu, tau tau kebelet pengen ke kamar mandi eh waktu ditinggal ada
      petir nyamber
      transmitternya, ya otomatis dia gak bisa ngirim dong :) terus waktu mau
      ngirim lagi
      data frekeuensi yang pas biar kira2 bisa ketangkep sama alat semacem SETI
      juga ikut angus :)
      lagian selama blom ada yg bisa mecahin paradox andai andai kita balik ke
      masa lalu terus
      ngebunuh bapak/ibu kita sehingga seharusnya kita gak mungkin melakukan
      perjalanan waktu
      tersebut, asumsi asumsi model yang dibilang Kompas bahwa kita gak bisa
      ngerubah masa lalu itu rasanya masih belum pantas dibahas.
    • Miyamoto Musashi
      Message 32 of 32 , Aug 2, 2002

        Permasalahannya, gelombang radio yang diterima Elie itu adalah masa lalu-nya Vega, dan ketika Elie sampai di...entah dimana (karena ternyata Vega hanya tempat transit)pemancar mati. OK Elie dkk melalui lubang cacing sehingga hanya butuh beberapa saat untuk sampai di tempat tujuan, dan ketika mereka sampai, seperti saya bilang pemancar mati, tetapi pada saat Elie belum sampai di tempat, Gelombang radio tersebut masih dipancarkan oleh pemancar di Vega, dan Gelombang yang terlanjur keluar ini (dalam pikiran saya) tetap melalui ruang lengkung dan bukan melalui lubang cacing yang disebabkan oleh Mesin, seharusnya dia (gel. Raio) masih menempuh perjalanan -+ 26 tahun untuk sampai ke bumi. Kalau "penjaga" tersebut tidak dapat merubah masa lalu, berarti mereka tidak dapat mencegah gelombang radio yang sudah terlanjur dipancarkan dong ?

        >sih, kayaknya kita bisa aja ngerubah masa lalu.

        Kalo nggak salah Dunia pararel itu sama sekali berbeda, mungkin orang-orang-nya sama tetapi sejarah mereka berbeda. Bukan berarti kalau kita ke dunia Pararel terus kita bisa merubah siapa yang meproklamirkan kemerdekaan Indoensia, tetapi mungkin di dunia pararel tersebut Indonesia masih dijajah Belanda atau malah Indonesia yang menjajah Belanda :)

        Salam bintang

        Win a First Class Trip to Hawaii to Vacation Elvis Style!
        http://r.lycos.com/r/sagel_mail/http://www.elvis.lycos.com/sweepstakes