Boscha oh Boscha

  • jtmarshmax
    Message 1 of 8 , Sep 2, 2006
      maaf, saya termasuk yang baru bergabung. saya ingin sedikit
      mengomentari nasib observatorium bintang Boscha di Lembang Bandung.
      Observatorium ini makin terancam "punah" dikarenakan polusi cahaya
      dan udara yang ditimbulkan lingkungan sekitarnya. Walaupun saya bukan
      orang Bandung, saya sering mengetahui baik dari koran maupun tv bahwa
      pembangunan di sekitar boscha sudah semakin tidak terkendali. Letak
      Boscha yang strategis karena berada di belahan bumi selatan dan dekat
      dengan katulistiwa kurang diperhatikan oleh pemerintah. Pemerintah
      memandang bahwa Boscha "kurang strategis" untuk menambah pendapatan
      daerah. Maka marilah kita memikirkan cara untuk menyelamatkan Boscha
      dari kepunahan. Walaupun saya bukan siapa-siapa tapi saya percaya
      bila kita bersatu kita dapat melakukan sesuatu yang berarti bagi
      perkembangan ilmu pengetahuan dan bagi generasi kita dan penerusnya.
      Terima kasih.
    • nggieng
      Message 2 of 8 , Sep 4, 2006
        Hehehe .. saya sependapat, memang kurang-nya 'political will' dari
        pemerintah untuk 'mencerdaskan bangsa' .. uud lagi uud lagi .. ironi ya?
        gembar-gembor mencerdaskan bangsa, tp perhatian terhadap aset bangsa gak
        ada .. so, jalan keluar-nya? hmm .. bisa aja sih perjuangan lewat
        pembentukan komunitas peduli astronomi, ato semacam itu, or memang
        masyarakat yang 'peduli' itu bisa menunjukkan bahwa ilmu astronomi itu
        sangat2 berkembang di indonesia.

        contoh-nya:
        1. kasih dukungan dan promosi ttg olimpiade astronomi, dan prestasi yg
        sudah diraih oleh putra-putri indonesia yg sudah muncul di luar negri (dan
        sangat diakui), maupun sedang dan akan berjuang .. selalu promosi dan
        dukung .. jd org pada melek bahwa ada yg namanya olimpiade astronomi
        (internasional, asia-pasifik, maupun nasional).
        2. peminat2 astronomi yg ada, agk cuman sekedar 'gathering' (*no offense*)
        .. tp,bikin suatu pengamatan yg memang 'ada hasil'-nya .. dan memanfaatkan
        jasa observatorium bosscha .. kl diluar negri itu observatorium itu
        terbuka, semua org yg butuh 'ngamat' boleh koq ngamat .. jd memang org
        terbuka mata-nya bahwa masyarakat indonesia 'butuh' observatorium bosscha
        atau observatorium bosscha memang lebih layak jd musium saja? hehehe ..
        cagar budaya ilmiah lebih pas kali ya?

        sounds utopis? mungkin ya? paling gak, saya termasuk org yg mau 'peduli'
        ttg astronomi .. hayo kumpulkan suara utk mengambil langkah .. :D

        Saya yakin bapak2 dan ibu2 yg berhubungan langsung dgn obs. bosscha jg
        memperjuangkan nasip observatorium bosscha. tp ya apa daya kl kebijakan yg
        lebih tinggi di pemerintah tidak 'peduli'? entah ah .. know nuthin bout
        politics ..coba aja dibentuk masyarakat peduli bosscha (atau semacanya)
        dgn mencoba menghubungi pihak2 yg terkait disana ..

        --
        mundus vult decipi, ergo decipiatur
      • Jeff T
        Message 3 of 8 , Sep 12, 2006
          hmm maap baru skrg ikutan :). Saya belum pernah ke Boscha jadinya
          saya
          tidak tahu kondisi di sekitar observatori. Saat ini saya sdg di Jkt,
          dan dimana mana saya lihat kondisi pencahayaan di daerah tempat
          tinggal saya, di daerah perkotaan, hampir semua instalasinya tanpa
          ada
          keperdulian terhadap faktor polusi cahaya.

          Bagaimana jika kita memulai dgn misalnya menghampiri kantor2
          perumahan
          (salah satu contoh saja) dan ajukan proposal agar mereka memasang
          kanopi (topi penutup) di setiap lampu2 jalan (misalnya) untuk
          mengurangi cahaya yg teradiasi ke langit.

          Dgn cara ini, kita dapat membantu mengurangi jumlah polusi cahaya
          dan
          jika programnya berjalan dengan sukses (semakin banyak yg menerapkan
          cara ini), dijamin kondisi langit akan membaik (kecuali memang
          sedang
          bulan purnama hehehe). Selain astronomi yg akan mendapatkan dampak
          yg baik, pengurangan polusi cahaya juga akan membantu habitat
          ekologis. Sbg negara berkembang, menurut saya ini saat yg tepat
          untuk menyadarkan masyarakat ttg hal ini, sblm kita menjadi maju dan
          harus melihat ke belakang.

          Iseng2 saya bikin ilustrasi nya memakai foto yg saya ambil di
          Karawaci
          (informasi fotonya agak dibesar2kan dan tidak akurat, tapi yg
          penting
          informasinya dapat disalurkan :) ).

          ada di folder "Files" milis, atau ini short link nya.
          http://tinyurl.com/jaoxz

          clear & dark skies,

          Jefferson Teng

          --- In astronomi_indonesia@yahoogroups.com, "jtmarshmax"
          <jtmarshmax@...> wrote:

> [...]
          > bila kita bersatu kita dapat melakukan sesuatu yang berarti bagi
          > perkembangan ilmu pengetahuan dan bagi generasi kita dan

        • Jeff T
          Message 4 of 8 , Sep 12, 2006
          • astro_william
            Message 5 of 8 , Sep 12, 2006
              link kiriman pak jeff t. yang aktif mungkin yang ini:
              > http://tinyurl.com/pnbby

              masalah polusi cahaya:
              itulah jeleknya penegakan hukum di indonesia. sepengetahuan saya,
              semenajak lama sudah ada peraturan daerah yang mengatur kewajiban
              penggunaan tudung untuk lampu2 yang ada di sekitar observatorium
              bosscha. kenyataannya? sedikit sekali (kalau tidak mau dibilang ga
              ada) penduduk yang mematuhi peraturan ini.

              penduduk mungkin tidak tahu peraturan ini, mungkin karena dendang lama
              mengenai minimnya sosialisasi peraturan dari pemerintah.

              pihak observatorium juga punya tanggung jawab untuk mencerdaskan
              masyarakat, khususnya masyarakat sekitar bosscha mengenai apa yang
              boleh - apa yang tidak boleh. mungkin dimulai dengan hal prinsip
              seperti apa itu astronomi? apa itu observatory, apa itu pengamatan
              astronomi? kemudian jelaskan apa saja faktor yang mendukung pengamatan?

              dan tentunya dibutuhkan dukungan dari komunitas pencinta astronomi
              sebagai masyarakat yang lebih melek astronomi untuk memberi informasi
              kepada masyarakat.

              btw, foto bikinan pak jeff t. sangat menarik. bapak menggunakan kamera
              dan lensa apa? pengolahan "polusi cahaya"-nya menggunakan apa? boleh
              dong, bagi2 resepnya? :D
            • Jeff T
              Message 6 of 8 , Sep 13, 2006
                oh ternyata sudah ada kewajiban utk pasang kanopinya toh, jadinya
                semuanya kembali ke kita sbg masyarakat untuk menyadarkan masyarakat
                soalnya pemerintah jg tdk dpt diharapkan skg ini.

                Kita butuh publikasi media besar2an spt Mars apparation 2003 yg lalu
                untuk "menyelipkan" info ttg polusi cahaya, sayang sekali Mars itu
                sangat terang dan observasinya tidak terlalu terkena dampak polusi
                cahaya. Mungkin berita ttg komet yg akan lewat dan dekat dgn bumi
                dpt digunakan utk menyampaikan info2 ttg polusi cahaya soalnya dari
                tempat yg terkena polusi cahaya kometnya tidak akan terlihat. Ya
                moga2 juga ada komet yg lewat dan dekat dgn bumi dlm waktu dekat
                ini! hehehe (bermimpi di siang bolong) :P

                Ttg fotonya, saya pake Canon 350D dan lensa generik (18-55mm yg
                didapat ketika membeli kameranya), settingnya 30detik ISO800.
                Pengolahan "polusi-cahaya", maksudnya untuk membuat background
                gambarnya menjadi terang?
                Saya memakai langkah2 ini (lupa2 inget lho, harap maklum :P): (via.
                Adobe Photoshop)
                - memakai "magic wand tools" saya click satu titik gelap di gambarnya
                - Photoshop otomatis akan memilih daerah2 yg gelap di foto dan tidak
                mengikutsertakan bagian2 yg terang
                - adjust brightness (beri sedikit penerangan)
                - apply blurring effect untuk menghaluskan gambar dan menghilangkan
                detail kecil. saya pakai median filter
                - berikan sedikit penerangan lagi secukupnya, bisa memakai
                brightness level / via "Curve".
                - inverse selection (bagian terang skg akan terpilih)
                - apply blurring secukupnya spy bintang2 terangnya menjadi softer
                (saya pakai gaussian blur)
                - deselect (Ctrl-D) utk bekerja dgn keseluruhan gambar
                - dgn curve saya tambah lagi brightnessnya spy backgroundnya menjadi
                terang.

                jadi spt resep masak nih, sebentar2 ada "tambah secukupnya" ...

                http://img140.imageshack.us/my.php?image=rawpr5.jpg
                fotonya terlihat spt ini yg sblm diproses (dlm jpg).

                Jeff

                --- In astronomi_indonesia@yahoogroups.com, "astro_william"
                <astro_william@...> wrote:

> [...]
                kamera
                > dan lensa apa? pengolahan "polusi cahaya"-nya menggunakan apa?

              • Graifhan Ramadhani
                Message 7 of 8 , Sep 13, 2006
                  At 03:12 13/09/2006, you wrote:

> [...]
                  >tinggal saya, di daerah perkotaan, hampir semua instalasinya tanpa
                  >ada
                  >keperdulian terhadap faktor polusi cahaya.

                  Kebetulan bulan lalu saya sempat ke Bosscha. Kesan saya, kondisi
                  lingkungan di sekitar observatorium memang sudah parah sekali.
                  Sebagian foto yg saya ambil di Bosscha bisa dilihat di URL berikut:
                  http://www.dhani.org/bosscha/

                  Tiga foto pertama adalah kondisi di sekitar, dilihat dari
                  observatorium. Jelas terlihat kalau pertumbuhan bangunan disana sudah
                  nyaris tidak terkontrol lagi. So, apa yang bisa kita lakukan
                  sekarang? *speechless*.

                  --dhani
                • teten karina
                  Message 8 of 8 , Sep 14, 2006
                    Graifhan Ramadhani <graifhan@...> wrote:
                    At 03:12 13/09/2006, you wrote:

> [...]

                    observatorium. Jelas terlihat kalau pertumbuhan bangunan disana sudah
                    nyaris tidak terkontrol lagi. So, apa yang bisa kita lakukan

                    <carine>
                    iya, saat ini situasi lembang sudah tidak mendukung bagi bosscha. seharusnya pemerintah baik provinsi maupun pusat ikut terjun dalam menanggulangi masalah tersebut. tapi tidak hanya itu, sebaiknya kalangan pelajar dan mahasiswa pun ikut membantu meyakinkan masyarakat untuk turut serta dalam mengatasi masalah ini.

                    <*> Your email settings:
                    Individual Email | Traditional

                    <*> To change settings online go to:
                    (Yahoo! ID required)

                    <*> To change settings via email:
                    mailto:astronomi_indonesia-digest@yahoogroups.com
                    mailto:astronomi_indonesia-fullfeatured@yahoogroups.com

                    http://docs.yahoo.com/info/terms/

                    Stay in the know. Pulse on the new Yahoo.com. Check it out.