## Satelit Cuaca Indonesia?? ##

  • MUTOHA MMC
    Message 1 of 29 , Jan 28, 2006
      Mas dimana bisa saya dapatkan citra satelit (livesky) hasil bidikan satelit lokal yang diupdate setiap satu jam sekali (bukan tiap 24 jam) untuk wilayah Indonesia sekaligus informasi cuca untuk berbagai daerah di Indonesia, Kalo bisa juga ttg info "clearsky" condition di tiap daerah di Indonesia. Terimakasih.

      Mutoha
      JogjaAstroClub

      nu nung <wahida_nq@...> wrote:
      hm... ikutan nimbrung ya... ga perlu ke tetangga sebelah, emangnya ga pernah tau ya...? kalo kita selalu update masalah cuaca setiap hari, mulai dari pengambilan data oleh satelit, pengolahan hingga menjadi data jadi yang siap di berikan pada public, kalo tidak salah itu hanya memerlukan waktu beberapa jam. kebetulan kerjaanku dan temen2 dulu seperti itu dan kami tidak boleh telat mengeluarkan data itu, kalo telat menteri2 diatas itu pada ngomel2 kalo sekarang aku lebih berkonsentrasi pada masalah pembuatan satelit mikro, teknik kendalinya, konstruksi data sampai data itu siap dipakai oleh user...

      Adi Nugroho <steveadinegoro@...> wrote: sebenernya simpel aja sih, kl org dulu ngeliatin Orion. itu tandanya musim hujan

      MUTOHA MMC <jogja_astroclub@...> wrote: Iya, gak usah diramal aja orang dah tau kalo bulan2 itu emang musim hujan..... jadi yaa indonesia akan diguyur hujan..

      ------
      Ada link citra satelit (livesky) dari negara tetangga mungkin bagus untuk melihat taburan awan di negara kita :

      Wilayah Asia Tenggara :
      http://weather.is.kochi-u.ac.jp/SE/00Latest.jpg

      Wilayah Indonesia Selatan-Australia :
      http://www.bom.gov.au/gms/IDE00035.latest.shtml

      Moga2 bisa bermanfaat. Salam Antariksa....

      Mutoha MMC
      JogjaAstroClub (JAC)

      anton william wrote: beberapa hari yang lalu saya baca sebuah koran lokal bandung yang menyebutkan tahun 2006 indonesia akan diguyur hujan selama januari hingga mei. itu hasil ramalan bmg... tapi ramalan bmg bener ga yah? sering meleset sih... tapi kalo bener, wah... bakal "langit kelam" nih...

      ada yang tau situs ramalan cuaca yang akurat ga? kalo bisa yang punya citra satelit untuk indonesia...

      salam

      NOTE: Jangan mengirimkan spam karena Anda akan langsung kami ban dari milis ini

    • Sholahuddin Noorazmy
      Message 2 of 29 , Jan 30, 2006
        Adakah yang berminat menulis artikel penjelasan banyaknya banjir di Indonesia akhir-akhir ini dari perspektif astronomi? Jika ada mohon kesediaan untuk menghubungi saya via japri.

        Salam hangat
        081931190424
        http://jojoncenter.blog.com

        nu nung <wahida_nq@...> menulis: hm... ikutan nimbrung ya... ga perlu ke tetangga sebelah, emangnya ga pernah tau ya...? kalo kita selalu update masalah cuaca setiap hari, mulai dari pengambilan data oleh satelit, pengolahan hingga menjadi data jadi yang siap di berikan pada public, kalo tidak salah itu hanya memerlukan waktu beberapa jam. kebetulan kerjaanku dan temen2 dulu seperti itu dan kami tidak boleh telat mengeluarkan data itu, kalo telat menteri2 diatas itu pada ngomel2 kalo sekarang aku lebih berkonsentrasi pada masalah pembuatan satelit mikro, teknik kendalinya, konstruksi data sampai data itu siap dipakai oleh user...

      • punkasstoo
        Message 3 of 29 , Feb 1, 2006
          meskipun langit berawan kalau bentuknya seperti link dibawah ini
          sepertinya sih juga untuk diabadikan...

          http://www.cloudappreciationsociety.org/a/cloud-month/06-
          cld_mth_feb.html

          mau nanya juga ada tidak yaa...komunitas Pengamat Cuaca Amatir di
          negri ini, kebetulan saya pernah punya milis mengenai penerima
          gelombang radio yang salah satu maksudnya adalah mem-fasilitasi
          minat dalam menerima citra satelit cuaca FTA/gratisan, tapi
          sepertinya minat kebanyakan membersnya hanya pada scanning dan DVB...

          Salam,
          pangestu

          --- In astronomi_indonesia@yahoogroups.com, anton william
          <astro_william@...> wrote:

          > menarik juga yah setelah tahu detilnya. selama ini saya senang
          sekali melihat ramalan cuaca dari bmg di tv atau di koran. sayangnya
          saya sering kecele sama informasinya. coba bayangkan di salahsatu tv
          swata yang menayangkan ramalan cuaca untuk sebuah siang menyebutkan
          kalau bandung "berpeluang hujan" nmun kenyataannya siang itu bandung
          cerah sekali, bahkan langitnya terang sekali sampai malamnya. nah
          loh? saya sih bukan berarti tidak menghargai ramalan oleh kawan-
          kawan di bmg, tapi seringnya meleset sih. kalau dilihat setiap hari,
          ramalan cuaca bmg menyebutkan hampir setiap daerah di indonesia
          berpeluang hujan, dan itu berulang setiap hari.. kesannya ramalannya
          statik gitu (dan melesetnya juga statik).

          > padahal menarik lho, menurut saya, kalau ramalan cuaca seperti
          ini dimanfaatkan secara luas oleh manusia indonesia. bisa buat
          penelitian, referensi buat berwisata, dan lain lain.

          > nu nung: wah itu satelit mikro yng lagi dibikin sama lapan itu
          bukan? kerjanya buat apaan ya?ada berapa set? diluncurkan kapan?

          > salam
          > anton

        • Adi Nugroho
          Message 4 of 29 , Feb 2, 2006
            ets... jangan salah!
            BMG ga pernah bikin ramalan cuaca, mereka bikinnya prakiraan cuaca. jelas aja sering meleset.
            kl ramalannya Putri Wong Kam Fu, Mama Loren, ato temen2nya sih lbh dikit melesetnya (katanya)

            -Adi-

            nu nung wrote:
[...]

            Adi Nugroho wrote: sebenernya simpel aja sih, kl org dulu ngeliatin Orion. itu tandanya musim hujan

            MUTOHA MMC wrote: Iya, gak usah diramal aja orang dah tau kalo bulan2 itu emang musim hujan..... jadi yaa indonesia akan diguyur hujan..

            ------

            Message 5 of 29 , Feb 2, 2006
              yg saya sering liat itu dari cnn.com, tp bukan satelit lokal

              MUTOHA MMC <jogja_astroclub@...> wrote: Mas dimana bisa saya dapatkan citra satelit (livesky) hasil bidikan satelit lokal yang diupdate setiap satu jam sekali (bukan tiap 24 jam) untuk wilayah Indonesia sekaligus informasi cuca untuk berbagai daerah di Indonesia, Kalo bisa juga ttg info "clearsky" condition di tiap daerah di Indonesia. Terimakasih.

              Mutoha
              JogjaAstroClub

            • amril nuthihar
              Message 6 of 29 , Feb 4, 2006
                hii physic mania.

                Saya punya suatu persoalan yang agak menarik nich. Tau g` cr membuktiin rumus gravitasi bumi itu melalui suatu eksperimen yng simple yang bisa kita buktikn untuk anak2 tingkat SMA. yang bisa membuktikan kita bs mendapatkan g=9.8 N. Thank atas jawaban teman2.

              • Mutoha MMC
                Message 7 of 29 , Feb 7, 2006
                  Salam Antariksa,

                  Meskipun sudah agak terlambat saya upload, eks. materi presentasi
                  perdana JAC 2006 ini ( 3 mb) mungkin dapat bermanfaat juga bagi orang
                  lain yang mencintai astronomi. File aslinya adalah Animasi Powerpoint
                  (.ppt) tapi karena terlalu besar (20 mb) saya tranfer ke pdf shg tidak
                  ber-animasi lagi tapi cukup terbaca. Semoga bermanfaat. Mohon maaf
                  kalo ada yang salah. Terimaksih.

                  Di sini:
                  http://www.mmc-jogja.20m.com/event2006.zip

                  Salam,
                  Mutoha
                  Jogja Astro Club
                  ================
                • MUTOHA MMC
                  Message 8 of 29 , Feb 13, 2006
                    Coba pake metode ayunan (pendulum):
                    1. Gantung sebuah bandul dg tali sepanjang 0,1 m sehingga dapat berayun.
                    2. Ayunkan bandul dg sedikit simpangan shg berayun pelan.
                    3. Dg stopwatch/jam mulailah menghitung periode ayunan.
                    (Hitung waktu untuk 10 x ayun -->> Periode T= waktu ayun / 10) ketemu sekitar 2 detik
                    ( 1 ayunan = dari tempat lepas kembali ke tempat lepas)
                    4. Gunakan T untuk mencari g (percepatan gravitasi bumi) dengan rumus :
                    g= 4 x pi² x panjang tali / T² -->> paling tidak mendekati angka 9,8 m/s² (bukan N)
                    g adalah percepatan gravitasi bumi (bukan gaya) kalo G -->> Gaya Gravitasi Universal
                    Rumusnya G= m1 x m2 / r² m1,m2 = massa benda yg saling tarik-menarik r=jaraknya
                    Semoga tidak salah...
                    Salam,
                    Mutoha
                    Jogja Astro Club

                    Message 9 of 29 , Feb 19, 2006
                      di sini sih astro mania, tp gpp sih :P

                      cara membuktikan:
                      - naik ke gedung tinggi, ukur tingginya trus jatuhin bola yg berat banget (jadi drag udara bisa diabaikan), ukur waktunya.
                      rumusnya:
                      v = g * t -> h = 1/2 * g * t^2 --> g = 2 / t^2
                      - pake bandul, tp kl yg ini lupa rumusnya. pokoke ada sin segala macem deh

[...]

                    • Ridwan Sanad
                      Message 10 of 29 , Feb 22, 2006
                        Gimana kalo pake ayunan bandul aja ? Kalo menurutku lebih gampang solanya
                        udah pernah kucoba. He3. Usahakan bandulnya yang berat sehingga gesekan
                        udara bisa diminimalisir. Kan gampang kalo pake ayunan bandul, tinggal
                        sediain tali, bandul, sama penyangganya. Trus, ayunkan bandul dan ukur
                        periode ayunannya. (pake stopwatch) Abis itu masukin ke rumus T = 2 phi
                        .akar (l / g) di mana l = panjang tali. Inget pake phi yang lebih akurat
                        jangan 3.14 aja. Waktu itu sih 'nyaris berhasil' pokoknya dapet 9,an.

                        Message 11 of 29 , Feb 24, 2006
                          bukan 'phi' kalee... yg bener 'pi'. sayang di yahoo ga ada huruf simbol jd ga bisa nunjukin bedanya. yah tp ga terlalu salah jg berhubung bertahun2 di sekolah diajarkan cara baca yg salah :)

                          nilai pi = 3.1415926536... (ada yg hafal terusannya? saya cm hafal smp di situ doang)

                          salam astro

                          -adi-

                          Message 12 of 29 , Mar 1, 2006
                            Gila ! Saat SMP aja hafal sampe segitu. Saya aja yang masih sma cuma hapal
                            pi = 3,14 (jadi malu..). Btw, thanks banget atas masukannya Mas Adi Nugroho.

                            Message 13 of 29 , Mar 1, 2006
                              smp = sampai
                              sekarang saya lagi skripsi euy di Mechanical Engineering University of Indonesia.

                              mending gini aja deh, daripada susah, buka scientific calculator trus teken pi, ntar hasilnya pasti = 3.141592654, kalo di komputer bisa lbh panjang lagi.

                              -adinugie-