'lam kenal

  • orangegirl
    Message 1 of 8 , Nov 6, 2005
      hi semuanya....kenalkan nama saya cen...
      saya baru join ni di milis ini..bukannya baru tertarik ma astronomi
      si, cuma baru-baru ini aja tertarik surfing di internet n ikut2an
      yahoo groups. tapi kok kayaknya sepi2 aja ya...pada jarang on line
      ya...oya, kalo boleh tau di sini rata2 pada orang astronomi bukan?
      (ngedalamin secara serius)? saya si dulu maunya kuliah astronomi, tapi
      karena bermacam2 tuntutan, akhirnya ga jadi..hehe..
      ya udah deh, salam kenal aja..semoga kita semua yang satu hobi ini
      bisa jadi temen n sahabat..
    • Tri Laksmana
      Message 2 of 8 , Nov 7, 2005
        Cen, saran saya coba baca deh arsip2 lama kita di
        milis ini
        (http://groups.yahoo.com/group/astronomi_indonesia)
        nanti bisa dikira-kira siapa yang "orang astronomi"
        (entah apa ini maksudnya?) dan siapa yang "bukan orang
        astronomi" (apa pula ini maksudnya), lagipula banyak
        sekali diskusi2 yang sudah terjadi dan cukup seru juga
        tuh. Belakangan ini memang sepi hehehehehe...saya juga
        gak tau nih pada pulang kampung kali.

        -tri-

        --- orangegirl <cen_taa@...> wrote:

        > hi semuanya....kenalkan nama saya cen...
        > saya baru join ni di milis ini..bukannya baru
        > tertarik ma astronomi
        > si, cuma baru-baru ini aja tertarik surfing di
        > internet n ikut2an

        Tri Laksmana
        ------------------

        "Seorang terpelajar harus berlaku adil sudah sejak dalam pikiran."
        -Pramoedya Ananta Toer, Bumi Manusia

        http://mail.yahoo.com
      • MUTOHA MMC
        Message 3 of 8 , Nov 8, 2005
          Coba kita diskusikan :
          (Kayaknya ini bukan masalah orang Islam saja, tapi masalah astronomi jadi siapun boleh komentar)
          Baru-baru ini Menteri Agama kita mengumumkan melalui Sidang Istbat Penentuan 1 Syawwal 1426 H jatuh pada hari kamis, 3 September 2005
          Nah katanya ini berdasarkan laporan rukyat dari 2 lokasi rukyat yaitu Gresik (Jawa Timur) dan cakung (Jakarta Timur) yang
          "mengaku" berhasil melihat 'hilal' bulan sabit pertama Syawwal 1426 H pada Rabu, 2 September 2005 beberapa menit selepas matahari terbenam di kedua lokasi tersebut. Apakah mereka betul-2 melihat secara fisik? atau batin? sebab menurut perhitungan astronomis pada kondisi dan lokasi tersebut hilal "mustahil" dapat terlihat dg peralatan astromonis apalagi mata telanjang??? Apa ini bisa disebut kebohongan publik? (menurut laporan Jordanian Astronomycal Society-JAS) tak satupun pengamat di Timur Tengah dan Afrika dapat melihatnya pada hari itu apalagi di Indonesia yang terletak lebih Timur???? Pengakuan melihat ini ini tidak terjadi satu-dua kali saja tapi sering. Apakah para perukyat tsb. memiliki bekal ilmu astronomi shg asal melihat objek terang di barat langsung diklaim sgb hilal?? Wallahualam.
          Konon hasil laporan dari LAPAN (Bapak T. Djamaluddin) juga ditolak karena menyatakan hilal tidak mungkin dirukyat di Indonesia??? Apa ini politik??

          Mutoha
          Jogja Astro Club (JAC)

        • Amanda Nizami
          Message 4 of 8 , Nov 13, 2005
            Kalo waktu ditempat saya ngaji, kita sempet diskusi alot begitu mengenai hilal. Saya udah coba kasih tau kalo hilal itu nggak bisa di lihat dari telanjang mata, harus dilihat dengan teleskop, tapi mereka tetep kekeh untuk melihat hilal di pantai. Lucunya khan mendung saat itu but still mereka bilang udah "melihat" hilal. Susah, orang tua semua yang bikin keputusan cuma saya aja yang beda pendapat. Udah sering kejadian kaya gini, Menurut saya masyarakat awam harus diberi pengarahan oleh badan meteorologi dan geofisika plus harus kompak sama MUI serta ormas-ormas besar seperti NU & Muhammadiyah.

          • MUTOHA MMC
            Message 5 of 8 , Nov 14, 2005
              Tanggapan Re: [HAAJ] [ASTRONOMI_INDONESIA] HILAL DI INDONESIA??

              ” Saya pikir seringnya terjadi "laporan palsu" ttg terlihatnya hilal di Indonesia adalah dikarenakan kurangnya pengetahuan falaq/astronomi yang dimiliki oleh seorang perukyat. Seorang perukyat yg menguasai ilmu falaq mesti akan ragu sendiri ketika melihat obyek hilal berada di tempat yg tidak semestinya. Sebab falaq memang berbeda dg ilmu2 islam yang lain seperti syariat, ibadat ato yg lain. Falaq/astronomi adalah adalah cabang dari ilmu pasti (physics) sehingga posisi bulan/hilal atau benda2 langit yang lain dapat dihitung secara presisi di mana ia berada dan kesaksian tersebut dapat diterima tidak cukup dengan syarat bahwa ia telah disumpah atau karena ia memiliki pengaruh dsb. Orang yg tidak tahu apa yg ia lihat memang akhirnya tidak dapat menanggung dosa atas apa yg ia laporkan. Nah, ada baiknya kalo laporan tersebut di crosscheck apa betul yg dilihat itu adalah obyek yang sesungguhnya, atau obyek lain misalnya planet, bintang,lampu pesawat, lampu menara, awan yg terang karena
              matahari dsb. Bisa juga khan mereka salah lihat. Baru2 ini Arab Saudi mendapat ejekan dari para ilmuwan astronomi seluruh dunia. pasalnya apa? Arab saudi menetapkan hari raya (Idul Adha 1425 H) berdasarkan laporan terlihatnya hilal di negara tsb pada petang itu padahal menurut perhitungan astronomis posisi hilal waktu itu sudah berada di bawah horison!! Apakah negara mau ikutan jadi bahan ejekan negara2 lain? Padahal negara2 asean lain seperti malaysia, brunei, singapura dari ratusan pos pengamat tak satupun melaporkan dapat melihat hilal. inilah saatnya, sebetulnya pemerintah kita mulai mendata secara teliti dan membuat kriteria/syarat yang harus dimiliki seorang perukyat dan jangan asal menerima laporan saja. Idealnya rukyat juga harus dilakukan tiap awal bulan hijriyah, tidak hanya saat mau ramadhan atau idul fitri & idul adha saja, karena kegiatan rukyat adalah kegiatan yang berkesinambungan, bagaimana kira akan merukyat pada tgl 29 kalo tanggal 1 belum ditentukan. Yg sering
              terjadi, tgl. 1 Sya’ban ditentukan dg kriteria imkanurrukyat (tinggi hilal min 2 derajat) dan bukan dg rukyatul hilal, sementara ramadhan dan syawaal ditentukan melalui rukyatul hilal. Juga 1 Zulqoidah ditentukan bukan dg rukyatul hilal, baru 1 Zulhijjahnya menggunakan rukyatul hilal. Mestinya kalo kita konsekuen penganut faham rukyatul hilal, maka semua bulan hijriyah juga harus ditentukan dg rukyatul hilal dan tidak cukup dg hasil perhitungan/hisab saja. Tapi kalo kriteria imkanurrukyat sudah cukup, buat apa susah2 mengadakan kegiatan rukyat, untuk apa pula pemerintah menyelenggarakan sidang itsbat? Karena cukup dg kriteria imkanurrukyat (MABIMS & nu) atau kriteria wujudul hilal (muh. & persis) kita bisa menyusun kalender hijriyah untuk ribuan tahun ke depan. Namun kalo kita masih mau berpijak pada sunah rosul maka merukyat hilal adalah juga ibadah (saya juga meyakini) maka lakukan kegiatan rukyat setiap awal bulan (12 kali dalam setahun dan bukan hanya 3 kali). tengok Malaysia,
              negeri jiran ini memiliki hampir 30 lokasi resmi pengamatan hilal dengan bangunan permanen dan peralatan yang modern dan tenaga terlatih. Selain itu juga didukung oleh ratusan perukyat amatir dari kalangan pecinta astronomi yang tersebar di seantero negeri ini. Tapi di negeri kita, yang masih mendasarkan penetapan kalender hijriyah (terutama ramadhan. Idul fitri dan idul adha) menggunakan rukyatul hilal melalui Sidang Istbat nampaknya tenang-tenang saja. Moga2 ini bukan karena kita memiliki para perukyat yang memiliki daya penglihatan “super” sehingga mampu menembus awan dan horison itu?
              Melalui mimbar ini juga, saya berharap kepada teman2 yang memiliki pandangan yg sama untuk turut membantu ummat merukyat hilal tiap bulan dengan kegiatan rutin bulanan “hilal party” (mengutip gagasan Sdr. Ma’rufin) setiap menjelang tgl. 1 bulan hijriyah di lokasi masing2. Saya yakin semakin banyak tempat yg melakukan rukyat, akan semakin besar kemungkinan hilal dapat dipantau paling tidak dari salah satu lokasi tsb. Dan kita bisa bergabung dalam komunitas pengamat hilal se dunia yaitu International Crescent Observatory Project (ICOP) lewat website http://www.icoproject.org
              Lewat milis juga kami mohon para pakar astronomi Indonesia (yang telah banyak menulis tentang hisab & rukyat hilal di Indonesia) seperti Bp. T. Djamaluddin, Bp. Moedji Raharto, Bpk. Dhani, Bp. Ferry M. Simatupang, Bp. Suwandojo, Bp. Hendro Setyanto, Bp. Isep Cuarsa, Bp. Juhana dll. Juga HAAJ, HAAB, KAB, Planetarium Jakarta, Surabaya, Tanggarong serta Observatorium Bosscha mau mendukung usaha ini baik secara teknis maupun non teknis. Setuju nggak teman2? Teknis gimana? Kayaknya sih seperti yang sudah dilakukan oleh ICOP tapi yg ini khusus regional Indonesia saja gitu. Ada yg berani menerima tantangan ini ??? Namanya?? Apa ya? Apa ini aja: RHI (Rukyatul Hilal Indonesia) atau yg lain pake bhs Inggris no problem gitu. Jadi ilmu kita khan bisa diamalkan.... Akhirnya angan2ku berakhir di sini. Terimakasih- “Hidup Astronomi Indonesia”.
              Wallahu alam bissawab.

              Mutoha,
              Jogja Astro Club (JAC)

            • Siroji F. Basuki
              Message 6 of 8 , Nov 16, 2005
                Apakah saya bisa dijelaskan mengapa patokan kriteria
                imkanurrukyat adalah tinggi hilal min 2 derajat.
                Apakah ada dalil (Qur'an dan hadits) atau penjelasan
                ilmiahnya ?

                wassalaam

                --- MUTOHA MMC <jogja_astroclub@...> wrote:

> [...]
                > imkanurrukyat (tinggi hilal min 2 derajat) dan bukan
                > dg rukyatul hilal, sementara ramadhan dan syawaal

                __________________________________
                Start your day with Yahoo! - Make it your home page!
                http://www.yahoo.com/r/hs
              • MUTOHA MMC
                Message 7 of 8 , Nov 17, 2005
                  WAH.. (IMKANURRUKYAH 2 DERAJAT)..?
                  SETAHU SAYA SIH TIDAK ADA DI AL-QURAN MAUPUN HADIST DAN SANGAT TIDAK ILMIAH SEBAB SECARA ASTRONOMIS MAUPUN EMPIRIS TIDAK PERNAH TERJADI DAN DIBUKTIKAN BAHWA HILAL SETINGGI 2 DERAJAT DAPAT TERLIHAT WALAU MENGGUNAKAN TELESKOP SEKALIPUN. KRITERIA TERSEBUT CUMA HASIL KESEPAKATAN SAJA PADA PERTEMUAN MENTERI AGAMA BRUNEI-INDONESIA-MALAYSIA-SINGAPURA (MABIMS). LIHAT WEB INI : http://www.islam.gov.my/ppi/c-syariah-falak.html REKOR HILAL TERMUDA TERAMATI ADALAH SEKITAR 6 DERAJAT.
                  NAMUN MENURUT INFO, PENETAPAN KRITERIA TSB SEBAGAI SOLUSI PEMERSATU THD KRITERIA2 YANG BEREDAR DI TENGAH MASYARAKAT. TAPI LAGI2 TIDAK SEMUA MASYARAKAT MAU MENERIMA. MUHAMMADIYAH MASIH MENGGUNAKAN KRITERIA “WUJUDUL HILAL” (JIKA BULAN TERBENAM SETELAH MATAHARI, ESOKNYA TGL. 1 ) SEMENTARA NU MAU MENERIMA DG SYARAT HARUS ADA YG MELIHAT HILAL (SERING YG DILAPORKAN ADALAH “UNIDENTIFIED OBJECT”
                  BERIKUT PETIKAN ARTIKEL BP. T DJAMALUDDIN DARI LAPAN BANDUNG : “Pada 1932 dan 1936, Danjon melaporkan hasil pengamatan hilal di majalah astronomi. Dari 75 bukti pengamatan hilal yang dikumpulkan dari berbagai pengamat di seluruh Eropa, diperoleh syarat batas penampakan hilal yang kini dikenal sebagai limit Danjon. Danjon dalam laporannya itu menganalisis hubungan jarak sudut (jarak di langit dalam ukuran sudut pandang -- dinyatakan dalam derajat) Matahari-Bulan dan besarnya lengkungan sabit pada hilal. Dari 75 data itu, diketahui bahwa makin dekat jarak sudut Matahari-Bulan, lengkungan sabit yang bisa teramati makin kecil. Data-data itu menunjukkan bahwa hilal tidak mungkin teramati bila jarak sudut Matahari-Bulan kurang dari 7 derajat. Ini kemudian dikenal sebagai limit Danjon. Dengan limit itu astronom akan menolak laporan pengamatan hilal dengan mata telanjang bila jarak sudut Matahari-Bulan kurang dari 7 derajat.”

                  SALAM

                  MUTOHA
                  JOGJA ASTRO CLUB (JAC)

                  "Siroji F. Basuki" <ojir@...> wrote: Apakah saya bisa dijelaskan mengapa patokan kriteria
> [...]

                  > imkanurrukyat (tinggi hilal min 2 derajat) dan bukan
                  > dg rukyatul hilal, sementara ramadhan dan syawaal

                  NOTE: Jangan mengirimkan spam karena Anda akan langsung kami ban dari milis ini

                • ferdiz Hidayat
                  Message 8 of 8 , Nov 17, 2005
                    alooo
                    slm kenal juga kepada cen...
                    nama anda siapa?
                    koq cuma cen?
                    kenalkan juga nama saya ferdi
                    Saya salah satu murid SMA yang tertarik sekali dengan
                    Astronomi.
                    Kalo ada info terbaru tolong msg yach!!!
                    kalo misalnya aku ga bisa masalah olimp, tolong
                    bantuin yach.
                    Soalnya aku belum kenal banyak dengan orang-orang di
                    group ini.
                    Gimana sich cara publicate diri di sini?
                    --- orangegirl <cen_taa@...> wrote:

> [...]
                    > kuliah astronomi, tapi
                    > karena bermacam2 tuntutan, akhirnya ga jadi..hehe..
                    > ya udah deh, salam kenal aja..semoga kita semua yang

                    Yahoo! FareChase: Search multiple travel sites in one click.
                    http://farechase.yahoo.com