planet ke 10

  • isnaeni MH
    Message 1 of 16 , Jul 31, 2005
      Hi,
      menurut berita terbaru dari nasa, planet ke-10 sudah dikonfirmasikan
      keberadaannya
      bisa lihat di http://www.jpl.nasa.gov/news/news.cfm?release=2005-126
      sebenarnya ditemukan Oktober 2003 tapi baru dikonfirmasi ukurannya baru2
      ini. Konon planet ini punya massa lebih besar dari pluto dengan jarak 3 kali
      lebih jauh dari matahari.
      gimana pendapat temen2. benda ini masuk planet ato KBO juga seperti sedna
      ama quouar
      regards
      isn

    • Herru Arttan
      Message 2 of 16 , Aug 1 5:34 PM
        Hi, Mas Is
        Saya belum dapat mengomentari planet tsb.
        karena belum tahu data-data rotasi, orbitasi
        sebab kalau tidak jelas maka sementara kita
        sebut KBO saja.

        Salam Herru

        http://mail.yahoo.com
      • isnaeni MH
        Message 3 of 16 , Aug 2 2:21 AM
          Hi juga,
          Mengenai data dari "planet" baru ini sejauh yang saya tahu :
          jarak dari matahari : 38 AU (terdekat) dan 97 AU (waktu jauh) - 1 AU = jarak
          matahari ke bumi
          waktu edar : 560 tahun bumi
          Inklinasi orbit : 44 derajad
          Massa : +- 1.5 x pluto (sebenernya tergantung materi pembentuknya, bila
          kayak pluto brati skitar 1.25 x pluto, bila kayak charon-bulan pluto skitar
          1.6 x pluto)
          Perkiraan materi pembentuk : seperti pluto
          Bulan : tidak ada
          Rotasi : belum diketahui (tapi dengan data yang ada saya kira rotasinya
          cukup cepet)
          saya pribadi juga setuju untuk tidak memasukkan *2003 UB313 *ini kedalam
          kategori planet, dia termasuk KBO, demikian juga dengan pluto.
          regards
          isn

          On 8/2/05, Herru Arttan <archigeotec@...> wrote:

> [...]
          > Saya belum dapat mengomentari planet tsb.
          > karena belum tahu data-data rotasi, orbitasi
          > sebab kalau tidak jelas maka sementara kita

        • Herru Arttan
          Message 4 of 16 , Aug 2 2:08 PM
            Thanks,

            Platonic Sequence dalam sistim tatasurya kita sudah
            sangat jelas dan teratur, artinya bukan benda asing
            dalam hal keberadaan para planet kita dalam kehidupan
            manusia.

            "Satu melahirkan dua, dua melahirkan tiga, tiga
            melahirkan seribu materi" ( Lau Tze 604 SM. ) . Itulah
            sebabnya bumi diletakan oleh Sang Pencipta pada urutan
            Ketiga dalam planetary ini.

            Oleh karena itu Pluto nampaknya harus masuk keluarga
            planetary kita.

            Salam Herru

            http://www.yahoo.com/r/hs
          • isnaeni MH
            Message 5 of 16 , Aug 4 12:40 AM
              Salam,
              Memang betul pluto sudah terlanjur berlabel planet. tetapi label pluto
              sebagai planet hanya berdasar nilai historis saja (yang tidak terlalu kuno,
              paling 70 th lalu). bila di bandingkan secara ilmiah pengklasifikasian pluto
              sebagai planet mempunyai dasar yang lemah. bila Pluto termasuk planet,
              maka 2003
              UB313 harus disebut planet juga, demikian juga benda langit yang mungkin
              ditemukan kemudian.
              masyarakat umum sudah menerima pluto sebagai planet selama 70 th, sulit
              untuk merubahnya. tapi kalau dulu tidak sulit untuk menambahkan uranus,
              neptunus dan pluto (bahkan bumi) ke dalam jajaran planet kenapa sekarang
              sulit untuk menambah atau mengurangi jumlah planet?
              regards,
              isn

              On 8/3/05, Herru Arttan <archigeotec@...> wrote:

> [...]
              > sebabnya bumi diletakan oleh Sang Pencipta pada urutan
              > Ketiga dalam planetary ini.
              >
              > Oleh karena itu Pluto nampaknya harus masuk keluarga

            • Muthiya Doank
              Message 6 of 16 , Aug 4 12:53 AM
                ass... hai..buat semua anggota miLis ini.. boleh minta bantuannya gak? buat bantuin kumpulin ide2 buat tugas akhir skolahku.. (karya tulis gituuuh..) sekarang masih bingung topik.. da yang punya ide gaaaa.. ntar aku bisa ngembanginnya!

                btw..pgnnya seh yang agk2 nyambung ma astronomi juga.. tapi wawasan saya ttg astronomi sndiri masih sempiit.. mgkin ada doonk diantara kalian yang bisa bantu saya mengungkap fenomena2 menarik seputar astronomi plus permasalahannya...

                makasih222222 yaaaaaaaa..
                mohon bantuan semua!!!!
                trims.. wass

                --- isnaeni MH <isnaeni96@...> wrote:

> [...]
                > saya pribadi juga setuju untuk tidak memasukkan
                > *2003 UB313 *ini kedalam
                > kategori planet, dia termasuk KBO, demikian juga

              • bob smith
                Message 7 of 16 , Aug 4 7:56 AM
                  alo muthiya..gue bob..knapa ga coba tentang "aurora borealis" mungkin tertarik...

                  --- isnaeni MH <isnaeni96@...> wrote:

> [...]
                  > saya pribadi juga setuju untuk tidak memasukkan
                  > *2003 UB313 *ini kedalam
                  > kategori planet, dia termasuk KBO, demikian juga

                • Muthiya Doank
                  Message 8 of 16 , Aug 4 9:22 PM
                    ehm..maaf neh, pgn nanya lagi dookzz... btw, ada hubungn ga seh klo misalnya lapisan Ozon di bumi ini bocor, menipis pokonya rusak..dengan kondisi alam semesta ini?? ato mgkn dengan bumi itu sendiri dari segi astronomisnya.. apa mempengaruhi gravitasinya..apa gmn /??

                    satu lagi.. gmn cari nentuin rasi/zodiak (yang byk dipercaya org2)?? misalnya kan sekarang bulan Leo.. ko rasi yang keliatan malah scorpio mulu setiap malem..??? gmn yaaaa??!!

                    makasih yaaa

                    --- isnaeni MH <isnaeni96@...> wrote:

> [...]
                    > saya pribadi juga setuju untuk tidak memasukkan
                    > *2003 UB313 *ini kedalam
                    > kategori planet, dia termasuk KBO, demikian juga

                  • Amanda Nizami
                    Message 9 of 16 , Aug 4 10:17 PM
                      halo muthiya chayank.....pa kabar ??!?!

                      Gimana kalo tentang "Black Hole" seru tuh, gampang-gampang susah, tapi terserah sih !!!!

                    • Dudi Indrasetiadi
                      Message 10 of 16 , Aug 4 11:41 PM
                        On 8/4/05, bob smith <si_ibob@...> wrote:
                        > alo muthiya..gue bob..knapa ga coba tentang "aurora borealis" mungkin tertarik...

                        Wow...! Angin matahari gitu, lho. Itu TA-nya temen gue tuh.

                        --
                        <idud>
                      • Evan Irawan Akbar
                        Message 11 of 16 , Aug 6 2:08 AM
                          Assalaamu'alaikum....

                          Lama gak login...
                          1. Kl ozon bocor, paling pol cuman mempengaruhi iklim & kehidupan.
                          Kanker, komposisi atmosfer berubah, tanaman mati, dsb. Tapi dari segi
                          astronomi... sptnya gak ada. Oya ada! Atmosfer kita jadi peka tembus
                          thd sinar UV. Berarti kalau kita mau ngamat bintang/ galaksi di
                          panjang gelombang UV, kita gak perlu kirim satelit ke luar angkasa.
                          Tapi, siapa yg mau ngamat? Bumi kan udah nggak layak huni lagi...

                          2. Cara menentukan sekarang ini zodiak apa, dsb...
                          Sebenarnya kalo dibilang: Skarang ini saatnya zodiak Leo (Juli-
                          Agustus). Berarti, saat itu, Leo tepat berada di belakang matahari.
                          jadi, kita memang nggak bisa melihat zodiak yang bersangkutan. Saat
                          tengah malam, kita justru akan melihat jelas zodiak yang 6 bulan
                          kemudian.

                          The last thing, about tugas sekolah....
                          sebenarnya semua menarik. Mungkin cuman perlu dipancing sedikit, "di
                          sini lo menariknya."
                          Maaf, saya gak tau tugasnya harus ttg penelitian, atau cuma resume
                          (merangkum) atau dalam bentuk angket atau yg lain. Jadi, saya tulis
                          aja semuanya.

                          Ada beberapa ide:
                          1. polusi cahaya & pengamatan. Kerasa sendiri kan, pas astrocamp kl
                          banyak lampu kayak gimana. Permasalahan: kawasan Bosscha sekarang
                          udah seterang itu. Ada ide untuk menyelamatkan Bosscha?
                          Banyak pihak yang ingin menjadikan kawasan sekitar bosscha itu
                          sebagai objek wisata. Mbangun hotel bintang 5, dsb... Lha terus
                          ngamatnya gimana? Mau mindah observatorium? Duitnya mana? Lokasinya
                          di mana? Untuk membangun sebuah observatorium, butuh lokasi khusus.

                          Dulu di zaman Romawi kita bisa make Pollux/Castor (atau bintang ganda
                          apa ya, saya lupa) untuk menentukan pasukan suatu negara. Karena
                          langit cerah & gelap, orang dengan mata bagus akan bisa melihat
                          bintang itu double. Tapi kl nggak, cuman keliatan satu. Kl org itu
                          liatnya double, orang itu masuk pasukan pemanah. Tapi kalo cuman
                          satu, berarti dia ikut infantri.

                          2. Angket ttg minat masyarakat thd astronomi. Termasuk diantaranya,
                          siapa yang pengen nyumbang buat mendirikan observatorium baru.
                          he..he.. Atau apalah.

                          3. Yang agak tinggi dikit. Ttg satelit. Mengapa kita mesti
                          meluncurkan satelit ke luar angkasa. Terus gunanya buat apa. Siapa
                          aja yang punya satelit di luar angkasa? Kenapa indonesia punya
                          satelit satu terus dijual? :p

                          4. Ttg bulan. Proses awal penjelajahan bulan. Termasuk konspirasi
                          apakah manusia benar2 berjalan di bulan? Lalu data2 astronomis ttg
                          bulan. Kenapa bulan tampak kemerahan kl gerhana bulan total, dsb

                          5. Penjelajahan ke mars. Kolonisasi mars, kenapa org menyangka ada
                          khidupan di mars, wahana apa aja yang udah dikirim ke sana, dsb

                          6. Ttg matahari. Mulai dari jam matahari, perbedaan waktu antara jam
                          matahari dan jam bintang yang selisih 4 menit, pengaruh angin
                          matahari ke satelit & komunikasi, dsb. Bahkan ada kk kelas yg ngambil
                          tugas akhir ttg pengaruh aktivitas matahari & pola iklim di bumi
                          (kerjasama dgn lapan)

                          7. penjelajahan yg lebih jauh spt ke saturnus, titan & lautan
                          metananya, triton & air mancurnya, komet, meteor, dsb. Bisa juga
                          peluang bumi tertabrak asteroid/ komet (spt film armageddon).
                          Hubungkan dgn peristiwa KT yang memusnahkan dinosaurus dulu

                          8. Yang lebih tinggi ylagi tapi susah dicari hubungannya sama kita:
                          supernova, lubang hitam, pulsar, planetary nebulae, dsb.

                          Gini aja deh. Mutia pengen ttg apa, yg bagaimana, ntar diarahin.
                          Soalnya astronomi tuh luas bgt.

                          :)

                          --- In astronomi_indonesia@yahoogroups.com, Muthiya Doank

                        • isnaeni MH
                          Message 12 of 16 , Aug 7 9:33 PM
                            Assalaamu'alaikum....
                            Betul itu, semuanya pengamatan tentang alam bisa jadi sangat menarik
                            tergantung cara pandangnya dan seberapa dalam memandang, bahkan bagi seorang
                            ahli yang tahu, hal sepele bagi kita bisa menjadi sangat menarik. contohnya
                            pertanyaan mengapa langit biru, saya (jenis B) akan jawab karena cahaya biru
                            lebih mudah belok/berpencar di atmosfer, bagi orang awam (jenis A) cukup
                            tapi kalo itu saya tanyakan ke ahli (jenis C) dia bisa menjelaskan hal
                            menarik mengapa cahaya biru berbelok di atmosfer yang bagi orang awam (jenis
                            A) jadi membosankan. bila ditanyakan ke orang yang lebih ahli (jenis D) lagi
                            dia akan menjelaskan mengenai formulasi yang rumit seputar pembiasan ini
                            yang bagi saya (jenis B) jadi membosankan. bila ditanyakan ke ahli lain
                            (jenis E) dia akan menjelaskan mengapa cahaya bisa melambat di atmosfer
                            dengan segala formulasi yang bikin orang jenis A ampe C puyeng.
                            Intinya kalo mau bikin makalah harus dilihat untuk siapa makalah tersebut
                            ditujukan. dan (seperti kata Evan) disajikan dalam bentuk apa.
                            kalo mo yang keren tulis tentang Dark matter ato Dark Energy, jarang yang
                            nyanggah dah karena blom ada yang tahu persis.
                            regards
                            isn

                            On 8/6/05, Evan Irawan Akbar <kangmasgudeg@...> wrote:

> [...]
                            > supernova, lubang hitam, pulsar, planetary nebulae, dsb.
                            >

                            > Gini aja deh. Mutia pengen ttg apa, yg bagaimana, ntar diarahin.

                          • avivah
                            Message 13 of 16 , Aug 12 8:20 AM
                              hello guys...

                              kami dari centaurus membuat kaos bertema astronomi dengan gambar
                              Centaurus. nah kalo ada yg berminat buat beli bisa kontak aku.
                              gambarnya bisa dilihat di
                              http://photos.groups.yahoo.com/group/astronomi_indonesia/lst

                              kaos yang kami buat ada 2 warna item n putih.
                              buat cewe yg ada ukuran S dan M sedang cowo S,M, dan L.

                              harganya Rp. 65.000 belon termasuk ongkos kirim.

                              btw poto yg gue masukin disitu warnanya mungkin agak kebiru2an soalnya
                              ada masalah waktu motret

                              vivi
                            • Muthiya Doank
                              Message 14 of 16 , Aug 14 3:22 AM
                                hai...
                                waaah, menarik banget! btw..aku kan berjilbab..ada yang ukuran tangan panjangnya gak??klo ada boleh donk..pesen satu!! warnanya item ato putih, oke2 aja!! makaseh yah!!\
                                info lengkapnya..tar aku kabarin lagi blom ada duwithnya sech..hehehhe!!!

                                Diskusi Astronomy

                              • Tri Laksmana
                                Message 15 of 16 , Aug 14 7:47 AM
                                  Wah, gw lupa ngasi tau nih... sori yach... kalo ada
                                  yang berminat, kalau bisa hubungi lewat japri ajah,
                                  supaya gak menuhin space milis dan tidak memenuhi
                                  inbox anggota lain, okeh gak?

                                  -tri-

                                  Message 16 of 16 , Aug 14 8:45 AM
                                    oiya bener .. lupa ngasih tau... kalo berminat ma kaoosnya, japri aja
                                    ke vivi1501@... jangan disini.