Massa Jenis Bensin

  • adi oka
    Message 1 of 5 , Sep 30, 2008
      Teman2 smua ada yang tau ga berapa berat jenis bensin? yang saya tau selama ini cm angka oktan bensin tapi klo berat jenis belum pernah dengar. Trima kasih atas bantuannya

      alamatnya tolong diperjelas buuu, saya jg lg nyari loker baru nie...

    • Richard limi
      Message 2 of 5 , Oct 2 1:17 AM
        simple aja friend, ambil sample bensin, trus sampel tersebut ditimbang beratnya dan diukur volumenya, jadi deh m/v. bukannya anda lulusan tekim kan harusnya tau tuh, wah harus banyak belajar nih.....

[...]

      • O n e i
        Message 3 of 5 , Oct 3 1:20 AM
          nah...
          saya mau reply gitu kok dah keduluan mas Richard deh...

          Message 4 of 5 , Oct 7 1:30 AM

            Nilai density suatu fluida pada prinsip nya mass/volumenya. Density suatu fluida sangat penting , karena untuk indikasi awal fluida ini sebenarnya apa, komposisinya gimana. Untuk suatu fluida yang mudah memuai dan sampai berubah phase ( liquid ke gas, spt bensin ini) untuk pengukuran density harus hati2, Karena perubah temperature atau berubah pressure walau komposisinya nggak berubah, density bisa berubah. karena kerapatan molekulnya berubah. Memui/mengembang kalau di panaskan atau press di turunkan dan sebaliknya.

            Maka untuk hidrocarbon spt bensin, indikasi density ada density actual yaitu density pada P n T saat pengukuran. Ini akan jadi masalah karena density ini selanjutnya biasanya untuk perhitungan Mass dgn calculasi volumenya dan sebaliknya.

            Ada density standard, density actual yang udah dikompensasikan dgn T n P. Yaitu Density pada T tertentu. misal T 15oC.

            Dalam transaksi bensin di SPBU dan Depo2 pertamina , masih dgn Volume actual dan densitynya berapa nggak di hiraukan.

            Tapi kalau transaksi besar, misal dari pengapalan atau produlsi suatu kilang, selalu dalam volume standard, Pada T terntentu. Andai Metering/flowmeternya masih vol actual, maka harus di kalkulasikan dgn standarad transaksi misal T 15oC, maka vol actual di hitungkan dgn Density standrad T 15oC. Density bensin yang diukur pada T 15oC.

            Pengukuran density yang stabil , bisa juga dgn SG ( specific gravity) pada P n T tertentu misal 15oC, so misal SG bensin T15oC = density bensin pada 15oC/density water 15oC. Bisa juga dgn degree API.

            Pengunaan Density ini sangat di perlukan bahkan menjadi standrad API (international ) dan (Dimet Metrology n Ditjen Migas) di Indonesia, untuk referensi transaksi suatu fluida termasuk BBM n Bensin ini.....buanyak sekali aplikasi ini. Misal dari Pertamina Pengolahan ke Pertamina Pemasaran dari Pertamina Pemasran ke Pembeli2nya.

            Semoga menambah informasi.

            Heru Widiyanto
            08161375191
            Sr.Product Sales Engineer  of Densitymeter
            ( densitymeternya online kontinue ya, nggak sampling).

            Message 5 of 5 , Oct 9 11:22 PM

              Untuk apa di timbang... langsung aja cari di internet...

              massa jenis bensin (gasoline) antara 0.71 - 0.77 kg/l tergantung komposisinya...

              Untuk produk2 PERTAMINA, data densitynya bisa dilihat dari MSDS mereka yang dapat diaccess pada link berikut:

              http://www.pertamina.com/index.php?option=com_content&task=view&id=3266&Itemid=693

              mudah2an membantu