sharing folder di windows xp

  • mr.T
    Message 1 of 11 , Feb 29 8:43 PM
      Kenapa dua komputer yang terkoneksi dalam jaringan lokal dengan OS yang sama
      yaitu Windows XP professional misalkan PC A akan mengakses folder yang ada
      di PC B dan folder tersebut sudah dishare. Tapi begitu PC A akan connect ke
      PC B muncul windows dengan tulisan dengan user name : PC B/Guest
      password :................ dan usernamenya disable (warna kelabu) artinya
      tidak dapat diubah padahal saya sudah menambah account di PC B dengan nama
      yang sama pada PC A tapi kenapa yang muncul selalu username PC B/Guest. Saya
      nantikan caramahnya terimakasih sebelumnya.

      kusdiman
    • z@q
      Message 2 of 11 , Mar 6, 2004
        create domain dulu mas...., tentukan namanya..., kedua pc tsb baru bisa berinteraksi.
        perhatikan pula file system yang dipakai, dimana FAT tdk bisa mengakses NTFS

        Message 3 of 11 , Mar 7, 2004
          Berarti di PC B security tidak membolehkan anonymous untuk mengakses
          filenya, masukin aja password admin PC Bnya. atau set aja security PB
          lewat adminitrative tool.

          --- In TanyaJawabKomputer@yahoogroups.com, "z@q..."

        • mr.T
          Message 4 of 11 , Mar 7, 2004
            Gini saya tidak memakai domain saya pakai workgroup, namanya sudah saya
            kasih di control panel, system kan ada tuh komputer name. Dan waktu diformat
            HD-nya kan dari tokonya biasanya kan format dengan 32 bit atau apa beda FAT
            dengan NTFS. Trus untuk bung Allay saya kan udah bikin juga user name di PC
            B dengan tingkat Administrator tapi tetep aja ngak nembus...kumaha nya !

            <johnlennon690@y...> wrote:
> [...]
            bisa berinteraksi.
            > perhatikan pula file system yang dipakai, dimana FAT tdk bisa

          • allay
            Message 5 of 11 , Mar 8, 2004
              Coba lihat security untuk network di PC B, dia ngijinin ngga buat
              dilihat folder sharenya sama yang logon di workgroup. Kalo dia
              permision ya selalu minta password. Atau malah dia mintanya cuma bisa
              dilihat local doang (alias dari PC dia doang)

            • Mochammad Kurniawan
              Message 6 of 11 , Mar 9, 2004
                mr.T <kusdiman@...> nulis kayak gini:

                > Dan waktu diformat HD-nya kan dari tokonya biasanya kan format dengan 32 bit
                > atau apa beda FAT dengan NTFS.

                * Fat32 = mudah dibobol lewat DOS, dan ukuran 1 file maksimal 4 GB
                * NTFS = sulit untuk dibobol, bisa diprotek, ada fasilitas untuk
                mengkompres, ukuran maksimal 1 file tak terhingga, tidak
                perlu scandisk.
                Tahun 2005 nanti Windows akan mengeluarkan format file baru yaitu WinFS
                katanya sih lebih kuat.. Dan ini untuk OS terbaru yaitu Windows
                Longhorn.

                --
                Wassalam,
                Mochammad Kurniawan
                Message 7 of 11 , Mar 10, 2004
                  coba aja masuk ke management account kayaknya disitu ada settingannya deh!!!!!!

                  allay <mr_allay@...> wrote:Coba lihat security untuk network di PC B, dia ngijinin ngga buat

                • ERIC
                  Message 8 of 11 , Mar 10, 2004
                    Kalo boleh tau, mas pake windows xp apa?? home atau professional??

                    Maaf, coba kesini mas (mungkin bisa membantu)
                    Ini di windows XP professional:
                    Start - control panel - administrative tools - local security policy - pilih local policies -
                    pilih security option - trus cari "Network access: sharing and security model for local accounts"
                    Kalo ketemu, klik kanan trus pilih properties...
                    Pada kondisi default nilainya : "Guest only - Local Users authenticate as guest"
                    Nah coba ganti dengan: "Classic - Local Users authenticate as themselves"
                    Klik apply, trus ok.....

                    kalo udah, silahkan tutup Local security policiesnya, trus coba ke windows explorer
                    harusnya Sharing and security di local disk C anda berganti . Ada C$ dan securitynya bisa diubah, siapa saja yg bisa mengakses suatu file/folder dalam localdisk C anda...
                    Kalo udah berubah, coba anda akses isi hardisk anda yg telah di share ini lewat komputer lain (yg terhubung dgn jaringan anda),
                    pakenya : start-run- ketik nama komputer ditambahin c$
                    EXP: \\Komputer1\C$ trus enter....
                    trus kalo berhasil, maka anda akan ditanya username dan passwordnya..
                    anda bisa masuk dengan username anda (yg telah ada di komputer1) beserta passwordnya..
                    kalo berhasil... maka anda bisa melihat dan mengakses isi hardisk komputer1
                    setelah itu..... tinggal anda atur sendiri, mana file/folder yg disharing atau tdk...

                    Ehm nambah dikit, kayaknya kalo buat win XP yang home edition itu gak ada local security policynya lho... (kayaknya).

                    Well
                    semoga membantu.....
                    ditunggu hasilnya yach....... Berhasil/gagal??

                    salam.......

                  • mr.T
                    Message 9 of 11 , Mar 10, 2004
                      Duh ternyata komputer yang akan saya hubungi (Bos saya) itu pakai XP Home
                      Edition di Administrative Tools-nya emang ngak ada Local Security Policy
                      cuman sebelumnya bisa saya biasa install Printer HP Laser Jetnya yang
                      dishare. Kalau saya sendiri pakai oem Professional Edition. kira2 knapa
                      dulu bisa sekarang tidak ?

> [...]

                      name di PC
                      > B dengan tingkat Administrator tapi tetep aja ngak nembus...kumaha nya !

                    • ERIC
                      Message 10 of 11 , Mar 14, 2004
                        Atau coba gini mas... (kalo bisa lho!!)
                        Masuk ke windows explorer...
                        Di deretan pilihan tools atas (pada toolbar) pilih tools - folder option - muncul menu lagi.. - klik tab View, trus pada deretan advance setting, cari pilihan "use simple file sharing (recommended)", nah tandai (pilih) option tersebut - klik ok, trus tutup windows explorernya...
                        Coba buka lagi... kayaknya sech "local disk C" nya akan tersharing.. seperti yg saya jelaskan pada solusi sebelumnya (yang pake local security policy)...

                        semoga berhasil...
                        ditunggu hasilnya.. kirim kesini yach...

                        salam...