Re: Modem USB suka hang saat konek ke Internet - Please Help

  • sean2412
    Message 1 of 5 , Nov 1, 2003
      Halo, keliatannya tidak ada yg bisa menolong saya? Kemarin saya
      coba ganti modem, ternyata masalahnya masih tetap sama. Berarti
      bukan masalah pada modem. Ada yang bisa bantu?

      Regards,
      J. Andre Panggabean

      --- In TanyaJawabKomputer@yahoogroups.com, "sean2412"

    • Whizziez
      Message 2 of 5 , Nov 2, 2003
        Pada prinsipnya ada dua macam device berbasis USB, yg aktif
        menggunakan USB port juga sebagai power source, yg pasif punya power
        source sendiri, misalnya pakai adaptor listrik sendiri. Istilah
        persisnya aku nggak ingat. Koneksi USB-nya sendiri gimana ? coba
        dengan device lain yg sejenis spt webcam (device aktif) atau
        scanner/ printer (device pasif).

        Mungkin ada problem pada perkabelan USB, karena harusnya tidak ada
        bedanya koneksi USB baik di port depan dan belakang, asal nggak
        lewat USB-hub, yg ini lain cerita. Apalagi kalau pemindahan fisik
        komputer membuat koneksi tidak jalan, kemungkinan ya masalah di
        perkabelannya di dalam casing komputer, mungkin kabel nggak
        tertancap baik, shg setelah beberapa saat, pemuaian akibat panas
        membuat koneksi tidak sempurna. Kalau sudah begini, komputer bingung
        mengakses modem USB tsb (kesannya hang) atau kalau membahayakan
        system (jadi unstable), OS otomatis terminate dan restart ...

        Lihat juga di System, masuk ke Device Manager, ada masalah nggak
        kalau USB modem itu dipasang? Coba drivernya di install ulang, siap
        tahu ada file yg corrupt.

        Yang lain, coba cari dan download driver terbarunya dari modem itu
        langsung di produsennya lewat internet. Kadang ada patch dan update
        siap d/l

        salam,

        Whizz
        <sean2412@y...> wrote:
> [...]
        > coba ganti modem, ternyata masalahnya masih tetap sama. Berarti
        > bukan masalah pada modem. Ada yang bisa bantu?

      • sean2412
        Message 3 of 5 , Nov 2, 2003
          Dear Whizziez,

          Terima kasih utk balasannya.

          Modem saya itu menggunakan power sendiri (aktif). Saya sudah coba
          bbrp USB device lain (spt joystick, mouse) di port USB tempat modem
          tsb, tapi device tsb lancar2 aja. Sebaliknya,kalo modem USB saya
          colokin di port USB lain, masih tetep suka hang. Kalo kayak gini
          mestinya kabel2 di dlm casing ga ada masalah ya?

          Kalo install ulang driver sudah dicoba bbrp kali, hasilnya sama
          aja. Sedangkan driver terbaru dr produsen modem tidak ada.

          Mungkin masalah dgn IRQ?

          Ada alternatif solusi lainnya?

          Terima kasih sebelumnya.

          JAP

          --- In TanyaJawabKomputer@yahoogroups.com, "Whizziez"

        • Whizziez
          Message 4 of 5 , Nov 2, 2003
            Mas, joystick dan mouse (yg jenis apa nih mouse-nya) kan mayoritas
            device pasif, ambil listrik dari USB-nya sendiri, nggak cuma sinyal.

            Cobain modem itu dikomputer lain deh ..., kalo lancar juga nggak ada
            masalah, ya berarti di software-nya. Coba download update windows-
            nya, sekarang udah keluar XP service pack 1 di microsoft (asumsi
            masalah ada di USB controller dari OS).

            Coba juga waktu uninstall, pakai clean un-install (buang semua file
            yg dibikin sama driver modem, pilih custom, jangan pake pilihan
            otomatis). Buang juga informasi yg ada hubungannya sama modem itu di
            Registry sebelum device di install ulang (yg ini awas, registry di
            backup dulu).

            Cek lagi di Internet, yakin nggak ada ? abis yg namanya Smartmodem56
            ada beberapa merk, juga AVTEch itu ada miripannya, AVTec dan AVTek,
            belum lagi Smartlink. Lihat modemnya juga, apa merk chipsetnya, cari
            drivernya di internet, khusus XP.

            Kalo ini nggak bisa juga, wah aku juga buntu ..., nggak lihat
            sendiri sih ..., meskipun ini juga belum tentu bisa membantu ...
            sorry

            Whizz