Re: [TanyaJawabKomputer] Tanya Hal sepele...? (Penghematan Listrik)

  • Maslan Donal P
    Message 1 of 17 , Mar 1, 2006
      Usulnya bagus tuh tuk penghematan listrik...emang sih komputer kalau dinyalain terus panasssssss uii..
      lebih bagus kalau di matiin jam istirahat tuh jgn cuman monitor aja lu.

      -----Salam-----
      McDon   Panjaitan

      *Trima sgala merk komputer dalam unit yg banyak*
      *U can if U think U can*
      Message 2 of 17 , Mar 1, 2006
        Sebaiknya jangan shutdown, tapi hibernate. Jadi ndak usah close aplikasi + file yang lagi terbuka, dan waktu nyalain lagi juga ndak perlu load aplikasi dan open file lagi. Hemat waktu dan daya.

        Biar praktis, PC di-set supaya kalo tombol power dipencet, PC langsung masuk ke mode hibernate.

        SomY
        pcnyashutdownhanyasetiapsabtusore

[...]

        Brings words and photos together (easily) with
        PhotoMail - it's free and works with Yahoo! Mail.

      • hadi

          Message 4 of 17 , Mar 1, 2006
            ok.thx..atas sharingnya..

            Namun sekarang ada pilihan terhadap PC..
            Baik mana sih...shutdown PC terus nanti di "on" lagi dengan hanya monitornya saja.

[...]

          • Iwan-Junifanto, ID3P-Exel
            Message 5 of 17 , Mar 1, 2006
              saya kok baru tahu ya istilah hibernate untuk on-off kan PC...
              barangkali mas SomY bersedia menjelaskan lebih detail kepada kita dan saya khususnya mengenai teknologi tsb.
              terima kasih

              Salam
              Iwan Junifanto

              ________________________________

              Message 6 of 17 , Mar 1, 2006
                Ini topik yang menarik dihembusan naiknya TDL
                mendatang.
                Kalo saya mau ninggalin PC lebih dari 3 jam sih yaa
                "dead better than live", cuman kalo kurang dari satu
                jam mending diemin aja idup terus. Yang jadi
                masalahnya kan saat ngangkat pertama idupin PC itu
                yang nguras tenaga listrik dan setelah PC idup akan
                stabil daya listriknya. Itu katanya lho karena saya
                bukan tukang listrik.
                Asyiknya matiin PC kan berarti nggak ada kompunen yang
                bekerja mengingat betapa tidak stabilnya arus listrik
                dari Mbahnya listrik PLN. Semaunya aja naik turun
                gunung. Nah lonjakan begini yang terhindar ngaruhnya
                kalo lagi matiin PC. Maaf kalo saya penganut DBTL
                alias mati lebih baik daripada hidup khusus untuk PC
                yang cuman satu dan dipakai orang sak huhah di rumah.

                djoko

                http://mail.yahoo.com
              • Usman Supriatna
                Message 7 of 17 , Mar 1, 2006
                  hibernate bukannya hanya ada di notebook emang di PC desktop ada
                  settinggannya untuk hibernate ?????

                • Andhy1976
                  Message 8 of 17 , Mar 1, 2006
                    Hello Mr/Mrs. hadi,

                    Pak beli penghemat listrik itu dimana yah? dan bgm cara pemakaian kapasitor bank?
                    thank's

                    --
                    Best regards,
                    Andhy1976
                    Message 9 of 17 , Mar 2, 2006
                      Ada info..atau emang rumor.

                      Katanya jauh lebih baik mattiin monitor dibanding "shutdown" klo emang 1
                      jam.
                      hal ini bikin rapuh sama software akhirnya sering kali kejadina format.
                      karena setiap kali restart butuh energy besar untuk itu.

> [...]
                      > alias mati lebih baik daripada hidup khusus untuk PC
                      > yang cuman satu dan dipakai orang sak huhah di rumah.

                    • Akil Yusuf
                      Message 10 of 17 , Mar 2, 2006
                        Setahu saya hibernate semacam program untuk membuat komputer 'mati suri'
                        atau 'koma'. Jadi kalau komputer nggak kepake untuk waktu tertentu, otomatis
                        dia mati suri. Tidak mengkonsumsi energi. Nanti kalau kita mau
                        menghidupkan,tinggal pencet tombolon/off maka dia akan kembali ke posisi
                        terakhir sebelum hibernate.
                        Cara mengaktifkannya adalah buka control panel -> power management atau
                        power option -> klik tab hibernate -> centreng enable hibernate. Selesai.
                        Silakan dicoba. Saya juga pake metode ini untuk menghemat listrik. Tapi saya
                        tidak tahu dengan pasti benarkah listriknya lebih hemat pada PC? Yang jelas
                        kalau pake laptop pasti hemat batere soalnya sudah saya uji.

                        Pada tanggal 3/1/06, Iwan-Junifanto, ID3P-Exel <
                        ID3P-Exel.Iwan-Junifanto@...> menulis:

                        > saya kok baru tahu ya istilah hibernate untuk on-off kan PC...
                        > barangkali mas SomY bersedia menjelaskan lebih detail kepada kita dan saya
> [...]
                      • moch hafidz
                        Message 11 of 17 , Mar 2, 2006
                          Mode Hibernate kalau sekarang nggak hanya untuk Notebook aja kok, untuk PC
                          Low-End Class pun sudah ada terutama untuk Mainboard yang baru yang sudah
                          support Full ACPI bisa digunakan untuk mode hybernate cuman user masih
                          jarang aja yang make mode hybernasi karena fungsinya yang hampir hanya untuk
                          penghematan daya semata.
                          Tapi kalau udah diaktifin ya so pasti bisa terutama kalau udah pakai Windows
                          XP SP2, KDE dan Gnome Desktop Terbaru bahkan Sun Solaris 10 pun sudah ada
                          setting untuk Hybernasi.

                          On 3/2/06, Andhy1976 <andhy1976@...> wrote:

> [...]
                          > di rumah saya tuh, tagihannya jadi turun sekitar 20%an dari tagihan biasa.

                        • fiar cool
                          Message 12 of 17 , Mar 2, 2006
                            capasitor bank banyak dijual di pasaran kok.
                            untuk pemakaian watt skala kecil capasitor bank tidak terlalu optimal dalam bekerja. tapi untuk watt yg skala besar sangat berpengaruh terhadap penghematan listrik.
                            jika anda berminat untuk mendapat kan informasi mengenai capasitor bank,
                            silahkan hubungi saya via japri.
                            akufiar@...

                            best regards,

                            fiar

                            moch hafidz <moch.hafidz@...> wrote:
> [...]

                            > di rumah saya tuh, tagihannya jadi turun sekitar 20%an dari tagihan biasa.

                            Yahoo! Mail
                            Bring photos to life! New PhotoMail makes sharing a breeze.

                          • M. Kurniawan
                            Message 13 of 17 , Mar 2, 2006
                              Kemis, Tgl 2 Mar 2006, jam 10:23:59
                              Iwan-Junifanto, ID3P-Exel nulis:

> [...]
                              > barangkali mas SomY bersedia menjelaskan lebih detail kepada kita
                              > dan saya khususnya mengenai teknologi tsb.

                              Hibernate itu menyimpan settingan saat PC lagi hidup ke dalam
                              harddisk.. Dan keadaan PC benar2 mati dan PC bisa dicabut dari jala2
                              listrik, beda dengan standby, PC masih membutuhkan daya dari listrik

                              cuma sayangnya akan menyita harddisk sesuai dengan ukuran
                              RAM.. Kalo RAMnya 1 GB, maka HDD akan tersita sebanyak 1 GB..
                              --
                              Wassalam,
                              M.Kurniawan

                              ___________________________________
                              http://mail.yahoo.it
                            • M. Kurniawan
                              Message 14 of 17 , Mar 2, 2006
                                Kemis, Tgl 02 Mar 2006, jam 05:56:58
                                Usman Supriatna nulis:

                                > hibernate bukannya hanya ada di notebook emang di PC desktop ada
                                > settinggannya untuk hibernate ?????

                                Ada, coba ke control panel - power option, di situ tinggal dicentang
                                aja bagian hibernate-nya..
                                --

                              • Dipo Prasetyo
                                Message 15 of 17 , Mar 4, 2006
                                  Gaampang ko... cm liat2 mobo nya support ga...
                                  tp gw pribadi sih, pake se-jos2-nya PC jg ga segede ac
                                  ato pompa air ato microwave ato ricecooker... Xixixixi
                                  cm mm kl pc udah nyala, biasanya males mati in toh
                                  drpd nunggu lama ide keburu buyar... makanya pake
                                  screensaver, kelamaan monitor off, makin lama lg
                                  hibernate, kalo mo bobo tepar 3 hari ya dimatikan
                                  total aja... nih aja japrian pic nya, met nyuba