Menkominfo: Internet Indonesia Paling Lambat Se-Asia

  • Wilson Partogi
    Message 1 of 36 , May 4, 2012
      JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Komunikasi dan Informatika Tifatul Sembiring angkat bicara soal hasil penelitian lembaga riset dari Amerika Serikat, Akamai yang menyebut kecepatan internet di Indonesia dinilai paling lambat se-Asia.

      Menurutnya, penetapan kecepatan internet itu urusan operator, bukan pemerintah.

      "Saya terima tuduhan (hasil riset) itu. Tapi seharusnya itu urusan operator, kan mereka yang berjualan. Penetapan kecepatan internet itu bukan urusan pemerintah," kata Tifatul selepas melantik pengurus baru Badan Regulasi Telekomunikasi Indonesia (BRTI) di Gedung Kemenkominfo Jakarta, Rabu (2/5/2012).

      Menurut Tifatul, meski bukan urusan pemerintah, Kemenkominfo tidak memiliki hak untuk memaksakan operator dalam menaikkan kecepatan internet di tanah air. Sehingga hanya operator yang bisa menentukan kecepatan internet sekaligus tarifnya.

      Namun, Kemenkominfo berjanji untuk selalu mendorong operator dalam menyediakan akses internet cepat, stabil sekaligus murah di tanah air.

      "Penyediaan akses internet cepat memang jadi prioritas dari program Kemenkominfo," tambahnya.

      Sekadar catatan, berdasarkan data dari lembaga riset oleh Akamai, kecepatan koneksi internet rata-rata di Indonesia sekitar 772 kbps. Kecepatan koneksi internet tersebut masih jauh dari kecepatan internet di global yang mencapai 2,3 Mbps.

      Kecepatan koneksi internet di Indonesia juga tertinggal dengan negara-negara sekawasan Asia. Misalnya kalah dengan Malaysia 1,7 Mbps, Thailand 3 Mbps, Filipina 1 Mbps, Vietnam 1,5 Mbps, Kamboja 1,2 Mbps dan Laos 956 kbps.

      Indonesia hanya lebih baik dari Timor Leste (260 Kbps) dan Papua Nugini (693 Kbps). Pakistan dan India juga lebih baik dari Indonesia, masing-masing 787 Kbps dan 839 Kbps.

      Source: http://tekno.kompas.com/read/2012/05/05/08021818/Internet.Indonesia.Paling.Lambat.SeAsia..Ini.Kata.Menkominfo
    • Heri Priyatno
      Message 36 of 36 , May 6, 2012
        Denger2 sih blom ada ISP yang konek tuh