Re: [StartUpLokal] Contoh business plan yang pernah menang kompetisi.

  • Parama W. Danoesubroto
    Message 1 of 11 , Apr 29 6:51 PM
      boleh,

      japri ya :)

      saya ada bizplan dulu waktu ikutan kompetisi di kuliah.

      thanks,

      Parama

      2012/4/29 Azo phy <azophy@...>

      Maaf, saya minta share dong dari para jagoan-jagoan yang pernah menang kompetisi business plan. Saya mau nyoba-nyoba ikut kompetisi business plan, sayangnya saya belum pernah lihat gimana kriteria business plan yang biasanya disukai para juri. Jika berkenan, mohon di share file-nya buat bahan pembelajaran kalau ada lomba-lomba kayak gitu lagi. Thanks banget buat yang mau berbaik hati.

      Regards'

      @azophy

      --
      Parama Danoesubroto

      http://about.me/parama
    • Didi Setiadi
      Message 2 of 11 , Apr 29 8:10 PM

        Sebelum membuat Business Plan pertama kali harus tahu maksud dan tujuannya untuk apa. Karena membuat business plan untuk kontes dan untuk jadi proposal yang akan diajukan kepada investor motif nya berbeda. Singkat kata, kita butuh strategi untuk mencapai tujuan yang dimaksud.

        Semoga memberi insight...

        DIDI

[...]

      • M. Isa Riyadhi
        Message 3 of 11 , Apr 29 8:25 PM
          Objective of course must be clear.
          To create any business plan, you may just use Osterwalder Business Model Canvas.
          Sent from my BlackBerry® smartphone.

          From: "Didi Setiadi" <ceo@...>
          Sender: StartUpLokal@yahoogroups.com
          Date: Mon, 30 Apr 2012 10:10:56 +0700
          To: <StartUpLokal@yahoogroups.com>
          ReplyTo: StartUpLokal@yahoogroups.com

[...]

        • ardiaz ajie
          Message 4 of 11 , Apr 29 8:26 PM
            Klo untuk kompetisi, umumnya uda ada formatnya.. memang ga jauh beda.. dan salah satu yg harus disiapkan itu ttg BMC nya,punya Osterwalder.. Coba gugling pak, disitu jg ada template ttg BMC..

            Semoga membantu.. :)

            Cheers,
            @ardiazajie

          • dennysantoso.com@gmail.com
            Message 5 of 11 , Apr 29 8:34 PM
              Business model n business plan is different

              @dennysantoso

              Message 6 of 11 , Apr 29 8:41 PM
                CMIIW, business model bagian dri business plan.. dan biasanya selalu ditanyain tuh sm juri nya soal BMC..

                From: "M. Isa Riyadhi" <isa.riyadhi@...>
                Date: Mon, 30 Apr 2012 03:25:54 +0000

                From: "Didi Setiadi" <ceo@...>
                Date: Mon, 30 Apr 2012 10:10:56 +0700

                Message 7 of 11 , Apr 29 8:42 PM

                  Betul sekali, Business Model dan Business Plan sama sekali berbeda

                  From: "M. Isa Riyadhi" <isa.riyadhi@...>

                  Date: Mon, 30 Apr 2012 03:25:54 +0000

                  From: "Didi Setiadi" <ceo@...>

                  Date: Mon, 30 Apr 2012 10:10:56 +0700

                  Message 8 of 11 , Apr 29 8:44 PM
                    Semua ada di dalam Osterwalder dan BCG Business Model Innovation. Tinggal dikembangkan. Yg penting adalah asumsi2nya plus skill dan pengalaman yg membuat :)
                    Sent from my BlackBerry® smartphone.

                    From: "M. Isa Riyadhi" <isa.riyadhi@...>
                    Date: Mon, 30 Apr 2012 03:25:54 +0000

                    From: "Didi Setiadi" <ceo@...>
                    Date: Mon, 30 Apr 2012 10:10:56 +0700

                    Message 9 of 11 , Apr 30 7:24 PM
                      maaf agak OOT

                      penasaran, bagaimana kalo perusahannya udah jalan walaupun masih kecil
                      dan gak berniat narik investor, apa bikin bussiness plan yang
                      strukturnya formal itu perlu ?

                      atau bussiness plan diperlukan untuk pitching ke investor aja ?

                      --
                      profile : http://aditya.prawirasoft.com
                      ym / twitter : kirconboy

                      Be Nice. Treat others with the same respect you'd want them to treat you.
                      We're all here to learn together. Be tolerant of others who may not know
                      everything you know. BRING YOUR SENSE OF HUMOR (stackoverflow.com)
                    • Parama W. Danoesubroto
                      Message 10 of 11 , Apr 30 7:47 PM
                        menurut pengalaman sih,

                        bikin bisnis plan itu, tergantung tujuan akhirnya, dan semua itu akan dibuat berdasarkan itu.

                        Tetapi bukan berarti juga kita bikin bisnis plan hanya untuk cari investor atau cari pinjaman, dll.

                        Kelebihan dari kalau kita buat bisnis plan itu, kita akan bisa lebih tahu mendalam tentang bisnis kita dari luar dan dalam, dan berdasarkan itu kita bisa dapat memutuskan yang lebih baik langkah2 apa yang harus ditempuh.

                        ada dua hal sih di dalam bikin bisnis plan itu
                        1. riset yang dalam tentang bisnis kita
                        2. penyajian riset itu.

                        nomor satu itu penting untuk semua bisnis, nomor dua itu yang tergantung mau ditujukan kemana bisnis plan itu.

                        Thanks,

                        Parama