Re: [StartUpLokal] Study Hacks: Rethinking Passion

  • Budi Rahardjo
    Message 1 of 31 , Feb 23, 2012
      2012/2/23 Dien Muhammad <dien76@...>
      > Ya memang sih katanya Indonesia butuh lebih banyak entrepreneur untuk
      > membuat Indonesia lebih maju, tapi menurut saya jiwa entrepreneurship akan
      > lebih baik kalau dibangun sejak dini, dari mulai usia sekolah.. Dan perlu
      > merombak sistem pendidikan kalo udah bicara soal itu. Menurut saya
      > pendidikan dasar yang ada (setidaknya saat saya masih sekolah dulu), masih
      > dengan pola pikir belajar untuk bekerja, bukan menciptakan lapangan
      > pekerjaan.

      Bisa jadi ini benar dan saya juga berpikiran seperti itu, tetapi ...
      minggu lalu saya diskusi dengan seorang kawan dari Amerika.
      Dia bilang, coba tebak etnis apa di Amerika yang paling banyak
      melakukan startup ...
      Jawabannya: 1. India; 2. China; 3. Jewish
      Menariknya ... kultur di ketiganya sangat mengidolakan pendidikan!
      (Kita berbicara tentang Amerika lho.)

      Jadi sistem pendidikan dan kultur memang mempengaruhi,
      tetapi ekosistem (lingkungan) tempat mereka berada ternyata
      sangat berpengaruh.

      Saya harus membenarkan observasi/opini kawan ini. Bener juga ya.
      Dan yang menarik ... sekarang lingkungan di *Jakarta* mulai
      banyak yang starting up. Padahal saya berpikiran ... Bandung.
      Hmm...

      maaf agak OOT ...

      -- budi
    • Gunawan Bagaskoro
      Message 31 of 31 , Feb 23, 2012
        Berbagi pengalaman sedikit.

        Kalau mengerjakan dua-duanya, jadi karyawan plus ada usaha, salah satu akan tidak berkembang.

        Sebaliknya jika fokus pada salah satu, naluri survival akan memaksa kita untuk bekerja lebih keras karena jika tidak, kita akan "mati". Dan pada akhirnya, usaha yang dirintis akan berkembang.

        Itu dari pengalaman pribadi dan melihat pengalaman teman yang menjalankan bisnis yang sama tapi dia masih jadi karyawan juga.
        Salam

        Gunawan Bagaskoro
        Konsultan HKI No. 89

        From: "Andhika Wijaya Kurniawan" <andhikawijaya@...>
        Sender: StartUpLokal@yahoogroups.com
        Date: Fri, 24 Feb 2012 05:53:46 +0000
        To: <StartUpLokal@yahoogroups.com>
        ReplyTo: StartUpLokal@yahoogroups.com
        Subject: Re: [StartUpLokal] Study Hacks: Rethinking Passion

        Sedikit cerita guys,

        Kemaren saya mendapatkan email konsultasi yg dimana client saya ingin membuka Online Shop. Dan disisi lain, ada pertanyaan ttg arah terbaik dalam memilih pekerjaan.

        Kemudian saya tanya ke dia, "alasannya apa utk jalanin keduanya?". (pengen tau)

        Dan jawaban dia, "aku mau keduanya yg dimana biaya hidup dari keuntungan online shop, sementara gaji aku untuk ditabung. Sehingga aku tetap berusaha cari kerja sambil membangun online shop aku".

        Klo berbicara soal Passion, setiap orang memiliki passion yg berbeda. Ada cewe yg punya passion for married, karena itu dia merasa cukup utk jadi karyawan sambil menunggu pangerannya datang. :p

        Tapi ada juga yg punya passion, jadi entrepreneur karena know target dalam hidupnya dan biasanya kondisi lingkungan yg memaksa/mengharuskan.

        Dan klo passion dibicarakan dalam suatu kondisi yg kita ga tau, seperti kasus client saya. Yg mungkin dia ingin jadi entrepreneur, tapi disisi lain pihak keluarga maunya dia kerja jadi karyawan dulu. As child, we can't say anything kan?. Kecuali emang bener bener dan bener keras punya passion jadi entrepreneur, mungkin akan melawan keinginan dari pihak keluarga. :)

        Just share guys and IMHO :)

        Andhika Wijaya
        T: @AndhikaWijaya

        Powered by Telkomsel BlackBerry®

        From: Nugroho Budianggoro <nugroho.budianggoro@...>
        Sender: StartUpLokal@yahoogroups.com
        Date: Fri, 24 Feb 2012 12:27:08 +0700
        To: <StartUpLokal@yahoogroups.com>
        ReplyTo: StartUpLokal@yahoogroups.com

        konsep 'passion' emang positif, minimal dia ciptain lapangan kerja.
        tapi sebaiknya hindari pola pikir "kalo ketemu 'passion', semua
        kendala bakal bisa diatasi".
        yang terbaik adalah seimbangin idealisme sama realita.
        hidup & dunia tidak bergulir dengan manusia sebagai pusat.

        daripada 'passion' saya lebih memegang konsep 'purpose of living'.
        ini beda soalnya 'purpose' ga selalu sesuai minat dan talenta.

        saya sendiri berhenti percaya 'passion' 4 tahun lalu, waktu batal jadi
        entomologis ;)
        #curhat

        ini pendapat saya aja.

        --