Re: [SSR-Klub] Sharing Cashflow Game Kiyosaki Untuk Mbak Yuli Rosiana

  • Ardi Pangestu
    Message 1 of 31 , Jun 1, 2005
      Dear Mba Yuli,

      Saya juga mau ikutan sharing tentang game yang mirip cash flow-nya Robert T Kiyosaki. Sebelumnya saya tau tentang game itu juga dari milist ini.

      Mba coba di http://www.anakkonglomerat.com/ (hehehe bukan mau iklan loh...). Mba bisa join disitu free untuk main game tersebut dengan batasan waktu tertentu. Walaupun ada batasan waktu, saya merasakan telah ada gambaran game versi fullnya.

      Game itu ga terlalu jauh beda dengan versi game Pak Arya. Setelah kita registrasi, login trus kita bisa pilih kita bisa di profesi apa (dokter, insinyur, dosen,...). Dari pilihan profesi itu kita dapet penghasilan bulanan yang beda-beda besarnya. Di game ini kita lempar dadu untuk kita sendiri. Dengan cara klik tombol yang ada, nanti game ini akan meng-generate angka dadu tersebut. Setelah keluar angka dadu tersebut kita bisa masuk kebagian investasi, beli barang yang ga berguna, pengeluaran untuk keluarga, beli saham, beli tanah. Mba bisa menentukan sendiri kl masuk dikotak investasi apa mau investasi atau ga, kalo dikotak beli barang2 mau beli barang atau ga, semua itu tergantung pada pemain itu sendiri. Nah semua itu akan mempengaruhi neraca keuangan kita, yang kita bisa liat dibagian bawah bagian permainan tersebut.

      Setelah masa waktu main selesai kita bisa lihat seberapa "berhasil" kita main, bedasarkan neraca yang kita punya. Tapi sepengelaman saya main game ini, saya koq belum pernah sampe dikotak yang bisa mendapatkan passive income, apakah kotak passive income hanya ada di versi full? Mohon masukan dari teman-teman yang pernah main.

      Semoga ini bisa membantu pemahaman Mba Yuli.

      On 6/1/05, Arya Hendrata Saleh <rudy_fsn@...> wrote:

      Halo, Mbak Yuli.

      Kebetulan saya sudah pernah ikut bermain cash flow dari Robert T Kiyosaki, dan dalam kesempatan ini akan saya bagi pada Mbak Yuli dan rekan-rekan lain. Ada baiknya Mbak Yuli membaca Buku Rich Dad Poor Dad dan Cash Flow Quadrant dari Robert T Kiyosaki untuk lebih memahami dasar dari permainan itu.

      Permainan ini mirip permainan monopoli (terdiri dari beberapa pemain, dadu yang dilempar dan menentukan berapa langkah bidak milik pemain ditempatkan). Perangkat permainan terdiri dari papan (yang bergambar jalur Rat Race dan Fast Track), dadu, bidak, beberapa profesi kerja, lembar laporan keuangan pribadi (Neraca dan Laporan Keuangan).

      Jumlah pemain mulai 2 sampai 6 orang, dipimpin seorang coach (Pelatih/Pemandu merangkap sebagai bank). Sesuai dengan kehidupan sehari-hari, tiap pemain berperan sebagai profesi tertentu, misal ada yang jadi dokter, pengacara, tentara, pemadam kebakaran, koki dsb. Tiap profesi memiliki kekhasan laporan keuangan (misal: tentara memiliki gaji kecil, tabungan kecil, hutang kecil; pengacara memiliki gaji besar, tabungan besar, hutang besar).

      Secara bergantian, coach melempar dadu untuk tiap profesi. Setiap angka yang keluar menentukan berapa jauh sang pemain meletakkan bidaknya dalam papan permainan. Misal keluar angka 3, pengacara meletakkan bidaknya (dan ternyata) jatuh dalam kotak doodad, berarti pengacara membeli barang tidak berguna, sehingga uang kasnya berkurang dan tidak ada cash flow masuk. Bisa saja kemudian keluar angka 5 yang membawa tentara ke kotak (misal) investasi apartemen dengan cashflow positif. Disini pemain membuat keputusan, berinvestasi atau tidak. Jika berinvestasi, bisa pakai uang sendiri, atau pinjam bank, atau pinjam uang dari pemain lain.

      Walaupun pemain mendapat kotak investasi bagus, belum tentu pemain memanfaatkan kesempatan itu. Bisa juga ada pemain mendapat kotak investasi jelek tapi tetap diinvestasikan (akibatnya uangnya hilang dan tidak ada cashflow masuk). Dalam jalur Rat Race terdapat berbagai kemungkinan yang terjadi dalam hidup, seperti terima gaji (uang bertambah), punya anak (Biaya bertambah), beli barang tidak berguna (Uang berkurang), nilai investasi naik (Jika dijual, uang bertambah), nilai investasi turun (Jika dijual, uang berkurang karena rugi), di PHK (Tidak ada penghasilan dan biaya meningkat) dsb.

      Disini kita akan belajar bahwa setiap action akan berpengaruh pada laporan keuangan. Misal keputusan membeli doodad akan langsung mengurangi kas dan tidak ada cashflow masuk. Investasi yang bagus terjadi pada saat membeli aset kemudian mendapat cash flow positif.  Tujuan permainan ini adalah mengajak anda keluar dari Rat Race secepat mungkin untuk menuju ke Fast Track.

      Arti Rat Race adalah kondisi dimana seseorang memiliki hutang jauh lebih besar dari asetnya, sehingga ia terus bekerja untuk membayar hutangnya yang tidak akan bisa lunas seumur hidup. Mirip dengan tikus dalam roda berputar, yang terus berlari hingga kehabisan tenaga dan tidak kemana-mana.

      Sebaliknya dengan Fast Track, pemain dapat berinvestasi dengan jumlah besar dan segera mendapat return yang besar. Misal seseorang berinvestasi membeli pompa bensin senilai USD 300,000 dan mendapat cashflow masuk sebesar USD 2,000 sebulan dengan segera. Bisa saja di Fast Track pemain mengalami kejadian yang menghabiskan uang kasnya (Mis: perceraian), tapi karena passive incomenya sudah besar, maka kondisi keuangannya akan cepat membaik.

      Ini seperti yang diajarkan Ayah Kaya dari Robert T Kiyosaki. Ia memiliki bisnis (yang terus berkembang), dengan tujuan mendapat uang yang cukup besar sehingga dapat digunakan untuk investasi orang kaya. Investasi jenis ini tidak akan bisa diikuti oleh orang miskin dan orang kelas menengah. Karena investasi orang kaya cukup menguntungkan, akhirnya orang kaya menjadi semakin kaya.

      Dalam bermain, sikap seseorang tentang uang akan terlihat. Jika ia serakah akan uang, hasilnya bangkrut (karena ia terus investasi dengan uang dari bank tanpa memperhitungkan debt to equity rationya). Orang yang terlalu hati-hati tidak akan pernah keluar dari Rat Race (karena ia terus melewati kesempatan investasi yang returnnya bagus).

      Bisa saja orang dengan profesi dokter, pengacara, pilot yang memiliki gaji sangat besar akhirnya tidak bisa keluar dari Rat Race bahkan dinyatakan bangkrut. Sebaliknya profesi dengan gaji rendah (seperti tentara dan polisi) bisa keluar dari Rat Race. Ini semua berkaitan dengan pengelolaan keuangan. Dengan bermain disini, kita bisa langsung memahami hubungan langsung antara Laporan Rugi-Laba dengan Neraca dan dengan Cash Flow.

      Saya menyadari bahwa penjelasan ini sangat jauh dari memuaskan. Cara terbaik untuk memahaminya adalah dengan ikut bermain Cashflow.

      Pertanyaan selanjutnya adalah apakah berarti harus membeli permainan tersebut (yang cukup mahal)? Jawabannya bisa ya bisa tidak.

      Mbak Yuli bisa lihat website http://www.detik.com , periksa di sebelah kanan, cek bagian iklan. Saya sering lihat ada penawaran untuk ikut bermain cashflow game (bahkan untuk ikut menjadi penyelenggara permainan tersebut). Coba dibuka iklan tersebut, jika berminat dapat menghubungi no. telpon yang tertera untuk mendaftar.

      Penyelenggara acara tersebut memiliki ijin resmi dari Robert T Kiyosaki untuk melatih orang bermain cash flow. Selain melatih, penyelenggara juga mengajak pihak yang berminat untuk menjadi penyelenggara pelatihan cash flow diberbagai tempat dimana tenaga pelatih disediakan oleh penyelenggara. Yang saya tahu, di Jakarta ada yang bermain di Gedung Artha Loka, Mega Kuningan, Bekasi dsb. Ada info dari sebuah majalah bisnis bahwa sudah terdapat sekitar 500,000 orang di Jakarta yang sudah dan sedang bermain cash flow.

      Demikian Mbak Yuli, sharing dari saya.

      Semoga bisa membantu, dan Sukses Selalu.

      Yuli Rosiana < yulirosiana@...> wrote:
      Cashflow game kiyosaki itu apa sih?

      http://mail.yahoo.com

    • INDO AD®
      Message 31 of 31 , Jul 5, 2005
        Kenapa nggak coba beli yang versi digitalnya aja (dimainkan di PC) ? Bisa
        dimainkan sendirian dan setiap saat.

        Coba aja beli secara online di www.digitaltraining.tk

        Salam,

        Andhi