Re: Bls: Bls: Bls: Bls: [SSR-Klub] Bls: Dana untuk UL

  • Marco Gondo
    Message 1 of 14 , May 20, 2012

      Dear pak prie,

      Yang saya tau sih commonwealth life yg 3 in 1 pakai schroder + bnp paribas, ternyata panin life juga ya :D

      Pak prie pancen oyeeeee .......

      From: priambudi <prietea@...>
      Sender: SSR-Klub@yahoogroups.com
      Date: Sat, 19 May 2012 09:08:12 +0800 (SGT)
      To: SSR-Klub@yahoogroups.com<SSR-Klub@yahoogroups.com>
      ReplyTo: SSR-Klub@yahoogroups.com
      Subject: Bls: Bls: Bls: Bls: [SSR-Klub] Bls: Dana untuk UL

      ^_^
      pa marco
      sy ga maen di RD,
      investasi kemasan ga menarik u sy
      terlalu banyak potongan yg membuat return turun banyak

      pa marco seneng sama Schroder, Panin, BNP Paribas?
      tau ga kalo ULnya panin life ga pake panin sekuritas,
      tapi pake schroder dan BNP paribas?
      3 nama besar bergabung
      ^_^

      Sy kaya bukan karena memiliki segalanya,
      sy kaya karena tidak memerlukan apa-apa lagi - quote by Someone

      -prie-

      Dari: Marco Gondo <white.shark321@...>
      Kepada: SSR-Klub@yahoogroups.com
      Dikirim: Jumat, 18 Mei 2012 17:19
      Judul: Re: Bls: Bls: Bls: [SSR-Klub] Bls: Dana untuk UL

      Dear pak prie,

      Itu saya baca di blognya ibu Likwina.

      Kalau return antar RDS itu pinter2nya si MI bikin ramuan ya pak. Sektor saham di indonesia ada puluhan jenis (perbankan, otomotif, makanan, perikanan, transportasi, dll) dan selera para MI juga berbeda.

      Contohnya Schroder vs Panin vs BNP Paribas sama2 RDS tapi portofolio sahamnya sudah pasti beda dan hasilnya juga beda :D

      Kinerja RDS saat krisis, saya pernah baca grafiknya di Kontan kalau nama2 besar seperti Panin, Schroder, BNP Paribas, Manulife dll sudah tidak perlu lagi diragukan lagi kinerjanya saat badai tahun 2008 dan pas bangkit kembali.

      Kalau tidak salah baca, the best RDS di Indonesia dipegang Panin Dana Maksima ya? Cmiiw ya.

      NAV Panin Dana Maksima tahun 2012 sempet di angka Rp 58,000 sudah naik 580% dibanding sejak dilaunching pertama kali tahun 1997 NAV Rp 1,000

      Artinya kalau dulu Invest Rp 10jt di PDM sekarang sudah jadi Rp 580jt. Duenkk ..

      Makanya ini saya juga lagi buat catatan IHSG vs NAV supaya terpantau RDS mana yg % naiknya lebih besar dari IHSG :D

      Ayo semangat pak prie :D

      From: priambudi <prietea@...>
      Sender: SSR-Klub@yahoogroups.com
      Date: Fri, 18 May 2012 09:23:06 +0800 (SGT)
      To: SSR-Klub@yahoogroups.com<SSR-Klub@yahoogroups.com>
      ReplyTo: SSR-Klub@yahoogroups.com
      Subject: Bls: Bls: Bls: [SSR-Klub] Bls: Dana untuk UL

      ^_^
      pak marco,
      memang konsepnya RD, baik yg qt beli di MI atou lewat UL
      ga secara jelas memberi tau apa aja komponennya
      dah gitu secara berkala terjadi perubahan komposisi
      jadi kalo mo membandingkan pun sulit u apple to apple
      (gitu ya istilahnya?... ^_^)

      jangankan antara RDS yg pa marco maksudkan dgn UL,
      RDS dengan RDS aja... apa pertumbuhannya sama2 100%?
      kalo pa marco bilang rata2 100% brarti ada yg di bawah 100%
      ada yg diatas 100% dan ada yg persis 100% ya?
      brarti antar RDS aja ada perbedaan

      RD sendiri kan diterbitkan dengan tujuan tertentu pa,
      di prospektusnya disebutkan,
      misalnya u 'memberi pertumbuhan yg stabil'
      kalo yg sperti ini brarti jangan harap pertumbuhannya gila2an,
      tetap tumbuh hanya saja tidak mengejar pertumbuhan yg sangat tinggi,
      yg penting pertumbuhannya stabil

      biasanya ini jg u mengantisipasi penurunan,
      kalo kenaikannya ga terlalu besar, waktu turun bisa ditahan ga terlalu turun

      kalo bicara pertumbuhan di UL,
      saat memberikan ilustrasi, UL hanya memberi ilustrasi paling tinggi 18-20%
      sehingga bisa dibilang yg 'ditawarkan' pertumbuhan ga di bawah itu

      coba pa marco cek juga, waktu 2008 indeks terjun,
      RDS yg pa marco sebutkan itu, bandingkan dengan UL saham yg sama,
      penurunannya sperti apa, apakah sama curamnya?

      banyak orang yg menyarankan u memilih RD coba lihat history nya 3 tahun sebelumnya,
      mnurut sy sih, kurang tepat
      kita bisa melihat pelaut yg handal saat badai,
      kalo selama 3 tahun sebelumnya ga pernah ada badai, gimana bisa tau dia handal ato ga?

      jadi sy lebih suka lihat kinerja RD saat krisis,
      bisa kah timnya mempertahankan kirnerja saat situasi buruk terjadi

      tapi orang kan beda2 ya tujuannya,
      ada yg lebih suka optimis, pasar selalu tumbuh, liat aja pertumbuhannya
      pilih yg paling besar
      ada lg yg pesimistis, tumbuh ya wajar, kalo jatoh ni jadi brapa,
      mreka liat resiko gagalnya

      sy sih diantaranya aja,
      kalo tumbuh ya syukur, kalo turun ya wajar,
      yg penting sy tetep bisa tidur tenang
      karena investasi sy di tangan orang2 yg sy tau handal

      strategi sy bukan berfokus membeli investasi yg sudah dikemas,
      tapi menciptakan investasi sy sendiri,
      investasi kemasan cuma tambahan aja
      ^_^

      maksud sy pa, tiap orang punya arah dan tempat tujuan yg berbeda
      kalo sy mo ke surabaya, tentu persiapan, perbekalan dan concern sy berbeda
      dengan orang yg mo ke ngayogyakarto hadiningrat kan pa
      maka sy ga bisa memaksakan persiapan, perbekalan, dan concern yg sama
      u orang yg tempat tujuannya berbeda

      makanya sy selalu brusaha mengetahui dulu orang tu mo ke mana,
      baru sy bisa komentar

      jadi kalo pa marco punya tempat tujuan yg berbeda dengan sy,
      pendapat sy ga usah diikuti pa, cukup jadi pengayaan aja
      karena sy sendiri ga tau pa marco mau ke mana
      ^_^

      Dari: Marco Gondo <white.shark321@...>
      Kepada: SSR-Klub@yahoogroups.com
      Dikirim: Kamis, 17 Mei 2012 15:33
      Judul: Re: Bls: Bls: [SSR-Klub] Bls: Dana untuk UL

      Dear pak pri,

      Ya ya benar, saya juga ada baca di company profilenya RD dan fund fact sheetnya juga.

      Soal biaya2 entah fee marketing, by pengelolaan, by admin atau apalah namanya pasti ada di keduanya ya, entah apa elemen2 detailnya saya juga gak tau.

      Tapi kalau saya perhatikan, contohnya di tahun 2009 (atau berapa lupa), disaat saham lagi bagus2nya. RDS rata2 mencetak return 100% bahkan lebih, tapi kenapa ya return di UL berbasis RDS kok bisa jauh berbeda? (70% an)

      Atau kesalahan memilih fund manager di UL tsb ya pak, atau memang biayanya lebih mahal disana?

      Maap bukan mau memancing debat kusir lagi ya, tiap produk ada plus minusnya.

      Peaceeee pak. Heheeheehe

      From: priambudi <prietea@...>
      Sender: SSR-Klub@yahoogroups.com
      Date: Thu, 17 May 2012 13:18:58 +0800 (SGT)
      To: SSR-Klub@yahoogroups.com<SSR-Klub@yahoogroups.com>
      ReplyTo: SSR-Klub@yahoogroups.com
      Subject: Bls: Bls: [SSR-Klub] Bls: Dana untuk UL

      pa marco,
      sy pernah reply di sini tentang fee reksadana
      fee reksadana tu ada 2, marketing dan pengelolaan

      fee marketing tu bisa di depan, di belakang ato di tengah
      front end, back end dan level...
      kalo masuknya gratis, brarti fee marketing bukan di depan pa
      tapi bukan berarti dihilangkan... ^_^

      knapa orang mau fee marketingnya di belakang?
      bayangin masuk 1jt, untung10%.. jadi 1,1jt dlm setahun
      kalo fee marketingnya 2% di depan, dapetnya 20rb
      tapi kalo diambil di belakang, dapetnya jadi 22rb pas dicairkan

      kalo ga di depan ga di belakang, brarti di tengah fee marketingnya
      sama dengan fee pengelolaan
      ini lebih asyik lagi, walopun %nya kecil tp bisa tiap bulan dapet tuh
      tapi bukan berupa potongan cash, hanya memotong pertumbuhannya

      jadi ni cuma ngocok kata2 aja u pemasaran...^_^

      kalo fee pengelolaan, selalu level load pa,
      selama dana belum ditarik pasti ada fee yg diambil,
      tapi bukan potongan cash sperti di bank,
      hanya memotong pertumbuhannya

      kalo tanya bukti2 sy gapunya pa,
      sy hanya dapet info dari petingginya schroeder,
      bukan dia cerita ke sy, dia menjelaskan ke sekumpulan orang saat lunch
      dan kebetulan sy ada disitu ngebersihin tempat makanan... ^_^

      dan no 1 itu u strategi sy justru lebih safety daripada no 3
      menguntungkan yg mana, tergantung milih RDnya
      tapi safety, mending no 1
      karena kendali switching bisa gratis
      kalo maen ky strategi sy, mengikuti ombak financial cycle pake RD, rugi pa

      kalo pa marco ga pake strategi sy,
      mungkin lebih cocok pake yg no3

      Dari: Marco Gondo <white.shark321@...>
      Kepada: SSR-Klub@yahoogroups.com
      Dikirim: Rabu, 16 Mei 2012 14:16
      Judul: Re: Bls: [SSR-Klub] Bls: Dana untuk UL

      Dear pak prie, mau koreksi sedikit nih.

      Masalah fee, jauh lebih besar potongannya kalo dimasukin di UL (5%), kecuali kalo UL nya ikut Manulife (0%).

      Kalau beli RD langsung entah di agen maupun di MInya, potongannya paling banter cuma 2% (sebagian besar 1%), ada juga yang 0% (Manulife, Danareksa dan sebagian Schroder). Malah kalo belinya online lewat commbank, feenya diskon lagi 50%, yang 1% tinggal 0.5% malah :D

      Untuk fee jual bisa kena 0% asal ada syaratnya (lewat dari 6 bulan atau 1 tahun) tergantung produk yg dipilih. Malah kalau beberapa yg jenis RDPT boleh sewaktu2 diambil tanpa nunggu sekian bulan.

      Sementara untuk biaya bulanannya seperti admin, biaya pemeliharaan, dll di RD baik RDS, RDPT, RDC tidak ada sama sekali.

      Jadi kalau mau bicara hemat ya jelas lebih menguntungkan opsi 3 ketimbang opsi 1, asal opsi 3 sedikit dimodifikasi : ambilnya bukan setiap bulan tapi setiap 6 bulan supaya ga kena fee jual 0-2%

      Selisihnya lumayan gede pak kalo untuk dana 120juta, bisa buat nambah unit gratis :D

      Demikian pak koreksinya, dan bukan bermaksud bikin bingung yang mau buat keputusan lho, cuma menginfokan saja. Hehehehe

      From: priambudi <prietea@...>
      Sender: SSR-Klub@yahoogroups.com
      Date: Wed, 16 May 2012 01:09:38 +0800 (SGT)
      To: SSR-Klub@yahoogroups.com<SSR-Klub@yahoogroups.com>
      ReplyTo: SSR-Klub@yahoogroups.com
      Subject: Bls: [SSR-Klub] Bls: Dana untuk UL

      bu ind
      ini beda orang beda favorit strategi ya bu

      kalo dah ada uangnya, dan akhirnya mo dimasukkan UL
      sy pribadi sih lebih suka no 1

      no 2 bisa, tapi sayang, ibu jadi pecah konsentrasi u memantau 2 instrumen

      no 3 lebih sayang lagi, masuk atau keluar RD akan kena fee,
      dan setelah dicairkan dimasukkan ke UL
      lebih baik langsung aja di UL ga perlu kena fee RD

      sy pilih no 1 agar bisa menunggangi siklus ekonomi,
      ada kalanya ekonomi naik, ada kalanya turun
      saat turun naik ini ada instrumen2 yg jadi primadona
      karena jadi primadona artinya bakalan naik

      misalkan setelah krisis, primadonanya adalah saham,
      maka investasi di ULnya kita ambil equity
      karena naik terus akhirnya overheat, inflasi naik gila2an
      indeks akan turun, primadonanya pindah ke komoditas
      setelah itu pindah ke uang tunai,
      dan terakhir pindah ke surat utang
      sebelum akhirnya kembali ke saham

      strateginya mudah, syaratnya switching harus gratis
      sebelum saham turun tahta primadona,
      switch ke pasar uang
      setelah saham berguguran, switch lagi ke saham

      Dari: "ind_rianti@..." <ind_rianti@...>
      Kepada: "ssr-klub@yahoogroups.com" <ssr-klub@yahoogroups.com>
      Dikirim: Selasa, 15 Mei 2012 3:16
      Judul: [SSR-Klub] Bls: Dana untuk UL

      Tu kan bener, semua respon bahasnya ttg UL vs asurasi murni, pertanyaan sy malah g terjawab.

      Hadeeeh :D

      Anggep sajalah saya orang bandel yg ttp memilih UL, tp please kl msh ada yg sudi memberi saya saran dr 3 opsi mana yg lebih baik.

      Dg budget UL selama 10th total premi 120jt. Berhubung dananya sdh ada, pertanyaan saya :

      1) Apakah lgs sy masukkan 120jt di UL tsb sekaligus sbg investasi, kemudian sy cuti premi shg sy g usah setor lg, preminya dipotong lgs dr investasi yg mmg sdh sy alokasikan tsb. (Pemotongan preminya tdk mengganggu investasi krn dananya sesuai premi yg diperlukan)

      2) Dana 120jt saya belikan LM bbrp keping 10gr. Asumsi 1gr 500rb, jd 10gr 5jt. Tiap th saya cairkan 2keping (+cash jika kurang) dan lgs sy setor di UL untuk premi 1th

      3) Jika paling baik investasi rutin tiap bulan, apakah bs dana 120jt saya belikan RD dan tiap bln saya cairkan 1jt untuk premi UL. Kl iya, RD apa yg tepat.

      Mhn saran opsi mana yg lbh ok.

      Please sekali lg tlg jgn dibahas ttg UL vs asuransi murni lg y :D

      Thx

      Saya berencana ikut UL tiap bulan 1jt,selama 10th. Jd total premi 120jt.

      Saat ini sy sdh ada dana 120jt yg mmg sy alokasikan untuk UL tsb. Tp berhubung pembayarannya perbln/ perth. Sy minta saran bgm sebaiknya dana 120jt itu saya putarkan?

[...]

      Mhn saran opsi mana yg lbh ok, terbuka jg kl ada saran lain yg lbh ok. Thx.