Sharing Worksheet : Re: [SSR-Klub] WTA : Tertarik Investasi Reksadana Saham

  • Marco Gondo
    Message 1 of 80 , May 17, 2012

      Dear pak misbah, pak bambang, pak sulis, bu rianti. Siap nanti saya kirim ya maklum masih liburan ini :D

      Oya sebenarnya worksheet saya simple sekali dan siapapun bisa membuat.

      Jadi cuma membuat kolom2 yg terdiri dari : nama reksadana, jenis, komisi, IHSG, harga beli bruto, harga beli netto, komisi, NAV book value, NAV market value, dan terakhir Surplus (Minus).

      Yang setiap hari saya lakukan adalah :

      1. Memantau pergerakan IHSG

      (silahkan download aplikasinya bagi yang punya  BlackBerry™, Ѽ iPhone™ ataupun Android di : m.etrading.co.id)

      2. Mencatat setiap hari NAV terbaru dari RD yang sudah saya beli.

      (Silahkan klik link ini dan masukkan ke bookmark di browser anda : www.infovesta.com/isd/m/mindex.jsp)

      3. Mencatat point 1 ke worksheet 1

      4. Mencatat point 2 setelah membuat point 3

      Kalau teman2 masih bingung boleh nanti saya kirim via japri.

      Salam.

      From: misbah.aja@...
      Sender: SSR-Klub@yahoogroups.com
      Date: Thu, 17 May 2012 06:04:38 +0000
      To: <SSR-Klub@yahoogroups.com>
      ReplyTo: SSR-Klub@yahoogroups.com
      Subject: Re: [SSR-Klub] WTA : Tertarik Investasi Reksadana Saham

      Ikut antri file-nya pak macro :)
      makaciiiih...

      Misbah

      From: "Bambang Z" <bambangz@...>
      Sender: SSR-Klub@yahoogroups.com
      Date: Thu, 17 May 2012 01:21:04 +0000
      To: SSR-Klub@yahoogroups.com<SSR-Klub@yahoogroups.com>
      ReplyTo: SSR-Klub@yahoogroups.com

      Mas marco

      Share juga ke saya dong , thanks sebelumnya mas

      Rgds
      Bambang z
      Powered by BZ BlackBerry®

      From: "Marco Gondo" <white.shark321@...>
      Sender: SSR-Klub@yahoogroups.com
      Date: Tue, 15 May 2012 08:08:06 +0000
      To: <SSR-Klub@yahoogroups.com>
      ReplyTo: SSR-Klub@yahoogroups.com

      Siapppp pak frans, pak agung,

      Segera saya ke TKP.

      From: "agung gede" <agung.nantong@...>
      Sender: SSR-Klub@yahoogroups.com
      Date: Tue, 15 May 2012 07:58:12 +0000
      To: <SSR-Klub@yahoogroups.com>
      ReplyTo: SSR-Klub@yahoogroups.com

      Pak marco kl boleh saya jg di share worksheet yg bpk buat krn saya beli bbrp RD saham, tnp menggunakan worksheet utk memantau kinerja RD tsb.
      Mohon di japri pak.

      Regards
      Agung
      Keppel Smit pte ltd

      Sent from my BlackBerry® wireless device via Vodafone-Celcom Mobile.

      From: "Frans Runtulalu" <fransxr@...>
      Sender: SSR-Klub@yahoogroups.com
      Date: Tue, 15 May 2012 02:41:06 +0000
      To: SSR Yahoogroups<SSR-Klub@yahoogroups.com>
      ReplyTo: SSR-Klub@yahoogroups.com

      Terima kasih banyak pak marco penjelasan anda sangat jelas. Saya jadi nambah ilmu ini hahaha.
      Kalau dibolehkan bisa disharingkan worksheet bapak yg dibuat mantau reksadana?
      Lewat japri aja ya pak kalau tidak keberatan.

      Makasih bapak.

      Sent from BlackBerry® on 3

      From: "Marco Gondo" <white.shark321@...>
      Sender: SSR-Klub@yahoogroups.com
      Date: Sun, 13 May 2012 07:18:08 +0000
      To: <SSR-Klub@yahoogroups.com>
      ReplyTo: SSR-Klub@yahoogroups.com

      Dear pak frans,

      Karena rencana ambilnya rutin setiap bulan, secara teori harusnya jangan takut masuk kapanpun tanggalnya pak.

      Ketika belinya dapat harga tinggi lalu NAB turun, jangan kuatir bulan depan ketika bpk beli lagi akan dapat unit lebih banyak.

      Ketika bulan depannya turun lagi dan beli lagi dapat unitnya lebih banyak lagi.

      Dan saat NAB kembali ke posisi awal lalu naik bapak akan untung dobel.

      * demikian juga sebaliknya kalau kasusnya NAB naik.

      Untuk jenisnya berhubung masih muda (usia 25 tahun) sebaiknya jenis reksadana saham.

      Produk keluaran Schroder, BNP paribas, Panin, Manulife dan Trimegah semuanya rata2 bagus (walaupun gak jaminan ke depannya bagus terus).

      Kalau mau maksimal harus rutin pantau pak, karena walaupun namanya sama2 saham tapi isinya bisa beda2 sektor karena banyak sektor industri juga kan di indonesia (konsumer, perbankan, infrastruktur, perkebunan, pertambangan, ternak, otomotif, dll)

      Bisa jadi tahun ini saham yg basicnya konsumer, infrastruktur lagi naik daun sementara yg isinya pertambangan jalan biasa2 saja.

      Kalau mau repot, bisa di switch aja atau jual beli lagi (tapi hati2 perhitungkan juga biaya komisinya).

      Jangan lupa pak bikin worksheet jadi tiap hari tinggal update NAB nya dan bapak bisa pantau naik turunnya.

      Selamat berburu reksadana pak ^___^

      From: "Frans Runtulalu" <fransxr@...>
      Sender: SSR-Klub@yahoogroups.com
      Date: Sat, 12 May 2012 03:54:06 +0000
      To: SSR Yahoogroups<SSR-Klub@yahoogroups.com>
      ReplyTo: SSR-Klub@yahoogroups.com

      Dear Pak Agus...

      Yaaa setidaknya beliau2 yg di millis lbh paham jauh ttng investasi reksadana pak... :D

      Saya ingin mencoba untuk 10thn kedepan...
      Menurut bapak n rekan2 yg lain sebaiknya sy ikut yg autodebet.. Ato mengikuti perkembangan IHSG pak...??

      Sy rncnnya melakukan investasi 1jt/bln..
      Dan mungkin klo ada rejeki tmbhn bs ditambahkan gt...

      Terima kasih..

      Sent from BlackBerry® on 3

      From: "Agus Surya" <ados77@...>
      Sender: SSR-Klub@yahoogroups.com
      Date: Fri, 11 May 2012 02:24:55 +0000
      To: SSR-Klub@yahoogroups.com<SSR-Klub@yahoogroups.com>
      ReplyTo: SSR-Klub@yahoogroups.com

      Wah jgn disebut dewa2 pak, masih manusia juga pak yg punya salah.. :)

      Kalo mau return besar tentu di RD saham/campuran. Dgn catatan utk jk waktu lama. Diatas 10thn lbh baik. High risk high return.. Utk dana pembelian ada yg bisa dimulai dari 100rb dengan cara autodebet atau rutin saja membelinya via sekuritas atau bank yang jadi agen penjual RD.

      Justru yg perlu ditanya ke diri sendiri adl brp lama masa investasinya? Return yg diharapkan? Jumlah investasi dan profil resiko bapak. Kl blm bisa dijawab, kata pak prie mah lebih baik didepositokan saja yg aman.. :)
      .: peace :.

      Salam

      From: "Frans Runtulalu" <fransxr@...>
      Sender: SSR-Klub@yahoogroups.com
      Date: Thu, 10 May 2012 07:13:09 +0000
      To: SSR Yahoogroups<SSR-Klub@yahoogroups.com>
      ReplyTo: SSR-Klub@yahoogroups.com

      Selamat sore kawan...

      Terima kasih atas tanggapan Ibu Hnie dan Pak widodo... Sdh sangat membantu saya...

      Jujur saja saya yg pemula ini masih bingung..
      Menurut dewa2 SSR sebaiknya sy membeli reksadana yg mn??

      Dengan dana terbatas sy miliki skrg..
      Yg pastinya dengan pembelian minimal kecil..
      Tp returnnya besar... Hehehe...

      Mohon sarannya kawan..
      Salam investasi...
      Terima kasih..

      Sent from BlackBerry® on 3

      From: Hnie Calista <soul_skypie@...>
      Date: Sun, 6 May 2012 23:47:06 -0700 (PDT)
      To: SSR-Klub@yahoogroups.com<SSR-Klub@yahoogroups.com>; widodo.n@...<widodo.n@...>; fransxr@...<fransxr@...>

      Hello mas Frans.

      Reksadana dapat dibeli di agen reksadana. Diantaranya commontwealth bank dan bank mandiri. Utk reksadana panin hanya dpt di beli di panin sekuritas.
      Mas frans bisa luangkan waktunya utk brtanya di tempat2 trsebut mengenai:

      -fasilitas yg diberikan (apakah bs transaksi online?)
      -jenis reksadana apa saja yang dijual.

      Biasanya mereka akan memberikan daftar reksadana sekaligus laporan hasil investasinya serta 'fee' yg dikenakan ktk akan mmbeli dan mnjual. Mas frans jg bs mnta pndpt dr mereka mngenai reksadana yg baik mnurut pngamatan mreka.

      Mas frans jg bisa buka di website portalreksadana, ngaturduit.com atau website finance lainnya bahkan majalah edisi khusus mengenai reksadana yg kinerjanya baik. Biasanya majalah investor mngeluarkan edisi khusus ini.

      Penilaian reksadana yg baik setidaknya dilihat kinerja 3 tahun terakhir.

      Jika mas frans punya alokasi 1 juta. Mas frans bs memecah reksadananya. Fungsi pemecahan ini utk menemukan mana reksadana yg "pas" kinerjanya.. nanti jika sudah ketemu mas frans bisa tetap memecah dananya atau bahkan memasukan sekaligus di 1 MI reksadana utk mdptkn hsl yg maksimal.

      Itu share dr saya.. semoga membantu.

      Nb: ya silahkan rekan2 agen reksadana jk mau urun rembuk.. :))

      Best regards,

      Hnie | twitter: @hniecalista

      Sent from Yahoo! Mail on Android

      Message 80 of 80 , Nov 22, 2012

        Bukan bgitu bu Erlin mksd sy. Haji memang panggilan. Sy tdk mempermasalahkan hal itu..justru malah selagi msh mampu berangkatlah ktk muda jgn menunda tua dl.

        Ini sy hny lg kasihan dg calon jamaah haji khususnya yg mau ambil ONH plus. Krn kuota haji Indo lamanya na'uzubillah. Haji dg biro ONH ini kan.dipatok dg Dollar.

        Udah bgitu Makin ke sana tarifnya makin naik krn memang dasarnya tarif haji di Indo sudah mahal. Dulu biro yg bagus bs dg $5000 skrg malah sudah $7500. Jika kurs Dollar bs kembali ke 8700an spt tahun 2011 tentu akan jd ringan.

        Waktu sy brangkat umroh bln mei lalu sy kejar2n dg dollar bu. Bulan februari dollar ktk sy daftar msh 9100an. Ktk sy lunasi di bln april udah naik lg jd 9260. Bedanya memang tipis tp kl di kurskan ke rupiah lumayan jg itu. Bisa buat bayar airport tax. Hehee.. nah anggaran pengeluaran sy smpat membengkak krn biaya tsb tdk terprediksi sblmnya. Sudah dollar naik, SAR jg naik. Akhirnya pakai dana darurat, emas sy digadaikan dl buat pelunasan&tukar SAR.

        Aplgi kl skrg dollar sudah 9600an kan bisa buat tambahan uang saku itu. Lol.

        Jd ada baiknya jg yg mau haji simpan dollar. Pas dollar murah beli. Trus simpan. Jd ga trll berat ktk Dollar naik. Kl tdk y kasihan jg harus kejar2 dg kurs Dollar. Misalnya Ketika dftar masih 9300 pas lunas sudah 9700. Kalikan aja dg $7500 itu sdh berapa?! *wink*

        Best Regards,

        Hani Meiske Calista | Twitter: @hniecalista

        Sent from Yahoo! Mail on Android

        From: Hnie Calista <soul_skypie@...>
        Sender: SSR-Klub@yahoogroups.com
        Date: Wed, 21 Nov 2012 22:11:53 -0800 (PST)
        To: SSR-Klub@yahoogroups.com<SSR-Klub@yahoogroups.com>; dongsuhsecurities@...<dongsuhsecurities@...>
        ReplyTo: SSR-Klub@yahoogroups.com

        Kasihan bgt itu yg haji ya. Harga dollar udah naik jd 9600 gt.. ╮("╯_╰)╭

        From: "sbastian" <mohamad.sbastian@...>
        Sender: SSR-Klub@yahoogroups.com
        Date: Tue, 20 Nov 2012 02:37:12 +0000
        To: <SSR-Klub@yahoogroups.com>
        ReplyTo: SSR-Klub@yahoogroups.com

        Pak kira2 utk akhir tahun ini bgmana?
        Sy liat di bloomberg ada dua RDS yg sangat kinclong yaitu sam equity fund dan satu lagi RDS dari MNC, keduanya jauh meninggalkan performa rds2 lain..tp saya liat mrk rds yg baru setahun, kira2 prospek kedepannya bgmana utk produk tsb?

        msbastianw
        ┏┉┄┈┈┈┈┈┈┈┈┈┈┈┈┈┈┈┈┈┈┈┈┉┓
        ┆ Gummy Kid's Wear
        ┆ www.gummyfashion.com
        ┆ Ph : 083821998000
        ┆ PIN : 310FC738

        From: Dongsuh Securities <dongsuhsecurities@...>
        Sender: SSR-Klub@yahoogroups.com
        Date: Tue, 20 Nov 2012 09:06:43 +0800 (SGT)
        To: ssr<SSR-Klub@yahoogroups.com>
        ReplyTo: SSR-Klub@yahoogroups.com

        Kebetulan saya rekomen cicil RDS di bulan Mei 2012 waktu sedang koreksi, dan akhirnya bottom IHSG ketemu tanggal 4 juni 2012..Selamat yang mau invest di bulan mei-juni 2012, di saat orang pesimis mau masuk RDS atau tidak krn takut..padahal WB bilang antusiaslah di kala orang pada takut..hehe

        ini datanya bottom IHSG, yg paling menjorok ke bawah warna merah itu bottom 2012 --> http://finance.yahoo.com/echarts?s=^JKSE+Interactive#symbol=^jkse;range=1y;compare=;indicator=sma%2820,50,200%29;charttype=candlestick;crosshair=on;ohlcvalues=0;logscale=off;source=undefined;

        Regards,

        Tigor

        KIWOOM SECURITIES
        JL HR Rasuna Said Kav 1,2
        Gedung Graha Irama Unit 6-D
        Jakarta 12950
        021-520-1326/520-1318

        www.kiwoom.co.id

        Safe Trade & Investment

        From: Dongsuh Securities <dongsuhsecurities@...>
        To: SSR-Klub@yahoogroups.com
        Date: Friday, May 11, 2012, 4:03 AM

        Dengan dana terbatas sy miliki skrg..
        Yg pastinya dengan pembelian minimal kecil..
        Tp returnnya besar... Hehehe... ---> nah kalo ngarepin return besar tunggu IHSG drop banyak..tunggu tanggal mainnya...mungkin 1-2 bulan...siapin aja dananya...tergantung sikon..bisa lebih cepat atau malah delay..

        Regards,

        Tigor

        KIWOOM SECURITIES
        JL HR Rasuna Said Kav 1,2