Re: [SSR-Klub] Emas sebagai Alat Lindung Harta

  • panangian simatupang
    Message 1 of 104 , Feb 29, 2012
      Rekans,
      Maaf nih mau nimbrung lagi.
      dari email P. Bajoel, saya melihat adanya penurunan jumlah emas yang harus dibayarkan oleh pemilik emas kepada pemilik rumah. Menurut pendapat saya, pada periode 2006-2011 ternyata emas "dihargai" lebih mahal dibandingkan rumah. Menurut "kacamata" saya, investasi di emas memberikan imbal hasil lebih besar dibandingkan investasi di rumah. Ini yang menarik sptnya. Jadi, dari pada investasi rumah, sebaiknya investasi emas donk? berarti emas merupakan instrumen investasi donk karena banyak perencana keuangan menilai bahwa rumah adalah salah satu bentuk investasi? Lalu, mengapa kita selalu men-downgrade kemampuan emas sbg instrumen investasi menjadi "hanya" sebagai pelindung nilai wealth kita yah?
      Or kita hanya terlibat kepada masalah definisi yah? sementara yang terpenting adalah apakah tujuan keuangan kita tercapai? Monggo pendapatnya rekans...

      salam
      panangian

      Dari: "bajoel78@..." <bajoel78@...>
      Kepada: SSR-Klub@yahoogroups.com
      Dikirim: Rabu, 29 Februari 2012 8:00
      Judul: Re: [SSR-Klub] Tahun 2015, Harga Emas = 1 juta per gram

      BR's
      Januar

      From: Hnie Calista <soul_skypie@...>
      Date: Mon, 27 Feb 2012 22:22:15 -0800 (PST)

      Dear pak Januar..
      hniecalista)
      Sent from Yahoo! Mail on Android

    • Dongsuh Securities
      Message 104 of 104 , Jun 12
        Masih ingat postingan agustus 2013 ? Postingan email 22 Agustus 2013 IHSG 4169, IHSG bulan Mei 2015 di 5500-an. Lumayan toh ?

        Nah sekarang ini IHSG dikasih diskon lagi dengan koreksian dibawah 5000 ? Mulai jual atau beli lagi ? Smart investor know what to do :)

        Regards,

        Tigor

        KIWOOM SECURITIES
        JL HR Rasuna Said Kav 1,2
        Gedung Graha Irama Unit 6-D
        Jakarta 12950
        021-526-1326/526-1318

        www.kiwoom.co.id

        Safe Trade & Investment

        On Wednesday, August 28, 2013 10:23 AM, Dongsuh Securities <dongsuhsecurities@...> wrote:

        TWT = Time Will Tell

        Regards,

        Tigor
        www.kiwoom.co.id

        Safe Trade & Investment

        From: "Aji" <ajieboy@...>
        Sender: SSR-Klub@yahoogroups.com
        Date: Tue, 27 Aug 2013 13:47:12 +0000
        To: SSR-Klub@yahoogroups.com<SSR-Klub@yahoogroups.com>
        ReplyTo: SSR-Klub@yahoogroups.com

        Ok pak.
        Makasih atas reply nya :)
        Saya coba diskusikan dgn Nyonya dahulu hehe

        ----
        Aji @GMail

        Isi pesan ini adalah murni pendapat pribadi pemilik email dan dilarang untuk di rujuk untuk kepentingan apapun sebelum mendapat persetujuan pemilik email terlebih dahulu.

        From: Dongsuh Securities <dongsuhsecurities@...>
        Sender: SSR-Klub@yahoogroups.com
        Date: Tue, 27 Aug 2013 17:11:27 +0800 (SGT)
        To: SSR-Klub@yahoogroups.com<SSR-Klub@yahoogroups.com>
        ReplyTo: SSR-Klub@yahoogroups.com

        RDS saja atau RDC, langsung sebenarnya juga rekomen, cuma mesti lihat profil masing2
        pribadi, bisa terima floating risiko agak tinggi atau tidak ? Kalau tidak baiknya reksadana saja.
        Yang penting kalo investasi saham/reksadana jangan pakai dana taktis jangka pendek.

        Regards,

        Tigor
        www.kiwoom.co.id

        Safe Trade & Investment

        From: Dongsuh Securities <dongsuhsecurities@...>
        Sender: SSR-Klub@yahoogroups.com
        Date: Thu, 22 Aug 2013 12:36:17 +0800 (SGT)
        To: SSR-Klub@yahoogroups.com<SSR-Klub@yahoogroups.com>
        ReplyTo: SSR-Klub@yahoogroups.com

        Masih dikasih diskon selama 2 bulan..cicil terus lebih baik..lebih ideal buat investasi jika dimulai dari diskon2 besar dari pasar..
        Lebih baik invest di saham langsung yg kondisi makro masih baik, upside ke atasnya lebih cepat jika sikon sudah kondusif.

        Regards,

        Tigor

        KIWOOM SECURITIES
        JL HR Rasuna Said Kav 1,2
        Gedung Graha Irama Unit 6-D
        Jakarta 12950
        021-526-1326/526-1318

        www.kiwoom.co.id

        Safe Trade & Investment

        From: Dongsuh Securities <dongsuhsecurities@...>
        Sender: SSR-Klub@yahoogroups.com
        Date: Sat, 6 Apr 2013 12:50:00 +0800 (SGT)
        To: SSR-Klub@yahoogroups.com<SSR-Klub@yahoogroups.com>
        ReplyTo: SSR-Klub@yahoogroups.com

        beli boleh, tapi mending wait see..risk dan rewardnya masih besar risk..tapi ada peluang terbesar di bursa saham/reksadana..kalo gold ambruk investlah di pasar modal, dan sebaliknya.

        Emas akan naik kalo inflasi meningkat, saat ini inflasi di Indonesia sudah 2,43% YOY padahal target inflasi 2013 di 5,9%.
        BI sedang fokus masalah inflasi saat ini. Masih 50:50. Cuma menurut BI inflasi saat ini ga perlu terjadi kalo bawang, daging, cabe distribusi-nya baik. Senjata terakhir pemerintah mengurangi inflasi dgn naikin BBM sebelum BI naikin BI rate-nya. Kalo udah dinaikin bbm tapi masih terjadi konsumsi yg sama besar mau ga mau BI akan naikin rate. Short term akan berdampak negatif, tapi akan semakin menyehatkan keuangan negara.

        Regards,

        Tigor

        KIWOOM SECURITIES
        JL HR Rasuna Said Kav 1,2
        Gedung Graha Irama Unit 6-D
        Jakarta 12950
        021-526-1326/526-1318

        www.kiwoom.co.id

        Safe Trade & Investment

        From: Ana.Osa <ana054@...>
        To: SSR-Klub@yahoogroups.com
        Date: Sunday, March 4, 2012, 2:14 PM

        Mantab Pak Tigor.. Btw "melihat tehnikal harga emas saya prediksi emas akan sideways panjang sekitar level 1300-1500 US$" > ini dr thn 1978 - 2008 ya Pak? Semisal saja.. IMHO Thn 2008 - 2028 di level 1500 - 1700 US$ yah masuk akal juga.. Skrg aja 1711 US$ hϱˆ⌣ˆhϱˆ⌣ˆhϱ"̮ Turun dikit dong *ngarepdotcom* Semoga berkenan..
        Regards, Have Fun Do Good! Happy Investing! SeptriANA NOSArianti B.Arts QWP™ Financologist™ twit: @ana054 | by ISAT
        From: Dongsuh Securities <dongsuhsecurities@...>
        Sender: SSR-Klub@yahoogroups.com
        Date: Sun, 4 Mar 2012 13:47:53 +0800 (SGT)
        To: <SSR-Klub@yahoogroups.com>
        ReplyTo: SSR-Klub@yahoogroups.com

        saya coba liat2/analisa/otakatik harga emas dulu tanpa mengetahui fundamentalnya ke depan di link --> http://www.kitco.com/scripts/hist_charts/yearly_graphs.plx

        terlihat harga emas baru merangkak naik setelah sideways selama 20-22 tahun (1978-2008)...kenaikan hingga hari ini wajar atau tidak ? kalau dilihat wajar saja alias harga emas sedang mencari harga "keseimbangan baru" setelah sideways 20 tahun.

        Kemudian dibahas karakteristik emas, yaitu sebagai pelindung nilai atau hedging inflasi di saat keadaan ekonomi real sedang berakselerasi tinggi (uang terlalu banyak beradar, dst).
        Dengan demikian akselerasi ekonomi harus di"perlambat" dengan cara naikin suku bunga, selain suku bunga naik fund global dalam mengurangi risiko default2 mereka cari instrumen lain yg lebih stabil/moderate yaitu emas batangan (disini harga emas jadi naik).

        Kalau harga emas naik yg berarti funding lebih memilih "security" ketimbang berekonomi real nanti gimana keadaan ekonomi suatu negara kalau merasa khawatir dan mengurangi kegiatan ekonomi ? Tentu kemakmuran negara akan berkurang, pengangguran banyak, musuh utama negara adalah salah satunya besaran pengangguran yg akan jadi beban negara.

        Ekonomi bisa berakselerasi lagi jika orang2 mengurangi instrumen bersifat hedging kek emas dan kembali ke sektor ekonomi real yg memang mengandung risiko. Tingkat ekonomi yg sedang tinggi biasanya jumlah simpanan emas dan deposito di bank sedikit, mereka masuk ke investasi langsung sektor real seperti bangun pabrik2, infrastruktur, dsb atau investasi pasar modal.

        Jadi menurut saya jika harga emas naik terus2an dan cepat, saya ga bisa bayangin keadaan ekonomi ke depan, masih ada ga yg berani berekonomi sektor real ?

        Kembali ke masalah tehnikal, yg saya tau ada prinsip apapun harga yg naik terlalu cepat, biasanya turunnya akan cepat juga, istilahnya Parabolic Blow Off.

        Kalau melihat tehnikal harga emas saya prediksi emas akan sideways panjang sekitar level 1300-1500 US$

        Regards,

        Tigor

        KIWOOM SECURITIES
        JL HR Rasuna Said Kav 1,2
        Gedung Graha Irama Unit 6-D
        Jakarta 12950
        021-520-1326/520-1318

        www.kiwoom.co.id

        Safe Trade & Investment

        Dari: "imansa_2000@..." <imansa_2000@...>
        Kepada: SSR-Klub@yahoogroups.com
        Dikirim: Sabtu, 3 Maret 2012 10:33
        Judul: Re: Bls: Bls: [SSR-Klub] Emas sebagai Alat Lindung Harta

        Pak Pri, tempo hari sy mau coba jual LM. Ternyata ada spread hrg beli/jual, serta cetakan baru/lama. Klu blh tahu, berapa nilai spread yg wajar utk msg2? Thx atas pencerahannya. GBU
        Powered by Telkomsel BlackBerry®
        From: priambudi <prietea@...>
        Sender: SSR-Klub@yahoogroups.com
        Date: Fri, 2 Mar 2012 23:30:55 +0800 (SGT)