Re: [SSR-Klub] [Asked] Asji utk wanita dg riwayat penyakit bawaan

  • mystockinfo1@yahoo.com
    Message 1 of 8 , Feb 19, 2012
      Izinkan saya menjawab pertanyaan bu Dina...

      Ini asji kan??bukan askes or critical illness (CI)??kalo benar asji sepertinya tidak harus medical check up, med check biasanya d gunakan untuk askes or CI..

      Jawaban pertanyaan bu Dina
      1. Mungkin ibu bisa cari di perusahaan lain yang tidak berbelit dan tidak perlu med check, karena UP akan keluar hanya ketika sang tertanggung menghadap ke sisi-Nya..dan yg menerima adalah ahli waris. UL bisa pertimbangan..

      2. Kalo ada penyakit bawaan, mustinya masih bisa di terima namun dengan premi yg lebih mahal..UP jiwa harusnya keluar..

      3. Bisa cari asuransi lain, atau bisa coba UL, karena bgmana pun asuransi itu perlu, asset juga bagus, tapi kalo ngumpulin asset memang butuh waktu,

      Kalo msh ada pertanyaan bisa pm saya...

      Trims,

      Powered by Telkomsel BlackBerry®

      From: Dina Pramaningrum <dina_prama_ning_rum@...>
      Sender: SSR-Klub@yahoogroups.com
      Date: Sat, 18 Feb 2012 00:45:52 -0800 (PST)
      To: SSR-Klub@yahoogroups.com<SSR-Klub@yahoogroups.com>
      ReplyTo: SSR-Klub@yahoogroups.com
      Subject: [SSR-Klub] [Asked] Asji utk wanita dg riwayat penyakit bawaan

       Dear rekan milis,,

      Sesuai sg subject, langsung aja ya,,

      Sy wanita,usia 28th,punya anak usia 3th,usaha wiraswasta. Penghasilan sy lebih besar dr penghasilan suami. Jadi yg perlu di cover asji lebih besar adalah saya.

      Saya punya penyakit jantung bawaan sejak lahir,,dimana penyakit ini tidak mengganggu aktivitas saya,,dari dokter jantung tidak diperlukan utk operasi,,istilah medis nya small VSD,,

      Saat ini saya sedang pengajuan Term life 10th di asuransi BNI Life dg Up 1,2M premi 2.1jt/th,,cuman proses medical nya rumit dan berbelit,,sudah 4kali proses medical,,dimana yg ke 2-4 biaya ditanggung saya (mencapai 1jt). Pengajuan ini masih belum di acc.

      Yang jadi pertanyaan saya adalah
      1. Bagaimana menurut rekan milis,apakah lebih baik sy tetep lanjut medical di BNI Life,dengan pertimbangan,,bisa saja polis sy ditolak,diterima,atau diterima dg syarat khusus?

      2. Sy denger di asuransi lain,UP 1M bisa tanpa medical,,apakah lebih baik,sy ikut term life yg tanpa medical ini. Apakah nanti bila terjadi resiko,ternyata diketahui kalo sy ada penyakit bawaan,akhir nya up gak bs keluar?

      3. Setelah sy baca blognya pak pandji,kasus seperti sy ini,apabila ditolak oleh perusahaan asuransi,krn penyakit bawaan,lebih baik menyiapkan aset aktif yg bisa jadi passive income. Tapi krn sy masih muda,pendapatan juga masih kecil,hal spt ini masih lama prosesnya. Enaknya gmn ya?

      Demikian sharing saya,,semoga dpt pencerahan di milis ini,,

      Tenkyuuu,,,

      Dina
    • Aonillah, Anwar (Jkt)
      Message 2 of 8 , Feb 19, 2012

        Dear Mbak Dina,
        Sy ikut kasih pendapat yaahh :

        Untuk permohonan asuransi dengan riwayat 'congenital' dalam hal ini Small Ventricular Septal Defect (Small VSD),
        memang "cukup alot" proses seleksi-nya terutama ketika bbrp data/kriteria kunci untuk proses underwriting, belum diperoleh secara jelas dan memuaskan (masih ada data yang kurang).
        Namun, walaupun harus melakukan proeses MCU beberapa kali, biasanya sih semua biaya ditanggung oleh pihak asuransi selama proses MCU tsb dimintakan oleh pihak asuransi (kebijakan dapat berbeda di setiap perusahaan).

        Apabila proses underwriting telah selesai dan data yg diperlukan mencukupi, maka bbrp kemungkinan adalah :
        - diterima dg tanpa syarat apapun
        - ditolak
        - diterima dengan pengecualian 'congenital'
        - diterima dengan tanpa pengecualian, namun dikenakan ekstra premi

        saran sy pribadi sih :
        sebaiknya ditunggu/diselesaikan sampai proses underwriting selesai, dan nantinya dievaluasi hasil keputusannya seperti apa.
        apabila masih sesuai dengan ekspektasi dan keperluan, maka dapat dilanjutkan.
        apabila tidak sesuai, mungkin dapat mencari solusi lain.

        Mengenai UP Rp 1-M dan tanpa MCU :
        Secara umum untuk UP Rp 1-M (usia < 41 tahun) memang bisa jadi tidak diperlukan MCU.
        Walaupun demikian, riwayat kesehatan tetap harus diinformasikan secara jujur dan apa adanya (pastinya akan ditanyakan dalam SPAJ).
        Apabila kelak diketahui dan dapat dibuktikan bahwa terdapat unsur penipuan/ pembohongan dalam riwayat kesehatan,
        maka pihak asuransi berhak melakukan peninjauan dalam proses selanjutnya (apakah polis diputus, atau klaim dikurangi, atau bahkan terburuk ditolak).

        Sebagai alternatif lain (apabila kedua hal diatas masih tidak sesuai) :
        Mbak Dina dapat memilih program asuransi yang bersifat "Guaranteed Issued".
        Program ini tersedia untuk calon nasabah yg memiliki riwayat kesehatan yg "kurang bersahabat" dg underwriting asuransi.
        di Manulife terdapat bbrp program yg bersifat "guaranteed issue" ini.

        semoga dapat membantu

        Regards,
        Anwar Aonillah

        Agent at : PT. AJ Manulife Indonesia
        Sampoerna Strategic Square, South Tower, Jakarta 12930
        Mobile: 08118206306 | Pin BB: 2351D54C

        This email is confidential. If you are not the intended recipient, you must not disclose or use the information contained in it. If you have received this email in error, please notify me immediately by return email and delete the email and any attachments. My personal views or opinions expressed here may not necessarily reflect the views or opinions of any company in the Manulife Indonesia Group of Companies.

        Message 3 of 8 , Feb 19, 2012
          Dear Bu Dina,

          Saya Vivien dr Sunlife, mencoba menjawab pertanyaan bu Dina.

          Di Sunlife, UP 1M memang tidak diperlukan pemeriksaan kesehatan sebelumnya (bkn sbg syarat). UP 1M adalah UP non-medical.
          Tapi tetap hrs menyatakan riwayat kesehatan dlm pengajuannya. Biasanya dilengkapi dgn nama dokter, no kartu berobat dan nama RS tempat ibu pernah dirawat/melakukan pemeriksaan. Dan bila perlu, underwriting Sunlife akan meminta Ibu untuk melakukan pemeriksaan kesehatan, atau menanyakan lgs kondisi Ibu kpd dokter/RS tempat ibu dirawat/melakukan pemeriksaan, sesuai kebutuhan dlm rangka assessment dr underwriting.

          Sekarang di Sunlife jg ada produk baru, namanya Sun Golden Life. Produk ini adalah produk GIO (Guarantee Issuance Offer), artinya, setiap pengajuan asji ini pasti diterima. UP maksimal 200jt. Produk ini adalah Termlife.

          Bila ibu ingin tau lbh banyak mengenai produk2 Sunlife atau mengenai pengajuan asuransi non-medical, silahkan japri ke saya bu....

          Semoga Ibu mendapatkan apa yg ibu inginkan dan sesuai dgn kebutuhan Ibu.

          Tks n Rgds,
          Vivien Santoso
          PT Sunlife Financial Indonesia
          0815 965 0835 / 08777 1635 333
          agvien@...

          Sent from my BlackBerry®
          powered by Sinyal Kuat INDOSAT

          Message 4 of 8 , Feb 19, 2012
            Dear mba Dina,

            Menurut pengalaman saya teruskan saja proses dgn BNI. Mengenai asuransi yg tidak mengenakan med check up untuk up 1M, itu untuk kondisi normal ( tdk ada sakit/pernah sakit serius, tdk overweight/underweight)
            Dalam situasi mba Diana perlu diwaspadai apabila dlm pengajuan asji tdk diminta check up, pastikan pengisian formulir benar adanya. Hal ini untuk menghindari dispute di kemudian hari.

            Bila dari BNI tidak diterima bukan berarti asuransi lain juga akan menolak, coba pengajuan di perusahaan asji lainnya.

            Yg dikatakan dlm blog yg Anda baca benar adanya, bila asuransi tdk bisa memberikan proteksi, Anda harus menyiapkan pasif income.
            Asuransi yg berikutnya ialah menjaga pola hidup, gaya hidup dan pikiran positif, menurut saya itu semua asuransi yang terutama.

            Salam,
            Sony Yulianto,CFP

          • priambudi
            Message 5 of 8 , Feb 20, 2012
              Bu dina,
              kalo sekarang suara 'bocor'nya masih ketangkep?
              kapan trakhir diketahui masih ada bocor?

              3. wiraswastanya apa bu?
              passive income yg beli cashflow aset itu berlakunya u orang kerja bu,
              kalo ibu sudah punya usaha, sudah dekat dengan passive income,
              ga perlu lirik sana sini ... bikin sendiri aja...

              btw, kenapa perlu UP 1,2 M bu?

              Sy kaya bukan karena memiliki segalanya,
              sy kaya karena tidak memerlukan apa-apa lagi - quote by Someone

              -prie-

              Dari: Dina Pramaningrum <dina_prama_ning_rum@...>
              Kepada: "SSR-Klub@yahoogroups.com" <SSR-Klub@yahoogroups.com>
              Dikirim: Sabtu, 18 Februari 2012 15:45
              Judul: [SSR-Klub] [Asked] Asji utk wanita dg riwayat penyakit bawaan

            • Dina Pramaningrum
              Message 6 of 8 , Feb 20, 2012
                Dear pak pri

                Suara bocornya masih ketangkep sampe skrg pak,,bahkan kalo didengar tanpa stetoskop juga langsung kedengeran,,hehe,,cuman kalo dr dokter jantung sy gak diperlukan tindakan operasi,,karena bocor nya kecil.

                sementara ini wiraswasta nya masih gabung sama saudara saya pak,,bisnis penjualan pulsa elektrik,,cuman memang sy ada rencana bikin bisnis sendiri juga dg suami,selain mengurus bisnis keluarga,,lebih baik bikin bisnis sendiri aja ya pak?

                UP 1,2M sy hitung nya dr pengeluaran sebulan 10jt pak,,10jt x 12 bulan x 10 th,,apa kebesaran ya pak?

              • priambudi
                Message 7 of 8 , Feb 23, 2012
                  Oh kalo kasusnya bgitu brarti berat bu u asuransi
                  bocornya memang kecil, tapi darah kotornya tercampur,
                  kmungkinan infeksi jadi membesar,
                  nadi yg harusnya cuma mengalirkan darah bersih
                  jd kena kontaminasi darah kotor
                  kalo jaga kesehatannya kelepasan aja,
                  bisa macem2 akibatnya u pembuluh darah,
                  memang akibatnya ga kerasa 1-2 bulan,
                  mungkin perlu bertahun2 u terdeteksi

                  Sebenernya mungkin bukan ga perlu operasi bu,
                  terlalu banyak yg dikorbankan u bocor yg masih bisa ditolerir
                  U benerin bocor yg kecil, tetep aja harus ikut prosedur bedah jantung standar
                  kecuali RSnya dah pake MIHS (Minimally Invasive Heart Surgery)

                  Ah ga harus bu bisnis sendiri,
                  yg namanya bisnis ga pernah bisa sendirian kok,
                  selalu perlu partner....
                  PIlih aja salah satu bisnis u ditekuni, mo bareng sodara,
                  mo bisnis keluarga ato bisnis baru dengan suami,
                  yg penting fokus sampe bisa berjalan otomatis ^_^

                  kalo u persiapan pembiayaan sperti itu,
                  1,2 M ga kebesaran kok bu

                  Tapi kalo ternyata nanti dapet UPnya ga bisa sebesar itu,
                  brarti ibu perlu strategi pembiayaan lain,
                  perhitungan kebutuhan UP asuransi ada banyak... ^_^

                  Dari: Dina Pramaningrum <dina_prama_ning_rum@...>
                  Kepada: "SSR-Klub@yahoogroups.com" <SSR-Klub@yahoogroups.com>
                  Dikirim: Senin, 20 Februari 2012 20:02
                  Judul: Re: Bls: [SSR-Klub] [Asked] Asji utk wanita dg riwayat penyakit bawaan