Re: [SSR-Klub] Tanya Cash flow

  • senoji minoru
    Message 1 of 30 , Feb 18, 2012
      Semoga nanti saya bisa seperti Pak Rachmat :D

      http://senoji.blogspot.com
      http://senoji.tokobagus.com

      From: Budi Rachmat <budi_rachmat@...>
      Sender: SSR-Klub@yahoogroups.com
      Date: Fri, 17 Feb 2012 17:25:49 +0800 (SGT)
      To: SSR-Klub@yahoogroups.com<SSR-Klub@yahoogroups.com>
      ReplyTo: SSR-Klub@yahoogroups.com
      Subject: Re: [SSR-Klub] Tanya Cash flow

      Anita..,

      hanya sekedar sharing pandangan saya...
      ... coba dipikirkan... n keep positive thinking...

      klo 200juta tsb disimpen terus di ORI s/d 4 tahun lagi...
      ... saya khawatir, nilai 200juta 4 tahun lagi akan berkurang.... karena inflasi...
      ... maka nilai uang yang akan diterima dikemudian hari berkurang/turun, padalah biaya hidup cenderung meningkat..

      sementara ini, tetap aja di ORI sambil dipikirkan ALTERNATIVE lainnya...

      PROPERTI.

      apartemen kalibata city harga unit yg 30 m2 (2 kamar) sekitar 230 - 270juta...
      ... klo disewakan bisa menghasilkan 1,5 - 2juta / bulan...

      properti, nilainya mengikuti inflasi (bahkan bisa lebih besar daripada inflasi)...
      ... maka 4 tahun lagi, saya pikir, nilainya pasti lebih baik daripada nilai ORI yang anda miliki...

      masalahnya adalah bagaimana cara membeli dan menyewakannya...
      ... silakan menghubungi saya JAPRI, saya coba bantu.... prinsipnya "win-win"...

      properti sebenarnya bisa di-leverage....
      ... dengan perhitungan yang baik, maka properti (yang menghasilkan uang sewa), bisa di-"sekolahkan" ke bank... dananya digunakan untuk yang menghasilkan cash flow lagi...
      ... maka, sementara beliau menunggu harga properti meningkat (Capital Gain), sementara itu beliau menerima uang (Cash Flow)....
      ... semakin besar Cash Flow yang diterima, semakin besar KEMAMPUAN beliau untuk berinvestasi (bukan hanya kemauan)....

      contohnya:
      apartemen saya di taman rasuna,
      - yang disewakan menghasilkan uang sewa (Cash Flow), lalu...
      - disekolahkan, dana diinvestasikan ke minimarket yang menghasilkan hasil-usaha (Cash Flow lagi)....

      lihat fotonya di sini: www.PROFILE.BudiRachmat.com .

      hanya, untuk me-leverage properti seperti di atas, diperlukan track-record (kemampuan mengembalikan pinjaman bank).... padahal beliau sudah pensiun...
      tapi tetap masih bisa di-leverage bila bekerjasama dengan anda... (anda yang berhutang dengan jaminan properti tsb)...
      ... tentu saja, perlu "berlatih" untuk melakukan hal2 tsb di atas...
      ... dan cara yang paling baik untuk berlatih adalah ketika kita masih produktif (memiliki sumber income)...

      EMAS.

      Emas tidak menghasilkan Cash Flow.... tapi "mem-protek" nilai kekayaan beliau (= lindung nilai)....

      Tapi emas lebih mudah di-leverage (digadaikan)... karena tidak memerlukan track-record....

      yang terbayang di  benak saya adalah,
      - beli emas (senilai 200jt), digadaikan, hasilnya (sekarang -+ 70% = 140juta. Dulu, bisa 90% = 180juta)
      - dibelikan properti (tunai) yang menghasilkan Cash Flow, lalu properti "disekolahkan" (klo 140jt, akan terima 80% = 112jt. Klo 180juta, 144jt)...
      - dana di-investasi-kan ke yang menghasilkan Cash Flow.... (investasi apa ya yang 122 - 144jt..?)...

      di atas ini adalah yang sangat "ideal"...
      ... yaitu kekayaan dikunci resikonya (lindung nilai) dan di-leverage yang menghasilkan BEBERAPA cash flow...
      ... dengan SATU MODAL menghasilkan beberapa hasil usaha/sewa/investasi...

      JANGAN berpikir bahwa hal tsb di atas adalah sesuatu yang mustahil (tidak bisa)....
      ... gunakan Otak KANAN anda (imajinasi, angan2, harapan).... sambil ber-ikhtiar...

      ayoook teman2...., sambil kita pikirkan jalan keluar-nya...!!!

      SARAN untuk teman2 yang lain...
      bila anda memiliki dana pensiun (asuransi atau lain-nya) upaya-kan agar jatuh tempo-nya se-tidak2nya 5 tahun sebelum anda pensiun (sebelum 55 tahun atau 65 tahun, bagi yang berbisnis)....
      .... agar masih ada waktu untuk melakukan koreksi bila diperlukan...

      dan targetkan investasi anda saat ini juga (ketika masih produktif) pada investasi yang menghasilkan Cash Flow...,
      ... karena ketika pensiun, maka income / Cash Flow anda pun STOP atau berkurang banyak sekali.... padahal expenses susah untuk dikurangi.

      BTW, dimana anda bergaul disitulah info yang akan anda terima...
      ... mau investasi properti, bergaul-lah dengan para investor properti (= pelaku)...
      ... mau investasi emas, bergaul-lah dengan para investor emas (= pelaku)...
      ... mau ber-usaha/bisnis, bergaul-lah dengan para pebisnis (= pelaku)...
      ... mau perencanaan keuanganan, bergaul-lah dengan para investor (= pelaku)...

      semoga bermanfaat.

      salam,
      BUDI Rachmat

      Follow me at http://twitter.com/budi_rachmat .

      Tanya Cash flow

      Posted by: "Anita Yuniar" anitayuniar.in@...   kireynindya

      Wed Feb 15, 2012 8:11 pm (PST)

      Selamat siang,

      bisa minta urun rembuk dan masukannya ga ya?
      ada keluarga saya, dia sekarang sudah pensiun, tidak bekerja lagi, dan punya tabungan 200 juta di bank, sekarang ini, uang dia, dia masukan ke ORI, yang dikunci selama 4 tahun, dan tiap bulan bisa dapat return, kira-kira 1 juta lebih, yang dipakai buat kebutuhan hidup sehari2.

      Kalau misalnya nanti sudah habis masa simpan ORInya, untuk bisa dapat return/bunga yang bisa digunakan biaya hidup sehari2.. kira2 diinvest, atau dibelikan apa ya? atau disimpan dimana?
      ada saran ga? kalau skr, dia belum mau bisnis,dikarenakan beberapa kali gagal dan rugi, yang akhirnya uang tabungan terkuras, sedangkan kebutuhan sehari2 jalan terus.

      Terima kasih atas masukannya,

      Salam,
      Anita
      www.n4fcollection. multiply. com
      Jasa Jahit Seragam

    • Ana.Osa
      Message 2 of 30 , Feb 19, 2012
        Saya juga fans ama ide2nya Pak Budi Rahmat.. *colek Pak Pandji katanya pengin ketemu dan ingin tahu ilmu nya ama Pak Budi

        ˆ⌣ˆ✗¡✗¡✗¡ ˆ⌣ˆ

        Have Fun Do Good! Happy Investing!
        Regards,
        SeptriANA NOSArianti B.Arts QWP™
        Personal Financial Advisor
        twit: @ana054 | by ISAT

        Message 3 of 30 , Feb 19, 2012
          Bener bu..saya suka salut sama pak budi...ide2nya tidak terpikir oleh saya sblmnya :D keep sharing pak

          msbastianw
          ┏┉┄┈┈┈┈┈┈┈┈┈┈┈┈┈┉┓
          ┆ D 18 KB
          ┆ 04.15
          └┈┈┈┈┈┈┈┈┈┈┈ ┈⌣̊┈̥-̶̯͡♈̷̴✽̶

          Message 4 of 30 , Feb 19, 2012
            Pa budi bagus bgt penjelasannya. Saya salut..

            Message 5 of 30 , Feb 19, 2012

              ada yang tau cara nya beli reksadana secara online??

              thanks,

              misbah

            • priambudi
              Message 6 of 30 , Feb 20, 2012
                ^_^
                bu ana sudah menceritakan semuanya,
                sy ga disisakan apa2...

                karena yg pensiun bukan bu anita sendiri,
                pendapat sy sih... ajak seneng2 aja bu...
                dah ga ada kegiatan rutin, tabungan terkuras karena gagal bisnis,
                uang terkunci selama 4 tahun...
                pasti banyak tekanan batin tuh...

                itu semua uang 200jt di ORI?
                masih punya sisa u dana cadangan siap pakai?

                sebenernya investasi yg memberi pasif income itu banyak,
                tapi rata2 bukan investasi yg sudah dikemas,
                jadi harus punya komunitas...

                kalo mau yg sudah dikemas,
                dengan asumsi pengetahuan finansialnya 4 th ke depan
                sama dengan saat ini,
                yg aman brarti deposito... sperti saran bu ana...

                tapi pecah jangan 200 jt dimasukkin 1 deposito semua,
                kenapa bukan ORI lagi?
                sayang kalo dikunci lagi, kesempatan lewat ga bisa diraih...
                kalo deposito masih mungkin dicairkan
                kalo mau gede bunganya, buka depositonya di BPR yg dijamin LPS

                tapi kalo dalam 4 tahun pengetahuan dan ketrampilan finansialnya sudah membaik,
                instrumen2 lain bisa dimanfaatkan...
                karena 4 tahun ke depan pasti kondisi keuangan dah ga sperti sekarang.. ^_^

                Sy kaya bukan karena memiliki segalanya,
                sy kaya karena tidak memerlukan apa-apa lagi - quote by Someone

                -prie-

                Dari: Ana.Osa <ana054@...>
                Kepada: SSR-Klub@yahoogroups.com
                Dikirim: Sabtu, 18 Februari 2012 15:10
                Judul: Re: [SSR-Klub] Re: Tanya Cash flow

                Bu Anita :)

                Bgmn kalo masa ORI sudah habis dan mengharapkan nilau uang tunai dari 200jt tsb?

                1. Bisa dimasukkan ke ORI lagi - resiko rendah tapi mau sedikit ribet ngurus macam2.. Minusnya kena inflasi..

                2. Alternatifnya resiko paling rendah yaa Deposito tapi hanya ribet ngurus macam2 di awal saja.. Dan utk seterusnya bisa dpt nilai tunai per bulan drpd 200jt.. Minusnya kena inflasi..

                Lah terus bagaimana jika nilai tunai per bulan drpd 200jt tidak cukup?

                3. Diantara pilihan 1 dan 2 mana yang lebih baik, tergantung si Bapak pensiun dg lifestyle hidup yg bagaimana? Belum lagi inflasi yang tidak bisa fluktuatif..

                4. Selain lifestyle hidup, bagaimana kondisi kesehatan Bapak setelah pensiun? Apakah sudah terproteksi?

                5. Bila belum terproteksi yang lebih memungkinkan adalah cara hidup sehat.. Bagaimana caranya? Banyak, dengan memotivasi diri sendiri orang lain bergerak untuk hidup sehat.. Syukur2 dari konsep ini bisa mendaur ulang pendapatan tambahan pensiun..

                6. Hϱˆ⌣ˆhϱˆ⌣ˆhϱ"̮ karena tidak semua orang berbakat dalam ber-wirausaha, mungkin menjadi orang yang bisa ngasih saran/konsultan atau berkarya yang lebih baik setelah pensiun sangat sangat sangat dianjurkan, untuk melatih otak dari maaf 'kepikunan'

                Tentukan Tujuan Hidup setelah Pensiun.. Karena dalam Islam tidak dianjurkan untuk Pensiun.. Kalo bisa berkarya sampai ajal menjemput dimana bisa menciptakan lapangan kerja untuk orang lain..

                Ketinggian yaa cita2nya.. Yah ga laah.. karena memang generasi tua yang punya pengalaman lebih untuk menciptakan suatu konsep kreasi dimana nanti dilanjutkan oleh generasi penerusnya (entah anak kandung atau karyawan)..

                Just my five cents..

                Sepertinya Pak Priambudi punya lebih dalam konsep setelah Pensiun.. Apalagi buku The Secret of Wealth Management bisa merubah mindset orang2..

                Tolong dibantu ya Pak Prie dari persepsi yang lain.. hϱˆ⌣ˆhϱˆ⌣ˆhϱ"̮

                Semoga berkenan..

                From: devin.yohannes@...
                Sender: SSR-Klub@yahoogroups.com
                Date: Fri, 17 Feb 2012 01:23:31 +0000
                To: Ssr Klub<SSR-Klub@yahoogroups.com>
                ReplyTo: SSR-Klub@yahoogroups.com
                Subject: Re: [SSR-Klub] Re: Tanya Cash flow

                Kami dari trimegah ada 1 reksadana obligasi tram regular income , setiap bulan akan ada pembagian hasil investasi yang bisa dipilih dimasukkan kembali ke unit atau ditransfer ke rekening , sudah 3 x ada pembagian hasil yaitu 15per unit, 7 perunit dan 10 perunit.
                Jadi selain ada pergerakan nab juga ada pembagiannya.
                So far returnnya sudah di 8%an sejak launch di oktober ini. Bila berminat, bisa jadi opsi lain.

                best regards,
                Devin Christianto
                Trimegah Asset Management
                reksadana terbaru "tram infrastruktur plus" launch awal maret, dapatkan harga 1000 nya

                From: "anita" <anitayuniar.in@...>
                Sender: SSR-Klub@yahoogroups.com
                Date: Thu, 16 Feb 2012 13:58:32 -0000
                To: <SSR-Klub@yahoogroups.com>
                ReplyTo: SSR-Klub@yahoogroups.com
                Subject: [SSR-Klub] Re: Tanya Cash flow

                kalo RD Pasar uang atau pendapatan tetap, gimana kira-kira pak?

                Tq,

                Anita
                --- In SSR-Klub@yahoogroups.com, "sbastian" <mohamad.sbastian@...> wrote:

                > Kl 1jt cukup utk sehari2 ya bisa diteruskan ke ori...menurut saya lho yaaa..
                >
                > Kl ibu saya coba2 bisnis jadi agen gas lpg..tp ya gitu2 aja sih..untungnya gak seberapa hanya mengisi waktu saja kata beliau
                >

                > msbastianw
                > â"â"‰â"„â"ˆâ"ˆâ"ˆâ"ˆâ"ˆâ"ˆâ"ˆâ"ˆâ"ˆâ"ˆâ"ˆâ"ˆâ"ˆâ"‰â""
                > â"† D 18 KB
                > â"† 04.15
                > â""â"ˆâ"ˆâ"ˆâ"ˆâ"ˆâ"ˆâ"ˆâ"ˆâ"ˆâ"ˆâ"ˆ â"ˆâŒ£ÌŠâ"ˆÌ¥-̶̯͡♈̷̴✽̶

              • Ana.Osa
                Message 7 of 30 , Feb 20, 2012
                  Nah kan ada persepi lanjutan..
                  .. sip deh Pak Prie d^_^b
                  makasih..

                  Regards, Happy Investing!

                  From: priambudi <prietea@...>
                  Sender: SSR-Klub@yahoogroups.com
                  Date: Mon, 20 Feb 2012 18:16:44 +0800 (SGT)
                  To: SSR-Klub@yahoogroups.com<SSR-Klub@yahoogroups.com>
                  ReplyTo: SSR-Klub@yahoogroups.com
                  Subject: Bls: [SSR-Klub] Re: Tanya Cash flow

                  ^_^

                  From: "anita" <anitayuniar.in@...>
                  Sender: SSR-Klub@yahoogroups.com
                  Date: Thu, 16 Feb 2012 13:58:32 -0000
                  To: <SSR-Klub@yahoogroups.com>
> [...]

                  > â"† D 18 KB
                  > â"† 04.15
                  > â""â"ˆâ"ˆâ"ˆâ"ˆâ"ˆâ"ˆâ"ˆâ"ˆâ"ˆâ"ˆâ"ˆ â"ˆâŒ£ÌŠâ"ˆÌ¥-̶̯͡♈̷̴✽̶

                • rizka ye
                  Message 8 of 30 , Feb 20, 2012
                    Pak Misbah, saya merupakan salah satu nasabah dana***** online (DONE). Pada Oktober 2010, saya tertarik pada salah satu produknya dan kemudian menulis e-mail meminta info tentang reksadana. Dalam hari yang sama saya ditelepon oleh CS DONE. Setelah itu saya diberi tahu langkah-langkah untuk membuka akun, yaitu transfer sejumlah dana dan mengirim fax/e-mail KTP, struk transfer, dan formulir pembukaan rekening yang sudah diisi. Langkah-langkah itu hanya untuk pertama kali saja, untuk pembelian unit berikutnya, saya tinggal membuka akun online saya, memesan unit via online, transfer ke rekening maya saya, dan otomatis sudah terbeli. Mudah sekali. Beberapa hari yang lalu, saya membutuhkan uang dan menjual unit saya. Saya tinggal membuka akun, klik pilihan jual. besoknya saya ditelepon CS-nya untuk mengkonfirmasi penjualan saya. Setelah itu beberapa hari kemudian uang sudah masuk ke rekening. semoga bisa membantu.

                    NB: Saya bukan karyawan dan ini bukan promosi, sekadar berbagi pengalaman :)

                    Rizka

                    Feb 20, 2012 05:56:47 PM, SSR-Klub@yahoogroups.com wrote:

                    ada yang tau cara nya beli reksadana secara online?? thanks, misbah
                  • Muhamad Nugraha Adi Mulia
                    Message 9 of 30 , Feb 20, 2012
                      Dear Pak misbah

                      silakan bapak kunjungi Sentra Investasi Danareksa terdekat, di sana bapak akan mendapat penjelasan lebiih detil untuk reksadana online..atau dapat melihat website di www.danareksaonline.com...atau bapak bisa menjadi nasabah commonwealth..

                      sekian dan terima kasih

                      2012/2/20 misbach effendi <misbach_ghazi@...>

                      ada yang tau cara nya beli reksadana secara online??

                      thanks,

                      misbah

                    • Arie K
                      Message 10 of 30 , Feb 20, 2012
                        Pak Misbach, saat ini baru ada 3 pilihan yang available untuk
                        reksadana secara online:

                        * MI Danareksa melalui fasilitas DONE. Hanya menjual produk reksadana
                        dari MI tersebut.
                        * Bank Commonwealth, tetapi hanya bisa beli. Untuk jual harus ke cabang.
                        * Bank HSBC. bisa beli & jual reksadana online. Cuma mungkin minimal
                        pembeliannya relatif lebih besar (start from 2,5 juta - 5 juta).

                        --
                        Arie Karhendana

                      • Enos Tampang
                        Message 11 of 30 , Feb 21, 2012
                          Kalau online sejauh ini menurut saya yang bagus:

                          danareksaonline.com/reksadana

> [...]

                          Arie Karhendana

                          2012/2/20 misbach effendi <misbach_ghazi@...>
                          > ada yang tau cara nya beli reksadana secara online??

                        • Rianti
                          Message 12 of 30 , Feb 21, 2012
                            Sedikit menambahkan yg saya tahu.

                            Menurut agen commbank, penjualannya mmg tdk bs online seperti hsbc tp melalui agen yg urus pembukaan, kita tdk hrs dtg ke cbg, ckp dg fax. Penjualan diproses setelah fax diterima.

                            Yg harus ke cabang untuk penjualan adalah mandiri.

                            Menurut rekan di forum ssr ini jg,hsbc lebih dr 10jt pembelian awal,bahkan mencapai 20jt.

                            Thx

                            From: Arie K <arie.karhendana@...>
                            Sender: SSR-Klub@yahoogroups.com
                            Date: Tue, 21 Feb 2012 09:04:17 +0700
                            To: <SSR-Klub@yahoogroups.com>
> [...]

                            Arie Karhendana

                            2012/2/20 misbach effendi <misbach_ghazi@...>

                            > ada yang tau cara nya beli reksadana secara online??

                          • nickson suryono
                            Message 13 of 30 , Feb 21, 2012
                              Ada yang bisa clarified untuk penjualan di commbank?
                              apakah kl saya buka rekening reksadana di cabang A commbank mesti jual di cabang A juga? atau bisa di cabang B?

                              Regards,

                              Nickson

                              From: Arie K <arie.karhendana@...>
                              Sender: SSR-Klub@yahoogroups.com
                              Date: Tue, 21 Feb 2012 09:04:17 +0700
                              To: <SSR-Klub@yahoogroups.com>
> [...]

                              Arie Karhendana

                              2012/2/20 misbach effendi <misbach_ghazi@...>
                              > ada yang tau cara nya beli reksadana secara online??

                            • Arie K
                              Message 14 of 30 , Feb 21, 2012

                                Bisa di cabang mana saja Pak.

                                Apalagi kalo bukan rekening jenis TBH yang tanpa buku, ga perlu bawa berkas apa-apa ketika penjualan reksadana.

                                Sebab sample tanda tangan sudah tersimpan di sistem online.

                                --
                                Arie Karhendana

                              • Arie K
                                Message 15 of 30 , Feb 21, 2012

                                  Konfirm benar Bu.
                                  Untuk mengaktifkan securities account di HSBC memang harus pembelian perdana 20 juta reksadana apa saja.

                                  Tapi setelah itu, pembelian bisa dari 2,5 juta.

                                  Sehingga triknya adalah, masukan dulu ke reksadana Pasar Uang untuk sekedar mengaktifkan securities account.
                                  Lalu beberapa hari kemudian dicairkan lagi. Praktis ini tanpa biaya maupun kerugian NAB turun, karena masuknya ke Pasar Uang dulu.

                                  Selanjutnya bisa masuk ke reksadana dengan minimal 2,5 juta.

                                  --
                                  Arie Karhendana

                                  On Feb 22, 2012 10:26 AM, "Rianti" <ind_rianti@...> wrote:

                                  > Menurut rekan di forum ssr ini jg,hsbc lebih dr 10jt pembelian awal,bahkan mencapai 20jt.
                                  >
                                  > Thx

                                • Anita Yuniar
                                  Message 16 of 30 , Feb 21, 2012
                                    Terima kasih atas saran2nya,yg ga bisa disebutin satu2.. Pak Budi Rahmat, pak Prie, bu Ana, pak Devin, dll...

                                    Pak Hendra, Memang,saya setuju bgt, kalo  inflasi ga bisa dihindari...jadinya satu juta ga akan cukup di tahun2 mendatang....

                                    hmmm... baca saran pak Wishnu...dari pada dikunci di ORI selama 4 thn, alternatif lain, mau di belikan reksadana pasar uang atau pend.tetap, atau beli emas ( tp kalo digadai...ga yakin bisa nebusnya..hehe)....

                                    pak Budi,kalo apt.kalibata, walaupun belum punya SHM, bisa tetap disekolahkan ya pak? karna saya punya di Green palace, dan katanya kalau SHMnya itu, belum bisa dapat, ga tau kapan dapatnya, sementara cuma pegang PPJB, apa bisa disekolahin juga pak?
                                    Niatnya sih pingin bikin kontrakan uang yg disekolahinnya itu, tp teknisnya gimana ya pak?

                                    Thank you sebelumnya,

                                    ****Anita Yuniar******
                                  • Budi Rachmat
                                    Message 17 of 30 , Feb 22, 2012

                                      Anita..,

                                      harus menunggu dulu sampai surat2nya beres semua (sertifikat strata-title nya keluar)....
                                      ... baru bisa digadaikan sebagai kolateral (di leverage)...

                                      tapi...
                                      ... selama menunggu surat2 lengkat...
                                      ... selama itu menerima uang sewa... cash flowing in...

                                      saya sendiri harus "menunggu" sampai tahun ke-4 baru bisa menggadaikan 2 unit apartemen taman rasuna.
                                      ... yaitu menunggu track-record PT (perlu waktu untuk membangun track record PT, untuk menunjukan ke bank bahwa saya memiliki kemampuan melunasi/mencicil)...
                                      ... klo karyawan, track-record-nya adalah slip gaji... mudah khan..

                                      tapi setelah terbentuk track-record-nya... maka terasa sekali manfaatnya ( leverage-nya )...
                                      ... apartement, menghasilkan uang-sewa... cash flowing in...
                                      ... digadaikan, menghasilkan hasil-usaha (minimarket)... cash flowing in...

                                      1 modal menghasilkan lebih dari 1 hasil usaha/investasi...
                                      ... = ini lho caranya "mencetak" duit sendiri...

                                      semoga bermanfaat.

                                      salam,
                                      BUDI Rachmat .

                                      Twitter @ http://twitter.com/budi_rachmat .