Re: [SSR-Klub] Nanya timing to invest reksa dana

  • bambangz@ymail.com
    Message 1 of 22 , Feb 2, 2012
      Bu ana

      Sudah kayak pengajar training ... Mantap bu
      Thanks bu sekaligus sbg "brain storming" lagi nih

      Rgds
      Bambang Z
      Powered by BZ BlackBerry®

      From: "Ana.Osa" <ana054@...>
      Sender: SSR-Klub@yahoogroups.com
      Date: Thu, 2 Feb 2012 10:01:52 +0000
      To: <SSR-Klub@yahoogroups.com>
      ReplyTo: SSR-Klub@yahoogroups.com
      Subject: Re: [SSR-Klub] Nanya timing to invest reksa dana

      Saya jawab yg gampang saja dulu yaa.. Untuk Jeng Hapsari, silahkan:

      Sekilas ttg ReksaDana
      » Reksadana adalah : kolektivitas kelompok dlm pendanaan utk pembelian produk investasi (mis : saham, obligasi, surat utang negara, sukuk) secara ritel kecil-kecilan

      Reksadana terbagi dlm bbrp jenis
      1. Reksadana Pasar Uang (RDPU), returnnya lbh tinggi dr bunga deposito. Jika deposito kena pajak, maka reksadana tdk kena pajak (pasar uang) » return ± 3% - 5% | jangka waktu 1 - 3 tahun

      2. Reksadana Pendapatan Tetap (RDPT). Instrumen dlm reksadana jenis ini biasanya : obligasi, sukuk, surat utang negara » return ± 5% - 10% | jangka waktu 1 - 3 tahun

      3. Reksadana Campuran (RDC), bisa terdiri dr saham dicampur pasar uang » return ± 10% - 15% | jangka waktu 3 - 5 tahun

      4. Reksadana Saham (RDS). Yg diperdagangkan saham » return ±10% - 20% | jangka waktu > 5 tahun

      Memilih Reksadana hrs memperhatikan data "Propektus dan Fund Fact Sheet".

      Bbrp pernyataan yg penting
      1. Kinerja
      Kinerja reksadana digambarkan dlm bentuk diagram atau grafik yg dibuat dlm kurun waktu (30 hari, 1 bln, dst) yg dibandingkan thd IHSG (Indeks Harga Saham Gabungan) dlm kurun waktu yg sama

      2. Efek dlm fortofolio
      Menyebutkan saham atau bentuk lain yg menjadi komponen dlm fortofolio (nah disebutkan kalo RD Saham biasanya 80% saham dan 20% pasar uang)

      3. Alokasi dana investasi
      Menyebutkan persentase dana yg disetor dlm fortofolio yg dimaksud (nah ini biasanya ada tertera beberapa persen utk 5 sampai 10 perusahaan saham yang baik)

      4. Standar deviasi dan beta, menyatakan fleksibilitas komponen dalam fortofolio. Atau persentase komponen utk naik dan turun (teknis banget, utk org yg lagi belajar ga usah pusing deh).

      Dalam memilih reksadana, bbrp poin2 PROPEKTUS yg bs diperhatikan :
      1. Standar deviasi dan beta (mestinya lebih tinggi dari IHSG)

      2. Harga NAB

      3. Performance
      Performance tdk dpt menentukan kinerja masa dpn, hny dpt membantu memberi gambaran mengenai hasil dimasa lalu.

      4. Biaya, tnykan kpd MI atau Bank2 Kustodian yang ditunjuk utk menanyakan biaya yg dikenakan utk subscription, switch atau redeem.

      5. Kemudahan, apakah disediakan fasilitas autodebet atau transfer antar rekening

      Reksadana merupakan instrumen investasi yg tdk dilindungi oleh Pemerintah (tdk spt deposito yg masuk sistem penjaminan), maka resiko ditanggung investor, namun RESMI diatur oleh Bapepam - LK (pemerintah).

      Nasabah hrs yakin sepenuhnya dan dpt mengenali resiko diri sehingga dpt menghindarkan kesalahan dlm investasi (mangkanya harus ada test questionnare Manajemen Profil Resiko)

      Reksadana merupakan instrumen investasi yg tepat utk jangka panjang

      Strategi sederhana membeli RD bisa dilakukan 2 cara :
      1) DCA
      -bisa dicicil dgn nominal min. 100rb
      -autodebet rekening tabungan (membuka rek tabungan di bank yg menjual RD)
      -melatih kedisplinan "menabung" utk jgk panjang di atas 10thn
      -membeli diharga berbeda, sesuai nilai NAB saat beli (subscription)

      2) Lumpsum
      -ada nilai tertentu utk membelinya
      -membuka rekening RD di prsh sekuritas
      -membeli bila saat pasar sdg koreksi.

      Belajar ReksaDana:
      1. Dasar ReksaDana - Wisata ReksaDana http://www.bapepam.go.id/reksadana/files/edukasi/BerwisataReksaDana.pdf

      2. Belajar Teknis ReksaDana http://www.infovesta.com/roller/vesta/entry/apa_itu_reksa_dana

      3. Forum Reksadana sederhana http://portalreksadana.com

      Semoga berkenan..

      Have Fun Do Good! Happy Investing!
      Regards,
      SeptriANA NOSArianti B.Arts QWP™
      Personal Financial Advisor
      twit: @ana054 | by ISAT

      From: hapsari_onepiece@...
      Sender: SSR-Klub@yahoogroups.com
      Date: Thu, 2 Feb 2012 09:02:16 +0000
      To: <SSR-Klub@yahoogroups.com>
      ReplyTo: SSR-Klub@yahoogroups.com

      Dear all,

      Saya juga nih, pengen memulai melakukan investasi, tpi masih bingung.kl denger2 invest di reksa dana/saham bagus.bisa tolong dishare ga yah.jujur saya masih blank nih.

      Many •̸Ϟ•̸Thank You•̸Ϟ•̸-̶̶•-̶ ™

      From: master_solusi_prima@...
      Sender: SSR-Klub@yahoogroups.com
      Date: Wed, 1 Feb 2012 14:22:08
      To: <SSR-Klub@yahoogroups.com>
      Subject: [SSR-Klub] Nanya timing to invest reksa dana

      Dear all,

      Perkenalkan saya newbie nih..., mau investasi buat masa depan anak...., kemaren uda invest emas tanpa ragu...., mau diversifikasi ke reksa dana... Timing nya tepat ato gak yah ????

      Need pencerahan

      SAFIR SENDUK & REKAN
      Wisma GKBI, Lt. 39, Rg. 3901
      Jl. Jenderal Sudirman No. 28
      Jakarta 10210, Indonesia
      Telepon +62 21 5799 8024
      HP: Dala Rizfie +62 818-0815-2003

      Perwakilan Hong Kong: Lucia +852 69904868
      Perwakilan Singapura & Batam: Widyawati +62 81990903735
      Perwakilan Australia: Puspita +61 458 238455

      Kunjungi perencanakeuangan.com

      Video Tips & Seminar, kunjungi youtube.com/user/SafirSenduk

    • Stephen Budiono
      Message 2 of 22 , Feb 2, 2012
        Betul pak, autoinvest memang berguna mengurangi godaan kita untuk 'timing the market'..memang banyak orang bilang 'kan tinggal beli banyak pas market turun'..tp dalam kenyataanya, kita lebih suka takut kalo market turun, dan jadi ragu2 untuk membeli..

        Mungkin para traders profesional bisa melakukan timing the market, tp untuk orang awam yg tdk terus menerus memantau market, dan invest untk long term, autoinvest jauh lebih sederhana dan lebih tdk membebani pikiran..anggap saja autoinvest itu seperti membayar KPR, tp yg dibayar bukan kredit rumah, tp kredit masa depan kita/anak kita :)

        CMIIW,

        Stephen

        Message 3 of 22 , Feb 2, 2012
          Dear All

          Ikut nimbrung neh....
          Sekedar sharing

          Klo menurut saya invest terbaik adalah saat indeks turun...dan saat menjual terbaik adalah saat indeks naik banyak...
          Memang puncak tertinggi ataupun dasar terendah tidak bisa kita prediksi kapannya, tapi minimal kita masih mengambil bs untung bila naik ataupun ga akan rugi banyak pada saat jatuh terlalu parah...
          Tapi saya jg tidak menyarankan u maen short term...

          Klo investas se simple itu...invest jk panjang dengan 1jt per bulan tentunya para analyst saham tidak akan ada gunanya

          Salam

          Ronny Tanoko, SE, CFP

          Message 4 of 22 , Feb 2, 2012
            Dear Mba Septriana,

            Belakangan melihat dikoran ada himbauan membuka rekening investor agar bisa
            transaksi di BEJ, apakah ini berlaku utk kita yang invest di reksadana?

            thanks
            effendy

            Message 5 of 22 , Feb 2, 2012
              kalau ditanya kapan memang kita tidak tau, tapi kalau ditanya MOMENT -nya...yang benar pas koreksi besar :)

              Regards,

              Tigor

              KIWOOM SECURITIES
              JL HR Rasuna Said Kav 1,2
              Gedung Graha Irama Unit 6-D
              Jakarta 12950
              021-520-1326/520-1318

              www.kiwoom.co.id

              Safe Trade & Investment

              From: master_solusi_prima@...
              Sender: SSR-Klub@yahoogroups.com
              Date: Wed, 1 Feb 2012 14:22:08
              To: <SSR-Klub@yahoogroups.com>

            • kartini.manik@yahoo.com
              Message 6 of 22 , Feb 3, 2012
                Saya setuju dgn Anda..wkt yg plng baik berinvestasi adalah kemarin dulu, tp yg paling tepat adalah sekarang, saat ini juga...

                Message 7 of 22 , Feb 3, 2012
                  Mantabs penjelasan Pak Prie :)

                  From: priambudi <prietea@...>
                  Sender: SSR-Klub@yahoogroups.com
                  Date: Fri, 3 Feb 2012 04:59:19 +0800 (SGT)
                  To: SSR-Klub@yahoogroups.com<SSR-Klub@yahoogroups.com>
                  ReplyTo: SSR-Klub@yahoogroups.com
                  Subject: Bls: [SSR-Klub] Nanya timing to invest reksa dana

                  Bu hapsari, alamat emailnya menarik... ^_^

                  investasi di reksadana (RD) dan saham itu memang menarik bu,
                  untuk memulainya mudah, tempatnya sudah tersedia, hasilnya memuaskan
                  sifatnya pun nasional, artinya di semua tempat di Indonesia harganya pasti sama

                  kalo dibandingkan dengan properti,
                  kita harus mencari sendiri barangnya, mblusuk2 ke daerah2
                  mo beli juga jalurnya agak panjang sampe terjadi deal dan balik nama
                  sifatnya lokal, unit yg sama bisa berbeda harga di tempat lain

                  itu mungkin yg membuat investasi di RD dan saham diberitakan bagus,
                  tentu saja semua investasi pasti ada kelebihan dan kekurangannya.
                  properti pun ada kelebihannya dengan keribetannya tersebut

                  saham itu secara gampangnya adalah bukti kepemilikan suatu perusahaan,
                  jadi ibu beli saham sama dengan membeli sebagian kepemilikan perusahaan,
                  belinya di bursa saham tempat penjual dan pembeli saham bertemu,
                  namanya BEI, Bursa Efek Indonesia
                  belinya lewat perusahaan efek yg terdaftar di BEI, biasa disebut sekuritas
                  untuk memulainya ibu harus jadi nasabah di sekuritas tersebut
                  dan nanti kalo mau beli atau jual tinggal menggunakan fasilitas sekuritas tersebut
                  apakah via telpon, email, fax, sms, ataupun langsung secara online

                  bisa untungnya dari mana?
                  yg namanya orang buka usaha ya bu, pasti pengen usahanya berkembang ya
                  dari yg asetnya cuma 1-2, kalo dikelola dengan baik bisa makin banyak asetnya,
                  seiring dengan perkembangannya, maka nilai ekonomi perusahaan tersebut juga meningkat.
                  kalo dibagi dengan jumlah saham yg sama, brarti dari awal pendirian sampe saat ini
                  ada nilai ekonomi yg meningkat dalam setiap lembar sahamnya.
                  peningkatan nilai saham itu yg dikejar oleh pembeli saham,
                  selain itu juga dari keuntungan perusahaan yg dibagikan pd pemegang saham berupa dividen

                  asyik kan, kita tinggal beli saham dan dibiarin pun nilainya meningkat
                  karena perusahaannya membesar akibat dikelola oleh manajemen yg baik
                  Ga perlu repot2 'memupuk, menyirami dan menyiangi'

                  Tapi masalahnya, beli saham ga bisa satu lembar, harus 1 lot = 500 lembar saham
                  kalo harga sahamnya 1000 brarti harus keluar uang 500rebu baru dilayani
                  ya kalo harganya 1000, kalo harganya 10ribu? Brarti 1 lotnya 5 jt ya

                  disamping itu, kalo mo jadi nasabah sekuritas juga ada syarat dana minimal,
                  tergantung kebijakan sekuritasnya ya, tapi yg paling 'murah' tu 5jt
                  tentu saja ini jadi kendala tersendiri u yg modalnya ga banyak

                  nah u yg mau menikmati keuntungan saham tapi ga banyak modal,
                  bisa lewat RD saham yang diterbitkan oleh manajer investasi

                  Manajer investasi (MI) ini anggaplah sperti nasabah sekuritas yg membeli saham2 yg bagus
                  dan mengemasnya dalam 1 rekening dan menjual kepemilikan rekening tsb
                  dalam bentuk unit penyertaan yg harganya terjangkau.
                  unit penyertaan ini yg diperjualbelikan

                  kenaikan harga saham dalam rekening tersebut membuat harga unit penyertaan naik,
                  kenaikan harga unitnya seberapa, tergantung persentase saham tersebut dalam rekening

                  yaa sperti mahasiswa mo ngulang mata kuliah u memperbaiki nilai,
                  brapa pengaruhnya terhadap IPK? ya tergantung berapa SKSnya,
                  kalo SKSnya gede ya pengaruh ke IPKnya juga besar, bgitu?

                  kalo mo beli RD bisa langsung ke MInya,
                  atau ke agen penjual, contohnya bank yg bekerja sama dengan MI

                  tentu saja setiap investasi pasti ada resikonya,
                  salah satunya resiko yg harusnya naik kok malah turun
                  nah resiko2 apa saja yg bisa terjadi, dan gimana mengantisipasinya,
                  lebih baik dikenali dulu sebelum memulai

                  Ada banyak yg membahas ttg ini,
                  bisa lewat internet, media cetak, buku atau seminar
                  u nubie sy rekomen buku the secret of wealth management,
                  membahas beberapa investasi termasuk RD dan saham secara sederhana,
                  di gramedia tersendia

                  sperti kata temen sy orang thailand,
                  tak kenal maka tata young
                  ^_^

                  Sy kaya bukan karena memiliki segalanya,
                  sy kaya karena tidak memerlukan apa-apa lagi" - quote by Someone

                  -prie-

                  Dari: "hapsari_onepiece@..." <hapsari_onepiece@...>
                  Kepada: SSR-Klub@yahoogroups.com
                  Dikirim: Kamis, 2 Februari 2012 16:02
                  Judul: Re: [SSR-Klub] Nanya timing to invest reksa dana

                  Message 8 of 22 , Feb 3, 2012
                    Sama2 Pak Bambangz.. Seni nya belajar ReksaDana mesti sering2 baca entah dari infovesta / portalreksadana / rudiyanto.kontan.co.id / infovesta

                    Sama spt Pak Prie, kalo Ibu2 ingin invest Reksadana ya sama spt ketika pergi ke pasar kan mesti tanya ke Ibu2 tujuan ke pasar mau apa, kemudian tentunya sebelum beli tanya ke orang2 di pasar harga sayur berapa, cari kualitas sayur terbaik (membaca propetus/fund fact sheet Reksadana), membandingkan harga sayur, tawar menawar harga sayur (sayang kalo RD tidak bisa di nego harga NAB nya hϱˆ⌣ˆhϱˆ⌣ˆhϱ"̮ ), beli sayur yang sesuai budget dan kualitas utk sendiri (apa & kapan tujuan Anda beli Reksadana)

                    Masalahnya simulasi Reksadana tidak segampang invest emas ˆ⌣ˆ✗¡✗¡✗¡ ˆ⌣ˆ

                    Ada artikel menarik..
                    Persiapan Menjadi Investor Reksa Dana 2012
                    http://rudiyanto.blog.kontan.co.id/2012/01/25/persiapan-menjadi-investor-reksa-dana-2012/

                    Message 9 of 22 , Feb 4, 2012
                      Maaf ikut nimbrung, berdasarkan pengalaman pribadi, kalau untuk reksadana cukup dengan mengisi form pengkinian data dan NPWP, dan sudah berlaku mulai 1 Januari 2012.

                      'Ndang.

                      Message 10 of 22 , Feb 6, 2012
                        ada dua cara invesatsi di reksadana saham.
                        1. cost averaging, untuk reksadana saham saya sarankan jangka waktu investasi 7 tahun atau lebih. bagilah uang anda menjadi 7 tahun kali 12 bulan atau 84. maka investasikanlah secara rutin per bulan di reksadana saham sejumlah uang dibagi 84.
                        2. cara berikutnya masukan uang anda ke reksadana pasar uang. imbal hasil 7 persen setahun. pokok tidak berkurang. bila bursa hancur. biasanya ditunjukan dengan IHSG 50 persen dari IHSG tertinggi maka cairkan semua reksadana pasar uang anda dan belilah reksadana pasar uang. atau sekalipun beli saham blue chips.

                        salam,
                        wishnu

                        From: master_solusi_prima@...
                        Sender: SSR-Klub@yahoogroups.com