Bls: [SSR-Klub] Kpr bank syariah

  • Karina Rindang Trapsilasiwi
    Message 1 of 22 , Feb 1, 2012
      kalo boleh tau contoh pinalty yg dikenakan oleh bank jika sewaktu2 kita dpt membayar lunas kredit itu seperti apa? terim kasih...

      Best Regards,
      Karina Rindang Trapsilasiwi

      Dari: Agus Suryo <coklat79@...>
      Kepada: SSR-Klub@yahoogroups.com
      Dikirim: Jumat, 27 Januari 2012 10:45
      Judul: Re: [SSR-Klub] Kpr bank syariah

      Klo menurut saya sih anggapan klo flat atau fix itu lebih kecil atau ringan itu salah. karena cicilan flat ada juga yang tinggi ada juga yang rendah. dan satu lagi kerugian klo kita memilih cicilan flat/fix misalnya 1-2 tahun setelah pengambilan kredit, ternyata bunganya turun dan lebih kecil dari bunga kredit pada waktu mengambil kredit.
      Bunga fix atau flat memberikan gambaran lebih jelas kepada kita, sehingga kita bisa memperkirakan keuangan kita sampai akhir kredit (lunas)
      Setahu saya untuk pelunasan sebelum masa kredit habis di kpr syariah tidak mengenal istilah Pinalty spt d KPR konvensional

      2012/1/25 David Silalahi <davidfr766hi@...>

      iya pak.

      sekarang ini masih banyak yang beranggapan: flat lebih kecil atau fix lebih kecil.
      itu sebabnya saya mengajukan pertanyaan kepada pak pri: apa yang maksud selalu lebih kecil dalam pertanyaan pak pri.
      jauh lebih baik kita tidak bersandar pada bunga atau cicilan, tapi lebih kepada hasil total akhir atau juga berpedoman kepada perencanaan kita sendiri. karena terkadang diantara kita ada yang merencanakan untuk mengambil cicilan 15 th dan pelunasan habis di tahun ke 3. perencanaan seperti ini kurang cocok dengan pengambilan flat yang dianggap kecil karena akan jauh lebih merugikan, tapi akan lebih menguntungkan kalau mengambil floating.

      2012/1/25 priambudi <prietea@...>

      oooh hohohoo....

      daripada kalimat "kalau flat tapi jauh lebih kecil dari yang floating, baru deh ramai2 ambil... hehehehe.."
      bole sy usulkan kalimat lain?
      "ga peduli flat atau floating, mana yg paling ekonomis baru deh ramai2 ambil... hehehehe.."

      Sy kaya bukan karena memiliki segalanya,
      sy kaya karena tidak memerlukan apa-apa lagi - quote by Someone

      -prie-

      Dari: David Silalahi <davidfr766hi@...>
      Kepada: SSR-Klub@yahoogroups.com
      Dikirim: Rabu, 25 Januari 2012 10:34

      Judul: Re: [SSR-Klub] Kpr bank syariah

      halo pak pri,

      yang saya maksud dalam tulisan saya adalah hasil akhir (total rupiah di akhir periode).
      yang saya tanyakan ke pak pri adalah angka yang pak pri maksud dalam pertanyaan apakah sama dengan maksud saya atau:
      - bunganya selalu lebih kecil?
      - cicilannya selalu lebih kecil?

      istilah bank sekarang ini ada istilah flat, fixed dan float dari jenis bank konvensional maupun syariah.
      saya enggak pusing soal istilah, kalau saya datang ke bank maka saya minta perhitungannya dan saya menghitung total rupiahnya secara keseluruhan untuk dibandingkan.

      total rupiah ini yang akan berbeda-beda antar bank, pasti. nah, kalau ada yang terbiasa menganggap fixed atau flat atau floating lebih murah, coba deh dihitung sendiri agar bisa lebih yakin mana yang ter"murah".

      nah, saya sendiri menyatakan tulisan saya di komentar sebelumnya itu ya hanya mengikuti apa yang dituliskan oleh pak ronny yaitu 11-13%. pak ronny menyatakan flat hanya 11% dan yang floating bisa 13%, maka saya sampaikan "kalau flat tapi jauh lebih kecil dari yang floating, baru deh ramai2 ambil" itu maksudnya untuk melihat hasil totalnya, bukan besar-kecil bunganya. karena bunga yang flat ataupun fixed, bisa saja hasil totalnya malah lebih besar dari yang floating.

      demikian pak.

      2012/1/23 priambudi <prietea@...>

      ini lho pa
      "kalau flat tapi jauh lebih kecil dari yang floating, baru deh ramai2 ambil... hehehehe.."

      selama ini yg flat itu kan angkanya selalu lebih kecil daripada floating ya

      -prie-

      Dari: David Silalahi <davidfr766hi@...>
      Kepada: SSR-Klub@yahoogroups.com
      Dikirim: Senin, 23 Januari 2012 2:17

      Judul: Re: [SSR-Klub] Kpr bank syariah

      pak pri, mohon pertanyaannya diperjelas pak. angka apa yang pak pri maksud lebih kecil?
      saya hanya mengikuti angka yang dituliskan di email sebelumnya yaitu kisaran 11-13%.

      ke depannya, pemerintah berencana menurunkan bunga kpr (kalo gk salah rencananya) 5%, nah bagaimana kalau yag sudah berjalan dgn sistem flat sebelumnya? apakah tetap dianggap kecil atau yang floating menjadi dianggap kecil?

      2012/1/22 priambudi <prietea@...>

      pa david,
      bukannya flat angkanya selalu lebih kecil daripada floating?

      -prie-

      Dari: David Silalahi <davidfr766hi@...>
      Kepada: SSR-Klub@yahoogroups.com
      Dikirim: Kamis, 19 Januari 2012 13:23
      Judul: Re: [SSR-Klub] Kpr bank syariah

      kalau menurut perkembangan dan siklus ekonomi, ke depannya ekonomi indonesia bakalan semakin bagus dalam sekitar 2 dekade ke depan. jadi rasanya tidak perlu dikhawatirkan omongan orang marketing yang menakut2i.

      apalagi kalau floating dan sekarang dapetnya 11% kemudian 5 tahun lagi 13%, ya itu termasuk "untung". pikirkan saja setelah 5 tahun ke depan 13% itu menjadi terasa lebih kecil dibanding 11% yang sekarang.

      kalau flat tapi jauh lebih kecil dari yang floating, baru deh ramai2 ambil... hehehehe...

      2012/1/17 <ronny_cfp@...>
      Secara skema sama dengan Bank konvensional, tapi u syariah bunganya cenderung flat mis 13% per th sampai kita selesai.

      Saya sendiri saat ini adalah salah satu nasabah Bank Syariah, dan u 15 th pinjaman 150jt cicilannya kurang lebih 1,9jt per bulan.

      Memang u bank konvensional bunga tahun pertamanya murah tetapi setelah itu floating...
      Dan setelah saya cek floatingnya sekitar angka 11-13%.
      Saya cm berpikir sederhana aja, bila dalam kondisi ekonomi bagus aja bunga floating KPR ud 11-13%, bagaimana bila ekonomi tidak bagus? Tidak tertutup kemungkinan Bank akan memberi kita bunga yg mencekik leher.
      Ini sharing singkat dari saya
      Thx

      Salam
      Ronny, Tanoko, SE, CFP

      From: ardika.percha@...
      Sender: SSR-Klub@yahoogroups.com
      Date: Sun, 15 Jan 2012 09:34:11
      To: <SSR-Klub@yahoogroups.com>
      Subject: [SSR-Klub] Kpr bank syariah

      Salam,

      Saya tertarik dengan topik diskusi berjudul "Re: Takeover Re: [SSR-Klub] KPR 20 tahun" karena email saya ini berbeda topik diskusinya krn dari sisi skema kpr bank syariah, maka saya pisahkan pembahasanya agar memudahkan.

      Pada diskusi tsb disinggung mengenai program kpr yg ditawarkan oleh bank syariah namun belum secara detail dijelaskan, apa dr teman2 milis bisa sharing mengenai skema dr kpr syariah tsb? Jika ada bisa diberikan simulasi sederhana sajakah?

      Terimakasih,

      Percha

      SAFIR SENDUK & REKAN
      Wisma GKBI, Lt. 39, Rg. 3901
      Jl. Jenderal Sudirman No. 28
      Jakarta 10210, Indonesia
      Telepon +62 21 5799 8024

      Perwakilan Hong Kong: +852 2251 8278
      Perwakilan Singapura: +65 6322 1476

      Kunjungi perencanakeuangan.com

      Video Tips & Seminar, kunjungi youtube.com/user/SafirSenduk

      <*> Your email settings:
         Individual Email | Traditional

      <*> To change settings online go to:
         (Yahoo! ID required)

      <*> To change settings via email:
         SSR-Klub-digest@yahoogroups.com
         SSR-Klub-fullfeatured@yahoogroups.com

         http://docs.yahoo.com/info/terms/

      --
      Terima kasih kepada anggota milis yang telah MEMBELI asuransi ALLIANZ dari saya

      http://enjoy-hidup.blogspot.com/

      Asuransi Allianz terbaik 2010 di Indonesia,  INFOBANK:
      http://www.antaranews.com/berita/1277927039/infobank-umumkan-peringkat-perusahaan-asuransi

      Asuransi Allianz terbaik 2011 di Indonesia, Media Asuransi:
      http://bataviase.co.id/node/722170

      Allianz, Top 20 The Biggest Company in the world:
      http://money.cnn.com/magazines/fortune/global500/2010/snapshots/7674.html

      Allianz, The most Admired Company in the World:
      http://money.cnn.com/magazines/fortune/mostadmired/2010/snapshots/7674.html
      <http://www.antaranews.com/berita/1277927039/infobank-umumkan-peringkat-perusahaan-asuransi>
      Contact me for your A to Z insurance needs.

      --

    • Chandra
      Message 2 of 22 , Feb 2, 2012
        Rekan rekan, selamat petang.
        Saya bermaksud membeli lahan, maksud saya pengen kredit. Apakah rekan rekan tahu bank apa yang memberi kredit untuk kepemilikan lahan.
        Terima kasih.

        ________________________________
        Dari: Agus Suryo <coklat79@...>
> [...]

        >jauh lebih baik kita tidak bersandar pada bunga atau cicilan, tapi lebih kepada hasil total akhir atau juga berpedoman kepada perencanaan kita sendiri. karena terkadang diantara kita ada yang merencanakan untuk mengambil cicilan 15 th dan pelunasan habis di tahun ke 3. perencanaan seperti ini kurang cocok dengan pengambilan flat yang dianggap kecil karena akan jauh lebih merugikan, tapi akan lebih menguntungkan kalau mengambil floating.

      • Pecinta Kehidupan
        Message 3 of 22 , Feb 2, 2012
          Dear Bu Karina,
          Pinalti bank untuk pelunasan dipercepat adalah denda sekian persen (umumnya 1-3%) dari POKOK PINJAMAN. Umumnya setelah 2 atau 3 tahun masa kredit, tidak ada lagi penalti. Persisnya silahkan baca perjanjian kreditnya.

          Denda dari pokok pinjaman loh ya, dan perlu diketahui misalnya plafon kredit kita adalah 1M, sebulan bayar 10jt, sudah bayar selama 12 bulan (total 120jt),
          tidak berarti pokok pinjaman sisa 1M - 120jt = 880jt, bisa jadi masih sisa 950jt. Kok bisa beda? karena skema perhitungan bunga efektif.

          PK (BUKAN penjahat kelamin)

          Message 4 of 22 , Feb 2, 2012
            Di Ni*ga ada pak untuk KPT (kredit kepemilikan lahan). Klo gak salah NI*P juga ada.
            Umumnya kpt waktunya relatif pendek, hanya sekitar max 7 tahun (tergantung kebijaksanaan masing-masing bank)

            Dari: Agus Suryo <coklat79@...>