Fwd: Minta advise

  • doni sanjaya
    Message 1 of 1 , Feb 27, 2005
      pertama2 saya ingin mengucapkan selamat kpd bu Lydia, karena telah berani memulai bisnis sendiri dan telah bertahan selama kurang lebih 4 tahun, walaupun selama ini bisnis tersebut (ini yang sy tangkap dari penjelasan di bawah) dijalankan dengan cara "gerilya"/bawah tanah.

      ini strategi yang sangat cerdas

      dalam dunia bisnis, terutama entrepreneur pemula, untuk membesarkan sebuah usaha spy dapat bertahan lama sering mengikuti pola pertumbuhan tanaman bambu.
      Dalam tahun2 pertama, bambu hanya tumbuh ke atas bbrp cm saja, bahkan bila dilihat dari luar rimbunan rumpun bambu, tidak kelihatan ada aktifitas pertumbuhan disana, namun pada tahun2 awal tersebut tanaman bambu membentuk sistem perakaran yang berjaring2 dan sangat kuat,  menghunjam jauh ke dalam tanah. pada tahun ke-4 (wah, pas banget nih bu..) tanaman bambu ini dgn cepat tumbuh menjulang tinggi meteran panjangnya dan kecepatan yang sangat luar biasa (utk bambu jenis tertentu ada yang sampai 25 m/tahun).

      ehmm, kelihatannya bisnis bu Lydia ini sedang bersiap2 utk segera menjulang/take off setelah membina pondasi yang cukup bagus 4 tahun sebelumnya.

      back to business

      USP
      selama 4 tahun berkutat dalam bisnis ini, tentu sudah banyak pengalaman asam garamnya
      dan berdasarkan keterangan ibu Lydia, produk ibu disukai oleh pelanggan sehingga menghasilkan repeat order
      mungkin ini saatnya ibu mengibarkan bendera
      pada saat peluncuran/launching, selain nama perusahaan, utk menarik pelanggan bisnis memerlukan apa yang dinamakan USP (Unique Selling Proposition)
      sy kesulitan cari padanan katanya dalam bhs Indonesia, tapi sy rasa yang mendekati adalah "motto" kayaknya ya?

      spt sepatu ecco, USPnya "designed to move you" (yang belum tahu sepatu ecco, tanya bu sinta tuh - juragannya, sering posting di sini :))
      lampu philips "terus terang philips terang terus", dll

      jadi USP itu seperti alat utk membangun brand image
      kalau orang ketemu lampu philips, asosiasinya adalah lampu yang tahan lama
      kalau orang pengen cari lampu yang tahan lama no matter what the price is: pasti cari lampu philips
      sekarang tugas bu Lydia utk mencari USP yang pas dan bisa membangun brand image untuk perusahaan ibu (murah tapi tdk murahan? bagus?profesional? u can think of it)

      coba survei dgn bertanya pada pelanggan anda yang puas. apa yang menyebabkan mereka puas? lalu disimpulkan dalam suatu kalimat pendek: USP perusahaan anda!
      USP ini bisa juga dijadikan sebagai visi perusahaan, tujuan jangka panjang
      tentu anda harus berusaha keras agar anda dapat memenuhi tuntutan dari USP yang sudah anda gelar di depan umum itu, bila tdk USP ini malah akan menjadi bumerang bagi anda
      "tell what you deliver and deliver what you tell"
      Insya Allah, pelanggan akan datang terus ..

      utk sementara ini dulu ya,
      mo kembali tugas dulu ..

      salam hangat
      DS

      From: "Lydia Suryani Sujanto"
      To: "doni"
      Subject: Minta advise
      Date: Mon, 28 Feb 2005 08:09:50 +0700

      Terima kasih Bp. Doni

      sebenarnya sudah lama PH kami menerima order (� 3-4 tahun terakhir)
      tapi selama ini hanya usaha rumahan
      maksudnya kami menerima sub order dari PH lain yang sudah eksis
      lalu sejak Nov 2004 saya mencoba membuat bendera usaha sendiri
      ceritanya untuk menjadikan usaha ini badan usaha komersial
      sampai saat ini sudah ada beberapa order yang kami terima sendiri (bukan sub
      order)
      tapi terus terang nama usaha kami belum dilaunching

      kami menerima jasa video shooting (untuk wedding, ultah, hari wisuda, dll)
      membuat multimedia interaktif (untuk sarana promosi mall, showroom mobil,
      dll)
      membuat company profile / vidoe klip / film dokumenter (untuk TV,
      universitas, pabrik, dll)
      menerima transfer VHS /minidivi ke VCD/DVD
      menerima subtittle English /mandarin ke Indonesia
      menerima editing hasil handycam pribadi untuk dijadikan film keluarga
      dll

      terus terang skala usaha kami kecil dibandingkan Prima PH atau PH lain yang
      sudah berani membuat sinetron
      kalau ada pemodal, boleh juga sich dikembangkan lebih jauh
      sejauh ini kami modal dari kantong sendiri
      dan so far semua fasilitas produksi sudah OK
      hasil kerja kami lumayan disukai client sehingga kebanyakan ada repeat order

      Terima kasih banyak sebelumnya.

      Maaf saya kirim ini lewat japri tapi Bapak boleh menjawab lewat milis supaya
      bisa bermanfaat untuk member yang lain

      Salam
      Lydia