Re: [SSR-Klub] Tanya : Angsuran KPR

  • hadiyan82@yahoo.com
    Message 1 of 36 , Sep 3 1:16 AM
      Buat ibu ida kl mau KPR di BTN KTP dan KK masih kota salatiga tidak apa-apa meskipun ibu KPR di kalimantan

      From: farisa.hasnanto@...
      Sender: SSR-Klub@yahoogroups.com
      Date: Sat, 3 Sep 2011 08:56:01 +0000
      To: <SSR-Klub@yahoogroups.com>
      ReplyTo: SSR-Klub@yahoogroups.com
      Subject: Re: [SSR-Klub] Tanya : Angsuran KPR

      Hehe..saya bukan pegawai BTN bu.
      Salam,
      Fanto

      From: ida.royana@...
      Sender: SSR-Klub@yahoogroups.com
      Date: Sat, 3 Sep 2011 01:15:21 +0000
      To: <SSR-Klub@yahoogroups.com>
      ReplyTo: SSR-Klub@yahoogroups.com

      Makasih infonya...

      Sy mmg mau KPR di BTN. Kebetulan sy PNS di Kalimantan sdh 1thn ini, namun KTP+KK sy dan suami msh KTP+KK salatiga. Apakah bpk pegawai BTN? Mohon pencerahannya...

      Salam hangat,
       Ida Ròƴaήa™

      Powered by Telkomsel BlackBerry®

      From: farisa.hasnanto@...
      Sender: SSR-Klub@yahoogroups.com
      Date: Fri, 2 Sep 2011 11:32:30 +0000
      To: <SSR-Klub@yahoogroups.com>
      ReplyTo: SSR-Klub@yahoogroups.com

      Klo KPRnya di BTN fc KTP harus dilegalisir ama kelurahan + foto rumah domisili saat ini...

      From: "Andi MF Avandy" <link2hamfa@...>
      Sender: SSR-Klub@yahoogroups.com
      Date: Fri, 2 Sep 2011 08:49:16 +0000
      To: Groups SSR-Klub@yahoogroups.com<SSR-Klub@yahoogroups.com>
      ReplyTo: SSR-Klub@yahoogroups.com

      KK ga harus sesuai dgn alamat jaminan KPR tapi alamat KK harus sama dengan alamat KTP. Cek jg masa berlaku KTP jgn sampai KTP udah mau expired. Siapin jg copy akte nikah/buku nikah dan kartu NPWP biasanya suka diminta Bank.

      From: ida.royana@...
      Sender: SSR-Klub@yahoogroups.com
      Date: Fri, 2 Sep 2011 00:14:11 +0000
      To: <SSR-Klub@yahoogroups.com>
      ReplyTo: SSR-Klub@yahoogroups.com

      OOT nih, sy mau ajukan KPR, syarat salah satunya KTP istri&suami ama KK. Apakah KTP dan KK hrs sesuai dgn domisili qta tinggal/t4 qta mau ajuin KPR? Trims :)

      From: Erwin Baharudin <erwinbaha@...>
      Sender: SSR-Klub@yahoogroups.com
      Date: Tue, 30 Aug 2011 00:56:06 +0700
      To: <SSR-Klub@yahoogroups.com>
      ReplyTo: SSR-Klub@yahoogroups.com

      bener..seratus!! sistem konvensional berlaku bunga di bayar didepan.

      2011/8/25 <imansa_2000@...>

      Kalau utk sistem konvensionalpun pembayaran dipercepat juga tdk terlalu berarti dlm mengurangi beban bunga. Kenapa? Karena hampir semua beban bunga sdh dibayar di depan, sementara pokok pinjaman baru dpt dilunasi sampai akhir pembayaran cicilan. (cmiiw)

      Powered by Telkomsel BlackBerry®

      From: "Erwin Baharudin" <erwinbaha@...>
      Date: Thu, 25 Aug 2011 10:53:20 +0000

      Bener pak, syariah flat n susah pelunasan dipercepat.

      Erwin Baharudin
      Bank Central Asia KCP ITC BSD
      021-53161777 Phone
      021-53161800 Fax
      Sent from my BlackBerry® One Live Life It

      From: yhogaswara <yhogaswara@...>
      Date: Thu, 25 Aug 2011 03:33:26 +0700

      maaf baru kembali ke laptop....

      ini opini saya just share
      kalau untuk syariah, kurang efektif untuk pelunasan dipercepat karena bunga (atau bagi hasil) sudah dipatok sedemikian tinggi dan flat.

      kalau untuk konvensional, cari yang bunga fix-nya lebih rendah & waktu fix yang paling lama.
      (bukan promosi, tapi saya dapat BCA 7.5% efektif selama 2 tahun setelah itu ditinjau 6 bulan sekali).
      nah selama 2 tahun ini rencanaya selisih budget antara konvensional & syariah, saya tempatkan di reksadana saham untuk mengurangi utang pokok waktu masa fix-nya habis

      On 8/22/2011 5:45 AM, erwinbaha@... wrote:

      Wah nama saya disebut...untuk bca saat ini floating 11%.
      Fix n Cap 3 tahun fix (9,5% ?) Cap 2 tahun 10% floating 11%.

      BCA ada 15 tahun, apalagi fix n cap pasti bca minta 15 tahun. Kalo regular max 20 tahun.

      Untuk pelunasan dipercepat, qt tidak memberikan pinalti.

      Maaf saya baru baca thread ini :(.

      Date: Wed, 17 Aug 2011 16:11:11 +0000

      Saran saya, cara termudah adalah menghitung total hutang vs total jumlah cicilan bulanan (minta di bank penerbitnya). Mana yg gap nya terbesar itu yg paling buruk...

      Tapi cuma berlaku dalam masa bunga tertentu. Fix 2 thn, misalnya. Tahun ketiga berhitung lagi, dst. Dan gawatnya adalah saat lepas masa fix atau cap dimana bunganya di press dan di penet2 tsb, bunga yg dikenakan bisa melesat jauh. Worst case nya bisa jadi diluar kemampuan bayar bulanan kita. Kalo sdh begini bisa bubaarrr...

      Untuk long term >10thn sebaiknya gunakan yg bunganya flat sampe kelar (sistem syariah) supaya bisa dihitung lebih akurat sejak awal pembukaan KPR.

      Salam,djati

      « Now Mobile »

      Date: Wed, 17 Aug 2011 11:24:43 +0000

      Dear bu Eti,

      Blm tau juga bu, bca si fix and cap dia murah. Coba tanya pak erwin, dia org bca, pasti lebih tau dr saya. Apakah bca ada 15thn pak erwin ? Barusan sy mau kpa tp bank yg kerjasama bii, mereka cuma siapin maks 10thn bunga 10,25%. Mahal ya :( tp no choice.

      Salam,
      Erlin

      From: Bu Eti <eti.herawati@...>
      Date: Wed, 17 Aug 2011 17:18:35 +0700

      Bu Erlin,

      Klau untuk kpr jangka panjang (> 10 thn) apakah BCA msh tetap termurah?.

      Many thanks bu Erlin

      Sent from my iPad

      On Aug 17, 2011, at 12:47 PM, erliana_h4lim@... wrote:

      Kalau kpr, bunga termurah sdh pasti bca, kgk ada lawannya deh.

      Salam,
      Erlin

      From: "Andi MF Avandy" <link2hamfa@...>
      Date: Wed, 17 Aug 2011 04:18:01 +0000

      Yang penting harus diperhatikan pak diantaranya:
      1. Di PK atau SPPK Bapak harus perhatikan klausul 'Pelunasan sebagian diperkenankan'.
      2. Jumlah angsuran per bulan tidak. Lebih dari 35% penghasilan bersih bapak agar bapak masih bisa tidur nyenyak (ngapain punya rumah tapi ga bisa tidur karena dikejar2 debt colecktor)
      3. Biasanya KPR tuh bunganya hanya fix 1-2 tahun selanjutnya akan naik/turun sesuka hati Bank. Jadi total pelunasan yg bapak hitung itu asumsinya bunganya tetap sampai kredit lunas dan itu sangat bias pak. Jadi perhatikan baik2 klausul 'Bunga Fix selama ...... Tahun'.
      4. Bunga KPR itu hitungannya Efektif. In arear (lawannya flat)
      Artinya bunga dihitung dari sisa pokok dan bukan dari total plafon.
      Jadi pastikan tercantum kalusul 'bunga dihitung berdasarkan efektif in arear' atau ada juga yg efektif in advance. Pokoknya efektif.

      Semoga bermanfaat.

      From: yhogaswara <yhogaswara@...>
      Date: Wed, 17 Aug 2011 07:58:39 +0700
      Subject: [SSR-Klub] Tanya : Angsuran KPR

      Dear rekans

      Mengenai KPR, saya ada beberapa pertanyaan. Mohon sarannya dibawah ini :

      1. Mengenai pelunasan sebagian KPR
      Saya mendapatkan KPR tahun ini sekitar 122 juta. Tahun depan saya ada rencana pelunasan sebagian. Setelah dihitung, saat genap 1 tahun, hutang di-breakdown menjadi : Utang pokok = 118 juta & Utang bunga = 166 juta .............(mahal ya?). Kalau saya melunasi sebagian sebesar 50 juta ke bank, apakah
      a. 118 juta - 50 juta = 68 juta.....baru kemudian dihitung lagi bunganya berdasarkan 68 juta tersebut, atau
      b. 118 juta + 166 juta - 50 juta = 234 juta ?......(nah kalo yang ini, saya tidak tahu mana yang buat hutang pokok, mana yang buat hutang bunga)
      mohon penjelasannya

      2. Saya mendapatkan tawaran KPR ini dari tiga bank sebut saja A, B, C

      Bank A
      Bank B
      Bank C
      Plafon kredit
      122 juta
      126 juta
      146 juta
      Masa kredit
      15 tahun
      20 tahun
      15 tahun
      Total pelunasan (pokok & bunga)
      298 juta
      372 juta
      357 juta
      Rasio kredit vs pelunasan
      41.03 %
      33.83 %
      40.8%
      Secara jumlah uang, yang menguntungkan adalah bank A, dengan hanya 298 juta...sudah dapat rumah (dibandingkan yang lain)
      Tapi karena waktu pelunasannya berbeda, secara rasio yang menguntungkan adalah bank B...33,83%
      mohon sarannya mana yang harus dipilih...atau ada yang punya metode lain ?

      Thanks be4
      Yhoga

      --
      Erwin Baharudin
      PT BCA Tbk

      Twitter @erwinbaha
      Facebook Erwin Baha

    • James Arifin
      Message 36 of 36 , Jun 10, 2014
        Pengalaman pribadi pelunasan lebih cepat ada sanksinya, contoh: di salah satu bank pelunasan dipercepat sebelum 2 tahun masa KPR maka akan dikenakan denda 2%. Ada juga yang yg 1 tahun dan denda 1%.

        Pelunasan dipercepat mengurangi pokok utang jadi dalam kasus anda 118-50 jt, nah dari sisanya bunga akan diperhitung ulang dengan opsi cicilan tetap per bulan sehingga masa KPR makin pendek atau durasi tetap dan cicilan disesuaika