Re: [SSR-Klub] [Tanya] Agen Properti

  • agus surya
    Message 1 of 18 , Dec 31, 2010
      Kalau belum ketemu lubangnya sangat beresiko saudara fahmi. Mknya saran saya utk pak taufik kl blm ketemu, jgn pinjam ke bank.

      Sent from my whiteberry® smartphone

      From: "Taufik A.W" <arie_its@...>
      Sender: SSR-Klub@yahoogroups.com
      Date: Wed, 29 Dec 2010 08:01:21
      To: <SSR-Klub@yahoogroups.com>

      Teorinya sih saya paham kalau itu pak...cuman prakteknya bgmn?
      Pertama : saya agunkan rumah katakanlah 500jt, blm tentu sy di acc krn dilihat gaji saya apakah mampu membayar 500jt hutang dlm waktu 2 tahun?

      Kedua: katakanlah di acc 500jt, bisakah menutupi angsuran bank yg didapat dari income kontrakan??

      Yg susah menurut sy dpt pinjaman dg agunan rumah pak! Toh kalau ada pihak bank (marketingnya) yg membaca sy mau kok agunin rmh asal dpt minimum 500 jt deh! Krn pasaran rmh sy diatas itu.

      salam,
      Taufik A.W

      From: "agus surya" <ados77@...>
      Sender: SSR-Klub@yahoogroups.com
      Date: Tue, 28 Dec 2010 05:40:16
      To: <SSR-Klub@yahoogroups.com>

      Sayang juga ya pak..

      Kalo saya balikin, gmana kl bpk agunkan sertifikat rumah trus bpk dpt dana cash. Dana tersebut diinvestasikan yg hasil bisa byr cicilan pinjaman plus masih ada lebihnya?

      Uang dpt dr kontrakan dan investasi, rumah msh dmiliki.. :)

      Sent from my whiteberry® smartphone

      From: "CuteCutieGirlie" <sukesi29@...>
      Sender: SSR-Klub@yahoogroups.com
      Date: Thu, 23 Dec 2010 08:46:43
      To: <SSR-Klub@yahoogroups.com>
      Subject: [SSR-Klub] [Tanya] Agen Properti

      Dear all..

      Perkenalkan, saya Sukesi, anggota pasif di milis ini..
      Saya senang membaca masukan-masukan dari rekan2 semua mengenai perencanaan keuangan..
      Saat ini saya membutuhkan masukan dari rekan-rekan sekalian.
      Saya berencana untuk menjual rumah saya di daerah Ciledug melalui agen properti karena saya bekerja di daerah Jakpus sehingga akan menyulitkan apabila saya menjual rumah tersebut tanpa bantuan agen properti.
      Akan repot apabila calon pembeli ingin melihat kondisi rumah pada hari kerja karena kebetulan rumah sudah saya kosongkan.
      Pertanyaan saya adalah :
      1. Mana yang lebih baik menggunakan jasa agen properti perorangan atau menggunakan jasa perusahaan penyedia agen properti (Ray White, Era, dsb)..?
      2. Hal-hal apa saja yang perlu diperhatikan apabila melakukan transaksi jual beli rumah dengan menggunakan jasa agen properti..?
      3. Apakah dari rekan-rekan sekalian ada yang mempunyai contact person agen properti yang handal (baik perorangan maupun dari perusahaan penyedia jasa agen properti) yang berkenan direkomendasikan untuk saya..?
      Mohon pencerahan dari rekan-rekan sekalian ya..
      Terima kasih..

      Dapatkan Tips-Tips Keuangan via Twitter
      Follow: @SafirSenduk @AhmadGozali @RakhmiP

      Konsultasi? Ingin menjadi klien?
      Hubungi Safir Senduk & Rekan di (021) 57998024
      atau email ke halimah@...

      Ingin mendapatkan Artikel & Tanya Jawab Rutin
      di email Anda tentang Perencanaan Keuangan?
      Kirimkan email kosong Anda ke alamat
      SSR-InfodanArtikel-subscribe@yahoogroups.com

      Kunjungi www.perencanakeuangan.com
      ______________________________________________Yahoo! Groups Links

    • Rizal Fatkhur Rohman
      Message 2 of 18 , Jan 3, 2011
        memang secara teori itu mungkin kelihatannya simpel, tetapi menurut saya itu dalam prakteknya sulit dan  cukup berisiko bagi orang yang masih awam..

        From: "CuteCutieGirlie" <sukesi29@...>
        Sender: SSR-Klub@yahoogroups.com
        Date: Thu, 23 Dec 2010 08:46:43
        To: <SSR-Klub@yahoogroups.com>

[...]

        <*> Your email settings:
           Individual Email | Traditional

        <*> To change settings online go to:
           (Yahoo! ID required)

        <*> To change settings via email:
           SSR-Klub-digest@yahoogroups.com
           SSR-Klub-fullfeatured@yahoogroups.com

           http://docs.yahoo.com/info/terms/

        --
        Yang menjadikan mati dan hidup, supaya Dia menguji kamu, siapa di antara kamu yang lebih baik amalnya. Dan Dia Maha Perkasa lagi Maha Pengampun
      • agus surya
        Message 3 of 18 , Jan 3, 2011
          Memang beresiko, hanya saja tiap resiko ada peluang. Tggal gmana anda me manage nya.

          Lebih beresiko lg kl hdp hanya mengandal gaji, krn seperti yg saya alami, kecepatan kenaikan gaji tdk bisa mengimbangi kecepatan inflasi. Skrg gaji sy mmng msih main income, tp sy ykin dlm 5thn lg (atau krg) my salary is not my main income. Kl sdh bgini, kerja (kantoran) bkn keharusan, hati lbh relax.

          Salam,

          Sent from my whiteberry® smartphone

          From: Rizal Fatkhur Rohman <rizal.depkeu@...>
          Sender: SSR-Klub@yahoogroups.com
          Date: Mon, 3 Jan 2011 15:58:10 +0700
          To: <SSR-Klub@yahoogroups.com>
          ReplyTo: SSR-Klub@yahoogroups.com

          Message 4 of 18 , Jan 4, 2011
            kalo bicara fee...
            setau sy fee yg berlaku nasional saat ini, hasil survey ni
             standar fee tergantung harga jual property nya
            < 1 M 2,5%
            1-3M 2%
            3-5M 1,5%
            5-10M 1%
            >10M 0,5%

            untuk kontrak fee 5% dari nilai kontrak...

            kontrak pemasarannya biasanya per 3 bulan
            tipenya ada 3
            - exclusive: siapapun yg menjualkan, apabila properti terjual maka fee harus dibayarkan pada agen
            - semi exclusive: properti hanya dijualkan oleh 1 agen, tp apabila pemilik bisa menjual sendiri tidak perlu membayar fee
            - open: properti bisa dijualkan oleh sebanyak2nya agen

            feenya dipake u apa?
            u menggantikan biaya memarketingkan properti anda,
            jadi agen keluar biaya duluan, kalo kejual ya dpt fee, kalo ga kejual ya anggep aja amal... ^_^

            kip d spirit haih

            prie

            Message 5 of 18 , Jan 4, 2011
              berdasarkan pengalaman ya mba

              yg paling penting tu cari agen yg dasar pengetahuan mengenai propertinya oke...
              contoh gampangnya, 'cara' jual rumah sm jual ruko apa bedanya...
              trus pengetahuan mengenai lingkungan properti tersebut,
              kemampuan menaksir harga, memperkirakan tipe calon pembeli dsb

              yang kedua, sabar dalam menghadapi orang...
              bayangin aja ngiklan hari ni, yg nelpon bisa smp jm 11 malem...
              apalagi kalo agennya pinter bikin iklannya, banyak tu yg telpon dari paginya
              karena seharian dah cape terima telp cuma nanya doang ga ada yg minat lihat,
              yg nelpon jm 11 malem kena semprot deh... padahal dia emang niat beli...
              wong dia lagi kepepet harus segera pindah kerja ke kota itu... ^_^

              yang ketiga, mau repot...
              properti ini dari ditawarkan sampe transaksi, panjang jalannya
              bisa beberapa bulan... kadang saat berjalan ada aja halangan yg harus diselesaikan
              kalo agennya ga mao repot ngurusin, transaksi bisa batal...
              misalnya masalah kelengkapan surat u transaksi dsb...

              yang keempat, sudah menentukan porsinya dengan jelas...
              sy minta sekian %, atau uang senilai sekian...
              sy minta waktu 3 bulan, kalo ga kejual silakan gunakan agen lain kalo anda tidak puas
              ato diperpanjang kalo memang sy masih diberi kesempatan
              strategi sy bgini bgini bgini.... untuk menujualkan properti ini dgn harga yg anda inginkan

              untuk agen perorangan,
              sy ga menghakimi bahwa agen perorangan ga bisa dipegang kata2nya
              ada banyak agen perorangan yg profesional menjalankan bisnisnya
              hanya masalahnya karena agen perorangan ini jarang yg pasang plang,'
              kita jadi sulit menemukan yg kompeten...

              jadinya seringnya malah ketemu yg ga kompeten
              janjinya komisi sekian, waktu mo transaksi kok ada banyak tangan yg minta bagian?
              dan sebagian besar kita ga kenal lg dengan wajah2nya
              mreka mengaku turut mengenalkan properti kita sampe diketahui oleh calon pembeli yg mo transaksi ini
              masing2 minta fee.... cantik kan? ^_^

              memang, agen properti dari kantor broker biasanya lebih terjamin kemampuannya
              tapi tidak menutup kemungkinan juga ada yg kurang bagus

              yg perlu diperhatikan, harga rumah yg anda inginkan tu sperti apa...
              apakah harga transaksi?
              atau harga yg diterima pemilik, fee agen cari sendiri, jadi nilai rumahnya di up
              ato bersih, brarti nilai rumah di up u membayar fee agen, pajak dan notaris...

              tipe kerjasamanya apa, eksklusif, semi-eksklusif atau open
              berapa fee yg disepakati... apakah % dari harga ato sejumlah uang tertentu
              bedanya apa?
              yg namanya harga properti itu ga fixed, bisa naik bisa turun...
              fee persentase akan dapet mengikuti harga transaksi propertinya
              kalo fee yg sudah ditetapkan dgn sjumlah uang, mo propertinya naik harga atopun diobral
              fee agen tetap...

              agar memudahkan, titipkan saja kopi surat2 properti tersebut
              bukti pembayaran PBB, kalo bisa sampe 3 th sebelum
              rekening listrik, pam dan telpon
              IMB, sertifikat tanah

              kalo daerah ciledug diluar jangkauan bu
              CP sy di jakut soalnya... ^_^

              kip d sprit haih

              prie

              Message 6 of 18 , Jan 7, 2011
                Pal taufik,

                Cicilan utang yg msh ga ganggu maksimal 30 persen dari penghasilan sebulan. musti dites dulu pak. Misalnya tiap bulan bapak sisihkan 30 persen gaji. Simpan di rekening dan ga diganggu gugat kalo perlu atmnya disimpen di safe deposit box.

                Kalo bisa hidup dgn 70 persen maka beranilah minjem ke bank.

                Wishnu

              • arie_its@yahoo.com
                Message 7 of 18 , Jan 10, 2011
                  Thx pak nice masukan dan sharingnya...ntar sy coba pak

                  From: Wishnu <wishnu8289@...>
                  Sender: SSR-Klub@yahoogroups.com
                  Date: Fri, 7 Jan 2011 00:40:39
                  To: <ssr-klub@yahoogroups.com>

> [...]

                  >Kalau belum ketemu lubangnya sangat beresiko saudara fahmi. Mknya saran saya utk pak taufik kl blm ketemu, jgn pinjam ke bank.

                • rully nasrullah
                  Message 8 of 18 , Jan 26, 2011
                    kalo yang di bekasi alamatnya dimana?

                    From: susan_iksan@...
                    Sender: SSR-Klub@yahoogroups.com
                    Date: Tue, 28 Dec 2010 05:10:03
                    To: <SSR-Klub@yahoogroups.com>

                    Jakarta utaranya dmn pak....kirim foto rmhnya ..

                    Message 9 of 18 , Jan 27, 2011

                      Maaf kalau salah posting di sini, mau minta info ke rekan2 disini, terutama yg sudah pengalaman, kemarin saya di tawarin apartemen "Green Lake View Ciputat " mungkin rekan2 bisa browsing di google.( http://www.propertykita.com/apartemen-/--detail-73780 ) Apakah itu layak di beli dengan kondisi lingkungan dan fasilitas yang ada. Dengan Boking fee 5 juta , dan angsuran 2,8 juta selama 48 X . Terima kasih