Bls: Bls: [SSR-Klub] strategi bikin kost2an

  • narendro ariwisnu
    Message 1 of 12 , Dec 1, 2010
      Thanks for sharing...

      Dari: Enos Tampang <enos_tampang@...>
      Kepada: SSR-Klub@yahoogroups.com
      Terkirim: Rab, 1 Desember, 2010 11:28:17
      Judul: Re: Bls: [SSR-Klub] strategi bikin kost2an

      Ada bank yang mau, ada pula yang tidak mau... semua bergantung pada kebijakan bank, silah ditanyakan ke marketingnya. Ada bank yang bisa memberikan pinjaman untuk membeli tanah saja dengan fasilitas KPT, setelah itu mendapatkan biaya pembangunan dengan KPR Konstruksi. Setelah berjalan 1-2 tahun sejak bangunan jadi silahkan disatukan ke-2 kredit tersebut dengan cara refinance/topup. Yang pasti tanah+bangunan yang sudah 1-2 tahun pasti memiliki nilai yang telah naik (disini kita berbicara lahan yg letaknya strategis) sehingga anda bisa mendapatkan "dana lebih" untuk digunakan mendirikan bisnis/usaha yang lain.

      Sepengetahuan saya KPR adalah kredit yang memiliki bunga terkecil.

      Salam,
      Enos Tampang
      http://enos-tampang.tokobagus.com
      http://enost.wordpress.com

      Message 2 of 12 , Dec 2, 2010
        Dear Pak Enos,

        Bisa kasih info pak bank yg memberikan fasilitas KPT?

        Terima kasih Pak atas informasinya.

        Regards,

        Iman

        Powered by Telkomsel BlackBerry®

        From: Enos Tampang <enos_tampang@...>
        Sender: SSR-Klub@yahoogroups.com
        Date: Tue, 30 Nov 2010 20:28:17 -0800 (PST)
        To: <SSR-Klub@yahoogroups.com>
        ReplyTo: SSR-Klub@yahoogroups.com
        Subject: Re: Bls: [SSR-Klub] strategi bikin kost2an

      • imansa_2000@yahoo.com
        Message 3 of 12 , Dec 7, 2010
          Setahu sy (mhn maaf klu kurang akurat) tdk ada pinjaman khusus KPT. Yg ada adalah pinjaman Multiguna, biasanya dg jaminan aset bagus yg sdh dimiliki (mnrt pengalaman pribadi).

          Message 4 of 12 , Dec 7, 2010
            Saya kurang tahu saat ini, tapi sekitar 2thn yang lalu ada bank yang memberikan KPT namun jangka waktu kredit yang diberikan tidak sepanjang KPR (sama jg, ini pengalaman pribadi +/- 2 thn yll) . Silahkan browsing ke bank-bank, semoga dapat.

            Message 5 of 12 , Dec 8, 2010
              Dear Pak Enos,

              Katakan, kita tidak dapat fasilitas KPT. Kita pakai hard cash untuk beli tanah baru.
              Apakah pembangunan kost ditanah baru ini dapat menggunakan KPR? (dengan jaminan tanah tsb?/atau mungkin istilahnya kredit renovasi ya?)
              Thanks in advance

              Regards

              Message 6 of 12 , Dec 8, 2010
                Iya benar, waktu itu saya diberitahu KPR Konstruksi/Renovasi dan jaminannya adalah tanah yang akan dibangun. Sebenarnya bank sudah untung dengan cara yang Bapak sebutkan dibawah, karena bank hanya memberikan kredit senilai RAB bangunan sementara harga tanah tidak dihitung. Jadi jaminannya kegedean dibanding kredit yang dikucurkan bank. Namun untuk memulai memang harus berkorban, setelah 1 tahun silahkan di topup untuk mendapatkan nilai kredit yang senilai dengan nilai properti yang dimiliki. "Dana lebih" yang didapatkan dari hasil topup bisa digunakan untuk beli properti lagi kan... :-)

                Semoga sukses...

                Message 7 of 12 , Dec 9, 2010
                  Thanks for sharing...
                  Untuk bikin kost, rasanya pembangunannya bisa lebih tinggi dari harga tanah Pak Enos...
                  Dari system dibawah, ruginya selama kita dapet KPR renovasi, SHM tanah di pegang bank ya? jadi ga bisa diagunkan... cmiiw
                  Regards

                  Message 8 of 12 , Dec 9, 2010
                    Tergantung Pak Narendro, kalau tanahnya terletak di daerah strategis bisa jadi harga tanah lebih tinggi dari biaya pembangunanan atau sebaliknya.jika tanah letaknya tidak strategis. Benar SHM akan dipegang bank, itulah jaminannya/agunan.Kalau mau dapat kredit lagi bisa saja di takeover ke bank lain atau di topup di bank yang sama.