RE: [SSR-Klub] Butuh saran reksadana

  • First NameHARI Purwanto
    Message 1 of 32 , Aug 31, 2010
      KALO GAK SALAH 1997 PAK.

      --- On Wed, 9/1/10, Roni Zulheri <roni.zulheri@...> wrote:

      From: Roni Zulheri <roni.zulheri@...>
      Subject: RE: [SSR-Klub] Butuh saran reksadana
      To: "SSR-Klub@yahoogroups.com" <SSR-Klub@yahoogroups.com>
      Date: Wednesday, September 1, 2010, 3:15 AM

      Kalau boleh tahu Rp 1 juta tahun berapa ya? tq

      Message 32 of 32 , Sep 6, 2010
        Ingin invest di reksadana, mohon pencerahan....

        Sent from my BlackBerry®
        powered by Sinyal Kuat INDOSAT

        From: Wishnu <wishnu8289@...>
        Sender: SSR-Klub@yahoogroups.com
        Date: Sat, 4 Sep 2010 01:25:40 -0700 (PDT)
        To: <SSR-Klub@yahoogroups.com>
        ReplyTo: SSR-Klub@yahoogroups.com
        Cc: <r_tango303@...>

        setiap investasi ada resiko. investasi di reksadana pasar uang resikonya adalah dana berkurang karena tergerus inflasi. investasi di reksadana saham resikonya fluktuasi bursa saham. untuk meminimalkan resiko musti investasi teratur dan jangka panjang.

        untuk reksadana saham saya sarankan investasi bulanan teratur selama 6 tahun. minimal anda dapat imbal hasil rata-rata 20% per tahun bersih. artinya rata2 suatu tahun anda bisa dapat imbal hasil 100 persen, namun tahun berikutnya bisa minus 60%. dengan memanjangkan jangka waktu maka resiko ini menjadi imbal hasil rata-rata.

        investasi bulanan = dana nganggur dibagi (12 bulan kali 6 tahun) = dana nganggur dibagi 72

        investasikan secara otomatis melalui autodebet di bank.

        salam,
        wishnu

        From: jsuhadi@...
        Date: Wed, 1 Sep 2010 19:30:05 -0700

        Pak/Bu Inka,

        saya punya nomor telp marketing Panin, namanya Tria di 081383939110. Betul, minimal 25 juta di Panin, tapi boleh disebar di beberapa RD Panin yang lain, top up selanjutnya 5 juta. Memang untuk Panin menurut saya cukup besar nominal yang diminta, dibandingkan RD lain yang saya masuk via Bank Commonwealth. Saya masuk di Panin Dana Maksima (jenis saham) dan Panin Dana Bersama (jenis campuran) sejak 30 Juli kemarin. Sampai dengan tanggal kemarin kedua RD ini memberikan sudah kurang lebih 11% kenaikan Nilai Aktiva Bersihnya (=Gain kita). Kalau saran saya dalam membeli RD yaitu
        1. tentukan tujuan keuangan kita dulu (misalnya: pensiun, dana pendidikan anak, pensiun, DP rumah, dana liburan).
        2. Tentukan kapan dana tersebut akan kita butuhkan (misalnya 1-3 tahun, 3-5 tahun, 5-10 tahun, diatas 10 tahun).
        3. Berdasarkan waktu dan kebutuhan tesebut, baru kita tentukan mau masuk ke RD apa. Makin pendek jangka waktunya, harus makin rendah resiko yang harus bisa diterima. Jangan serakah. Misalnya kebutuhan adalah dana pernikahan tahun depan, kan 1 tahun ya, jangan masuk ke RD Saham karena bisa nangis bombay kalau tiba2x Bursa Saham crash, maka RD Saham kita pun akan jeblok, bisa abis deh uang kita sehingga malah ngga bisa dipakai untuk membiayai kebutuhan kita, ya kan?. kalau Jk pendek pilih yang resikonya rendah (RDPasar Uang). Makin panjang jangka waktunya, boleh makin tinggi resikonya (RDS)
        4. Nah setelah itu, yang penting juga dalam memilih RD adalah PELAJARI PRODUKNYA dengan teliti, apakah RD tesebut sah dijual (jangan sampai kaya yg dijual oleh Bank Century). Cari tau siapa manajer investasinya (kompeten apa ngga), Isi perut RD nya dikelola dalam produk2x apa (misal RD Saham di saham apa aja, RD Pendapatan Tetap, obligasi apa saja dll), Minta "Fund Fact Sheet" RD tersebut dari Manajer Investasinya (bisa cek di website mereka masing2x atau cek di www.bapepam.go.id/reksadana/index.asp (lengkaaaapp dah semua info reksadana yang valid dijual di Indonesia). Cek juga performance RD tersebut dalam 1 tahun, 3 tahun (walaupun memang performance masa lalu tidak bisa menjamin ke depan tapi paling tidak ada gambaran tentang performance RD ini). Sekali lagi jangan beli kucing dalam karung!!! Pelajari yang teliti dan jangan malas, karena ini uang anda yang akan anda investasikan bukan uang mainan!!!.
        4. Berdasarkan pengalaman saya, masuk ke RD kalau bisa jangan langsung pol uang besar, tapi beli secara rutin jumlah kecil2x (via Bank Commonwealth atau Bank Mandiri bisa tuh dan saya sudah melakukan itu).
        5. Saat yang pas beli RD adalah KAPAN SAJA, menurut saya, tidak usah nunggu2x kapan nih saham turun, kenapa? karena ngga ada yang bisa meramal ke depan naik apa turun bursa saham dan keadaan ekonomi. Karena kan dengan masuk secara rutin maka akan bisa dapat rata-rata NAB  lebih rendah daripada yang ada di pasar (averaging)

        Mungkin itu masukan dari saya. Kalau saya sudah beli beberapa produk RD yaitu kelolaannya Schroeder, Fortis, Panin, First State, Mandiri, PNM karena prinsip saya adalah jangan taruh telur anda di dalam satu keranjang tapi sebar.

        Thanks

        Johan