Re: [SSR-Klub] LAPORAN SINGKAT dari KOPDAR: Memilih Asuransi? & Unit Link? 30 Juni 2010 jam 18.00 - 19.30, Pacific Place Jakarta

  • lovanto
    Message 1 of 100 , Jul 1, 2010
      Pak, kok bandung ga disebut? :)

      Powered by Telkomsel BlackBerry®

      From: Freddy Pieloor <fpieloor@...>
      Sender: SSR-Klub@yahoogroups.com
      Date: Thu, 1 Jul 2010 01:17:41 -0700 (PDT)
      To: <SSR-Klub@yahoogroups.com>; Insurance Community of Indonesia<Insurance-Com@yahoogroups.com>; moneynlove@yahoogroups.com<moneynlove@yahoogroups.com>; <AMA-DKI@yahoogroups.com>; <Manager-Indonesia@yahoogroups.com>; pengaduanasuransi@yahoogroups.com<pengaduanasuransi@yahoogroups.com>; Steven Pieloor<stevenpieloor@...>
      ReplyTo: SSR-Klub@yahoogroups.com
      Subject: [SSR-Klub] LAPORAN SINGKAT dari KOPDAR: Memilih Asuransi? & Unit Link? 30 Juni 2010 jam 18.00 - 19.30, Pacific Place Jakarta

      Dear Rekans,

      Selamat siang dan salam sejahtera,

      Terima kasih atas partisipasi Anda saat pertemuan semalam di Pacific Place,
      dan terima kasih yang besar saya sampaikan kepada Sahabat dan Guru saya
      Pak Aidil Akbar - Independent Financial Planner dari AFC yang telah bersedia
      hadir di antara kita ditengah kesibukan Beliau yang luar biasa.

      Wah, terima kasih kepada agen-agen asuransi jiwa yang telah hadir dan urun
      rembuk, khususnya dari MANULIFE, SUN LIFE dan AVRIST (ex AIG/AIA),
      saya sangat menghargai keputusan dan pandangan mengikuti "nurani" untuk
      memberikan yang terbaik kepada Nasabah.

      Ada beberapa poin yang ingin saya share:
      1. Membeli Unit Link, berarti tingkat risiko atas investasi dan asuransi menjadi
          lebih besar, karena lewat 1 pintu.
      2. Kita tidak bisa memecat/mengganti Manajer Investasi bila TIDAK PUAS
      3. Biaya sangat membebani Nasabah, terutama di 5 tahun pertama, selanjutnya
          setiap Top Up langsung kena biaya 5% (produk "P")
      4. Ada bagian premi yang tidak ter-alokasi yang sangat besar (Un applied premium)
      5. Critical illness tidak perlu diambil, yang perlu dilakukan memperbesar UP kematian
      (banyak hal lainnya, seperti yang tertulis dalam buku: "JANGAN BELI UNIT LINK, ...")

      Selanjutnya saran saya kepada yang sudah berjalan 2 tahun milik Bu "R" dan 4 tahun
      milik Pak "B", silahkan dibatalkan karena untuk mencapai BEP akan memerlukan
      waktu yang lebih lama daripada yang tertulis di ilustrasi.

      Ilustrasi menurut Pak Aidil Akbar, adalah "ilusi", dan bukan merupakan projection
      atau estimation.

      Lalu mengenai "CUTI PREMI", saya sarankan CUTI POLIS saja secara langsung
      selamanya (tapi jangan lupa beli polis asuransi murni dulu sbg gantinya).
      CUTI PREMI sama saja menunda dan bukan solusi.

      Demikian sekilas sharing yang berlangsung kurang lebih 1 jam 35 menit.

      Mudah2an saya bisa mengadakan KOPI DARAT lagid di waktu mendatang,
      di Jakarta, Surabaya, Makassar dan Medan.
      Bagi yang bermukim di kota2 tsb, bisa membantu untuk meng-koordinir Teman2,
      agar sharing ini bisa bermanfaat lebih luas di kota tersebut.

      Semoga bermanfaat.

      Salam,
      Freddy Pieloor

      From: Freddy Pieloor <fpieloor@yahoo. com>

      Sender: SSR-Klub@yahoogroup s.com

      Date: Mon, 28 Jun 2010 19:06:13 -0700 (PDT)

      To: < SSR-Klub@yahoogroup s.com >

      ReplyTo: SSR-Klub@yahoogroup s.com

      Cc: Insurance Community of Indonesia<Insurance-Com@ yahoogroups. com>; moneynlove@yahoogro ups.com<moneynlove@yahoogro ups.com>; pengaduanasuransi@ yahoogroups. com<pengaduanasuransi@ yahoogroups. com>

      Dear Rekans,

      Selamat pagi dan salam sejahtera,

      Cukup hangat pembicaraan topik Memilih Asuransi? dan Unit Link?

      selama 1 bulan terakhir ini, dan untuk dapat memberikan wawasan

      dan berbagi kepada Member Milis, maka dengan ini saya mengun-

      dang Rekan2 praktisi, pemerhati, pelaku, Nasabah dan Calon Nasabah

      untuk tukar pikiran dan pengalaman, agar dapat memilih yang terbaik

      bagi diri dan keluarga.

      Pertemuan Informal dan santai ini akan diadakan:

      tanggal : 30 Juni 2010

      jam : 18.00 - 19.30

      tempat : Urban Kitchen, Pacific Place

      Saya akan mengundang juga Pemilik milis ini Bapak Safir Senduk or

      Bapak Ahmad Gozali, Ibu Ligwina P. Hananto dan Pak Aidil Akbar,

      mudah-mudahan mereka bisa hadir.

      So, jangan lewatkan pertemuan ini.

      Enggak Elo nggak rame...

      Sampai bertemu.

      Salam asuransi,

      Freddy Pieloor

      From: soeni_liem@yahoo. com

      Sender: SSR-Klub@yahoogroup s.com

      Date: Mon, 28 Jun 2010 05:33:20 +0000

      To: <SSR-Klub@yahoogroup s.com>

      ReplyTo: SSR-Klub@yahoogroup s.com

      Asuransi Term life merup asuransi murni. Tidak ada unsur investasi atau tabungan.

      Salam,
      Natalia Soeni
      PT.AJ Manulife Indonesia - Jkt

      From: khadijah.nurul@ yahoo.com

      Sender: SSR-Klub@yahoogroup s.com

      Date: Mon, 28 Jun 2010 04:03:46 +0000

      To: Safir senduk<SSR-Klub@yahoogroup s.com>

      ReplyTo: SSR-Klub@yahoogroup s.com

      Ini murni asuransi atau ada investasinya juga?
      Saya lg cari yg sekaligus investasi, mohon dibantu ya..

      Sent from my BlackBerry® smartphone from Sinyal Bagus XL, Nyambung Teruuusss... !

      From: mega2_thayeb@ yahoo.co. id

      Sender: SSR-Klub@yahoogroup s.com

      Date: Sat, 26 Jun 2010 01:15:09 +0000

      To: Safir senduk<SSR-Klub@yahoogroup s.com>

      ReplyTo: SSR-Klub@yahoogroup s.com

      Saya bisa dapat dimana ya asuransi seperti ini.
      Maaf benar2 buta.
      Atau kalau ά
      ϑά pemasarannya disini saya au deh di japri
      ♥· τнäиκ чöü ♥·

      Powered by Telkomsel BlackBerry®

      From: soeni_liem@yahoo. com

      Sender: SSR-Klub@yahoogroup s.com

      Date: Fri, 25 Jun 2010 04:44:10 +0000

      To: <SSR-Klub@yahoogroup s.com>

      ReplyTo: SSR-Klub@yahoogroup s.com

      Iya, PER TAHUN.

      Dgn melihat UP yg besar (sesuai dgn kebutuhan) dan premi yg terjangkau tsb, kita jd bisa memahami kenapa Pak Freddy financial profesional lainnya menganjurkan produk term life untuk proteksi asuransi jiwanya.

      Salam,
      Natalia Soeni

      From: mega2_thayeb@ yahoo.co. id

      Sender: SSR-Klub@yahoogroup s.com

      Date: Fri, 25 Jun 2010 04:05:25 +0000

      To: Safir senduk<SSR-Klub@yahoogroup s.com>

      ReplyTo: SSR-Klub@yahoogroup s.com

      Maksudnya 2jutaa itu pertahun bukan perbulan? Wah menarik banget, ųάηģ bener nih?

      Powered by Telkomsel BlackBerry®

      From: soeni_liem@yahoo. com

      Sender: SSR-Klub@yahoogroup s.com

      Date: Thu, 24 Jun 2010 06:13:55 +0000

      To: <SSR-Klub@yahoogroup s.com>

      ReplyTo: SSR-Klub@yahoogroup s.com

      Dear Akhmad,

      Dibayar setiap tahun, dengan nilai premi yg sama selama 20th.
      Contoh : untuk UP 500jt cukup bayar premi Rp. 2.430.000 per tahun, selama 20th.

      Salam,
      Natalia Soeni

      From: "Akhmad Nuryono" <yono_aix@yahoo. co.id>

      Sender: SSR-Klub@yahoogroup s.com

      Date: Thu, 24 Jun 2010 05:44:16 +0000

      To: <SSR-Klub@yahoogroup s.com>

      ReplyTo: SSR-Klub@yahoogroup s.com

      Mbak,

      Premi itu dibyar per tahun atau per 20thn?

      Thanks best regards,
      akhmad_nuryono

      From: soeni_liem@yahoo. com

      Sender: SSR-Klub@yahoogroup s.com

      Date: Wed, 23 Jun 2010 10:57:30 +0000

      To: <SSR-Klub@yahoogroup s.com>

      ReplyTo: SSR-Klub@yahoogroup s.com

      Dear Henny,

      Premi termlife 20th untuk suami 35th (ultah kan Agustus), tdk merokok sbb :

      UP 500jt : Rp. 2.430.000
      UP 750jt : Rp. 3.645.000

      Premi tsb adalah murni, belum tmsk asuransi tambahan. Ass tambahan misalnya :
      - manfaat rumah sakit (perorangan atau paket keluarga)
      - pembebasan premi krn ketidakmampuan total
      - kecelakaan atau cacat tetap
      - penyakit kritis

      Salam,
      Natalia Soeni, CFP®
      PT. AJ Manulife - Jakarta
      08151830929

      From: "mei_cien_84" <liem.mei.cien@ gmail.com>

      Sender: SSR-Klub@yahoogroup s.com

      Date: Wed, 23 Jun 2010 06:35:47 -0000

      To: <SSR-Klub@yahoogroup s.com>

      ReplyTo: SSR-Klub@yahoogroup s.com

      Subject: [SSR-Klub] Re: memilih asuransi

      Dear All,
      Saya bermaksud membeli premi asuransi jiwa term life untuk suami saya.
      - Pria usia 36 tahun (per agustus 2010 ini)
      - Tidak merokok
      - Bekerja sebagai programmer (dalam ruangan)

      Apakah ada rekan2 agen asuransi yg bisa bantu, kira2 berapakah premi untuk asuransi term life untuk UP 500 - 750 juta untuk term 20 atau 25 tahun?

      Thanks
      Henny

      --- In SSR-Klub@yahoogroup s.com, soeni liem <soeni_liem@. ..> wrote:

> [...]
      >
      > Sebagai gambaran, jumlah UP yg dapat diperoleh dari Manulife untuk Arya (usia 28, asumsi tidak merokok, premi Rp.5jt/th, masa pembayaran 10th) :
      > - Produk term life murni : UP Rp.2,4 M
      > - Produk wholelife : UP Rp.370jt
      > (rider belum diperhitungkan, karena rider merupakan optional)
      >
      > Hal2 yg perlu diperhatikan :
      > - pada saat isi formulir permintaan asuransi jiwa, harus mencantumkan data2 / informasi yg benar. Agar proses klaim mudah dan lancar.
      > - tentukan UP yg perlu diproteksi, sesuai dgn tujuan keuangan Arya. Jadi bukan berdasarkan premi yg sanggup dibayar.

    • priambudi
      Message 100 of 100 , Jun 27, 2011
      • 122 KB
      bu soeni

      pembicaraan soal UL vs TL+RD menghangat lagi...
      sy ada data yg kurang u ngitung TL,
      jadi sy pake data yg seadanya...

      permasalahannya bgini,
      banyak orang yg menghitung TL hanya sampe usia tertentu
      padahal UL mengcover sampai usia 99 th

      sy ingin menghitung TL sampai usia 99th..
      (tapi apa ada yg mo menanggung?)
      data sy kurang jadi sy maen asumsi...
      anggaplah dia ambil proactive plus yg 20 tahun dari manulife
      usia 35 th laki2 tidak merokok

      sampai usia 55th... dia bayar 3 645 000 pertahun
      di usia 56 dia bayar brapa? itu sy ga punya data...
      sy mo minta bantuan bu soeni u menentukan harga...
      sekarang sy hitung pake premi 9.675.000
      dapet dari proactive plus tahunan pada usia 55 th...

      investasi sy tingkatkan jadi 16%,
      biar ga lapse... jadi bisa dibandingkan nilai investasinya di usia 99th

      sy punya ilustrasi paninlife... dapet copy dari yg berwenang
      sy pakai premi 10jt pertahun + 1 jt regular top up
      memang, kekurangannya ilustrasinya bukan dari perusahaan yg sama...
      tapi anggaplah dibayar dengan premi TL yg ga bener juga di tahun ke 21 ^_^

      waktu sy coba u bayar preminya selama 7 tahun... pada usia 99 tahun,
      hasil investasi UL dapetnya 368.748.785.000  sedangkan TL+RD dapetnya    353,932,325,402
      kalo bayar 8 tahun UL  463.111.317.000   TL+RD      414,182,187,930
      kalo bayar 10 tahun UL 612.273.132.000 TL+RD   510,897,187,232

      sy ingin mengirimkan juga ilustrasinya,
      cuma ternyata adobe acrobat sy ga ngadat... belum berhasil sy ubah jadi pdf

      Dari: soeni liem <soeni_liem@...>
      Kepada: SSR-Klub@yahoogroups.com
      Dikirim: Selasa, 29 Juni 2010 10:14
      Judul: Re: Bls: Bls: [SSR-Klub] Re: memilih asuransi [1 Attachment]

      Dear Pak Prie

      Pak, saya coba utak atik angka, hasilnya coba dilihat di attachment yah. Kalau ada asumsi atau rumus yg salah tolong dikoreksi. Saya coba bikin yg simple2 aja.

      (kip de spirit haih... hahahaha)

      Salam,
      Natalia Soeni
      PT.AJ Manulife Indonesia-Jakarta
      08151830929

      From: priambudi <prietea@yahoo. com>
      Sender: SSR-Klub@yahoogroup s.com
      Date: Sat, 26 Jun 2010 06:00:37 +0800 (SGT)
      To: <SSR-Klub@yahoogroup s.com>
      ReplyTo: SSR-Klub@yahoogroup s.com
      Subject: Bls: [SSR-Klub] Re: memilih asuransi

      Bu soeni, maaf ni... sy ni bingung...
      dari dulu waktu belajar itung2an aktuaria u asuransi,
      sy lihat term life itu mahal...
      justru UL itu murah

      sy coba bandingkan dengan yg bu soeni kirimkan di email yg laen
      Proactive Plus, dengan masa pembayaran (MPP) :
      * MPP 10th -> th1-10 Rp.2.790.000, th11-20 Rp.6.285.000. .. dst

      sy anggep bgini... sy usia 35 th, merokok
      sy mau perlindungan jiwa dari usia 35 sd 54 th ... UP 750juta
      anggapan sy, di usia pensiun 55 tahun, sy dah ngumpulin aset liquid lebih dari 750jt
      jadi sy ga perlu lg UPnya
      pilihan sy UL atau term life

      kalo sy pake Proactive Plus, dengan masa pembayaran (MPP) 10 tahun
      brarti usia 35 sd 44 sy bayar 10 x 2.790.000 = 27.900.000
      usia 45 sd 54 sy bayar     10 x 6.285.000 = 62.850.000
      totalnya 90.750.000

      kalo pake UL, sy bayar premi 850.000 perbulan selama 7 tahun
      brarti yg sy bayar 7 x 12 x 850.000 = 71.400.000

      tapi sy ga mau ngumpulin duit di investasinya,
      jadi sy buat UL sy lapse saat usia sy 55 tahun,
      caranya dengan mengambil investasinya, sekalian ngurangin bayar premi
      sy pake perhitungan investasinya berkembang 8% pertahun,
      masih cukup masuk akal menurut sy, kupon obligasi aja lebih tinggi pertumbuhannya
      di tahun ke 5 sy ambil 2.500.000
      6 bulan kemudian sy ambil lg 2.500.000
      6 bulan kemudian sy ambil lg 2.500.000
      6 bulan kemudian sy ambil lg 2.500.000
      6 bulan kemudian sy ambil lg 2.500.000
      totalnya 12.500.000 yg sy ambil

      jadi total premi yg sy bayar selama 7 tahun ga jadi 71.400.000
      tapi jadinya  71.400.000 - 12.500.000 = 58.900.000

      menurut sy, kalo saat ini kita mampu, mending ambil UL aja,
      kita ga tau kalo di tahun ke 15, pas anak kita mulai kuliah, mungkin keuangan lg seret
      dan 6 jt itu hanya cukup u bayar kuliah 1 semester doang,
      boro-boro bayar premi, mikirin uang kuliah semester depan aja bingung dari mana...

      tapi kalo saat ini ga punya uang, ambil aja UP yg kecil dulu
      150jt dulu... toh bayar preminya cuma 175rebu sebulan, ambil cicilan yg panjang... 12 th misalnya
      wah kekecilan atuh UP segitu mah... gapapa... namanya juga memulai
      taon depan waktu dapet bonus buru2 diubah, naikkan preminya biar UPnya bisa naik misalnya jadi 250jt
      kalo dapet bonus lg, naikkan lagi, UPnya jadi 400 misalnya
      begitu terus sampe dapet UP yang diinginkan.. . 750jt misalnya...

      kenapa sy pilih UL?
      ceritanya gini, dulu, waktu utak-utik aktuaria u perhitungan asuransi,
      sy punya data, brapa sih cost of insurance (COI) asuransi jiwa u seseorang pada usia tertentu
      bentuknya dalam % ... hitungannya agak panjang, sy beri contoh beberapa usia aja
      misalnya usia 35th... COInya sekitar 0,135%
      jadi kalo usia 35th pengen UP 1 M... COInya 1.350.000
      usia 36, naik jadi 0,145%  ...   begitu seterusnya

      COI ini harga pabrik lah... belom dikasih kemasan... nantinya di perusahaan asuransi akan dikemas
      makanya harganya naik... nilai premi lebih besar daripada COInya
      kalo di termlife... usia 35 tuh 2-3% ... tergantung perusahaan asuransinya
      logikanya gini... kalo preminya ga jauh dari COI... brarti murah... gampang kan?
      Nah, COI u usia 35th sd 54th... kalo dijumlahkan semua .. nilanya  sekitar 68-70jt

      makanya waktu dapet UL cuma perlu bayar 71,5 jt ... sy langsung tertarik
      apalagi... UL punya nilai investasi yg bisa sy utak-utik sendiri...

      tapi bukan brarti sy ga pake termlife ya... sy pake termlife u kondisi tertentu
      dan bukan brarti sy selalu pake UL... sy pake UL u kondisi tertentu juga

      menurut sy ga ada produk yg paling baik,
      yg ada orang yg bisa memanfaatkan produk dengan optimal
      tinggal kita bisa ga mengoptimalkan produknya

      memang, ilustrasi di atas mengesampingkan nilai uang terhadap waktu,
      ada orang yg bilang, mending 90jt tapi bayarnya nyicil, kan sisanya bisa ditumbuhkan dulu di investasi
      yaa kalo mampu menumbuhkan, kalo hasilnya malah berkurang bagaimana?

      Lagian kalo pake nilai uang terhadap waktu nanti ujung2nya tergantung pada kemampuan investasi seseorang,
      ada yg mampunya menumbuhkan 3% pertahun, ada yg mampunya 5% pertahun... ada yg tinggi, ada yg rendah
      ada lagi yg bukannya tumbuh malah ludes....
      biarlah itungan detilnya dijahit u setiap pribadi, sy hanya menggambarkan secara globalnya...

      kip de spirit haih

      prie

      From: mega2_thayeb@ yahoo.co. id
      Sender: SSR-Klub@yahoogroup s.com