UnitLink seri 8:Dah Terlanjur Beli Gimana?

  • Wishnu
    Message 1 of 6 , Jun 30, 2010
      http://bit.ly/bdb00D

      Yihaaaaaaaaaaaaaaa kembali di posting UnitLink seri 88…..Berani jamin dan
      taruhan (ngak Syariah nih..) dari semua tulisan gw tentang UnitLink seri 1-7
      jujur pasti kalian sangat menunggu-nunggu tulisan yang ini kan?yakin banget…
      hayo Ngakuuuuuuuu dah salah beli.. salah semua.. duit ngak balik, investasi
      berantakan… trus what next? what should I do? Apakah diteruskan atau
      dibatalkan? apakah kalau diteruskan saya rugi? bagaimana kedepannya? bisa ngak
      saya untung lagi? atau bisa ngak uang saya kembali???? dan seribu seratus
      pertanyaan lain yang saya yakiiinnn banget kalian mau tau jawabannya… kan kan
      kan???
      Anyway busway… jujur terus terang lagi… porsi ini adalah porsi yang paling
      sulit untuk dijelaskan, karena di Indonesia ada puluhan perusahaan asuransi
      dengan produk asuransi yang berbeda-beda (itu baru unitlink) nya aja, blom
      asuransi jenis tradisional lainnya. Oleh sebab itu akan sangat sulit untuk
      memberikan jawaban yang bisa di generalisir dan dipergunakan oleh khalayak umum
      (cieee bahasanya) karena masing-masing kasus berbeda. Saya akan coba memberikan
      hal-hal yang paling mendasar dulu ya. Selebihnya… ya terserah anda-anda
      sekalian.. (ngak mecahin masalah ya?) *kabuuuuurrr*…
      Perubahan Kesehatan
      Hati-hati dalam membatalkan polis yang sudah dibeli apabila dalam kurun waktu
      perlindungan yang sudah anda salah beli ini mungkin saja telah terdapat
      perubahan / penurunan kesehatan. Apalagi kalau asuransi Unitlink yang udah
      salah dibeli tadi ditambahin rider untuk critical illness atau hospital
      benefit. Hati-hati apabila terjadi perubahan kesehatan karena anda mungkin
      belum tentu bisa mendapatkan coverage atau perlindungan untuk penyakit yang
      sudah anda derita. Kalaupun bisa mendapatkan biasanya akan dikenakan biaya
      extra premi. INGAT, polis yang sudah anda salah beli itu dibeli ketika usia
      anda “lebih” mudaan, sehingga bisa saja preminya lebih murah dari sekarang.
      Mudah-mudahan anda bisa dilindungi di polis yang baru sebelum membatalkan polis
      yang lama. Lakukan perhitungan yang benar dan bandingkan dengan polis baru,
      kalau masih lebih murah… sikaaaat.
      Asuransi Pengganti
      Kalau anda tidak punya asuransi namanya un-insured dan posisi tersebut
      berbahaya. Sejelek-jelek asuransi salah beli yah tetep jelek yang salah beli
      hahahah… maksudnya paling ngak masih punya polis asuransi lah. Meskipun kalau
      anda sakit atau meninggal cuma dapet uang 50jt atau 100jt atau 150jt atau
      250jt…cukup ngak tuh? Jangan ngebayangin biaya-biaya serta premi yang akan
      hilang yang sudah anda bayarkan… siap-siap nangis darah deh..
      Hitung Jumlah Pengembalian Dana & Biayanya
      Ada teori yang menyatakan bahwa akan makan waktu minimum 3 tahun sebelum uang
      kita balik modal. Ada juga yang menyatakan 5 tahun sebelum balik modal.
      Jawabannya tidak ada yang pasti. Mengapa? Kaena ada beberapa sebab, yaitu
      setiap perusahaan asuransi mempunyai skema biaya yang berbeda. Yang pasti
      selalu sama adalah bahwa diawal-awal tahun anda akan terkena biaya yang sangat
      besar (note: untuk front load policy). Ada perusahaan yang mengenakan biaya
      ditahun pertama 90% dari premi yang dibayarkan, ada yg 80% ada juga yang 75%.
      Belum lagi biaya di tahun ke 2 yang biasanya besaranya bisa sampai dengan
      setengah dari biaya ditahun pertama. Anda bisa melakukan perhitungan
      diperlukan berapa %% return atau hasil investasi untuk bisa mengembalikan ke
      posisi awal pembayaran premi anda (Break-event point). Belum juga
      memperhitungkan hasil investasi kalau anda tempatkan uang anda di produk lain
      (contoh deposito deeehh… ) nah lho…Ini juga belum memperhitungkan biaya
      pengembalian dana yang katanya kena “Penalty” hahahha udah jatuh kejedot ubin
      ditimpa pakek tangga yang diatasnya ada pot bunga. Appeeesss..
      Ngomong-ngomong hasil investasi tadi, berarti anda juga harus cek lagi apakah
      selama anda beli polis ini hasil investasinya sudah maksimal atau belum. Kalo
      ketika kita tarik hasil investasinya atau pasar sedang jeblok maka hasil
      investasi anda akan minus alias rugi. Pengalaman teman-teman yang sudah kita
      bantu tarik ada yang rugi dari “cuma” 25% sampai rugi 90%… huaaaaaahhh duit
      semua itu..
      Belum Tentu Harus Ditutup
      OK saya ngerti banget anda semua sudah “ketipu” sama agen anda dan mengakui
      salah beli produk unitlink ini. OK saya mengerti banget kalau anda mau
      marah….(please marahnya ke agennya yaaaa jangan ke saya….. don’t kill the
      messenger…saya hanya menyampaikan pesan dan fakta yang pahit hihihi). OK saya
      mengerti banget kalau anda lemas dan lesu bahwa apa yang selama ini dijanjikan
      cuma “lips service” bahasa bibir yang manis. OK saya mengerti anda mau
      tereak-tereak. OK saya mengerti anda sudah rugi banyaaaaakkkk bangeeet…. rugi
      uang, dan yang paling penting dan tidak bisa tergantikan adalah rugi waktu
      (boooss kalau udah salah beli 3 tahun waktu anda yang sudah lewat 3 tahun ngak
      bisa kembali lhooo)… nah sekarang gimana cara beresinnyaaa…
      Jawabannya belum tentu langsung menutup polis anda…. akan tetapi yang sudah
      pasti menghentikan pembayaran premi anda untuk mencegah kerugian yang lebih
      lanjut lagi. Nah… karena setiap orang yang sudah salah beli ini punya banyak
      sekali kemungkinan-kemungkinan tergantung dari:
      1. Jenis Produk Asuransinya
      2. Perusahaan Asuransinya
      4. Besaran fee nya
      5. Riders alias asuransi tambahan yang dimiliki
      6. Usia masuk pada saat beli (kesalahan dilakukan)
      7. Usia sekarang
      8. Kondisi kesehatan
      9. Jenis produk investasinya
      10. Hasil investasinya
      11. Benefit lain
      Kebayangkan ada 10 pangkat 10 kombinasi yang bisa terjadi dengan polis yang
      anda miliki sekarang yang kalau dibahas satu persatu tidak akan pernah cukup di
      blog ini. Itulah kenapa sebabnya saya tidak pernah bisa memberikan jawaban
      secara detil dan pasti bagaimana cara menutup polis (kalau perlu di tutup) atau
      memperlakukan polis tersebut sebelum saya lihat dan pegang polis anda ditangan
      saya (beserta bukti hasil investasinya ya). Mungkin saja (saya bilang MUNGKIN
      yaaaaa… jangan salahin kalau kalian salah nutup/action) menutup polis yang
      belum berumur 3 tahun suatu tindakan yang tepat, akan tetapi melihat banyaknya
      kombinasi yang lain kita tidak bisa secara gegabah untuk melakukan itu tanpa
      persiapan-persiapan yang tepat.
      So… balik lagi baca dari atas… dan berhati-hati sebelum mengambil tindakan.
      Good Luck, sampai ketemu di topik berikutnya, plus sampai ketemu di #KopDarAFC
      membahas tentang UnitLink ini…
    • Yudhatama
      Message 2 of 6 , Jul 1, 2010
        saya cerita pengalaman saya deh
        saya bukan salah beli, tp malah salah ambil....

        jadi saya ikut asuransi dgn unit link, fixed rate gitu
        trus di floating saya taro duit 10jt

        tahun pertama saya kena DB, asuransi cover sekitar 75 persen  biaya
        dan proses cepat banget.... agennya dateng ke RS bawa buah2an segala
        saya tanya ke agennya
        gimana cara biar besok2 di cover 100 persen..?
        akhirnya dinaekin lah preminya...

        tahun ke 2-3... kayaknya duit saya kok gak naek2...

        tahun ke 5... karena perlu uang...
        dan ternyata uang saya yg di floating sudah jadi 30 jt
        saya ambil lah...

        sekarang tahun ke 6 saya menyesal...
        kalo gak saya ambil mungkin yg di floating rate lebih gede lagi
        karena saya liat grafiknya ditahun ke 6 naek banget...

        yaa sudahlah...
        sekarang unit yg di fixed
        perbulan lebih besar dari premi
        jadi itung2 tiap bulan gak bayar premi tp bayar unitlink aja

        dan kalo ada duit, saya mo balikin lagi tu yg di floating rate

        kalo menurut saya sih
        asuransi perlu BANGET, unit link.. plus aja
        dan gak jelek2 banget lah...kayak nabung aja biasa..