Acara Radio, 4/1/2010, 3:00 pm

  • SSR-Klub@yahoogroups.com
    Message 1 of 15 , Mar 31, 2010
      Reminder from: SSR-Klub Yahoo! Group

      Title: Acara Radio

      Date: Thursday April 1, 2010
      Time: 3:00 pm - 4:00 pm
      Repeats: This event repeats every week.
      Location: Jakarta
      Notes: Kantong Belanja
      Bersama: Ahmad Gozali
      Woman Radio 94,3 FM
      Jakarta

      Copyright © 2010  Yahoo! Inc. All Rights Reserved | Terms of Service | Privacy Policy
    • RUDI FERDIAN
      Message 2 of 15 , Apr 3 1:37 PM
        Hi
         Hi all,

        Mohon bantuan sarannya. Saya punya hutang kartu kredit hampir 200 juta yang selalu dibayar penuh dengan cara gali lubang tutup lubang dari kartu satu ke kartu lainnya.

        Insya Allah saya akan terima uang bonus kurang lebih 100 juta. Apakah ini saya harus bayarkan semua untuk kartu kredit ? Atau saya pakai 20% untuk bisnis ? Atau sebagaian saya pakai untuk DP rumah ?

        Sekali lagi mohon solusi atas kebingungan saya ini.

        Terima kasih jika ada yang memberi solusi.

        Terima kasih.

      • shaddik bagdadi
        Message 3 of 15 , Apr 4 5:32 PM
          Pak Rudi,

          Saran saya bayar semua hutang kartu kredit anda.
          Hutang kartu kredit adalah lintah darat, 3% per bulan dan bunga berbunga.

          Regards,
          Shaddik

        • mail2didit@gmail.com
          Message 4 of 15 , Apr 4 5:58 PM
            Saran saya gunakan uang bonus trsbt untuk menutup hutang kartu kredit yang paling tinggi bunganya, kalau masih ada sisa gunakan untuk menutup kartu kredit lain yang masih ada. Jangan gadaikan kebebasan finansial anda dengan memperkaya orang lain (perusahaan kartu kredit). Dan hal yang lebih penting apabila anda ingin mengurangi secara drastis pengeluaran anda, pakailah hanya satu buah kartu kredit dan hanya digunakan untuk kebutuhan mendesak anda. Apabila anda sudah dapat mengontrol pengeluaran anda, selanjutnya mungkin anda dapat gunakan uang anda untuk tujuan investasi, baik untuk usaha atau membeli rumah. Demikian.

            Salam,
            Didit

            Message 5 of 15 , Apr 4 7:30 PM
              Bayar sebagian hutangnya sisanya gunakan untuk usaha tentu saja usaha yg dpt menghasilkan keuntungan yg akan di gunakan untuk membayar hutang.

              Dari: shaddik bagdadi <shaddik@...>
              Judul: Re: [SSR-Klub] Bayar Hutang, Bisnis atau Investasi
              Kepada: SSR-Klub@yahoogroups.com
              Tanggal: Senin, 5 April, 2010, 7:32 AM

[...]

              Lebih Bersih, Lebih Baik, Lebih Cepat - Rasakan Yahoo! Mail baru yang Lebih Cepat hari ini!
            • nenes_nm@yahoo.com.sg
              Message 6 of 15 , Apr 4 7:56 PM
                Pak Rudi Yth,

                Ikutan nimbrung.. Pendapat saya bisa dibilang hampir sama dng pendapat rekan-rekan yg lain.
                Lebih baik lunasi dl pinjaman yg ada.

                Jangan lupa, untuk mengontrol pengeluaran.
                Baik itu pengeluaran yg dibayar melalui CC, debit card atau cash.
                Akan lebih baik lagi apabila Bapak bisa mengusahakan menghentikan pemakaian CC sampai semua pinjaman terlunasi. Anggap saja kita sedang dlm 'black periode'.

                Mungkin pembayaran scr cash terlihat old fashion, but it helps..
                Dan mungkin akan terasa spt dunia runtuh seketika, tapi akan jauh lbh baik dari pada kita tertimbun lebih dlm lagi..
                Good luck Pak Rudi..

                br//nenes

                Sent from my PinkBerry®
                powered by Lintang dan Laras

                Message 7 of 15 , Apr 4 9:14 PM

                  Menurut saya, bayar dulu semua hutangnya, baru nanti bila ada uang lagi untuk investasi atau bisnis...3% perbulan bunga berbunga itu sangat mengerikan bila tidak cepat2 dilunasi..
                  :)

                  Message 8 of 15 , Apr 4 10:20 PM

                    Jangan pernah melakukan minimum payment. Anda akan terjebak utang bertahun-tahun dan bikin bank jadi tambah kaya dari uang yang anda peroleh susah payah.

                    Bila anda punya utang kartu kredit 10.000.000 dengan bunga 3.25% per bulan dan anda hanya membayar cicilan minimum per bulan (biasanya 10 persen dari saldo terhutang) maka utang anda akan lunas dalam jangka waktu 43 bulan atau tiga setengah tahun lebih. Anda memberikan bunga kepada bank sebesar 4.360.000 atau 43.6% dari pokok utang anda.

                    Kalo mau cepet lunas bayar di atas pembayaran minimum dan dalam jumlah tetap.

                    Hutang kartu kredit adalah hutang paling buruk karena bunganya yang cukup tinggi 39% per tahun. KPR aja cuma kena bunga 10% se tahun.

                    salam,
                    wishnu

                    Message 9 of 15 , Apr 4 11:24 PM
                      Setuju dengan pendapat pak Wishnu
                      cuman yg KPR 10% setahun... mungkin BTN tidak... 15% dan tidak turun-turun...
                      salam-Jati

                      Message 10 of 15 , Apr 4 11:52 PM
                        Dear Rudi,

                        Kalo anda mau hidup tenang, saya sarankan supaya anda segera saja melunasi hutang kartu kredit anda sekiranya anda dipastikan akan mendapat Bonus. Saya sangat setuju bahwa hutang kartu kredit adalah hutang yang sangat buruk.

                        Rencana anda untuk bisnis atau bayar DP Rumah sebaiknya dilakukan nanti saja setelah semua hutang kartu kredit anda lunas.

                        Atau, kalo anda bersedia melakukannya, anda bisa saja melakukan negosiasi dengan setiap Bank untuk minta keringanan yang bisa saya pastikan bahwa di semua Bank fasilitas ini ada. Sayangnya kalo selama ini pembayaran kartu kredit anda lancar, maka keringanan yang diberikan Bank hanya sedikit bahkan mungkin tidak diberikan sama sekali. Sebaliknya, kalo pembayaran kartu kredit anda tidak lancar bahkan sampai beberapa bulan, dengan segala konsekwensinya, maka bisa dipastikan bahwa Bank akan memberikan keringanan yang cukup besar, bisa sampai 50%.

                        Sekarang pilihan ada di tangan anda.

                        Selamat mikirin, he..he..he..

                        Elzy Driandry

                        Dari: Wishnu <wishnu8289@...>
                        Judul: Jangan pernah melakukan minimum payment Re: [SSR-Klub] Bayar Hutang, Bisnis atau Investasi
                        Kepada: SSR-Klub@yahoogroups.com
                        Tanggal: Senin, 5 April, 2010, 12:20 PM

[...]

                        Yahoo! Mail Kini Lebih Cepat dan Lebih Bersih. Rasakan bedanya sekarang!
                      • regina yasmin

                          Message 12 of 15 , Apr 5 2:27 AM
                            Setuju.. sebisa mgkn bayar hutang kartu kredit dulu, dan gunakan cash dan tidak pakai credit card lagi.
                            Tapi outstanding balancenya masih ada kan? Kalau menurut anda lebih baik diteruskan membayar ke bank credit card tersebut sampai lunas atau diselesaikan dengan cara "hutang" yg lbh murah bunganya (misalnya KTA atau pinjaman lain ya?)

                            Cheers,
                            Bunda Mutia

                            Message 13 of 15 , Apr 6 4:18 AM
                              Rudi...,

                              sekedar sharing pelajaran yang saya terima dari http://www.richdadworld.com ( Robert Kiyosaki )...., bagaimana cara menyiasati hutang yang membebani....
                              udah saya coba dan bermanfaat.

                              ... jangan di-waris-kan...

                              anda tau simbul "Cashflow Quadrant" dari Robert Kiyosaki...
                              yaitu tanda "plus" ( + )... dengan...
                              ... di Kiri atas adalah E...
                              ... di Kiri bawah adalah S...
                              ... di Kanan atas adalah B...
                              ... di Kanan bawah adalah I...

                              lalu...
                              - Huruf E, diganti dengan nama sumber hutang anda.... misalnya: Bank A, kartu kredit V atau M #...
                              - Huruf S, diganti dengan minimal pembayaran yang harus dilakukan...
                              - Huruf B, diganti dengan total jumlah hutang anda saat ini (bulan ini)...
                              - Huruf I, diganti dengan "pembagian B dgn S".

                              buat dalam 1 kertas gambar2 "+" tsb (asumsi saya hutang anda ber-asal dari beberapa/banyak sumber)...

                              jadi...
                              - E adalah para pemberi hutang anda...
                              - B adalah total hutang anda...
                              - S adalah total minimal cicilan/pembayaran yang harus dilakukan...
                              - I adalah masa atau waktu untuk melunasi...

                              setelah I pertama selesai/dilunasi..., coret dengan tinta merah.... dan lanjutkan...

                              Robert Kiyosaki menganjurkan..., ketika satu hutang telah diselesaikan/dilunasi... anda (dan istri) harus "merayakan"... dengan demikian anda melakukan hal tsb dengan sadar dan tanggung jawab penuh...

                              dia merayakannya dengan membeli 2 botol Cocacola dingin (Robert dan Kim Kiyosaki)....!!!

                              ketika 1 I lunas, maka bulan selanjutnya I tsb akan hilang dari daftar hutang anda... beban hutang-pun berkurang...., lalu konsentrasi pada I-I selanjutnya secara ber-tahap...

                              karena itulah yang paling "mendesak" dan yang paling "mengganggu" anda...

                              bayangkan klo hutang anda tinggal 3 bulan... tapi anda tidak membayar... maka anda akan ditelp oleh si debt-collector 10x dalam sehari.... maka perasaan anda akan "down"...

                              hal ini berbeda dengan I yang paling besar... karena masa/waktu-nya masih panjang... biasanya, jika anda tidak bayar 2-3 bulan... anda masih/baru ditelp (langsung) oleh pihak pemberi hutang 1-2x dalam sebulan....

                              upayakan untuk lunasi I yang paling kecil secepat mungkin, bila perlu (jika cashflow-nya ngak ada / tidak mencukupi) abaikan I yang paling besar.... TAPI jangan sampai ada yang tidak dibayar selama 3 bulan ber-turut2... (disebut "kolek 3" / collection-3)... karena klo masuk "kolek-3" si pemberi hutang wajib melaporkan ke Bank Indonesia... maka anda menghadapi masalah lebih besar lagi, yaitu tidak dapat lagi melakukan pinjaman dengan semua "lembaga keuangan yang resmi" (bank, KTA, Kartu Kredit, Leasing dsb.dsb.dsb.).

                              jangan pinjaman dari "lintah-darat" (untuk melunasi hutang yang ada) karena anda akan dihisap sampai "mati" (maaf).... lebih baik anda samperin pemberi pinjaman dan ber-negosiasi...

                              negosiasi akan lebih mudah dengan I yang paling besar (paling panjang/lama masa pelunasannya).

                              Rangkuman....

                              Jadi...

                              1. pastikan anda dapat membayar/mencicil seluruh total S ( di atas )....
                              2. upayakan, dengan serius, untuk segera/secepatnya melunasi I yang paling kecil...
                              3. lalu, secara ber-tahap, lunasi I-I selanjutnya.

                              Catatan:
                              - lebih baik melunasi hutang satu per satu dari pada mengurangi semua hutang (secara bersamaan) tapi tidak ada yang dilunasi satu-pun....
                              - karena hutang yang sudah lunas akan hilang dari beban daftar hutang anda... karena hutang-nya hilang maka kemampuan finansial (kemampuan membayar hutang - yang lain) anda meningkat....

                              Tulisan tsb di atas adalah hanya mengenai "bayar hutang"...

                              bagaimana dengan "bisnis atau investasi"...??
                              ... sebenarnya bisa juga anda ke sini, tapi saya sarankan mem"bebas"kan diri anda dari hutang akan lebih baik.... karena di sini adalah "pisau bermata dua", jika salah akan lebih membebani anda.

                              silahkan dicoba, jika berkenan, dan semoga bermanfaat.

                              salam,
                              BUDI Rachmat
                              http://bit.ly/5OU9Jv

                              Follow me:
                              - Twitter @ http://twitter.com/budi_rachmat
                              - FB @ http://facebook.com/BudiRachmat.WSaK
                              ( WSaK = Wealth Strategy ala Robert KIYOSAKI )

                              Message 14 of 15 , Apr 6 7:21 AM
                                menurut penerawangan saya, anda termasuk tipe yang sulit berdisiplin dg utang, jadi segera mungkin harus bayar itu utang, masalah bisnis nanti kalo udah gak ada utang/lunas. saya pernah juga sharing dg kawan yg punya utang 40juta dari beberapa KK gali lubang tutup lubang juga,saya beri saran yg sama, namun dia gak jalanin utk nutup dari uang cashnya, malah nambah apply lagi KK, akhirnya utangnya naik jadi 60juta dalam waktu singkat.
                              • Andriansah
                                Message 15 of 15 , Apr 6 7:43 PM
                                  Betul

                                  Hutang kartu kredit seperti lingkaran setan, apalagi jika kita tidak bisa membayar dengan lebih dari minimum payment. Saya sekarang sedang mengalaminya, dan saya sedang terengah-engah untuk melunasinya.

                                  Betul untuk yang bilang kalau mau cicil rumah lebih baik tidak punya hutang kartu kredit, perbaiki cash flow pengeluaran dan pemasukan anda, serta perbanyak pendapatan anda.

                                  Jika anda ingin berbisnis, banyak caranya, banyak ragamnya, banyak nilai awal investasinya, dari yang 50 ribu sampai 100 jt pun ada, bahkan yang tanpa modal pun anda. tinggal pilih yang cocok dengan keuangan anda.

                                  2010/4/6 Anas Lee <anas.lee@...>
[...]

                                  Konsultasi? Ingin menjadi klien?
                                  Hubungi Safir Senduk & Rekan di (021) 57998024
                                  atau email ke halimah@...

                                  Ingin mendapatkan Artikel & Tanya Jawab Rutin
                                  di email Anda tentang Perencanaan Keuangan?
                                  Kirimkan email kosong Anda ke alamat
                                  SSR-InfodanArtikel-subscribe@yahoogroups.com

                                  Kunjungi www.perencanakeuangan.com

                                  <*> Your email settings: