Bls: [SSR-Klub] Investasi emas melalui goldgram dengan pool account

  • Risman Arif
    Message 1 of 25 , Oct 4, 2009
      lebih baik lewat pedaian pak, setau saya systemnya lebih aman karena harga emas disepakai di depan dan di kunci langsung dan bisa dicicil.tidak ada bunga juga kok, dan klo diitung-itung harganya sama saja dengan yang di goldgram.cuma dalam hal ini karena goldgram melakukan transaksi dengan harga spot berarti ada unsur spekulasi juga.saya kira untuk yang mempunyai style konservatif atau tidak mau ber tegang ria dalam memperhatikan harga spot lebih baik menuju ke pegadaian yang sudah pasti dan aman tanpa memikirkan SDB, bunga, biaya dll.

      Dari: Agung Budi Prabowo <ab_prabowo@...>
      Judul: [SSR-Klub] Investasi emas melalui goldgram dengan pool account
      Kepada: SSR-Klub@yahoogroups.com
      Tanggal: Jumat, 2 Oktober, 2009, 2:03 PM

      Hi bro & sis,

      Ada yang punya pengalaman beli emas di goldgram & investasi melalui pool account gak ?

      Rupanya goldgram punya program baru dimana kita tidak perlu jauh2 ke Cikini untuk beli emas, cukup melalui transaksi online aja.

      http://goldgram. co.id/about_ poolaccount. php

      Terus terang saya tertarik, tetapi minta pendapat teman2 dulu dengan model investasi seperti ini. Apakah recommended ?

      Mungkin pak Freddy yang perlu komentar, secara beliaulah dulu yang mengenalkan goldgram kepada kita semua di milis ini.

      Thanks,
      Agung Budi

      Menambah banyak teman sangatlah mudah dan cepat.
      Undang teman dari Hotmail, Gmail ke Yahoo! Messenger sekarang!
    • | IwenKirno |
      Message 2 of 25 , Oct 5, 2009

        benar beli nyicil emas nggak ada bunga di pegadaian?.
        saya lihat di gambar ini ternyata ada margin keuntungannya
        harga emas Rp 3.021.000 (10 grm) total yg harus dibayar
        Rp 3.383.520 cicilan 12 bulan!.

        saya mulai invest di emas mulai tahun ini menggunakan
        sistem gadai syariah, yang saya peroleh dari ebook
        "cara cerdas berkebun emas". biasanya saya beli tiap bulan emas
        batangan lewat Antam. kemudian gadai dan titip 1 thn
        saya beli lagi terus gadai lagi begitu sampai 10 tingkat.

        buat yang di goldgram belum coba, baru lihat-lihat websitenya

        saya coba hitung perbandingan seandainya saya beli lewat
        goldgram dengan antam jangan dijadikan acuan lho......
        soalnya saya baru lihat-lihat websitenya.
        contoh
        - harga spot jual goldgram hari ini 5/10/09 Rp 313.500
        saya biasa beli yang 5 grm = Rp 1.567.500
        kalau mau diambil harus + Rp 54.100 (ongkos nyetak)
        total = Rp 1.621.600

        - harga jual emas 5 gram di logammulia.com = Rp 1.638.300

        goldgram lebih murah Rp. 16.700 x 12 = Rp 200.400
        tapi goldgram ada biaya administrasi Rp 300.000
        jadi goldgram lebih mahal Rp 100.000.

        keuntungan goldgram
        - ada safe deposit (katanya administrasi yang 300 000 buat itu).
          antam palingan simpen dilemari atau nyewa safe box

        - bisa nyicil tanpa bunga.

        Harga Spot Emas : Rp.   300.000,- per gram Beli 1 Gram
        Harga Spot Emas : Rp.   295.000,- per gram Beli 1 Gram
        Harga Spot Emas : Rp.   280.000,- per gram Beli 1 Gram
        Harga Spot Emas : Rp.   305.000,- per gram Beli 1 Gram
        Harga Spot Emas : Rp.   310.000,- per gram Beli
        1 Gram +
        TOTAL                 : Rp.1.490.000,-                      5 Gram

        Rata-Rata Per Gram  = Rp.1.490.000,- dibagi 5 Gram = Rp. 298.000,-

         ilustrasi diatas nyicil bukan yah?

        - bisa di ambil bentuk fisik (ada biaya cetak).

        - bisa beli dan jual saat harga bagus.
           kalau emas antam ribet jual dan beli, pake ongkos!

        kerugian...aman nggak yah sistem online-nya.

        saya tanyakan CS goldgramnya "aman nggak?"
        katanya "kami sudah bergerak dibidang emas cukup lama"

        ditunggu sharingnya buat yang lain
        mungkin bisa jadi alternatif beli emas selain
        di Antam

        Iwan Dwi Santoso

        Kaos Anak Unik
        Hanya ada di
        www.kaosraos.com

        Cara cerdas invest emas
        hanya ada di
        www.kebunemas.com

        --- Pada Jum, 2/10/09, Agung Budi Prabowo <ab_prabowo@yahoo. com> menulis:

        Dari: Agung Budi Prabowo <ab_prabowo@yahoo. com>
[...]

      • Freddy Pieloor ANTARA
        Message 3 of 25 , Oct 5, 2009
          Dear Rekan Agung Budi,

          Terima kasih atas email Anda.

          Saya selama ini membeli LM baik ke goldgram
          maupun ke toko lain, secara phisik.

          PoolAccount ini untuk memudahkan Anda untuk
          mencicil membeli LM, secara gram-an, dan phisik
          belum Anda pegang, karena LM-nya tidak dicetak
          dan setelah cukup besar gram-an nya, maka Anda
          bisa mengambil LM tsb.

          Contoh:
          Bulan Januari 2009, Anda membeli 5 gram
          Februari 2009 - September Anda membeli masing2 10 gram
          dan di Oktober 2009 Anda membeli lagi sebesar 15 gram,
          maka total LM yang Anda miliki adalah 100 gram.
          Bila Anda mau mengambil LM Anda sebesar 100 gram,
          Anda hanya akan dikenakan ongkos 1 X yaitu ongkos 100 gram.

          Sedangkan ongkos 5 gram (1X), 10 gram (8X) dan 15 gram (1X)
          tidak dibebankan kepada Anda, karena phisiknya tidak Anda
          miliki selama ini.

          -------------

          Untuk tingkat keamanannya, saya belum mengetahui secara
          detail, jadi saya tidak bisa memberikan komentar tentang
          tingkat security-nya.

          Demikian.

          Salam hidup mandiri,
          Freddy Pieloor
          Financial Counselor
          Member of "Indonesian Independent Financial Planner Club"
          fpieloor@...

          www.theAntara.com
          Insurance Brokers & Claims Consultant

          “Insurance is one of financial solution
          beside investment, and we determine it for you”

          Dari: Agung Budi Prabowo <ab_prabowo@yahoo. com>

        • pingkhan78@yahoo.com
          Message 4 of 25 , Oct 5, 2009
            Dear iwan,

            Bagaimana caranya utk mulai invest emas lewat sistem syariah? Thx be4

            Salam
            Pingkan.

            Message 5 of 25 , Oct 5, 2009
              Yth. Pak IwenKirno

              Boleh disharing e-book "cara berkebun emasnya pak"
              Trims

              Dari: Agung Budi Prabowo <ab_prabowo@yahoo. com>
[...]

              Akses email lebih cepat.
              Yahoo! menyarankan Anda meng-upgrade browser ke Internet Explorer 8 baru yang dioptimalkan untuk Yahoo! Dapatkan di sini! (Gratis)
            • Risman Arif
              Message 6 of 25 , Oct 5, 2009
                hanya sedikit mengkritik unsur ketidakpastian dan adanya unsur spekulasi jika mengikuti harga spot.persis valas atau saham yang bisa naik turun ndak jelas.setidaknya di gadai syariah harga langsung di satle hari itu dan tidak berubah lagi jadi bisa dijadikan acuan investasi.
                yang pakai onLine itu regulasinya pakai apaan? dia cuma badan hukum dagang biasa?klo dia ngikut harga runing atau harga spot tentunya dia ada regulasi khusus dan itu ribet.saya liat sekilas itu yang pke onLine kok cuma nyediain server doang buat jalanin harga spot?apa ndak bahaya tuh di mainin sama dia (walau sekian $ per try onz).alasan server ngaday t lah, akses dari client yang ngadat lah. itu menjadikan masalah menjadi rumit klo lewat OnLine.dia harus masuk ijin bursa berjangka, sebab jika tidak itu termasuk melanggar aturan (setidaknya yang berlaku di daerah hukum indonesia). konsekuensinya? ya... klo toko emas nya baru ada masalah siapa yang menanggung resiko?lebih aman di institusi yang jelas dan aman tho? di pegadaian syariah istilahnya bukan bunga tapi margin. toh klo diitung sama juga jatuhnya.lebih mahal sedikit tapi dijamin aman dan barokah. daripada lebih murah sekian rebu perak tapi masih meragukan?
                oh ya, tambahan lagi. disitu di webb jual emas onLine itu diwajibkan aktifasi 1jt dengan mendapat langsung 3gr emas di account poolnya. ini sih sama saja beli dengan harga diatas rata-rata sekarang bos.. alias ntuh kita belum bertarung di harga spotnya udah ketahuan ruginya, hehehehe....

                Judul: Re: Bls: [SSR-Klub] Investasi emas melalui goldgram dengan pool account
                Kepada: SSR-Klub@yahoogroups.com
                Cc: iwenk34@...
                Tanggal: Senin, 5 Oktober, 2009, 8:52 AM

                Dari: Agung Budi Prabowo <ab_prabowo@yahoo. com>
[...]

                Lebih aman saat online.
                Upgrade ke Internet Explorer 8 baru dan lebih cepat yang dioptimalkan untuk Yahoo! agar Anda merasa lebih aman. Gratis. Dapatkan IE8 di sini!
              • big sugeng big
                Message 7 of 25 , Oct 5, 2009
                  Kelihatannya sih menarik, tapi saya melihatnya memang harus ada unsur "kepercayaan", sehingga mirip-mirip seperti bank. Masalahnya kalau bank kan ada pengawas dan LPS, saham juga ada pengawasnya. Untuk bisnis ini siapakah yang jadi lembaga pengawas yang dapat dipercaya untuk menjaga bisnis "kepercayaan" tadi? Dalam kondisi semua investor tidak "mempercayai" apakah ada jaminan bahwa emas yang kita punya memang siap dan utuh di safety box? Tapi kalau melihat ada jeda antara waktu mencetak berarti emasnya mungkin masih di ANTAM?
                  Kalau dalam kondisi normal saya yakin sih...
                  mungkin ada pendapat dari pakarnya?
                  salam,
                  sugeng lagi belajar berkebun emas

                  Message 8 of 25 , Oct 6, 2009
                    Dear all,

                    Bagaimana cara invest emas lewat pengadaian, mohon penjelasannya yg sudah mengikuti atau punya pengalaman investasi emas lewat pengadaian.
                    Thx be4.

                    Salam
                    Pingkan

                    From: Risman Arif <rismanarif@...>
                    Date: Mon, 5 Oct 2009 23:15:03 -0700 (PDT)
                    To: <SSR-Klub@yahoogroups.com>

                    Message 9 of 25 , Oct 6, 2009
                      Buat ibu Pingkhan mungkin bisa membantu..........

                      Dikutip dari Radarlamteng
                      Senin, 24 Agustus 2009 06:16:15

                      Investasi Emas di Pegadaian

                      Masada/BANDARJAYA

                      Pegadaian Cabang Bandarjaya memasarkan produk kredit logam mulia, dalam bentuk batangan yang diberi nama program Mulia (MUrababah Logam mulia untuk Investasi Abadi). Dengan program Mulia, masyarakat bisa memiliki investasi berupa emas batangan yang bisa dibeli dengan cara mengangsur maupun tunai.

                      Kepala Cabang Pegadaian Bandarjaya, Sri Winarti mengatakan, produk Mulia baru saja diperkenalkan di Lampung Tengah selama kurang lebih dua bulan. Secara nasional, produk ini sudah lama. Diakui Sri, setelah diperkenalkan kepada nasabah, tidak sedikit yang berminat dan langsung kredit emas batangan.

                      Menariknya, melalui program ini, masyarakat bisa memiliki logam mulia dengan cara kredit maksimal 24 bulan. Di ruang kerjanya, Pegadaian Cabang Bandarjaya, Sri memperlihatkan beberapa gram logam mulia yang sudah di kredit nasabahnya. Dengan berat lima gram dan sepuluh gram. Dikatakan Sri, barang akan diberikan kepada nasabah, jika kredit sudah lunas.

                      ”Mulia merupakan kredit pembelian emas batangan. Investasi di Mulia lebih cenderung aman dan mudah untuk dijual. emas batangan yang dikreditkan melalui program Mulai adalah emas murni logam mulia bersertifikat. Berat minimal logam mulia yang dikreditkan mulai 5 gram hingga 1 kilogram. Masyarakat bisa memilih untuk membeli emas yang beratnya berapa gram. Bisa 5 gram, 10 gram, 15 gram dan seterusnya hingga 1 kilogram,” ujar Sri.

                      Menurutnya, bagi yang berminat memiliki investasi emas batangan melalui Pegadaian, DP kredit sebesar 30 persen dari harga logam mulia. Yang harganya tergantung pada saat akad kredit. Dan sisanya bisa diangsur mulai 1 bulan hingga 24 bulan.

                      Harga kredit di Pegadaian berlaku berdasarkan saat akad kredit. Nilai kredit tidak tergantung dengan harga emas di pasaran. Kalau saat akad harga emas murah, dan selama setahun kemudian harga emas melambung, cicilan tetap sama. Dan ini salah satu yang menguntungkan bila investasi di emas mulia.

                      Dicontohkannya, membeli emas batangan berat 5 gram dengan DP 30 persen, berarti pelanggan membayar uang muka sekitar Rp500 ribu (tergantung harga emas saat akad kredit). Bila kredit selama 6 bulan, setiap bulan membayar angsuran sekitar Rp200 ribuan. ”Setelah kredit selesai, baru emas bisa diterima,’’ tegasnya seraya mengatakan, syarat membeli emas batangan di Pegadaian cukup foto copy KTP yang masih berlaku.

                      Pegadaian memperoleh emas batangan bekerjasama dengan PT Aneka Tambang atau Antam. Yang merupakan Badan Usaha Milik Negara (BUMN) dan bergerak di bidang pertambangan dan pemrosesan mineral, terdiversifikasi, dengan fokus utama pada nikel, emas, perak, dan bauksit.

                      ’’Membeli logam mulia batangan bisa dengan cara tunai dan kredit. Tergantung kemampuan. Program ini ditawarkan bagi mereka yang benar-benar ingin berinvestasi dengan cara yang menguntungkan,’’ tambahnya.

                      Salam,

                      Meiana

[...]

                      Sent from my BlackBerry® smartphone from Sinyal Bagus XL, Nyambung Teruuusss... !

                      From: Risman Arif <rismanarif@yahoo. co.id>
                      Date: Mon, 5 Oct 2009 23:15:03 -0700 (PDT)
                      To: <SSR-Klub@yahoogroup s.com>

                      Message 10 of 25 , Oct 7, 2009
                        Dear Pak Pingkan,

                        Persyaratan untuk berinvestasi melalui Logam Mulia yaitu :
                        • Copy KTP Pemohon
                        • Copy Kartu Keluarga
                        • Membayar uang muka 30%
                        Sedangkan untuk harga Logam Mulia sendiri adalah sebagai berikut :

                        Harga Produk Mulia (Rp)

                        Harga 5 gr
                        :
                        1,633,500
                        Harga 10 gr
                        :
                        3,241,000
                        Harga 25 gr
                        :
                        8,038,500
                        Harga 50 gr
                        :
                        16,023,000
                        Harga 100 gr
                        :
                        32,002,000
                        Harga 250 gr
                        :
                        79,840,000
                        Harga 1.000 gr
                        :
                        319,000,000

                        Tanggal Update : 02 Oktober 2009

                        Sedangkan sisa pembayaran produk Logam Mulia yang 70% dapat dicicil selama kurun waktu 3, 6, hingga 12 bulan. Ilustrasi pembayaran beserta margin dari Pegadaian secara lebih lengkap dan detail mungkin bisa ditanyakan langsung ke petugas di Pegadaian terdekat di kota bapak. Semoga bermanfaat.

                        Happy investing,
                        Dimas

                        From: Risman Arif <rismanarif@...>
                        Date: Mon, 5 Oct 2009 23:15:03 -0700 (PDT)

                        Message 11 of 25 , Oct 7, 2009
                          Menambah pertanyaan pingkhan,
                          Tingkat increment harga per tahun berapa?. Apa tidak terdevaluasi oleh inflasi??
                          Saya baru dari penggadaian ambil formulir dan dikasi bebeberapa pilihan beli baik cash dan cicilan, emas yg kita beli akan didelivered dalam 2 minggu dan kalau kita simpan di penggadaian akan dikenakan charge 1% per 4 bulan atau 3% per tahun. Ada yg punya informasi historis harga emas dalam beberapa tahun ke belakang?
                          Menunggu kalau ada masukan.

                          Dari: | IwenKirno | <iwenk34@...>
                          Cc: iwenk34@...
[...]

                          [The entire original message is not included]
                        • rinnaldy@gmail.com
                          Message 12 of 25 , Oct 7, 2009
                            Pak Iwan, sy tertarik mengenai gadai emas syariah nya. Bisa minta informasi lebih lanjut? Japri jg boleh, tp kalau pun ke jalum lebih baik lagi sehingga rekan2 disini jg bisa tau 'ilmu' nya.

                            Tx
                            Rinnaldy

                            Powered by Telkomsel BlackBerry®

                            Message 13 of 25 , Oct 7, 2009
                              Maaf mungkin yang saya berikan adalah
                              prinsipnya saja, karena kalau detail
                              saya tidak bisa menjelaskan,
                              bisa melanggar HAKI dari pak Rully Kustandar
                              penulis e-book "cara cerdas investasi emas" seharga 250 ribu

                              sekali lagi maaf yah!, mungkin ada yg lebih
                              baik dari saya dan bisa sharing

                              prinsipnya adalah kita punya emas
                              kemudian di gadai (bank syariah) titip 1-2 tahun
                              hasil gadaian kita belikan emas lagi..........titip 1-2 tahun lagi
                              begitu seterusnya.
                              jadi bila ada kenaikan harga emas tinggal kita tebus dan dapat marginnya
                              jangan lupa investasi ini jangka panjang 1-3 tahun
                              dan ingat sodaqoh kalau ada marginnya hehehehe.....

                              Iwan Dwi Santoso

                              Kaos Anak Unik
                              Hanya ada di
                              www.kaosraos.com

                              Cara cerdas invest emas
                              hanya ada di
                              www.kebunemas.com

                              Message 14 of 25 , Oct 8, 2009
                                Sayang sekali pak iwen gak bisa sharing lebih jelasnya cara berinvestasi emas, padahal teman2 semua sudah menunggu penjelasan yg lebih detail lagi. Btw is oke

                                Salam
                                Pingkan

                                Dari: Agung Budi Prabowo <ab_prabowo@yahoo. com>

                              • arry_wulandari@yahoo.com
                                Message 15 of 25 , Oct 8, 2009
                                  Tq 4 informasinya. Sangat membantu.

                                  From: Risman Arif <rismanarif@yahoo. co.id>
                                  Date: Mon, 5 Oct 2009 23:15:03 -0700 (PDT)
                                  To: <SSR-Klub@yahoogroup s.com>

                                  Message 16 of 25 , Oct 13, 2009
                                    2009/10/5 Freddy Pieloor ANTARA <antara01@...>

> [...]
                                    > mencicil membeli LM, secara gram-an, dan phisik
                                    > belum Anda pegang, karena LM-nya tidak dicetak
                                    > dan setelah cukup besar gram-an nya, maka Anda

                                    Saya baca di websitenya, untuk membeli atau menjual LM di goldgram
                                    pelanggan diwajibkan buka "pool account", dimana terdapat biaya:

                                    - Biaya Aktifasi GOLDGRAM Pool Account Rp. 1.000.000,- (dapat 3 gram LM)
                                    - Biaya Administrasi 1 Tahun Rp. 300.000,-
                                    - Deposit Transaksi GOLDGRAM Pool Account Rp. 200.000,- (Refundable)*

                                    Jadi kalau kita sudah memiliki LM, kemudian hanya ingin menjual ke
                                    goldgram, maka biaya-biaya diatas harus kita tanggung juga.
                                    Mohon dikoreksi.
                                  • sunardimardjuki@yahoo.com
                                    Message 17 of 25 , Oct 13, 2009
                                      Ohhh begitu ya beli emas melalui goldgram. Menurut sy mendingan beli dinar di Gerai Dinar dong. Kalau mau cicil tinggal buka account di <m-dinar.com> dgn dana mininmal rp 350rb. Kalau pembelian sudah mencapai 1 dinar baru secara phisik dinarnya bisa diambil. Kalo mo jual ya tinggal kkirim dinarnya lsg dibayar ke rekening kita tanpa ada biaya apapun.

                                      Sent from my BlackBerry®
                                      powered by Sinyal Kuat INDOSAT

                                      From: Sulaiman <siemans@...>
                                      Date: Tue, 13 Oct 2009 22:13:27 +0800
                                      To: <SSR-Klub@yahoogroups.com>

                                      2009/10/5 Freddy Pieloor ANTARA <antara01@indosat. net.id>

> [...]

                                      Jadi kalau kita sudah memiliki LM, kemudian hanya ingin menjual ke
                                      goldgram, maka biaya-biaya diatas harus kita tanggung juga.

                                    • suN t
                                      Message 18 of 25 , Oct 14, 2009
                                        mohon informasi dong kelebihan gerai dinar apa?
                                        manfaat yg sudah diperoleh dlm investasi diar ini spt apa?
                                        kl mau dijual apa ada kesulitan?
                                        tks

                                        From: Sulaiman <siemans@...>
                                        Date: Tue, 13 Oct 2009 22:13:27 +0800

> [...]

                                        Jadi kalau kita sudah memiliki LM, kemudian hanya ingin menjual ke
                                        goldgram, maka biaya-biaya diatas harus kita tanggung juga.

                                      • iwan budhiarta
                                        Message 19 of 25 , Oct 21, 2009
                                          Lebih baik memang lewat Gerai DInar saja...dijamin murni syariah !

                                          From: Sulaiman <siemans@gmail. com>
                                          Date: Tue, 13 Oct 2009 22:13:27 +0800
                                          To: <SSR-Klub@yahoogroup s.com>

> [...]

                                          Jadi kalau kita sudah memiliki LM, kemudian hanya ingin menjual ke
                                          goldgram, maka biaya-biaya diatas harus kita tanggung juga.

                                          Get your new Email address!
                                          Grab the Email name you've always wanted before someone else does!
                                        • Seno Adji Iman
                                          Message 20 of 25 , Nov 8, 2009
                                            Yg penting, keuntungan dari kenaikan harga emas minimal bisa menutup biaya2 yg harus dibayar. Kalau tidak bisa spt itu, modal emas kita (yg dibayar sbg biaya investasi di awal) akan semakin tergerus. Apakah petugas marketing dari bank syariah dimaksud bisa menjelaskan hasil simulasinya secara detail? Mohon saran, terimakasih.

                                            Dari: Agung Budi Prabowo <ab_prabowo@yahoo. com>
[...]

                                            New Email names for you!
                                            Hurry before someone else does!
                                          • Seno Adji Iman
                                            Message 21 of 25 , Nov 8, 2009
                                              Info yg saya tahu (dr salah satu buku), ktnya tingkat kenaikan emas "selalu" lebih tinggi dr tingkat inflasi rata2. Dlm beberapa tahun terkahir ini harganya selalu naik (tidak spt saham, selalu naik dan kemudian turun). Investasi di emas tingkat fluktuasinya lebih stabil, hanya yg perlu dicermati adalah biaya2 yg terkait dgn pembelian, penjualan dan penyimpanan emas tsb. Biaya2 tsb jangan sampai lebih tinggi dr yield yg bisa direalisir.

                                              Message 22 of 25 , Nov 14, 2009
                                                Sebaiknya berinvestasi emas dgn institusi yg sdh mapan dan punya nama, jangan sampai terjebak dgn "money game" yg akhirnya merugikan investor.

                                                Message 23 of 25 , Nov 15, 2009

                                                  http://www.bappebti.go.id/?pg=harga_bursa
                                                  http://www.kitco.com/charts/historicalgold.html

                                                  --
                                                  eco
                                                • Putu Siswantara
                                                  Message 24 of 25 , Nov 18, 2009
                                                    Hello semua,
                                                    Mohon maaf ya,..saya orang awam di bidang investasi dan saya tertarik berinvestasi di Emas. Mohon bantuannya dari mana, atau adakah buku yang menjelaska secara detail cara kerjanya.
                                                    Salam
                                                    Putu

                                                    Terkirim: Sab, 14 November, 2009 17:44:46

                                                    Dari: Agung Budi Prabowo <ab_prabowo@yahoo. com>
[...]

                                                    Yahoo! Toolbar kini dilengkapi Anti-Virus dan Anti-Adware gratis. Download Yahoo! Toolbar sekarang .