Re: [SSR-Klub] Tanya KPR Syariah

  • Yassin Hidayat
    Message 1 of 10 , Dec 2, 2004
      Loh, kalo sama dengan KPR bank umum, lantas apa
      bedanya cuma jangka waktunya thok ? Anda pernah punya
      pengalaman dengan KPR Syariah ? Share dong,,,

      Thanks,
      Hidayat

      --- Syahrul Ramadhan <syahrulramadhan@...>
      wrote:

      > Syarat KPR Syariah = KPR bank umum tapi kalau tidak
      > salah jangka waktunya
      > hanya sampai 8 tahun (bank syariah mandiri).
      >
      > salam
      > syahrul r

      > kurang
      > syarat-syarat

      The all-new My Yahoo! - Get yours free!
      http://my.yahoo.com
    • my_e_pack
      Message 2 of 10 , Dec 7, 2004
        Bisa di check di syariah Mandiri...

        Bisa 10 tahun kok...

        http://www.syariahmandiri.co.id/produkdanjasa/pembiayaan/murabahah.php

        > --- Syahrul Ramadhan <syahrulramadhan@b...>

        > The all-new My Yahoo! - Get yours free!
        > http://my.yahoo.com
      • oky ardiyanto
        Message 3 of 10 , Dec 7, 2004

          Mengenai jangka waktu KPR sih relatif tapi menurut info yang saya
          baca, untuk KPR Syariah konsumen cukup berhubungan dengan Bank yang
          mengucurkan kredit secara syariah, kemudian bank tersebut akan mencari
          mitra (developer) yang menerapkan konsep syariah.

          Mengenai perhitungan margin (di sistem konvensional di kenal dengan
          bunga) ditetapkan berdasarkan kesepatan ... nah ini yang saya juga
          sedang cari info nya.

          Silakan ditambahkan ... atau comment

          Oky
          u:http://www.oky.or.id
          e:oky@...

          --- In SSR-Klub@yahoogroups.com, Yassin Hidayat <hidayatimx2004@y...>
          wrote:

> [...]
          > bedanya cuma jangka waktunya thok ? Anda pernah punya
          > pengalaman dengan KPR Syariah ? Share dong,,,

        • RSK Damayanti
          Message 4 of 10 , Dec 9, 2004
            Barusan habis baca posting bisnis yang pakai sistem jual beli,
            kayaknya KPR syariah pakai seperti itu juga.
            Kalau nggak salah istilahnya akad murabahah ya? (mohon koreksi dari yang berkompeten).
            Jadi harga jual (harga yang harus dikembalikan oleh kita kepada bank) ditetapkan terlebih dahulu,
            kemudian dibagi sesuai jangka waktu pinjaman, misalnya 5th, 7th dsb.

            Kalau KPR konvensional, saya ndak ngerti ngitungnya..

> [...]
            >
            > Mengenai perhitungan margin (di sistem konvensional di kenal dengan
            > bunga) ditetapkan berdasarkan kesepatan ... nah ini yang saya juga

            RSK Damayanti
            PT PJB Unit Pembangkitan Cirata
            Plered, Purwakarta 41162
            Telp. 0264 - 270840 (ext. 3011)
            Fax. 0264 - 270859
            e-mail rskdamayanti@...
          • Yudi Yanto
            Message 5 of 10 , Dec 12, 2004
              saya pernah searching ttg KPR syariah, coba anda buka
              websitenya Bank Muamalat Indonesia:
              http://www.muamalatbank.com/
              disitu cukup lengkap dan ada simulasi pembayarannya
              jg.
              semoga membantu

              -yudi-

              Message 6 of 10 , Dec 12, 2004
                Saya sdh coba simulasikan pembiayaan syariahnya,,,memang jatuhnya jadi lebih mahal dibanding bank konvensional. Tapi, insyaAllah 'aman' dari sisi syariat,,,hanya saja kadang berpikir, gmn konsumen akan tertarik kalo margin ( keuntungan )-nya jadi gede begitu ? kenapa ya mereka ( bank syariah ) kok malah gak kompetitif, apa cukup hny mengandalkan segi syariahnya saja ? gmn dg rata2 kondisi finansial umat yang rata2 'mepet' ? Apa gak ada usaha utk lebih 'memberdayakan' mereka hingga memiliki rumah idaman ?

                http://mail.yahoo.com

              • Adhi Yoedo
                Message 7 of 10 , Dec 13, 2004
                  Memang hal itu benar ..... tapi bukan semata2 salah bank syariah .... salah satu faktor penyebabnya adalah pajak
                  Saya kurang ngerti detailnya karena dulu pernah baca tapi nggak ngerti  ... pokoknya ada hubungan dengan pajak  double...

                  Tapi ... ada tapinya juga .... selain faktor  "nggak enak" karena  jatuhnya lebih mahal ... sebenarnya  ada enaknya juga
                  1. Tidak akan terjadi di tengah2 jangka kita membayar kredit bank merubah  bunga ...
                       + hal ini banyak terjadi pada bank konvensional ... contohnya waktu krismon ... bank Papan Sejahtera menaikkan
                          bunga KPR sampai2 banyak yang nggak bisa bayar
                        + sekarang ini kalau dicermati .. penawaran KPR ... "Bunga FIXED*....... *untuk satu tahun"

                  perhatikan  bahwa kalau kita ambil 10 tahun ..... artinya kita menyerah pada bank ... suatu saat bank merasa
                            rugi karena bunga terlelu rendah ... mereka bisa menaikkan sesuka hati tanpa kita bisa protes.
                  2. Kita mendapat kepastian bahwa selama kita kredit rumah di KPR Bank Syariah... kalau harus bayar Rp XYZ setiap
                      bulan selama 10 tahun .... InsyaAllah ..... pada saat anda membayar cicilan terakhir anda tetap membayar
                      Rp XYZ .... tidak lebih rupiahnya tidak bertambah lama jangka kreditnya.

                  Jadi sebenarnya yang salah bukan Bank Syariah kok tidak kompetitif ..... tapi kurang komunikatif .... karena
                  tidak semua orang tahu keuntungan kredit KPR di bank syariah.