Re: [SSR-Klub] Tanya Unit di Unit Link

  • adhi triono
    Message 1 of 16 , Apr 1 1:01 AM
      Dear All,

      Saya saat ini kebetulan berada di india, dan saya perhatikan product Unit Link disini sangat banyak peminatnya dengan pemain perusahaan asuransi yang sama seperti di Indonesia.
      Apakah hal ini mencerminkan tingkat pengetahuan masyarakat Indonesia yang kalah dibanding masyarakat India...atau memang product yang ditawarkan berbeda???
      Mohon pencerahan.....

      Kembali ke kasus sdr. Haryoto...mungkin yang berkurang adalah nilainya sedangkan unitnya tetap...hal ini mungkin disebabkan bursa saham akhir2 ini sedang ambruk....

      Demikian, terima kasih.

      adhi triono

      Message 2 of 16 , Apr 1 10:51 PM
        Dear Pak Adhi.

        Terima kasih atas respond yang di berikan.
        Namun kasus yang menimpa saya, bukan hanya nilainya yang berkurang karena harga saham yang lagi anjlok, tapi jumlah unit nya juga berkurang.
        Mohon pencerahan dari rekans semua, apa yang harus saya perbuat.
        Cut loss ?? Sekedar informasi, units link ini udah jalan 3 tahun, memasukin tahun ke 4.
        Pak Freddy, Pak Dimas, Pak Mprie ... dan rekans semua. mohon bantuan pencerahan nya.

        Salam Hormat
        Haryotos

        ____________ ___

        ____________ ____

        Message 3 of 16 , Apr 2 2:59 AM
          Sepertinya pendapat anda benar, pemahaman masyarakat Indonesia mengenai Unitlink masih kurang. Karena untuk mengerti unitlink orang harus mengerti 2 hal : Asuransi & Investasi.

          Salam,

          InvestasiPlus!

          Dari: adhi triono <adhitriono@...>
          Topik: Re: [SSR-Klub] Tanya Unit di Unit Link
          Kepada: SSR-Klub@yahoogroups.com
          Tanggal: Rabu, 1 April, 2009, 1:01 AM

[...]

          Selalu bersama teman-teman di Yahoo! Messenger
          Tambahkan mereka dari email atau jaringan sosial Anda sekarang!
        • Yohannes Kalangit
          Message 4 of 16 , Apr 3 4:27 AM
            Dear Pak Haryoto,

            Kemungkinan yang terjadi dengan unitlink Pak Haryoto adalah hasil investasi SmartLink Flexinya  tidak mencukupi untuk menutupi biaya asuransi dan biaya rider yg ada. Walaupun Pak Haryoto secara rutin membayar premi tepat waktu. Turunnya nilai investasi ini tidak terlepas dari imbas krisis moneter global yang sedang melanda dunia. Sehingga untuk menutupi kekurangan biaya-biaya tersebut maka jumlah unit yang diambil untuk menutupi biaya2 asuransi menjadi semakin banyak. Resiko lain yang mungkin timbul adalah lapsenya polis karena jumlah unit dan pembayaran premi baru masih tidak cukup untuk membayar biaya2 asuransi yang timbul sesuai ketentuan polis.

            Untuk menjaga pertanggungan polis tetap berlaku maka Allianz memberlakukan kebijaksanaan dengan 3 kriteria berikut harus terpenuhi semua, yaitu:
            1. Selama premi pada tanggal jatuh tempo premi atau dalam masa tenggang waktu (grace period) selalu dibayar lunas,
            2. Tidak pernah melakukan penarikan sebagian/withdrawal,
            3. Tidak pernah melakukan perubahan polis yang berkaitan dengan perubahan uang pertanggungan, premi atau rider.

            Atas biaya-biaya yang belum terpotong karena dana tidak mencukupi, maka biaya-biaya tersebut akan menjadi biaya terhutang dari Pemegang Polis kepada Perusahaan yang harus dilunasi oleh Pemegang Polis pada saat dana yang tersedia telah mencukupi untuk membayar biaya2 tersebut.

            Nah, begitulah kebijaksanaan dari Allianz mudah2an bisa menjelaskan kenapa jumlah unit Pak Haryoto ikut berkurang.

            Mengenai harus cut loss atau tidak, saya pribadi melihat dari sisi proteksinya. Akan sangat sayang kalau sekarang Pak Haryoto berhenti. Pak Haryoto secara tidak langsung akan mengalami 2 kerugian, yaitu tidak memiliki proteksi asuransi dan mengalami kerugian dari sisi investasi. Mungkin terjadi "miss communication" antara tujuan yang Pak Haryoto inginkan dengan yang dirancangkan oleh financial consultant yang Pak Haryoto tunjuk. Pak Haryanto mungkin lebih menitikberatkan pada sisi investasinya sedangkan financial consultantnya lebih menitikberatkan pada sisi proteksi. Mungkin uang pertanggungan yang diberikan cukup tinggi sehingga biaya2 asuransi yang timbul cukup besar. Saya menyarankan Pak Haryoto untuk menurunkan uang pertanggungan agar investasinya bisa lebih baik (produk ini memungkinkan untuk menaikkan dan menurunkan uang pertanggungan).

            Pertahankan saja polis Pak Haryoto, toh Allianz menjamin kelangsungan pertanggungan polis Pak Haryoto (asal memenuhi 3 syarat di atas). Setelah kondisi keuangan dunia membaik dan unitlink Pak Haryoto nilai unitnya membaik barulah Pak Haryoto mengambil langkah2 yang Pak Haryoto anggap perlu. Mau berniat proteksi atau investasi. Semoga bisa membantu. Kalau ada pertanyaan lebih jauh Pak Haryoto bisa hubungi saya via email yla74@... atau telp. 021-71457675 atau 0812-9518418.

            Salam hangat,

            Yohannes L. A.
            Allianz Life Indonesia
            AAJI no. 11082296

            Message 5 of 16 , Apr 3 9:18 AM
              pa haryoto,
              apa waktu itu flexi linknya pake sekali bayar atau angsuran reguler?
              kalo angsuran reguler, berapa lama lagi harus bayar?

              kalo p haryoto hitung, apa (jumlah unit yg hilang x harga unit) selalu memberi hasil yg sama?

              mprie

[...]

              Dapatkan nama yang Anda sukai!
              Sekarang Anda dapat memiliki email di @... dan @....
            • Shirly anjar
              Message 6 of 16 , Apr 5 11:17 PM

                Hai pak Haryoto,

                salam kenal..kebetulan saya bekerja di salah satu perusahaan as jiwa.
                saya hanya ingin share mengenai unit link product
                unit link pada dasar nya adalah suatu produk investasi yang di bundled dengan proteksi keuangan jiwa (asuransi)
                Investasinya adalah dalam bentuk alokasi dana ke fund tertentu.
                sedangkan asuransinya adalah nasabah melakukan pembayaran risiko.

                pada saat bapak beli unitlink, pastinya bapak akan diminta untuk dialokasikan dananya ke jenis fund apa saja - itu untuk investasinya.
                kemudian, bapak diminta untuk mengisi Jumlah Uang Pertanggungan-JUP (bisa cek di Data Polis), termasuk JUP rider/pertanggungan tambahan.
                Biasanya, kalao di Term Life, nasabah akan diminta untuk membayar premi senilai dengan cover JUP tsb.
                Namun, di unit link, agar memudahkan nasabah agar tidak bolak-balik membayar premi dan menghindari polisnya lapse (karena tidak membayar premi dalam masa grace period),
                maka preminya tersebut (biaya asuransi) dipotong dari unit yang ada.
                Oleh karena itu, umumnya para agent akan kasih advise kepada nasabahnya untuk melakukan Top Up premium untuk tetap mempertahankan jumlah unit nya.

                semakin besar JUP yang nasabah pilih semakin besar biaya asuransinya.
                semaikin banyak rider yang dipilih, semakin besar pula biaya asuransinya.

                jadi, untuk hal ini ada baiknya berdiskusilah dengan agentnya, karena agent yang menjual unit link bukan agent2 biasa, merekan harus memenuhi ujian dari AAJI
                untuk dapat menjual produk link.

                demikian sharing dari saya, kalau mau diskusi lebih lanjut, japri saja..
                thanks..

                regards,
                shirly

              • Lily Elizabeth
                Message 7 of 16 , Apr 14 9:02 AM
                  Pak Haryoto,

                  Kalau di unitlink Allianz saya pernah ditawari dan di proposalnya ada tulisan biaya asuransi per manfaat asuransi di halaman terdepan - tapi ini kejadian 1-2 th yang lalu-apakah Bapak ikutnya sudah lama shg saat itu mungkin msh blm ada tulisan biaya asuransi di proposal unitlink Allianz, shg bisa ga tahu kalau ada potongan biaya asuransi per bulan? Omongan agen yg "meyakinkan" ... namanya juga jualan, yg penting lihat angkanya juga ... apalagi di halaman terdepan: numbers don't lie.

                  Untuk top up, bila memang bila khusus fokus ke asuransi tdk perlu dilakukan bila pembayaran nya berkala, kecuali Anda mau bayar langsung top up di "depan" dan cuti premi agar akuisisi 15% di tahun 3 sd 5 dihindari-itu saya hitung2 lbh irit tapi saya tdk mau mengajarkan di sini ttg cuti premi deh - silakan baca saja polis unitlink masing2 krn saya pun tahu fasilitas cuti premi itu jg dari baca polis bukan tanya ke agen. Agen biasanya memang tdk menjelaskan ttg cuti premi segala sih, tapi informasi itu jelas tertulis di polis Anda masing2 jadi silakan dibaca bila ingin tahu-jangan salahkan agennya bila polis sendiri tdk dibaca... dan yg jelas fasilitas itu bisa membuat Anda lbh irit biaya di unitlink.

                  Walau dipotong 3-5% di depan biasanya unitlink di insurance company memberikan jaminan bahwa stlh 2-3th pajak atas profit nasabah ditanggung perusahaan. So, yg mana yg lbh untung tergantung peraturan pemerintah saat Bpk mencairkan reksadana tsb tentunya-kalau pemerintah tdk mengenakan pajak saat Bpk mencairkan reksadana ya jelas lbh rugi di unitlink krn bayar biaya top up 3-5% antara lain utk jaminan "bebas pajak atas bunga" stlh waktu tertentu itu.

                  Saya kurang ngerti ttg pajak reksadana apalagi hingga masa2 mendatang yg tdk pasti presiden&menterinya siapa, tapi keputusan sekarang ini bhw pajak reksadana pendapatan tetap (obligasi) yg 5% di th 2011-2013 dan 15% di th 2014 : http://www.detikfinance.com/read/2009/02/24/132508/1089674/479/masih-bebas-pajak-peluang-beli-reksa-dana. Hal itu bila pasti diterapkan pemerintah maka bisa jadi bila long term (3-5th lbh) di unitlink yg biasanya pasti stlh 3th pajaknya ditanggung perusahaan asuransi bisa lbh tinggi return nya drpd reksadana walau sudah dipotong di depan 3-5% sekalipun (tentunya bila kinerja investasinya sama juga) - tp ttg hal ini saya blm dapat kejelasan krn masalah pajak reksadana inipun walau skrg ada peraturan pemerintah blm kena pajak atau baru kena pajak stlh th 2011 nanti pun bisa berubah sewaktu2 sesuai siapa yg memerintah, isi kantong pemerintah, dll - tapi sejauh ini keputusannya sd akhir 2010 reksadana pendptn tetap msh bebas pajak. Tapi jelas tdk ada yg menjamin bahwa kelak bila ganti pemerintahan atau pemerintah butuh tambahan dana, peraturan pajak reksadana ini tdk akan diganti.

                  Sejauh ini kalau investasi murni memang mestinya better reksadana drpd unitlink, tp lebih baik dan penting lagi meningkatkan financial literacy tanpa tergantung siapapun - krn misalnya nih... daripada reksadana saham yg berbasis index IHSG mendingan langsung beli ETF (exchange traded fund) di bursa, pajak atas capital gain saham kecil sekali dan sudah final dan sy cukup yakin bila di bursa langsung tdk akan dipajaki gede krn index saham mencerminkan perekonomian negara shg pasti investasi di pasar modal tdk akan banyak dibebani pajak drpd lewat perusahaan sekuritas - bila ingin tahu lbh jauh silakan hub agen sekuritas saham masing2 (silakan tanya ke broker saham yg pengalaman/senior krn ga semua broker saham bahkan financial consultant pun ngerti ttg ETF ... kodenya R-LQ45X - itu sama saja dengan reksadana saham). Bila sudah lbh canggih lagi, ya silakan trading atau long term di saham saja langsung... semua ada step by step nya - yg penting mau luangkan waktu belajar dulu.

                  Semoga bermanfaat....
                  Rgrds
                  Lily

                  --- In SSR-Klub@yahoogroups.com, adhi triono <adhitriono@...> wrote:

> [...]
                  >
                  > Kembali ke kasus sdr. Haryoto...mungkin yang berkurang adalah nilainya sedangkan unitnya tetap...hal ini mungkin disebabkan bursa saham akhir2 ini sedang ambruk....

                • peter
                  Message 8 of 16 , Apr 18 1:07 PM
                    tidak ada pajak setelah 3 tahun itu peraturan pemerintah bu, bukan karena 3%-5% yang dipotongkan untuk topup dan bukan ditanggung oleh perusahaan asuransinya.

                    potongan 3%-5% itu murni untuk biaya perusahaan. sebuah perusahaan yang menggunakan unitary price (satu harga pada NAB) biasanya mengambil biaya top-up 3%-5%, tapi ada perusahaan yang tidak mengambil biaya tersebut.

                    biaya ini berbeda dengan biaya pengelolaan sebesar 2%-3% pertahun untuk setiap dana kelolaan investasinya.

                    sekedar meluruskan

                    --
                    peter
                  • peter
                    Message 9 of 16 , Apr 18 1:20 PM
                      kalau saya salah tolong diluruskan.
                      setahu saya juga, ETF berbeda dengan reksadana index, apalagi dengan reksadana saham

                      ETF vs Reksa Dana Indeks
                      http://www.portalreksadana.com/node/252

                      saya penasaran ingin bertanya ... lalu unitlink di investasikan dimana ya bu ?

                    • HANDOKO

                        Message 11 of 16 , Apr 21 9:42 PM
                          Same situation here. Sya juga nasabah axa mandiri. Tiap bulan ada potongan. Entah potongan apa. Mungkin biaya administrasi, mungkin biaya dana kelolaan. Sampe skrg sya blm menanyakan ke pihak axa. Soalnya udah drop duluan, jumlah dana drop 40% (potential loss) gara2 krisis global. Jadi dibiarin aja, dikembalikan kepada kodrat awal reksadana yaitu sebagai investasi dengan jangka waktu menengah sampai panjang.

                          Powered by Telkomsel BlackBerry®

                          Message 12 of 16 , Apr 21 11:40 PM

                            Ya… pasti ada biaya lah pak, karna ada 2 biaya yaitu biaya cost of Rider dan cost of insurance. Siapa bilang sudah tidak ada biaya. Tq

[...]

                          • Dongsuh Securities
                            Message 13 of 16 , Apr 29 6:27 PM
                              investasi yang crash/loss kemaren akan segera kembali, kita liat kemungkinan akhir tahun ini mudah2an balik modal dan selanjutnya tahun depan silakan nikmati gain nya berlipat ganda hehehe...jangan lupa gainnya sumbangin sebagian untuk donasi untuk orang tak mampu.

                              Regards,

                              Tigor

                              PT DONGSUH SECURITIES
                              JL HR Rasuna Said Kav 1,2