Re: [SSR-Klub] Saat tepatnya kapan?

  • Anugrah DA
    Message 1 of 7 , Oct 31, 2004
      Untuk Pak Aji mungkin bisa membantu,

      Keinginan Pak Aji untuk berinvestasi di reksadana saham dalam horizon waktu
      tersebut cukup bagus (jangka panjang). Berarti memang ada dana yang mengangur
      dalam kurum waktu tersebut.
      Saran saya alangkah baiknya jika ingin memasukkan dalam jenis reksadana saham
      tidak pada satu produk dan kalau bisa sejumlah dana dialokasikan juga ke
      reksadana campuran.
      Tidak ada suatu prediksi yang pasti mengenai fluktuasi IHSG, tetapi hal ini
      dapat diantisipasi dengan perhitungan analisa menggunakan sofware (metastock,
      misalnya). Cara yang sederhana ada terus memantau pergerakan IHSG dari waktu ke
      waktu. (lihat: www.danareksa.com).
      Memang sentimen pasar cenderung membuat IHSG naik terutama saat terjadi
      pergantian pemerintahan. IHSG telah menembus angka tertinggi sepanjang sejarah
      ( >840).
      jika ingin berinvestasi pada reksadana saham sekaranglah saat yang tepat.
      Paling tidak bisa memulai lebih awal. Investasi bisa dilakukan bertahap, dengan
      jumlah dana yang kecil, kemudian melihat perkembangana IHSG dan NAB dari produk
      pilihan, selanjutnya bisa melakukan Top-Up.

      Dari daftar reksadana saham yang ada, menurut pendapat pribadi Produk yg unggul
      saat ini a.l: Si Dana Saham, Panin Dana Maksima, Schroder Dana Prestasi Plus,
      Dana Megah Kapital, Manulife Saham.

      Salam,
      Anugrah DA

      --- aji aji <m297001@...> wrote:

> [...]
      > masukkan reksadana saham dengan horizon waktu antara 4
      > sampai 10 tahun. Sehubungan dengan fluktuasi sekarang
      > yang IHSG sedang mengalami peningkatan, maka kapankah
      > saya harus memasukkan uang tersebut?
      > 1. Apakah sekarang, dengan prediksi saham naik
      > kontinu.
      > 2. Apakah nanti (beberapa minggu/bulan lagi), dengan
      > prediksi IHSG turun.
      > Mohon bantuan rekan-rekan untuk analisis /prediksi
      > ekonomi beberapa bulan ke depan, serta IHSG.
      >
      > Terimakasih atas bantuannya.

      > Yahoo! Mail Address AutoComplete - You start. We finish.

    • Rudy Saleh
      Message 2 of 7 , Nov 1, 2004
        Kepada Pak Aji,

        Saya ada tambahan informasi untuk disharing.
        Saya pernah survei untuk investasi saham di beberapa tempat, dimana saya mendatangi Citibank, Standard Chartered Bank dan saya pernah menghubungi BRI. Pada ke 3 institusi tsb, dana minimalnya untuk orang awam cukup besar, yaitu (Citibank dan BRI) Rp. 50 juta dan Standard Chartered Bank sebesar Rp. 100 juta.

        Saran saya, coba Pak Aji datang ke Bank Commonwealth (di cabang mana saja). Disana setoran minimalnya memang dibuat rendah. Jadi misalkan mau beli reksadana Schroder Dana Prestasi, kalo di 3 lembaga sebelumnya dana minimalnya cukup besar (Rp. 50 juta s.d. Rp. 100 juta), di Bank Commonwealth jauh lebih rendah (maaf saya tidak ingat dana minimalnya berapa, kalau tidak salah dibawah Rp. 5 juta). Bank Commonwealth memang memasang strategi seperti itu.

        Apakah sekarang saat yang tepat untuk beli reksadana saham (dimana IHSG sempat mencapai harga tertinggi), bisa ya bisa tidak. Dulu saya dapat saran untuk tidak membeli reksadana Scroeder Dana Prestasi karena saat itu IHSG sedang sangat tinggi. Dikhawatirkan jika saat itu masuk, IHSG turun, sehingga return berikut dari reksadana tsb jadi rendah.

        Saya kira juga tergantung pada karakter Pak Aji, jika Pak Aji suka dengan hal yang resikonya agak tinggi, bisa saja masuk ke reksadana saham. Jika kurang suka resiko tinggi, bisa dipertimbangkan jenis reksadana yang lain (reksadana pendapatan tetap, pasar uang dan campuran).

        Demikian Pak Aji, semoga bisa membantu.
        Selamat berinvestasi.

      • Arifin
        Message 3 of 7 , Nov 1, 2004
          Sebenarnya kalau sudah mau bermain RD Saham, kenapa nggak sekalian bermain saham saja. Dengan modal 50-100 juta seperti yang disyaratkan oleh beberapa bank, Anda bisa bermain dengan profit yang lebih tinggi daripada RD Saham dan bahkan melebihi return dari RD tersebut. Bila RD Saham bisa memberikan return 30-50% per tahun maka bila Anda bermain secara defensif di saham, Anda bisa menikmati return 10% per bulan atau bahkan lebih. Resiko antara saham dan RD Saham kurang lebih sama, hanya saran saya bila bermain Saham sebaiknya untuk pemula jangan bermain di saham-saham gorengan.

          Untuk ikut investasi saham, saya mempunyai broker yang menerima investor kecil. Minimal investasi Rp. 5 juta.

          Regards,
          Arifin

          Message 4 of 7 , Nov 4, 2004
            Halo P. Arifin,
            Saya ingin mengetahui lebih lanjut data mengenai
            broker yang menerima investasi kecil (5 Juta).
            Bisa tolong diinformasikan detailnya? Apakah bapak
            sudah ikut juga? Jika ya, bagaimana prospeknya?

            Terima Kasih sebelumnya,
            Jufi

            Check out the new Yahoo! Front Page.
            www.yahoo.com
          • Arifin
            Message 5 of 7 , Nov 4, 2004
              Halo juga Pak Jufi,

              Saya sudah menggunakan broker tersebut hingga saat ini. Nama brokernya
              Eficorp Securities, hubungi Vitri (5761581) atau Jack/Vivi (5762745).

              Untuk pembukaan account, mereka bisa membantu dengan mendatangi kantor
              Bapak bila Bapak sibuk. Fee beli 0.25% sedangkan fee jual 0.35% (ada
              0.1% capital gain tax).

              So far, bagus-bagus saja dan hasil return profit tergantung keputusan
              kita, mereka memberikan rekomendasi tapi kita juga yang memutuskan.
              Untuk mendapatkan analisa saham yang diincar - bisa minta bicara dengan
              Andre atau Prasti. Anyway, mereka termasuk broker konservative sehingga
              kadang kala rekomendasi mereka terlalu defensif namun baik untuk
              investor yang tipenya konservative

              --- Arifin <arifin@...> wrote:

> [...]

              > bermain di saham-saham gorengan.
              >
              > Untuk ikut investasi saham, saya mempunyai broker yang menerima

              www.perencanakeuangan.com

              Yahoo! Groups Links