Bls: [SSR-Klub] Info utk Pak Dipta: Fakta hasil investasi

  • Darul Salam
    Message 1 of 2 , Aug 31, 2008

      Pak Dipta,

      Saya tidak ahli dalam memililh Manajer Investasi. Tapi saya akan sharing bagaimana akhirnya saya "mampir" di MI yg sekarang. Dan masih mungkin juga saya meneruskan perjalanan ke MI lainnya :)

      Saya dulu pertama ikut RD di perusahaan pemerintah: Danareksa. Ada rasa aman bila ikut perusahaan punya pemerintah. Setidaknya bila ada apa-apa, pemerintah akan ikut turun tangan. Saat itu saya hanya mencoba-coba krn belum cukup faham ttg reksadana.

      Setelah berlangsung bbrp lama, pengetahuan ttg risiko di RD bertambah. Saya merasa respon perusahaan itu kurang memuaskan (waktu itu) terhadap pertanyaan2 saya. Ditambah kemudian return-nya tidak masuk sepuluh besar, akhirnya saya kemudian pindah ke Manu****. Dan seterusnya saya pindah lagi ke MI yang sekarang dgn alasan utama adalah return.

      Return masing-masing MI tentu saja berbeda-beda. Bpk bisa lihat di www.bisnis.com. Tapi ini bukan satu-satunya faktor yang jadi pertimbangan. Kita bisa melihat dana kelolaan MI, krn dana kelolaan yg tinggi bisa menunjukkan kepercayaan investor. Saya juga biasa lihat-lihat 10 saham terbanyak yg dipilih oleh MI (di website bapepam), dsb..

      Untuk detailnya cara memilih MI, saya rasa Bpk akan banyak temukan di internet atau majalah investasi. Bisa juga lihat di www.infovesta.com.

      semoga ada gunanya :)

      /salam