Re: [SSR-Klub] (FLOOR) FINE DAY : 3 JULI 2008 "DON'T LIVE WITHOUT IT"

  • alanrizayanto@yahoo.com
    Message 1 of 13 , Jul 2, 2008
      Dear Herlin,

      Saya juga pernah mengalami hal yang saat ini anda alami. Gaji saya habis hanya untuk bayar utang, baik hutang KK (bahkan hanya untuk bayar bunganya saja saya harus keluar lebih dari 2 jt per bulan) ataupun hutang ke orang tua. Akhir bulan harus hutang lagi untuk biaya hidup. Dan itu terjadi bertahun-tahun. Sayapun mulai baca buku2 mengenai perencanaan keuangan keluarga (waktu itu karangan boss milis ini), awalnya saya skeptis, bisa nggak ya? Kok kayaknya terlihat sangat mudah, padahal perasaan saya saat itu nggak semudah yang ditulis di buku2.
      Kuncinya memang ada di pikiran kita. Saya akhirnya memutuskan bahwa saya harus berubah. Dengan niat yg sangat kuat, saya mulai 'menerapkan' apa yg ditulis di buku2 perencanaan keuangan keluarga. Tentunya dengan sebelumnya ngotot2an sama istri. Mulai dr menurunkan biaya hidup (mau nggak mau, pokoknya HARUS!), membayar hutang KK sedikit demi sedikit (yg penting diatas minimum payment), 'mengorbankan' THR untuk bayar hutang, memotong KK, mulai bayar cash, mencari penghasilan tambahan (berjualan barang2 kecil2an), dll.
      Setelah hutang KK mulai bisa teratasi, saya tetap tidak merubah gaya hidup, saya mulai menabung. Dan menabung ini saya lakukan sesuai dgn buku, yaitu pada saat saya dapat gaji. Awalnya hanya 5 persen dr penghasilan, lama-lama 10 persen dan kadang lebih.
      Alhamdulillah, saat ini kondisi keuangan saya sudah jauh lebih baik daripada 2 tahun lalu. Walaupun belum mulai berbisnis, karena tabungannya belum lebih dari 6 X gaji (target saya sebelum berinvestasi), tapi saya merasa sudah keluar dari jeratan kemiskinan, walaupun belum jadi orang kaya.
      Saya bisa, anda juga pasti bisa. Kuncinya ada di pikiran kita.

      Best regards,

      Sent from my BlackBerry® wireless device from XL GPRS/EDGE/3G network

      From: Herlin Sananda <h_deksa@...>
      Date: Wed, 2 Jul 2008 06:17:56 -0700 (PDT)
      To: <SSR-Klub@yahoogroups.com>
      CC: <hde@...>
      Subject: Re: [SSR-Klub] (FLOOR) FINE DAY : 3 JULI 2008 "DON'T LIVE WITHOUT IT"

      Dear P'Freddy,

      Saya sangat senang Bapak mengingatkan Kita semua untuk saving duit 10% dari gaji Kita tapi masalahnya adalah Kita sudah tidak ada lagi duit yang Kita sisahkan untuk menabung karena sudah habis untuk membayar segala hutang dan kebutuhan kita setiap harinya lebih - lebih semenjak BBM Naik, trus terang Kita bukan malas bekerja, bahkan untuk saya sekarang ini mau cari kerja untuk frelance saja (Menambah penghasilan) belum dapat, trus apa yang harus Kita perbuat?
      Saya berharap Bapak dapat memberikan solusi yang terbaik bagi Kita semua.
      thanks

      Regard,
      Herlin
      hde@pancaprima. com
      hdeksa@yahoo. com

      Message 2 of 13 , Jul 2, 2008

        Dear Rekan Alan,

        Terima kasih atas sharing Anda, dan semoga dapat
        membantu Rekan Herlin.

        Saya yakin masih ada jalan dan Anda pasti bisa.

        Salam,
        Freddy Pieloor
        Mind-setter On Employpreneur
        Carreer & Financial Planner
        Author “BENAHI CARA HIDUP - Raih Kekayaan & Kesejahteraan"

        From: Herlin Sananda <h_deksa@yahoo. com>
        Date: Wed, 2 Jul 2008 06:17:56 -0700 (PDT)
        To: <SSR-Klub@yahoogroup s.com>
        CC: <hde@pancaprima. com>

        Message 3 of 13 , Jul 3, 2008
          Dear rekan Edi dan Pak Freddy,

          Sekedar menginformasikan, Allianz juga memiliki term life insurance.

          Salam hangat,

          Yohannes L. A.
          0812-9518418

          Dari: Freddy Pieloor (ANTARA) <antara01@indosat. net.id>
          Topik: [SSR-Klub] (FLOOR) FINE DAY : 3 JULI 2008 "DON'T LIVE WITHOUT IT"
          Kepada: TheProfec@yahoogrou ps.com, TheExcellent@ yahoogroups. com, SSR-Klub@yahoogroup s.com, "AMA DKI" <ama-dki@yahoogroups .com>, "FINANCE FORUM" <Finance-Forum@ yahoogroups. com>, "Insurance Community of Indonesia" <Insurance-Com@ yahoogroups. com>, ALUMNI_AKASTRI@ yahoogroups. com, kkmkkaj@yahoogroups .com, "FPAIndonesia Group" <fpaindonesia@ yahoogroups. com>, manager-indonesia@ yahoogroups. com
          Cc: Magma@.... id
          Tanggal: Rabu, 2 Juli, 2008, 6:48 AM

          Dapatkan alamat Email baru Anda!

          http://www.eset. com

        • anthonius maruli
          Message 4 of 13 , Jul 3, 2008

            Dear pak freddy,

            cerita rekan alan dan herlin kok sama ya sama cerita saya....yang herannya kenapa pada saat kita sudah saving 5-10 % dana dari penghasilan kita TIBA-TIBA aja ada aja pengeluaran yang harus dikeluarkan.....(yang seharusnya ngga perlu), padahal kita sudah wanti-wanti pada diri sendiri pokoknya saya ngga mau pakai nih dana......tapi ada aja kejadian dimana kita akhirnya mau ngga mau harus mengeluarkan dana simpenan tsb.

            mohon pencerahannya pak freddy....

            regards,

            anthon's

[...]

            Dapatkan buku
            'KARYAWAN HARUS NABUNG BIAR MAKMUR:
            5 Kiat Praktis Menabung & Berinvestasi bagi Karyawan'
            oleh: Safir Senduk ; Harga: Rp 39.800
            Penerbit: PT Elex Media Komputindo

            Ingin mendapatkan Artikel & Tanya Jawab Rutin
            di email Anda tentang Perencanaan Keuangan?
            Kirimkan email kosong Anda ke alamat
            SSR-InfodanArtikel-subscribe@yahoogroups.com

            Kunjungi www.perencanakeuangan.com
            Recent Activity
            Visit Your Group
            New web site?

            Drive traffic now.

            Get your business

            on Yahoo! search.

            All-Bran

            10 Day Challenge

            Join the club and

            feel the ben

          • anthonius maruli

              Message 6 of 13 , Jul 3, 2008

                Dear Rekan Anthon,

                Terima kasih atas email Anda.

                Anda sampaikan TIBA-TIBA ada pengeluaran (yang seharusnya
                tidak perlu)???

                Berarti Anda tidak bisa mengalahkan "hantu lapar" yang
                terdapat dalam diri Anda.

                Anda harus mampu membedakan KEBUTUHAN & KEINGINAN.
                Dalam buku saya "BENAHI CARA HIDUP" dikupas abis disana,
                bagaimana "ber-kelakuan baik" agar terhindar dari masa depan
                suram (MADESU).

                Bedanya:
                Kebutuhan tidak timbul tiba-tiba, keinginan ya.. datang seketika.

                Kebutuhan yang ditunda, dapat menyengsarakan Anda.
                    Coba saja Anda tunda untuk makan selama 1 hari.
                Keinginan yang ditunda, paling2 perasaan Anda yang uring2an.
                    Coba Anda tunda keinginan selama 6 bulan, misalnya:
                    Anda naksir HP baru dan tiba2 Anda pikir perlu,
                    Anda boleh membeli HP tersebut 6 bulan lagi, pasti napsu Anda
                    sudah hilang.

                Untuk dapat mengendalikan diri Anda, saya punya resep yang
                AMPUH & JITU sbb.:
                - Buka dompet Anda sekarang
                - Keluarkan seluruh isi nya ke dalam laci lemari Anda
                - Masukkan KTP dan Uang transport/makan untuk hari itu saja
                    ke dalam dompet kembali
                - Lalu tutup laci lemari Anda dan silahkan Anda pergi kemana
                    saja yang Anda suka sesuai tujuan Anda.
                - Bila Anda TIBA-TIBA "ADA KEPERLUAN" di Mall atau
                    dimana saja, tolong Anda catat saja di kertas.
                - Setelah Anda tiba di rumah kembali, buka catatan tadi,
                    pikir lagi sebanyak 3 kali 5 menit, Apakah KEPERLUAN
                    tadi masih PERLU sekarang???

                Selamat berpraktek dan semoga Anda enjoy dalam melakukannya.
                (DILARANG KERAS MEMBAWA KARTU KREDIT &
                ATM, BILA ANDA BELUM ADA KEPERLUAN YANG
                ANDA PIKIRKAN SAAT DI RUMAH).

                Demikian dan semoga bermanfaat.

                Message 7 of 13 , Jul 4, 2008

                  Dear Pak Anthonius,

                  Apa yang dikatakan pak freddy benar sekali dan sy sudah mempraktekkannya. mungkin sy sedikit sharing saja. kalau sy, selama ini pengeluaran selalu berdasarkan anggaran yang sudah saya susun dengan isteri (ada anggaran 5 th-an, setahun dan dibreak down juga secara harian). memang pertama kali menerapkan susahnya bukan main pasti ada saja pengeluaran yang tidak terduga. ternyata setelah sy evaluasi pengeluaran-pengeluaran tersebut setiap akhir bulan penyebabnya adalah bukan barang atau sesuatu yang memang kebutuhan mendesak (baca = keinginan). hal ini yang menyebabkan tujuan keuangan kami berantakan dimana sy rencanakan bisa melunasi kredit rumah (KPR) dalam waktu 2 tahun akhirnya molor jadi 4 tahun yg menyebabkan pula rencana yang lain seperti rencana beli mobil pada th ke-4 dan punya dana cadangan dith ke-5 jadi molor semua.

                  akhirnya cara sy untuk mengendalikan diri adalah dengan :

                  1. sy membuat tabungan yg langsung di autodebet dari rek (pak freddy bilang dead account). dengan demikian uang yg ada hanya pas untuk kebutuhan bulanan sesuai yg sudah kita perhitungkan.

                  2. Dari dana bulanan tsb yg ada sama isteri hanya untuk kebutuhan konsumsi bulanan dan sama saya hanya dana untuk akomodasi kerja.

                  3. Uang yg ada didompet sy hanya untuk kebutuhan 1 minggu dimana setiap hari senin sy ambil di ATM. memang lebih baik lagi seperti pak fredy bilang hanya untuk keb 1 hari.

                  begitu yg sy terapkan memang sangat tdk enak tapi semua itu akan membuat kita bahagia karena semua tujuan keuangan dapat tercapai.   jadi kalau pengeluaran bapak tidak ada dalam anggaran berarti pengeluaran tsb boleh jadi hanya keinginan BELAKA

                  semoga bermanfaat

                  Edi Cahyadi

                  Topik: Re: [SSR-Klub] (FLOOR) FINE DAY : 3 JULI 2008 "DON'T LIVE WITHOUT IT"
                  Kepada: "anthonius maruli" <anthonsianturi@...>, SSR-Klub@yahoogroups.com
                  Cc: "FPAIndonesia Group" <fpaindonesia@yahoogroups.com>, "Insurance Community of Indonesia" <Insurance-Com@yahoogroups.com>, TheProfec@yahoogroups.com, TheExcellent@yahoogroups.com, kkmkkaj@yahoogroups.com, ALUMNI_AKASTRI@yahoogroups.com
                  Tanggal: Jumat, 4 Juli, 2008, 9:29 AM

                  Dear Rekan Anthon,

[...]

                  Yahoo! sekarang memiliki alamat Email baru
                  Dapatkan nama yang selalu Anda inginkan di domain baru @ymail dan @rocketmail. br> Cepat sebelum diambil orang lain!