Loading ...
Sorry, an error occurred while loading the content.

Re: [SSR-Klub] NPWP dan PT

Expand Messages
  • Vita Prihatoni Purnomo
    Halo mbak masmoh, Terima kasih untuk infonya. Infonya sangat berguna sekali. Tapi, tanya lagi boleh ya? Saya mendapat info lain dari sumber-sumber yang kurang
    Message 1 of 8 , Aug 22, 2004
    View Source
    • 0 Attachment
      Halo mbak masmoh,

      Terima kasih untuk infonya. Infonya sangat berguna sekali. Tapi, tanya
      lagi boleh ya? Saya mendapat info lain dari "sumber-sumber yang kurang
      dipercaya" :) jika mengurus PT itu membutuhkan struktur organisasi.
      Artinya, kita hrs sudah menyiapkan sebuah struktur organisasi, yang
      setidaknya terdiri atas Komisaris dan Direktur, selain daftar nama
      pendirinya. Benarkah itu? Untuk CV apa ya perlu struktur organisasi
      juga?

      Untuk rekan2 yg lain, ada yg punya info tentang pendirian PT atau CV,
      terutama di daerah Surabaya? Karena saya domisilinya di Surabaya. Thx

      Salam,
      Toni

      Monday, October 04, 2004, 9:43:33 AM, you wrote:



      m> aloo juga mas ton
      m> kalo untuk NPWP itu mesti ada akta pendirian PT/CV dulu. lalu datang ke
      m> kantor pelayanan pajak setempat. salah satu pemilik saham mesti ikutan untuk
      m> tanda tangan dokumen pengurusan NPWP. siapkan juga fotokopi KTP... seinget
      m> saya cukup itu. kalo di bgr ga sampe seminggu juga kelar. saya kebetulan
      m> kenal (tahu namanya sejak di kantor yg lama) dengan yg ngurusinnya.
      m> nahh kalo akta pendirian CV/PT ini mesti datang ke notaris. kalo di bgr,
      m> untuk PT tarifnya 7 jt-an (sampai ke pengesahan dan penerbitan lembar negara
      m> untuk legalitasnya), lama waktunya 2-3 bulan. sedangkan CV tarifnya
      m> 750-rb-an. (jauh kann?). lamanya paling 1-2 bulan.
      m> walopun belum keluar pengesahan, asal akta pendirian sudah ada, usaha sudah
      m> bisa jalan. Anda sudah bisa bikin rekening di Bank. kalo dah ada NPWP anda
      m> dah bisa keluarin duit dari Bank. dan seterusnya... semoga bermanfaat..

      m> gudlak
      m> ma
    • Vita Prihatoni Purnomo
      Hallo Ruli, Salam kenal Ruli. Wah, ini kayaknya Ruli juga tertarik dengan usaha media ya?! Klo iya, boleh share knowledge? Saya senang sekali jika punya teman
      Message 2 of 8 , Aug 22, 2004
      View Source
      • 0 Attachment
        Hallo Ruli,

        Salam kenal Ruli. Wah, ini kayaknya Ruli juga tertarik dengan usaha
        media ya?! Klo iya, boleh share knowledge? Saya senang sekali jika
        punya "teman seperjuangan" :)

        Salam,
        Toni

        Tuesday, October 05, 2004, 7:16:15 AM, you wrote:



        rh> Wah saya sangat terbantu sekali dengan informasi mbak
        rh> atau mas nich.
        rh> Saya tinggal di Cibinong, kalau mau ngurus legalitas
        rh> dan atau perijinan usaha berbentuk CV. Siapa yang
        rh> harus saya hubungi ? Dan apakah 750 ribu sudah
        rh> included biaya pembuatan akta CV notariil, TDP, NPWP,
        rh> SIUP ? Terimakasih untuk informasinya
      • Vita Prihatoni Purnomo
        Hallo Ibu Wardani, Wah, terima kasih banyak untuk penjelasannya. Penjelasannya sangat jelas, sehingga membuat yang saya tanyakan menjadi jelas sejelas-jelasnya
        Message 3 of 8 , Aug 23, 2004
        View Source
        • 0 Attachment
          Hallo Ibu Wardani,

          Wah, terima kasih banyak untuk penjelasannya. Penjelasannya sangat
          jelas, sehingga membuat yang saya tanyakan menjadi jelas
          sejelas-jelasnya :))

          Cuma... he,he,he...tanya lagi boleh tidak? (jadi malu tanya terus.
          Harap maklum, bu, masih belum pengalaman ngurus hal2 legalitas seperti
          ini).

          Untuk Direksi dan Komisaris, bolehkah org yg sama? Maaf, mungkin ini
          pertanyaan naif, tapi saya mencoba mencari celah cara yang termudah yang
          bisa dilakukan, tapi tetap legal dan murah.

          Kemudian ada beberapa singkatan yang saya tidak paham, yaitu tdp,uug
          dan pkp. Kalo boleh tahu, apa ya itu? Moga2 bukan sejenis makanan :)

          Berhubung Ibu pernah mengurus, dan mungkin masih mengurus koran lokal
          milik orang tua, bolehkah saya "berguru" pada Ibu. Via japri saja klo
          boleh, krn saya ndak enak dg rekan2 milis lainnya. Sudah terlalu OOT.

          Terima kasih,
          Toni

          Wednesday, October 06, 2004, 9:23:30 PM, you wrote:

          W> Halo Mas Toni..boleh ya saya berbagi pengalaman soal pendirian PT & CV,
          W> Begini, barangkali yang dimaksud 'struktur organisasi' dalam pengurusan PT
          W> adalah "kepengurusan PT" yang terdiri dari Board of Director (BOD) dan BOC
          W> (Komisaris), dan ini memang harus disertakan atau diberikan kepada notaris
          W> pada saat pendirian PT. Mengapa ? karena dalam akta pendirian PT tersebut,
          W> untuk pertama kalinya sebelum semua share holder melakukan RUPS, diharuskan
          W> dicantumkan nama-nama pengurus PT ini. Jadi, memang ada kewajiban dari si
          W> pendiri perusahaan, saat dia datang ke notaris, sudah harus punya nama-nama
          W> yang akan duduk di direksi dan komisaris. Saya kurang mengerti mengenai
          W> istilah 'struktur organisasi" yang dimaksud disini ? Apakah ini maksudnya :
          W> organization chart ? lengkap dengan pembagian departement-nya? Jika itu yg
          W> dimaksud, mk itu memang sama sekali tdk dibutuhkan di saat pendirian PT.
          W> Berdasarkan pengalaman saya, pada saat Mas Toni datang ke notaris terdekat
          W> u/ mendirikan PT, siapkan beberapa hal sbb:
          W> 1. Nama PT (siapkan lebih dari 2 nama, untuk menghindari penolakan nama
          W> oleh Depkeh)
          W> 2. Tujuan pendirian PT (misal : perdagangan ; konsultan, dll)
          W> 3.Siapkan nama share holder, berapa pembagaian % saham2 mereka
          W> 4. Berapa Modal Dasarnya (msial : 200 juta)
          W> 5. Brp modal disetornya (ketentuan UU PT: besar ms = min. 1/4 modal dasar)
          W> 6. Nilai nominal saham brp ? (umumnya, jk tdk ditentukan, maka akan dibuat
          W> nilai nominalnya pecahan 1000 rupiah atau kelipatannya)
          W> 7. Siapkan nama2 pengurus PT (minimal 1 direksi dan 1 komisaris)
          W> Dengan info ini, notarsi anda akan lebih mudah membuatkan akta pendirian
          W> PT , dan dampaknya akan lebih cepat kelar akta anda. Untuk CV, hampir sama,
          W> hanya CV tdk mengenal istilah share holder, di CV istilahnya "persero" ,
          W> sebutan u/ pengurusnya di Cv boleh jg 'direktur' dan 'komisaris'.
          W> U/ beroperasinya PT anda nanti, harus dilengkapi dgn dokumen2 standar,
          W> misalnya : sk domisili; npwp; pkp (if any);siup;tdp; uug (if any) Selain
          W> itu, PT harus diurus sampai dgn pengesahannya keluar dan dapat bnri (notaris
          W> anda pasti tahu itu), Dan, biasanya, notaris mempunyai harga paket untuk
          W> pengurusan s/d bnri ini. Jk notarisa anda mau sampai dng dokumen pelengkap,
          W> itu lebh bagus.
          W> btw, soal ijin siup, saya rasa ndak sulit kok, krn saya pernah ngurus jg,
          W> simple aja tuh. Kebetulan, ortu saya punya koran lokal, jd saya bisa cerita
          W> sedikit2.

          W> rgs,

          W> awa

          W> (mogamogabisajadisumberyangdapatdipercaya)
        • Charles
          kalo boleh kasih saran, cari aja, beberapa kantor notaris terdekat, banding2X tanya sama mereka, berapa Pak Eko ( paket Hemat ) untuk mengurus tetek-bengek CV
          Message 4 of 8 , Oct 4, 2004
          View Source
          • 0 Attachment
            kalo boleh kasih saran,
            cari aja, beberapa kantor notaris terdekat, banding2X
            tanya sama mereka,
            berapa Pak Eko ( paket Hemat ) untuk mengurus tetek-bengek CV ato PT
            karena mereka sendiri sudah kompetisi harga
             
            Karena,
            pengalaman saya sich ........
            ngurus sendri lebih mahal, uang nya nga banyak cuma dari segi waktunya :(((
             
             
            salute,
             
             
             
            ----- Original Message -----
            Sent: Tuesday, October 05, 2004 7:16 AM
            Subject: Re: [SSR-Klub] NPWP dan PT


            Wah saya sangat terbantu sekali dengan informasi mbak
            atau mas nich.
          • Wardani
            Halo Mas Toni..boleh ya saya berbagi pengalaman soal pendirian PT & CV, Begini, barangkali yang dimaksud struktur organisasi dalam pengurusan PT adalah
            Message 5 of 8 , Oct 6, 2004
            View Source
            • 0 Attachment
              Halo Mas Toni..boleh ya saya berbagi pengalaman soal pendirian PT & CV,
              Begini, barangkali yang dimaksud 'struktur organisasi' dalam pengurusan PT
              adalah "kepengurusan PT" yang terdiri dari Board of Director (BOD) dan BOC
              (Komisaris), dan ini memang harus disertakan atau diberikan kepada notaris
              pada saat pendirian PT. Mengapa ? karena dalam akta pendirian PT tersebut,
              untuk pertama kalinya sebelum semua share holder melakukan RUPS, diharuskan
              dicantumkan nama-nama pengurus PT ini. Jadi, memang ada kewajiban dari si
              pendiri perusahaan, saat dia datang ke notaris, sudah harus punya nama-nama
              yang akan duduk di direksi dan komisaris. Saya kurang mengerti mengenai
              istilah 'struktur organisasi" yang dimaksud disini ? Apakah ini maksudnya :
              organization chart ? lengkap dengan pembagian departement-nya? Jika itu yg
              dimaksud, mk itu memang sama sekali tdk dibutuhkan di saat pendirian PT.
              Berdasarkan pengalaman saya, pada saat Mas Toni datang ke notaris terdekat
              u/ mendirikan PT, siapkan beberapa hal sbb:
              1. Nama PT (siapkan lebih dari 2 nama, untuk menghindari penolakan nama
              oleh Depkeh)
              2. Tujuan pendirian PT (misal : perdagangan ; konsultan, dll)
              3.Siapkan nama share holder, berapa pembagaian % saham2 mereka
              4. Berapa Modal Dasarnya (msial : 200 juta)
              5. Brp modal disetornya (ketentuan UU PT: besar ms = min. 1/4 modal dasar)
              6. Nilai nominal saham brp ? (umumnya, jk tdk ditentukan, maka akan dibuat
              nilai nominalnya pecahan 1000 rupiah atau kelipatannya)
              7. Siapkan nama2 pengurus PT (minimal 1 direksi dan 1 komisaris)
              Dengan info ini, notarsi anda akan lebih mudah membuatkan akta pendirian
              PT , dan dampaknya akan lebih cepat kelar akta anda. Untuk CV, hampir sama,
              hanya CV tdk mengenal istilah share holder, di CV istilahnya "persero" ,
              sebutan u/ pengurusnya di Cv boleh jg 'direktur' dan 'komisaris'.
              U/ beroperasinya PT anda nanti, harus dilengkapi dgn dokumen2 standar,
              misalnya : sk domisili; npwp; pkp (if any);siup;tdp; uug (if any) Selain
              itu, PT harus diurus sampai dgn pengesahannya keluar dan dapat bnri (notaris
              anda pasti tahu itu), Dan, biasanya, notaris mempunyai harga paket untuk
              pengurusan s/d bnri ini. Jk notarisa anda mau sampai dng dokumen pelengkap,
              itu lebh bagus.
              btw, soal ijin siup, saya rasa ndak sulit kok, krn saya pernah ngurus jg,
              simple aja tuh. Kebetulan, ortu saya punya koran lokal, jd saya bisa cerita
              sedikit2.

              rgs,

              awa

              (mogamogabisajadisumberyangdapatdipercaya)

              ----- Original Message -----
              From: "Vita Prihatoni Purnomo" <vita.prihatoni.p@...>
              To: <SSR-Klub@yahoogroups.com>
              Sent: Monday, August 23, 2004 5:59 AM
              Subject: Re: [SSR-Klub] NPWP dan PT


              >
              >
              > Halo mbak masmoh,
              >
              > Terima kasih untuk infonya. Infonya sangat berguna sekali. Tapi, tanya
              > lagi boleh ya? Saya mendapat info lain dari "sumber-sumber yang kurang
              > dipercaya" :) jika mengurus PT itu membutuhkan struktur organisasi.
              > Artinya, kita hrs sudah menyiapkan sebuah struktur organisasi, yang
              > setidaknya terdiri atas Komisaris dan Direktur, selain daftar nama
              > pendirinya. Benarkah itu? Untuk CV apa ya perlu struktur organisasi
              > juga?
              >
            • Wardani
              Direksi tdk boleh sama dengan komisaris, undang2nya melarang hal itu, karena memang tugas dan kewajiban mereka sangat berbeda. Saya ndak begitu paham maksud
              Message 6 of 8 , Oct 6, 2004
              View Source
              • 0 Attachment
                Direksi tdk boleh sama dengan komisaris, undang2nya melarang hal itu,
                karena memang tugas dan kewajiban mereka sangat berbeda.
                Saya ndak begitu paham maksud mas toni yg mengatakan " mencari cara
                termudah,tetapi legal dan murah?" dengan menyamakan person
                direksi=komisaris. apa ini menyangkut-- maaf-- gaji? sebab, secara legal
                ndak bisa tuh direksi=komisaris.
                pkp = pengusaha kena pajak (biasanya jk omzet perush sdh diatas 500 jt
                harus jadi pkp, supaya bisa potong ppn)
                tdp=tanda daftar perusahaan (wajib bagi setiap perusahaan di
                indonesia--didaftarkan ke deperindag)
                uug=undang2 ganguan (u/jenis usaha tertentu, misal bengkel;pabrik, harus
                punya uug jg)
                (jadi bukan makanan ya....)
                soal media, saya ndak tahu begitu banyak ttg perijinannya, karena waktu
                itu cuman mendampingi ortu saja, nanti saya tanya2 sama beliau deh. ortu
                saya ada di daerah, sedang saat ini saya ada di jakarta. btw, saya welcome
                aja klau mo diskusi ttg media, senang aja lah, apalagi dulu (sekali)sy jg
                pernah jadi wartawan. mungkin tahu koran karya dharma kan ? (mas toni di
                surabaya tho?), tahun 94 aku pernah jadi wartawan kd (waktu itu kd
                di-manajemeni ama japos), 3 bulan ada di surabaya..ngider2 panas2...trus
                setelah itu 7 bulan tugas di yogya, setelah itu pindah media...ke femina
                (jakarta) hampir 1 tahun. sampai sekarang, lumayan jg masih banyak kenal
                orang media, teman2 saya di ja-pos surabaya banyak kenal baik jg.

                rgs,
                awa

                ----- Original Message -----
                From: "Vita Prihatoni Purnomo" <vita.prihatoni.p@...>
                To: "Wardani" <SSR-Klub@yahoogroups.com>
                Sent: Monday, August 23, 2004 10:46 PM
                Subject: Re[2]: [SSR-Klub] NPWP dan PT


                >
                >
                > Hallo Ibu Wardani,
                >
                > Wah, terima kasih banyak untuk penjelasannya. Penjelasannya sangat
                > jelas, sehingga membuat yang saya tanyakan menjadi jelas
                > sejelas-jelasnya :))
                >
                > Cuma... he,he,he...tanya lagi boleh tidak? (jadi malu tanya terus.
                > Harap maklum, bu, masih belum pengalaman ngurus hal2 legalitas seperti
                > ini).
                >
                > Untuk Direksi dan Komisaris, bolehkah org yg sama? Maaf, mungkin ini
                > pertanyaan naif, tapi saya mencoba mencari celah cara yang termudah yang
                > bisa dilakukan, tapi tetap legal dan murah.
                >
                > Kemudian ada beberapa singkatan yang saya tidak paham, yaitu tdp,uug
                > dan pkp. Kalo boleh tahu, apa ya itu? Moga2 bukan sejenis makanan :)
                >
                > Berhubung Ibu pernah mengurus, dan mungkin masih mengurus koran lokal
                > milik orang tua, bolehkah saya "berguru" pada Ibu. Via japri saja klo
                > boleh, krn saya ndak enak dg rekan2 milis lainnya. Sudah terlalu OOT.
                >
                > Terima kasih,
                > Toni
                >
              Your message has been successfully submitted and would be delivered to recipients shortly.