Re: [SSR-Klub] tanya tentang investasi, mohon bantuan/nasehatnya

  • Harry Christian
    Message 1 of 5 , Nov 30, 2007
      On Nov 30, 2007 6:50 AM, mahdy sofwan <mahdy_sofwan@...> wrote:

      > As.Wr.Wb
      >
      > Teman2 SSR, bisa ada y bantu saya. saya ada beberapa
      > pertanyaan ttg investasi.
      > secara sederhana apa y dimaksud dengan Equity Fund,
      > Managed Fund, dan Fixed fund. dari ketiga jenis
      > investasi tsb mana y memberiakn return y besar tapi
      > aman u/ jangka waktu > 16 tahun.

       Istilah ini biasanya pada unit link. Intinya merupakan produk reksadana yang disulap ala unitlink insurance
      Equity fund = saham
      Managed fund = campuran (kalo tidak salah)
      Fixed fund = pendapatan tetap

      Return yang paling besar, biasanya merupakan resiko yang paling besar. Berikut urutan return yang besar tapi dengan risk yang besar pula :
      1. Equity, bisa mencapai 100% setahun
      2. Managed, sekitar 20 - 30%
      3. Fixed, sekitar 10 - 15%

      > Saya ikut serta dalam salah satu produk syariah
      > (unit
      > link) dengan premi 6 juta/tahun, masa kontrak 27
      > tahun. alokasi dana 80 % ke saham 20% ke campuran.
      > apakah benar dengan waktu y 27 tahun returnnya bisa
      > sampai angka y fantastic 1-3 milyar.

      Saran saya jgn terlalu terpaku pada ilustrasi yang diberikan oleh insurance agent. Memang semua insurance agent pasti mengiming2i calon nasabah agar masuk menjadi nasabah. Yang menjadi patokan kinerja insurance tersebut. Idealnya investasi equity mampu memberikan return 50% setahun, coba di lihat kinerja 3 tahun terakhir insurance tersebut. Pastikan juga nama besar insurance tersebut.

      > Menurut teman2 investasi apa y aman, returnnya
      > tinggi
      > u/ jangka waktu > 16 tahun.

      Reksadana bisa jadi pilihan

      > jenis investasi apa y nilainya lebih besar dari
      > Deposito, tapi nilainya stabil, dan resikonya rendah
      > ?

      Reksadana / Emas / Property merupakan investasi terbaik

      > Apakah benar Grafik NAB Saham semakin tahun nilainya
      > grafiknya akan linear ke atas ?

      Umumnya ya. Tergantung suasana ekonomi dan politik juga. Contoh kalo terjadi krismon tahun 98 ya lain lagi ceritanya.

      > Dengan penghasilan saya dan istri (7 juta/bulan),
      > apakah perlu saya membuka asuransi (unit link) atas
      > nama istri saya dengan premi y sama 6 juta/tahun.
      > atau
      > teman2 ada y bisa advise berapa porsi y harus saya
      > investasikan u/ saham, obligasi, or......
      > Pengeluaran
      > RT kami 6 juta/bulan. apa saya harus masukkan juga
      > asuransi pendidikan u/ 2 putri kami, progrma DPLK ?

      Jika anda tidak mau repot dan ingin praktis, maka unit link tepat untuk anda. Jika anda ingin repot sedikit, maka sebaiknya dipisah antara asuransi dengan investasi. Contoh anda sebaiknya mengambil asuransi TERM LIFE dan investasi di reksadana.

      > Mohon teman2 dari club bantu yah, kalo ada ilustrasi
      > dari asuransi syariah y bagus and aman (takful,
      > prudential, muamalat, etc) bantu2 yah.

      Sekali lagi jangan liat ilustrasi. Saya tidak bisa kasih recommended karena buat saya unit link ini tidak lagi menarik untuk saya. Tapi beberapa insurance yang besar adalah (sort by name) : Axa mandiri, Prudential, Sequis Life.

      > Your promtp relpy will be appreciated
      >
      > Was
      >
      > Mahdy dan Keluaraga

      ==============================
      Thanks & Best Regards

      Harry Christian

      YM      :      callme_harry
      G Talk  :       harry85@...
      MSN    :      h4rry_12@...
      Skype  :      harry_christian
      Friendster : http://www.friendster.com/addfriendrequest.php?uid=5590705
      Blog    :      http://www.harry-christian.blogspot.com
      ===============================
    • Harry Christian
      Message 2 of 5 , Dec 3, 2007
        Saya sekarang ikutan investasi reksadana di Trimegah, Fortis dan Manulife.
        Sebentar lagi mau terjun langsung ke saham.

        Saya jg masih2 belajar kok, kita saling share aja.

        Message 3 of 5 , Dec 5, 2007
          Hary, kalo boleh tahu kira produk investasi di
          Trimegah y UPnya masih murah (< 2,000/unit> apa yah ?.
          Hari di Trimegah ambil jenis investasi apa ?,
          prospeknya gimana ?
> [...]

          > Trimegah, Fortis dan Manulife.
          > Sebentar lagi mau terjun langsung ke saham.
          >
          > Saya jg masih2 belajar kok, kita saling share aja.

          === message truncated ===

          Never miss a thing. Make Yahoo your home page.
          http://www.yahoo.com/r/hs
        • Harry Christian
          Message 4 of 5 , Dec 6, 2007
            Kalo di Trimegah reksadana saham cuma ada 2
            TRIM Kapital dengan NAV 6 des 5468.72
            TRIM Syariah berimbang dengan NAV 6 des 1638.47

            Dibawah 2000/unit ya paling TRIM Syariah, tapi saya pribadi kurang berminat.
            Saya lebih prefer Fortis Infrastruktur Plus (FIP) dengan NAV 6 des 1811.14
            FIP ini kinerjanya termasuk ok, diluncurkan sekitar maret 2007 dengan
            harga 1000 sekarang uda 1800 (belum setahun uda return > 80%).

            Saya di Trimegah ambil TRIM Kapital. Prospek cerah pak.
            Return 2006 > 70%
            Return 2007 (hingga 6 des) mendekati 70%

            Data2 NAV bisa dilihat disini
            http://www.bapepamlk.depkeu.go.id/reksadana/