Re: [SSR-Klub] Re: Kapan saat yang tepat untuk beli reksadana?

  • david.d.nanulaitta@exxonmobil.com
    Message 1 of 23 , Oct 1, 2007
      Kalau sekarang anda sudah mulai membuat chart dari kinerja NAB sebuah
      produk RD, Adalah sebuah kemajuan yang luar biasa, sekarang bagaimana
      membaca chart tersebut? Apakah hanya turun sesaat atau bakalang turun
      terus? Tentunya harus ada sebuah metode dan indikator yang dipakai sehingga
      kita mengetahui momen-momen kapan harus beli atau turun.

      Seperti yang pernah saudara Tigor lakukan sebelumnya yaitu menggunakan
      indikator Moving Average 5 dan 20 sebagai alat bantu untuk memutuskan
      segala seuatunya. Anda-pun harus mempunyai indikator tersebut. Dimana anda
      bisa mendapatkan indikator dan gambar yang menunjukkan indikator tersebut?.
      Kalau saya sarankan anda bisa menggunakan sebuah program Metastock. Dengan
      program ini anda bisa membuat indikator sendiri sesuai keinginan anda.
      Program bisa didapat di MG2 atau agen resmi Metastock.

      Dengan begitu anda menilai kapan anda masuk atau keluar......semoga
      bermanfaat rthanks..........

      David D Nanulaitta
      021-71203944
      08129413054
      ~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~
      Wisma GKBI lt.28
      021-5740707 ext 1706

      "fauzularifin99"
      <fauzularifin99@yahoo To: SSR-Klub@yahoogroups.com
      .com> cc:
      Sent by: Subject: [SSR-Klub] Re: Kapan saat yang tepat untuk beli reksadana?
      SSR-Klub@yahoogroups.
      com

      09/29/2007 09:21 PM
      Please respond to
      SSR-Klub

      ngomong2 tentang menentukan waktu yg tepat saat membeli reksadana;
      saya masih bingung menentukan kapan tepatnya NAB rendah itu terjadi.

      saya skr sudah membikin chart NAB selama setahun untuk suatu produk
      reksadana.

      nah, saya masih sulit mengamati mana NAB yg hanya sekedar turun pada
      trend naik / bullish, dan mana NAB yg memang turun-turunnya pada
      trend yg sedang turun / bearish ( ini yg dicari karena ini waktu yg
      tepat untuk beli unit).

      karena bila saya panjangkan chart nilai NAB dalam beberapa tahun,
      trendnya selalu naik terus. dan tentu saja untuk menentukan NAB tsb
      sedang turun pada trend bearish,kita harus tau nilai NAB beberapa
      hari sebelumnya dan ( ini yg mustahil ) nilai NAB beberapa hari
      setelahnya.

      ada pendapat lain ????

      --- In SSR-Klub@yahoogroups.com, aGAm aJa <superdut@...> wrote:

      > Sama halnya dengan mba fapitica, Klo waktu tepat atau tidaknya..mba
      istia bs lihat waktu NAB RD lg rendah2nya, klo untuk liat NAB mba
      bisa liat koran bisnis indonesia, biasanya dikoran itu NAB RD tiap
      hari ditampilkan..klo untuk Manajer Investasi (MI) beberapa MI cukup
      bagus dalam pengelolaan portofolio contohnya: PNM, Danareksa,
      Recapital, Batasa Capital, Trimegah Securities..beberapa MI yg saya
      sebutkan itu rata2 sudah menorehkan return yg optimal mba bs cari
      company profile mereka lewat internet..klo untuk pilihan RD
      tergantung dari mba, apakah mba termasuk jenis ionvestor agresif (yg
      berani ambil risiko tinggi dengan kompensasi mba jg akan menikmati
      hasil returm yg tinggi jg) atau investor konservatif (yg hanya mau
      bermain di level aman2 saja.. Satu hal terakhir yang perlu dicatat
      Kinerja MI dimasa lalu tidak mencerminkan kinerja masa depan alias
      tergantung stabilitas ekonomi makro jg yg punya peran disitu.

      > Warm Regards
      >

      > Agam
      >
      > apitica apitica <fapitica@...> wrote:
      > Dear Istia,
      > Dari pengalaman coba2 RD (walaupun dengan duit yang cuma seitu-
      itunya), mungkin ada yang bisa saya share:
      > 1. Waktu yang paling tepat adalah pada saat NAB sedang rendah
      (dengan memantau NAB lewat website manajer investasi).
      > 2. Pilihan jenis RD tergantung dari karakteristik kita masing-
      masing, berani terima resiko atau tidak. Resiko yang besar akan
      menghasilkan lebih besar pula, demikian pula sebaliknya. Pengalaman
      kemarin pada saat harga saham turun drastis bisa menjadi acuan, kalau
      kita panik karena uang kita langsung berkurang banyak dan langsung
      menariknya karena takut lebih rugi lagi berarti kita bukan orang yang
      dapat menerima resiko yang tinggi. Sedangkan kalau kita tetap tenang
      maka kita type orang yang bisa menerima resiko. Kalau melihat
      trendnya, walaupun kita sering mengalami fluktuasi (NAB yang naik
      turun) tapi pada jangka panjang NAB pasti meningkat. Silakan pelajari
      hasil kinerja masing-masing manajer investasi melalui websitenya.
      > 3. Banyak kok manajer investasi yang bisa menerima investasi 1
      jutaan, silakan cek website Dana Reksa, PNM, atau yang lain.

      > Semoga bisa membantu ya...
      >
      > Best Regards,
      > Fapitica

      reksadana apa yang sebaiknya saya pilih? RD Pendapatan tetap or RD
      pasar uang?
      > Terakhir, manajer investasi mana yang cukup andal dan menjual
      reksadana dengan dengan invest awal sekitar 1 jutaan ?
      > Thanks a lot.......
      >
      > Regards,
      >
      > Istia Aziz
      >

      > ---------------------------------
      > Don't let your dream ride pass you by. Make it a reality with
      Yahoo! Autos.

      > ---------------------------------
      > Tonight's top picks. What will you watch tonight? Preview the
      hottest shows on Yahoo! TV.

      > ---------------------------------
      > Shape Yahoo! in your own image. Join our Network Research Panel
      today!

    • tigor nael
      Message 2 of 23 , Oct 1, 2007
        Untuk RD saham sebaiknya saat ini juga kita masuk,
        2400 sudah mau di jebol ke atas lagi kalaupun ada
        koreksi pastinya wajar2 saja, tapi tetap kita batasi
        wajarnya alias support JSX adalah 2300 jebol ke bawah
        berarti ada krisis lagi.

        Tapi sebaiknya jika sudah lebih dari 2429 disarankan
        untuk tidak masuk lagi, karena target 2600 semakin
        dekat. Kalau mau masuk sebaiknya reksadana fixed
        income (pendapatan tetap), karena obligasi sedang
        memberi return sama baiknya dengan saham, maksudnya
        tidak sebesar saham hanya trend-nya selalu up dan
        lebih aman.

        Selamat bagi yang sudah masuk di RD saham sewaktu
        indeks konsolidasi di 2300. Enjoy the Ride with Bull
        Market. Jangan lupa beramal kalau take profit ya :)

        Rgds
        Tigor

        --- fauzularifin99 <fauzularifin99@...> wrote:

> [...]
        > melalui websitenya.
        > investasi 1
        > jutaan, silakan cek website Dana Reksa, PNM, atau

        http://id.yahoo.com/
      • Andriansah™
        Message 3 of 23 , Oct 1, 2007
          On 9/27/07, Istia Aziz <istia_aziz@...> wrote:
[...]

          Anda mau mencoba kan? kapan saja anda mau coba invest di reksadana langsung aja invest. Terserah mo dipasar uang atau pendapatan tetap.
          Yang 1 jtan, bisa cek ke danareksa dan pnm, banyak kok yang dibawah 1jtan

          --
          Andriansah

          http://andri.andriani.web.id/sharing-hosting/
        • Arief M. Rahman
          Message 4 of 23 , Oct 1, 2007
            Bang Tigor,

            Seperti yang juga sudah disinggung oleh Pak David, anda pernah menulis tentang analisis teknikal berdasarkan moving average. Saya ingin bertanya mengenai penggunaan moving average sebagai indikator analisis teknikal ini. Mudah-mudahan Bang Tigor berkenan membagi ilmunya..

            Misalnya kita menggunakan crossing antara MA5 dan MA20 untuk menentukan keputusan subscribe/redeem reksadana saham, bagaimana cara untuk lebih meyakinkan kalo crossing tersebut memang saat yang pas untuk "dieksekusi"? Maksud saya, terkadang terjadi golden cross, namun ternyata MA5 hanya menyentuh MA20 sebelum akhirnya turun kembali. Atau sebaliknya, terjadi death cross, tapi ternyata MA5 hanya menyentuh MA20 (atau memotong sedikit boleh lah ) sebelum akhirnya naik lagi.  Bagaimana mengatasi hal ini, Bang Tigor?

            Belum lagi untuk kasus reksadana, jika kita melakukan redemption karena terjadi death cross misalnya, kemudian sebelum uang kita cair, terjadi golden cross..? Kita jadi loss profit opportunity, deh.. Ditambah lagi karena kita juga tidak mengetahui seberapa dalam penurunan yang akan terjadi jika terjadi death cross, bisa-bisa fee untuk redeem + fee untuk subscribe lagi ketika terjadi golden cross malah bikin tekor.. *hehehe

            Mohon pencerahannya, Bang Tigor..  Terima kasih dan sukses untuk kita semua!

            Salam,
            Arief

[...]

            .

          • Mukhlis, Ardi (ArdiMukhlis)
            Message 5 of 23 , Oct 1, 2007

              Selama mengikuti milis ini, banyak pendapat tentang RD Saham, kalau untuk jangka panjang atau 5 tahun ke atas lebih menguntungkan dari jenis lain. Apakah benar ? Saya sedang berusaha untuk membeli/nabung setiap bulan RD Saham dan berniat untuk jangka panjang.

              Apakah juga benar, kalau untuk pembelian setiap bulan dan rencana jangka panjang, waktu membeli kita tidak harus lihat NAB sedang Turun atau Naik.

              Mohon pencerahan

              Regards,

              Ardi Mukhlis

              Message 6 of 23 , Oct 2, 2007
                On 10/2/07, Mukhlis, Ardi (ArdiMukhlis) <ArdiMukhlis@...> wrote:

[...]

                Sepertinya begitu pak, saya pernah beli rd (danareksa syariah berimbang) tahun 2000, dan sekarang rd tersebut sudah memberikan keuntungan hingga 3x lipat, tapi saya jual di 2001 :(

                Saya sendiri sedang menerapkan cara yang anda lakukan dengan membeli tiap bulan sebagai diversifikasi dari tabungan

                Apakah juga benar, kalau untuk pembelian setiap bulan dan rencana jangka panjang, waktu membeli kita tidak harus lihat NAB sedang Turun atau Naik.

                Karena tujuan saya jangka panjang,saya tidak melihat nilai NAB saat membeli

                Mohon pencerahan

                Regards,

                Ardi Mukhlis

                Message 7 of 23 , Oct 2, 2007
                  Halo Pak Ardi,

                  Setahu saya, untuk jangka panjang reksadana saham memang mampu mengoptimalkan return yang bisa kita dapat. Namun tentu saja tidak ada yang bisa memastikan return-nya.

                  Membeli RD saham secara rutin tiap bulannya (biasa juga disebut top-up rutin) memang cara yang paling simpel untuk diterapkan, selain itu return-nya juga baik. Ada benarnya juga jika dikatakan kita tidak perlu terlalu merisaukan apakan NAB sedang naik/turun, karena dengan top-up rutin tadi dengan sendirinya harga NAB yang kita beli secara rata-rata mengikuti pergerakan pasar. Dalam jangka panjang, kalaupun return untuk tahun ini misalnya minus, diharapkan return dari tahun2 berikutnya bisa memberikan keuntungan sesuai dengan yang diharapkan. Selain itu, walaupun nilainya fluktuatif dalam jangka pendek, harga saham cenderung naik dalam jangka panjang. Itu sebabnya RD saham disarankan untuk investasi jangka panjang. Pak Safir biasa menggunakan asumsi return sebesar 30% per tahun (bunga berbunga bulanan) di buku2nya untuk RD saham ini, lebih tinggi dari asumsi untuk RD campuran (25%), RD pendapatan tetap (20%), dan RD pasar uang (15%).

                  Kalau anda ingin menjadi investor yang lebih aktif, mungkin anda ingin menggunakan analisis teknikal sebagai bantuan dalam menentukan strategi investasi anda, atau ingin menggunakan sistem top-up average down.. Tentunya masih banyak yang bisa kita diskusikan, Pak. Semoga membantu.

                  Salam,
                  Arief

                  Message 8 of 23 , Oct 2, 2007
                        Karena pada umumnya reksadana saham pergerakannya seiring IHSG, anda bisa pakai chart  IHSG dari yahoo yang gratis. Di situ bbrp TA standard (MA simple/eksponential, bollinger band, stochastic, macd, dll) dapat digambarkan. Gambarnya juga menarik.

                    Tapi ingat, trader lebih dekat ke spekulator. Mereka punya berbagai teknik untuk memprediksi pergerakan. Mereka punya berbagai cara untuk memperkeci risiko bila prediksi mereka salah. Ada beberapa TA standard, namun totalnya mungkin ada ribuan cara dan system.
                        Apakah teknik mereka berhasil? Entahlah. Anda bisa simpulkan sendiri dengan statistik yang ada: 85% trader akan bangkrut di tahun pertama mereka. Yang 15% sisanya mungkin dapat bertahan, dan jauh lebih sedikit lagi yang bisa kaya.
                    Bila setiap awal tahun dari 2002-2007, 100 trader baru masuk bursa. Jadi total ada 600 trader, yang bangkrut sampai hari ini akan berjumlah >500 orang! Sedangkan bila semua orang itu jadi investor reksadana saham, 100% mereka akan mendapatkan keuntungan (walaupun mungkin tingkat keuntungannya bervarisasi bergantung kepada MI yang dipilih).

                    Bila anda seorang investor dengan horizon waktu invest yang panjang, tidak ada saat yang tidak baik untuk masuk reksadana.

                    Saya sendiri hanya menerapkan ini: saya cairkan seluruh reksadana saya bila NAB turun dari nilai tertinggi >5% diiringi dengan berita ekonomi (nasional dan internasional) yang sangat tidak biasa. Kedua syarat ini saya pegang. Bila salah satu yang terjadi, saya tidak utak atik reksadana saham saya, tidak peduli trend naik atau turun.
                    Dana ini saya masukkan kembali bila: penurunan telah berlangsung>15% atau berita "sangat tidak baik" telah mereda. Untuk syarat ini saya masukkan "atau" karena satu syarat saja sudah cukup untuk alasan memasukkan kembali dana saya.
                    Penilaian berita mungkin akan subjektiv, tapi bila kita rajin baca berita ekonomi nasional dan internasional, kita akan punya penilaian yang lebih baik akan sebuah berita ekonomi yang "sangat tidak biasa" :-)

                    Saya beli unit reksadana saham tiap bulan setelah terima gaji, gak peduli bursa lagi trend naik atau turun.
                    /salam

                    Terkirim: Senin, 1 Oktober, 2007 2:03:55
                    Topik: Re: [SSR-Klub] Re: Kapan saat yang tepat untuk beli reksadana?

                    ~~~~~~~~~~~~ ~~~~~~~~~ ~
> [...]

                    > 3. Banyak kok manajer investasi yang bisa menerima investasi 1
                    jutaan, silakan cek website Dana Reksa, PNM, atau yang lain.

                    Bergabunglah dengan orang-orang yang berwawasan, di bidang Anda di Yahoo! Answers
                  • tigor nael
                    Message 9 of 23 , Oct 2, 2007
                      Pak Ardi,

                      Banyak pendapat berarti banyak cara penyelamatan
                      investasi kita bukan :)
                      Segera sesuaikan mana yang dianggap bapak lebih cocok
                      dengan karakter pak ardi dan kemampuan financialnya.
                      Jangan takut mencoba trial error. Gunakan saja
                      sebagian dana anda kalau mau coba2, yang penting kalau
                      salah segera diubah, jangan berdiam diri.

                      Atau bisa juga anda modifikasi semua pendapat orang
                      yang pernah bapak dengar.
                      Tapi saya liat email pak ardi, sepertinya anda minta
                      konfirmasi cara yang anda sebutkan. Anda ingin tipe
                      investor long term target 5 tahun, dan setiap bulannya
                      ingin menambah dana. Itu cara yang boleh diterapkan
                      dan tidak ada yang salah dengan cara itu.

                      Kalau masih pusing juga dengan kebanyakan pendapat,
                      saran terakhir dari saya adalah anda masuk saja, dan
                      anda akan termotivasi lebih, karena selera untuk
                      belajar akan bertambah deras. Ini cara saya waktu awal
                      berinvestasi RD Saham, terlalu banyak menerima
                      pendapat makin pusing saya, kalau dibiarkan pelan2
                      malah mundur gak jadi berinvestasi jadinya.

                      Saya akan coba bantu terus di milis ini, kalau ada
                      mega crass kaya kemarin ini. It's realy have to
                      redempt. Saya lebih senang membantu dengan pake gambar
                      chart JSX untuk konfirmasi, karena di milis sudah
                      tidak diijinkan, saya akan kirim ke email pribadi pak
                      ardi saja untuk share opini.

                      Rgds
                      Tigor
                      --- "Mukhlis, Ardi (ArdiMukhlis)"
                      <ArdiMukhlis@...> wrote:

> [...]
                      >

                      > Apakah juga benar, kalau untuk pembelian setiap
                      > bulan dan rencana jangka
                      > panjang, waktu membeli kita tidak harus lihat NAB

                      Bergabunglah dengan orang-orang yang berwawasan, di di bidang Anda! Kunjungi Yahoo! Answers saat ini juga di http://id.answers.yahoo.com/
                    • Peter Hermawan
                      Message 10 of 23 , Oct 3, 2007
                        At 11:07 AM 10/03/2007, Darul Salam wrote:
> [...]
                        >berita ekonomi nasional dan internasional, kita akan punya penilaian
                        >yang lebih baik akan sebuah berita ekonomi yang "sangat tidak biasa" :-)

                        mas, masalahnya tidak semua orang bisa "membaca" situasi
                        saya termasuk orang yang seperti ini
                        kalau saya hanya berpatokan beli ketika murah dan jual ketika naiknya
                        sudah tidak normal, karena pasti kecenderungan pasar yang profit
                        taking. tidak terlalu serakah.
                        beberapa hari ini kayaknya menurut saya naiknya agak tidak normal,
                        sehingga selasa kemarin saya redempt.
                        nah, ngomong mengenai beli murah ini, ada kemungkinan IHSG melorot
                        lagi sampai mencapai kisaran 2000 lagi gak ?
                        saya kalo tanya sama temen kantor pasti dijawab, hanya Tuhan yang
                        tahu. hahahahah ...

                        peter
                      • ronald budi darmawan
                        Message 11 of 23 , Oct 3, 2007
                          pagi bang tigor
                          kalo dari analisa anda ... saat ini bagaimana?

                          saya mau masuk lagi, tapi ragu juga, karena dari berita2 yang ada koq kayaknya pasar belum mantep ya?

                          saya pikir kalo masuk tunggu koreksi ...

                          kira2 waktu dekat ini ada koreksi gak ya pak?

                          thanks pak.
                          GBU

                          Need a vacation? Get great deals to amazing places on Yahoo! Travel.
                        • tigor nael
                          Message 12 of 23 , Oct 4, 2007
                            Memang benar pak Arief, kadang MA5 dan MA20
                            memotongnya tidak terlalu ke dalam bahkan hanya
                            menyentuh saja, kalau tidak salah di bulan
                            maret,April, juni, juli MA-nya hanya saling
                            bersentuhan. Keputusan jual tidak perlu dilakukan
                            karena volume transaksi saat itu tidak besar. Ukuran
                            besar di sini kira2 kalau market bearish (investor
                            serentak menjual) dalam 1 hari bisa 4-5 triliun
                            berarti ada kecenderungan gawat, tapi kalau dibawah
                            itu moderat2 saja atau hanya aksi profit taking biasa,
                            asalkan kegiatan esok harinya di bursa dalam arti aksi
                            pembelian bisa di atas 5 triliun itu menandakan market
                            sehat2 saja. Saran terbaik dari saya, lihat volume
                            transaksi hariannya kalau itu yang terjadi, siap2 saja
                            jual RD sahamnya. Kelakuan investor bursa saham
                            terangkum di chart JSX, MA dan volume transaksi.

                            Saya bisa jelaskan hal di atas karena saya juga
                            praktisi (pemain) di bursa juga, jadi kurang lebihnya
                            saya paham kelakuan investor kita. Selama bursa kita
                            masih dikuasai bandar asing dengan their big fund,
                            sulit bagi saya untuk melakukan gaya investasi warren
                            buffet, peter lynch..long term. Yang bisa kita lakukan
                            adalah do it money management, kalau kita tipe long
                            term, lebih baik kalau ada crash, jual saja sebagian
                            50% gak usah semua, untuk membatasi kerugian, karena
                            ada kesempatan menutup kerugian dari pembelian di
                            harga bawah.

                            SEkali lagi perhatikan volume transaksi untuk eksekusi
                            jual dan beli kita di RD Saham.

                            Rgds
                            Tigor

                            http://get.games.yahoo.com/proddesc?gamekey=monopolyherenow

                            Bergabunglah dengan orang-orang yang berwawasan, di di bidang Anda! Kunjungi Yahoo! Answers saat ini juga di http://id.answers.yahoo.com/
                          • Abu Hammam
                            Message 13 of 23 , Oct 4, 2007

                              Sangat menarik sekali ulasan dari Pak Darul.. Postingan Pak Darul selalu saya tunggu-tunggu..

                              Memang, semuanya didasari dari pribadi masing-masing. Saya adalah orang yang "menyesal" tidak menarik Reksadana Saham saya diwaktu pasar betul-betul TURUN. Menyesal karena saya hanya menambah porsi reksadana saya tanpa menarik yang sudah mengalami penurunan. Kalau sempat ditarik, kan lumayan akan mendapat GAIN yang lumayan buat nambahin pembelian diwaktu HARGA TURUN.

                              Sekarang pasar kembali "NORMAL" dan kembali melewati record Agustus lalu. Kalau saya memprediksikan, pasar saham akan kembali naik (walaupun gonjang-ganjing) sampai akhir tahun ini. Apalagi menyambut kedatangan beberapa pemain baru yang akan IPO. WIKA dan Jasa Marga adalah yang ditunggu-tunggu oleh pedagang. Lihat saja sewaktu Dewa IPO, indeks langsung naik. Kemarin BACA (Bank Capital) juga IPO, harga juga terdongkrak (walaupun hasil IPO tidak sebagus DEWA).

                              Menurut saya, saat sekarang ini cukup bagus untuk membeli Reksadana Saham mengingat moment yang akan dilalui. Tentunya untuk para investor dengan pemahaman resiko yang cukup memadai.

                              Bravo untuk semua.

                              Salam,

                              IRFAN

                              Message 14 of 23 , Oct 5, 2007
                                Begini, Manajer Investasi menginvestasikan dana nasabah Reksadana pada Kumpulan Investasi (Portofolio) berupa saham2 ataupun obligasi atau yang lain (sesuai Prospektus). Nah, tugas Manajer Investasi ini kan menginvetasikannya sesuai dengan Tujuan Reksadana. Manajer Investasi berhak merubah komposisi Portofolionya sewaktu-waktu (ataupun berkali-kali) untuk mencapai Tukuan Reksadana. Inilah yang menyebabkan nasabah sulit (bahkan tidak mungkin) menentukan titik terendah NAB Reksadana.

                                Terkecuali untuk Reksadana berbasiskan Indeks (Reksadana ini bertujuan untuk menyamai setiap perubahan Indeks yang ada di BEJ), misal Reksadana DINAR berbasis Indeks JII, dan nantinya akan ada ETF-LQ45 (ETF adalah Reksadana yang bisa dijual belikan seperti saham) yang berbasis Indeks LQ45.

                                *Untuk melihat Portofolio anda bisa lihat di situs BAPEPAM (www.bapepam.go.id), disana Anda akan bisa melihat bahwa komposisi Portofolio bisa berubah setiap waktu. Satu hal lagi, Manajer Invertasi berhak untuk tidak menjelaskan secara detail dan rinci mengenai komposisi Portofolio.

                                Demikian mungkin bisa membantu.
                                Antono Legowo
                                08170425779

                              • tigor nael
                                Message 15 of 23 , Oct 6, 2007
                                  saya kira krisis sudah selesai..para analis (orang
                                  fundamental analis) sudah menghitung ulang semua
                                  kerugiannya dan akibatnya ke depannya termasuk harga2
                                  saham yang wajar..saya pikir setidaknya sisa bulan
                                  tahun ini sudah safe...dan biasanya akan ada window
                                  dressing di desember untuk menaikkan harga saham yang
                                  berakibat kencangnya IHSG nanti, dan januari biasanya
                                  dikenal istilah januari effect, dimana investor akan
                                  melakukan aksi jual besar2an untuk profit taking...hal
                                  ini normal saja asalkan tidak didukung krisis di luar
                                  bursa seperti kejadian subprime mortgage amerika itu
                                  yang berimbas krisis bursa dunia. Ada 2 pengertian
                                  krisis menurut saya..krisis bursa lokal dan krisis di
                                  luar bursa..krisis di bursa lokal biasanya ada
                                  ekspektasi berlebihan oleh para investor terhadap
                                  kinerja bursanya sehingga saham2 naik secara
                                  berlebihan namun sebenarnya tidak didukung fundamental
                                  yang wajar. Sederhananya: bursa kalau mayoritas adalah
                                  trader, lalu siapa yang kasih tahu mereka kalau mereka
                                  overacting kalau bukan dari kalangan the real
                                  investor. Cepat atau lambat itu akan di koreksi market
                                  (baca: investor pintar). Kalau krisis di luar bursa
                                  itu, seperti halnya krisis 1998 karena kurs mata uang,
                                  kemudian 2007 oleh subprime mortgage yang berakibat ke
                                  bursa. Hal terakhir yang harus dihindari karena
                                  efeknya akan lama, kalau yang pertama gak perlu
                                  khawatir.

                                  Semoga berguna

                                  Rgds
                                  Tigor

                                  --- ronald budi darmawan <ronald_budi@...>

                                • A. Ferry Haryanto
                                  Message 16 of 23 , Oct 7, 2007
                                    Salam kenal,
                                    Saya Ferry Haryanto, ingin sedikit berbagi pengalaman tentang saat yang
                                    tepat untuk beli reksadana.
                                    Maaf, saya sama sekali tidak bermaksud kasar atau menggurui tapi ini sekedar
                                    pengalaman pribadi di reksadana khususnya Saham.

                                    MARKET TIMING.
                                    Sangat susah mengetahui kapan waktu yang tepat, menurut seorang "guru" yang
                                    saya kenal, sangat jarang orang yang bisa menentukan, kapan saat yang tepat
                                    untuk masuk reksadana saham. Yang ada mungkin hanya orang mujur

                                    Yang paling penting adalah TIME HORIZON of YOUR INVESTMENT.
                                    Investor, punya jangka waktu investasi yang lama
                                    Spekulator, punya jangka waktu investasi yang lebih singkat.

                                    Apa yang terjadi, bila ada orang yang menunggu harga NAB paling rendah?
                                    Yang terjadi, orang tersebut akan selalu ragu-ragu masuk ke reksadana saham
                                    dan sering "ketinggalan kereta", dan selalu ketakutan bila terjadi naik
                                    turun harga saham. Antisipasinya adalah, tentukan kapan mau "take profit"
                                    baik itu dalam jumlah atau waktu.
                                    Kaloq mau invest selama 1 tahun ke atas, masuk saham cukup tepat. Kurang
                                    dari itu, pasar uang atau obligasi negara mungkin lebih tidak fluktuatif.

                                    Reksadana Saham, bukan untuk short term, melainkan untuk long term
                                    (berdasarkan pengalaman). Kaloq mau short term, mungkin trading saham
                                    langsung, lebih masuk akal.
                                    Semakin panjang waktu investasi yang dipunyai seseorang, semakin tenang
                                    orang tersebut menghadapi gejolak di pasar saham. Memang, tidak bisa pasrah
                                    begitu saja melihat perkembangan harga saham yang tiba tiba turun atau naik.
                                    Sebagai pengalaman, waktu saham tiba-tiba turun bulan Agustus lalu ada tiga
                                    alternatif yang saya pikirkan. Pertama "Cut Loss" atau jual rugi. Kedua,
                                    "Wait atau hold". Ketiga "Averaging".

                                    Cut Loss, artinya jual rugi.
                                    Contoh: beli harga NAB 1000 jual harga NAB 900, tunggu sampai harga saham
                                    mulai naik, masukin lagi / invest dana lagi
                                    Wait atau hold, artinya ya udah deh tunggu aja sampai saham balik ke harga
                                    tertingginya, kan udah tau time horizonnya harus lama. Harus lama itu juga
                                    salah satu resiko yang siap ditangung oleh investor.
                                    Averaging, artinya, begitu saham udah kira kira paling rendah, atau udah
                                    mulai naik naik dikit, kita masukin lagi = invest lagi sejumlah dana.

                                    Berinvestasi si reksadana (saham) menurut saya berprinsip, semakin lama
                                    semakin tidak beresiko.

                                    Jarang ada yang bisa menentukan saat yang tepat untuk beli reksadana saham,
                                    tapi semakin jelas jangka waktu investasi seseorang, semakin mudah
                                    menentukan dia masuk rekadana apa.
                                    Jadi, masuk aja sekarang, diamkan beberapa saat, satu atau dua tahun,
                                    contohnya.
                                    Lalu lihat hasilnya, atau pantau hasilnya dalam 3 bulanan

                                    Maaf ini pendapat pribadi, karena saya belum pernah mengalami hal sebaliknya

                                    Salam kenal dan mohon maaf bila banyak tulisan yang membingungkan, maklum
                                    tidak pernah menulis sepanjang ini, jadi sering lompat lompat alurnya.

                                    Terima kasih

                                    Ferry Haryanto

[...]

                                  • ignatius dwijanarko
                                    Message 17 of 23 , Oct 11, 2007
                                      Hallo preen, ikut nimbrung ya...

                                      Duh susah deh nentuin kapan waktu paling tepat masuknya,  karena anda harus menangkap saat yang tepat saat kilat menyambar...hehehe, daripada bingung, asal masuk aja dulu,trus nanti dibuat rupiah cost average tiap bulannya secara rutin. Yakin deh... dalam jangka panjang rata-rata harga perolehan pasti akan lebih rendah.

                                       Karena saya masih ingusan maka saya praktekan cara simpel diatas,hasilnya dalam 3 tahun ini rata-rata harga perolehan  lebih rendah dari harga terbaru...

                                      Salam reksadana

                                      Anggoro
                                      mintojiwo semarang

                                      On 9/29/07, fauzularifin99 <fauzularifin99@ yahoo.com > wrote:

> [...]

                                      > 3. Banyak kok manajer investasi yang bisa menerima investasi 1
                                      jutaan, silakan cek website Dana Reksa, PNM, atau yang lain.

                                    • ravenchan888
                                      Message 18 of 23 , Oct 20, 2007
                                        menurut saya saat yang cocok masuk RD sepertinya pada minggu-minggu
                                        ini.. karena koreksi yang cukup tajam dari IHSG selama 2 hari
                                        berturut-turut.. Saya sendiri juga sudah berencana top up.. tapi ada
                                        baiknya masih memantau perkembangan senin ini.. market Indonesia
                                        sepertinya tidak lepas dari aliran dana asing..
                                        bagaimana menurut teman-teman?
                                        Ada saran?