Re: Tutup hutang atau putar uang

  • Lili Wulandari
    Message 1 of 6 , Jul 2, 2007

      Hi All..

      Perkenalkan saya Lili, member baru.
      Ingin bertukar pengalaman dan menimba ilmu di milis ini.

      Menanggapi sedikit untuk Pak Ade, menurut saya kalo Pak Ade sedang mengincar bisnis yg bisa menguntungkan, memang lebih baik uangnya diputar (tanpa lupa menyisihkan untuk menabung). Mumpung masih belum pensiun :) dan ada kesempatan.

      Kalau ingin mengurangi beban utang, memang lebih efektif beberapa tahun sebelum masa kredit habis (sesuai kondisi keuangan nantinya, entah 3, 4 atau 5 th), sehingga kita nggak punya beban utang lagi.

      Setahu saya tidak masalah mempunyai tanggungan utang selama masih dalam kendali kita. Aturan umumnya sih angsuran utang sekitar 30-35% dari penghasilan.

      Jadi mungkin ini waktunya Pak Ade memikirkan investasi atau bisnis yg bisa memberikan penghasilan tambahan.

      Regards,
      Lili Wulandari
      www.ceriacerdas.com
      Fun for Smarter Generation

      --- In SSR-Klub@yahoogroups.com, "myasubharati" <myasubharati@...> wrote:

      > --- In SSR-Klub@yahoogroups.com, "ADE FIRMANSYAH" firmans@
      > wrote:
      > Thanks banget sarannya. Awalnya saya juga pikir begitu. Tapi kalo
      > ingin mengurangi beban hutang mungkin lebih efektif kita lunasi 3
      > atau 4 tahun menjelang jatuh tempo mengingat perhitungan bunga dan
      > pinjaman pokok. Begitu ga' kira kira ya...?

    • ADE FIRMANSYAH
      Message 2 of 6 , Jul 3, 2007

        Mbae... Itu bukan case saya... Saya sedang memberi saran untuk rekan yang meminta saran...

        Kalo Saya, Untuk saat ini saya sudah bisa menghasilkan sekitar 3 or 4 kali besar bunga dari pinjaman KPR. Padahal  saya hanya mengalokasikan dana 1/3 dari jumlah nilai KPR saya di bank... So... Untuk saat ini dan mungkin 3 or 4 tahun menjelang masa KPR habis saya tidak berniat melunasinya langsung... Lebih baik mencicil... Karena bunga KPR makin mendekati tahun temponya maka bunganya akan makin kecil.... So lebih baik ikuti aja nyampe jatuhnya masa pinjaman... Sembari menikmati keuntungan dari usaha sendiri...

        Melunasi / mengurangi pokok KPR bagi yang gak/belum punya ide untuk mencari tahu usaha apa yang ok mungkin itu lebih baik dari pada hanya menyimpan Uang tabungannya di bank...

        Rgds

        Ade Firmansyah

> [...]

        > atau 4 tahun menjelang jatuh tempo mengingat perhitungan bunga dan
        > pinjaman pokok. Begitu ga' kira kira ya...?

         Messages in this topic (0) Reply (via web post) | Start a new topic

      • Taufiq Leo
        Message 3 of 6 , Jul 4, 2007
          Dear Rekan2 SSR

          CC:  Pa' Ade,

          Utk komposisi antara bunga dan pokok hutang yg dibayarkan , tiap bulannya akan berbeda.
          dimulai dari bunga gede di awal dan terus turun sampe akhir masa kontrak.

          Yg ingin saya tanyakan, bila kita melunasi sebagian utang KPR di pertengahan masa pinjaman :

          1.  Bagaimana perhitungan komposisi bunga ? sama dgn pengaturan di awal kontrak atau mulai baru lagi ?
               contoh : bulan ke -1 , bunga : pokok  = 90 : 10
                            bulan ke-13, bunga : pokok = 85 : 15
                            Pelunasan sebagian di bulan ke 14, bagaimana komposisi nya ?

          2.  Mana yg lebih untung :
               mengurangi sisa masa pinjaman dgn angsuran / bulan tetap, atau mengurangi angsuran dgn sisa masa pinjaman tetap ?

          Mohon pencerahannya.
          Trims before !

          Regards,
          Leo

[...]