Re: [SSR-Klub] Tanya Kredit Tanpa Agunan

  • micky pratomo
    Message 1 of 5 , May 30, 2007
      Kita lihat dulu, mobil itu akan menjadi asset atau menjadi liabilities? kalau yang di sebut asset, mobil bisa menghasilkan uang (misal untuk jadi akutan/ antar jemput karyawan) nah kalo menjadi liabilities/ kewajiban, mobil itu dipakai untuk jalan2 dll dsb. dimana mobil harganya akan turun (depresiasi) dan mobil juga butuh maintenance seperti service, ganti oli dll. Belum lagi masih ada operational cost yang musti di bayar (seperti uang bensin).

      Nah kalau mau nyicil, anda mau nyicil berapa sebulannya? belum lagi bank menerapkan sistem bunga yang musti anda bayar juga. Pada intinya sih kalau cicilan tersebut masih 30% dari total penghasilan anda, silahkan saja.. tapi kalau  prosentasenya sudah di atas 30% sebaiknya anda pikir2 lagi beberapa kali.

      Saat ini (menurut saya) transportasi yang effektif dan murah adalah motor. Motor saya rasa layak sebagai kendaraan untuk berhemat. 30% dari gaji anda anda tabung dulu. Baru setelah cukup untuk beli mobil, anda bisa beli mobil dengan cara cash.

      Nah, keputusan di tangan anda. Tetapkan keputusan yang terbaik buat diri anda sendiri.

      Salam hangat
      MP

      Eric Lawardi <EricLawardi@...> wrote:
      Dear all,

      Saya seorang karyawan swasta dengan penghasilan kotor < 4jt. Saya berencana untuk membeli mobil, kalau bisa dalam 2 bulan ini. Sebelumnya saya terpikir untuk membeli secara kredit melalui leasing atau melalui bank. Tapi masalahnya kalau kredit saya belum bisa membayar uang muka yang cukup besar jumlahnya bagi saya. Maka saya terpikir untuk mengambil KTA karena bisa dicicil sesuai kemampuan saya tanpa uang muka.
      Yang ingin saya tanyakan pada rekan2 semua,
      1. Sesuai kondisi saya di atas, menurut rekan2 lebih baik kredit melalui leasing/bank, atau mengambil KTA?
      2. KTA dari bank mana yang terbaik dengan bunga yg cukup rendah dan proses mudah, serta sesuai dengan kondisi saya di atas?
      3. Saya lihat dari beberapa bank, ada yang mensyaratkan NPWP pribadi untuk pinjaman > 50jt. Sebagai karyawan suatu perusahaan bukankah kita bisa menggunakan NPWP perusahaan karena pajak penghasilan kita dibayarkan oleh perusahaan?
      Mohon pencerahannya dan terima kasih atas respon rekan2 semua.

      Regards,

      Eric

      Finding fabulous fares is fun.
      Let Yahoo! FareChase search your favorite travel sites to find flight and hotel bargains.

    • HARRI PRIYONO
      Message 2 of 5 , May 30, 2007
        nir

[...]

        menurut saya siy, anda bs ambil pinjaman di bank terutama bank syariah. kmrn teman sy ambil disalah satu bank syriah (BNI) cm kena margin (istilah org syariah) cm 9% flat sesuai jatuh tempo.... kan lbh kecil dari bank2 lain itu jg katanya akan  turun lagiiiiyy...

      • Yohannes Kalangit
        Message 3 of 5 , May 30, 2007
          Halo Mas Eric,

          Mohon maaf sebelumnya. Bukan bermaksud mengecilkan niat anda untuk membeli mobil. Tetapi kalau penghasilan kotor anda < 4 jt berarti penghasilan bersihnya lebih sedikit lagi, dong?

          Saya rasa dengan uang segitu kalau anda mengambil kredit mobil via KTA bukankah penghasilan anda akan makin berkurang? Belum lagi anda harus menyiapkan dana ekstra untuk bahan bakar dan perawatan mobil. Kalau saran saya sih lebih baik dipikirkan lagi niatan beli mobilnya sebelum anda terjebak hutang KTA. Karena biasanya bunga KTA lebih tinggi dari bunga KPM. Kalau cuma untuk transportasi ke dan dari tempat kerja saya rasa memiliki motor masih lebih ekonomis walaupun dari segi kenyamanan mungkin di bawah mobil. :o) tetapi dana yg anda hemat jauh lebih banyak.

          Tapi kalau memang mas Eric sudah merasa siap monggo2 aja sih, mas. :o) Sekali lagi saya mohon maaf lho kalau sudah lancang.

          Salam hangat,

          Yohannes L. A.

[...]

          Need a vacation? Get great deals to amazing places on Yahoo! Travel.
        • syahrul ramadhan
          Message 4 of 5 , Jun 4, 2007
            Kata pak Safir S, beli aset jangan barang yang tidak bertambah nilainya.

[...]

            Moody friends. Drama queens. Your life? Nope! - their life, your story.
            Play Sims Stories at Yahoo! Games.