Re: [SSR-Klub] (Ned info) Reksadana

  • moza
    Message 1 of 13 , Feb 5, 2007

      mb. yunita salam kenal....

      Reksadana

      Merupakan produk turunan dari surat berharga, dimana Mutual Fund atau Reksadana merupakan bentuk portfolio suatu asset yang dibentuk oleh manager investasi dari dana masyarakat yang dikumpulkan .

      Konsepnya kumpulan investor dibentuk dalam suatu wadah kolektif melakukan investasi ke saham, obligasi atau lainnya melalui Manager Investasi atau orang yang dianggap pakar atau ahli yang diharapkan dapat memilihkan dan mengelolakan dana secara menguntungkan para investornya. Dalam aktivitasnya manager investasi tersebut dibatasi dengan aturan baik dari Bapepam sebagai lembaga pengawas ataupun kesepakatan para pemegang saham yang di tuangkan dalam bentuk kontrak kerja.

      Di Indonesia dikenal dua jenis Reksadana yaitu Reksadana terbuka dan tertutup. Reksadana tertutup dibentuk dengan mendirikan perseroan terbatas, sehingga investornya sama seperti pemegang saham secara umum. Contohnya BDNI Reksadana

      Bentuk reksadana lainnya bersifat terbuka, yang dikenal seperti banyak reksadana lainnya, reksadana ini hanya diperjual belikan melalui manajer investasi , tidak diperdagangkan dibursa.

      Seperti halnya Saham, reksadana mendapatkan keuntungan dari pergerakan harga, deviden dan atau bunga obligasi. Komponen tersebut direfleksikan dalam satuan harga reksadana yang dikenal dengan istilah NAB (Nilai aktiva bersih). Selanjutnya Masyarakat membeli dan menjual reksadana berdasarkan pergerakan nilai NAB plus biaya jual dan beli jika ada. NAB atau Harga Reksadana tersebut ditetapkan berdasarkan Portofolionya dan disesuaikan setiap hari dengan mempertimbangkan batas waktu ordernya.

      kalau mb. yunita pengen tahu fund manager yg bagus bisa lihat di majalah investor, sebulan terbit 2 x. kalau saya sig di makinta mantap, trimegah kapital dan manulife.

      moza.

      08161864545

      Message 2 of 13 , Feb 13, 2007
        kalo untuk reksadana saham keuntungannya apakah hanya dari kenaikan
        NAB ?tq
        --- In SSR-Klub@yahoogroups.com, mohamad alfarisi <alfarisi97@...>
        wrote:

        > Assalamu'alaikum, salam kenal
        >
        > Saya anggota baru di milis ini.
        >
        > Saya cuma menambahkan penjelasan dari mas Iman mengenai reksa
        dana. Selain dari yang sudah disebutkan di bawah ini, ada satu jenis
        reksa dana yang mulai diperkenalkan saat ini yaitu reksa dana
        syariah.Reksa dana jenis ini merupakan reksa dana yang portofolio
        investasinya terdiri dari saham dan obligasi yang sesuai dengan
        syariah. Jadi kalau anda termasuk orang yang ingin berinvestasi
        sesuai syariah maka jenis reksa dana ini boleh dicoba.

> [...]
        > http://www.danareksa.com/home/
        >
        > Mohon maaf ini bukan promosi cuma sekedar informasi.
        >
        > Semoga bermanfaar
        >
        > Wassalam.
        >
        > Mohamad Fany Alfarisi
        > Department of Business Administration
        > Kuliyyah of Economics and Management Sciences (KENMS)
        > International Islamic University Malaysia (IIUM)
        > Jalan Gombak 53100 Kuala Lumpur Malaysia
        >

        > imansyah sutrisno <imansyah_sutrisno@...> wrote:
        > Dear M'Yuni,
        >
        > Salam kenal, wah kayaknya mbak Yuni agak ketinggalan nich. Tapi
        lebih baik terlambat dari pada tidak sama sekali. Itu juga yang
        membuat saya membuka portofolio saya di reksadana saham sebulan yang
        lalu. Orang udah dapat return sampai 50%, saya baru masuk.
        Terlambat!!!tidak juga juga buktinya untung saya masih bisa lebih
        tinggi dibandingkan dengan deposito atau tabungan.
        > Sepengetahuan saya ada beberapa jenis reksadana, yaitu
        > 1. Reksadana Saham (yang hampir semua portofolio investasinya di
        saham)
        > ----->Ini reksadana dengan resiko yang terbesar tapi returnnya juga
        besar
        > 2. Reksadana Pendapatan Tetap (hampir semua portofolionya di SBI,
        Obligasi Milik pemerintah)
        > -----> Ini reksadana dengan resiko yang terkecil tapi tentunya
        returnnya juga kecil
        > 3. Reksadana pasar uang (hampir semua portofolionya di gunakan
        untuk valas)
        > -----> Ini reksadana dengan resiko sedang dan tentunya returnnya
        juga fluktuasi kadang gede kadang kecil.
        > 4. Reksadana Kombinasi (portofolionya meliputi saham, pasar uang
        dan obligasi pemerintah dan perusahaan dengan peringkat AAA)
        > ------> Ini reksadana dengan resiko sedang tapi return bisa gede
        loh hampir sama seperti reksadana saham.
        > 5. Reksadana terproteksi (portofolionya hampir sama dengan
        pendapatan tetap)
        > -----> Ini reksadana baru, mungkin baru setahunan ini. Resikonya
        hampir tidak ada, kecuali manager investasinya tutup kali ya.
        Returnnya sedang.
        > Dari kelima reksadana tersebut mbak Yuni dapat memilih mana
        karekteristiknya sesuai dengan mbak Yuni. Kalau Mbak, orangnya gak
        jantungan dan risk taker tentunya akan memilih reksadana saham, tapi
        kalau mbak risk averse tentunya memilih reksadana pendapatan tetap
        atau terproteksi.
        > Banyak kok mbak manager investasi di Indonesia, mbak bisa baca
        historis transaksi mereka tiap hari koran Bisnis Indonesia. Saya
        pribadi sich main di Reksadana Saham dengan manager Investasi
        Trimegah Securitas, modalnya gak gede hanya 250,000.00 sekali
        transaksi.
        > Mungkin cuma itu aja yang bisa dishare dengan mbak, mungkin rekan-
        rekan yang lain bisa menambahkan.

> [...]
        >
        > ---------------------------------
        > Have a burning question? Go to Yahoo! Answers and get answers from

      • Iwan D. Santoso
        Message 3 of 13 , Feb 13, 2007
          Jawabnya Pasti

          Untuk semua jenis reksadana keuntungan berdasarkan
          berapa unit penyertaan yang kita miliki, nah tiap-tiap
          unit tersebut ada nilainya yaitu NAB (Nilai Aktiva
          Bersih) dengan nilai rupiah sekian.

          contoh:
          anda mempunyai unit penyertaan: 300 unit
          Harga/unit untuk bulan januari Rp 1000.
          berarti nilai uang anda di reksadana Rp 300000.
          nah pada bulan februari keadaan bursa saham di
          indonesia naik atau IHSG naik (atau komponen-komponen
          lain yang membuat NAB naik) dan harga/unit menjadi Rp
          1500 maka uang anda menjadi Rp 450000.

          untuk tambahan saja reksadana saham sebagian besar
          uang yang terkumpul dari nasabah digunakan untuk
          investasi pembelian saham oleh manajer investasi. jadi
          keuntungan dari RS saham berasal dari turun-naiknya
          saham dari perusahaan-perusahaan tersebut dan
          pandainya si manajer investasi dalam penentuan kapan
          waktu yang tepat untuk membeli dan menjual saham suatu
          perusahaan.

          cukup sekian dari saya
          terima kasih
          Iwan D Santoso
          www.cabejawapedes.blogspot.com

          --- ericerijanto <ericerijanto@...> wrote:

          > kalo untuk reksadana saham keuntungannya apakah
          > hanya dari kenaikan
          > NAB ?tq

          Now that's room service! Choose from over 150,000 hotels
          in 45,000 destinations on Yahoo! Travel to find your fit.
          http://farechase.yahoo.com/promo-generic-14795097
        • sofie_w
          Message 4 of 13 , Feb 13, 2007

            Pak boleh tau reksadana mana ?

            Salam,

            Sofie

            --- ericerijanto <ericerijanto@ yahoo.com> wrote:

> [...]

            Now that's room service! Choose from over 150,000 hotels
            in 45,000 destinations on Yahoo! Travel to find your fit.

          • Budi Sumartoyo
            Message 5 of 13 , Feb 13, 2007

              Perkenalkan saya anggota baru milis ini, mau nanya mengenai reksadana saham.

              Apakah portfolio yang dimiliki suatu reksadana saham sifatnya tetap atau bisa berubah-ubah ?  Misalnya portfolio reksadama saham “A” pada akhir desember 2006 terdiri dari ; PGAS, ASII, BDMN, CTRA dan TLKM, kemudian mungkinkah selama bulan Januari 2007 si-fund manager melakukan penjualan dan pembelian saham, sehingga portfolio pada akhir januari 2006 misalnya menjadi TINS, AALI,  BBRI, BRPT dan KIJA ?

              Maaf kalau sebelumnya pernah ditanyakan.

              Terimakasih,

              Budi. S

> [...]

              Now that's room service! Choose from over 150,000 hotels
              in 45,000 destinations on Yahoo! Travel to find your fit.

            • rudi yanto
              Message 6 of 13 , Feb 14, 2007
                Salam semuanya,

                Sudah lama tidak ikut nimbrung lagi karena lagi pada sibuk beres2 setelah banjir.
                Setahu saya hanya jenis reksa dana pendapatan tetap dan terproteksi yang membagikan dividen, tapi itupun tidak banyak, jadi bisa dibilang keuntungan dari reksa dana saham itu berasal dari selisih NAB.

                Reksa dana yang bagiin dividen itu kaya manulife pendapatan bulanan, Schroder Dana Andalan (dulunya, sekarang kaga tahu).

                Untuk jenis Reksa Dana Pasar Uang dan Reksa Dana Pendapatan Tetap yang NAB selalu 1000 itu dapat biasanya mendapat dividen dalam bentuk tambahan unit penyertaan.

                semoga bermanfaat

                target=_blank rel=nofollow>http://www.perencan akeuangan. com/files/ RagamInvestasi. html
> [...]
                >
                > ------------ --------- --------- ---
                > Have a burning question? Go to Yahoo! Answers and get answers from

                TV dinner still cooling?
                Check out "Tonight's Picks" on Yahoo! TV.
              • Antono Legowo
                Message 7 of 13 , Feb 14, 2007
                  Untuk Anda yang awam tentang Reksadana, silakan buka di www.bapepam.go.id pilih menu reksadana
                  Kemudian anda bisa cari informasi tentang reksadana (ada file2 pdf yang bisa membantu kita)

                  Message 8 of 13 , Feb 15, 2007
                    Pak Budi,

                    Di www.infovesta.com portofolio reksa dana untuk saham diperbaharui setiap hari. kalau mau, anda juga bisa membandingkannya dengan portofolio reksa dana yang lain berikut ini saya sertakan salah satu contohnya informasi yang biasa saya akses di www.infovesta.com

                    Semoga bisa membantu pedoman investasi anda.

> [...]

                    Now that's room service! Choose from over 150,000 hotels
                    in 45,000 destinations on Yahoo! Travel to find your fit.

                    Sucker-punch spam with award-winning protection.
                    Try the free Yahoo! Mail Beta.
                  • Agung Srisadhana
                    Message 9 of 13 , Mar 4, 2007

                      Dear Moderator ,
                      Saya lama nggak dapat article atau kiriman email .
                      apa sudah tidak terdaftar dalam listnya SSR ?
                      mohon infonya .

                      terima kasih sebelumnya
                      agung