property Vs Reksadana obligasi

  • Made Allan Pribadi
    Message 1 of 8 , Aug 3, 2004
      Teman-teman sekalian
      Apakah ada yang pernah membandingkan mekanisme investasi yang lebih
      menguntungkan antara membeli rumah dengan pembelian reksadana obligasi?
      Terimakasih atas komennya
      Rgds
      Allan
    • hari yudi
      Message 2 of 8 , Aug 3, 2004
        untuk retail mekanisme investasi obligasi (khusus utk obligasi pemerintah VR/ FR)  lebih mudah dan cukup menguntungkan dalam jangka waktu sekitar 5 th-an.

        Obligasi sudah menjadi produk perbankan, saya baru tau di citibank(dulu min 250 jt,skrng mungkin sdh naik) caranya mirip deposito aja( bila investasi jangka waktu 5 taun) kurang dari itu tergantung pasar.

        klo property memang lebih menguntungkan, bila disewakan tp di negara ini urusannya puuuaanjaaang bgt!( kecuali yg sdh sering main shg tau jalan nya ) dan tidak likuid

        kekurangan dua-2nya adalah harus punya duit banyak......!

        semoga membantu,
        hari

        www.perencanakeuangan.com

      • nine dharmawan
        Message 3 of 8 , Aug 3, 2004
          Saudara Made, saya tdk terlalu tahu ttg reksadana..malah lg pingin mempelajarinya
          Kebetulan saya pernah di Ray White, sekarang lagi mau membuka consultant property sendiri. Sepengetauan saya, investasi di bidang property sangat bagus, asal tau di property mana uang kita mau diinvestasikan. Hanya saja diperlukan dana yang cukup lumayan jika kita mau investasi di property. Kalau kita ingin memulainya, saya sarankan memulai dg membeli property yang tidak terlalu besar harganya. Kalau kita belum cukup mengerti mengenai investasi di dunia property, saya sarankan kita bertanya ke consultant property. Sekedar bertanya kira2 kalau disesuaikan dg budget kita yang ada...dg asumsi property yang akan kita beli akan diinvestasikan, property mana yang bagus saat ini. Jangan khawatir anda tdk hrs membayar & membeli property yang ditanyakan.
          Maaf sekali saya tidak bisa menjelaskan scr rinci point2 apa saja yg hrs diperhatikan jika kita mau invest di property krn keterbatasan waktu, insyaallah saya akan menjelaskannya nanti

        • arif_budi_h
          Message 4 of 8 , Aug 4, 2004
            Menurut hemat saya, tergantung dari jumlah dananya.
            Dua-duanya OK.

            Sebelum berinvestasi, siapkan dulu dana darurat utk keluarga anda
            sendiri minimal 3 s.d 6 bulan biaya hidup. Saran saya, simpan di
            suatu rekening yg mudah cair, misal: sebagian di tabungan, sebagian
            di deposito, dan sebagian reksadana pasar uang.

            Kemudian baru pilih mau investasi rumah atau reksadana obligasi.

            Kalau reksadana obligasi, masuk di kategori reksadana pendapatan
            tetap, kurang lebih bisa memberikan return investasi sekitar 10%-14%
            pertahun. Kelebihannya, bisa beli kapan aja dgn dana yg sudah mas
            made punya saat ini, dan sewaktu waktu kalau ada duit lagi...bisa
            invest lagi... dan seandainya butuh dana, di cairkannya relatif
            mudah.
            kekuranganya... jika obligasinya default atau manager investasinya
            di bubarin... bisa bisa duit nggak kembali...tapi kemungkinan ini
            nggak besar kok...

            Nah..kalau mau dijadiin rumah...itu juga bagus, masalahnya, utk beli
            rumah, butuh dana yg relatif besar. Dgn dana yg ada dijadikan uang
            muka utk KPR jg bisa...kalau anda beli rumah, rumah ini bisa di
            kontrakkan shg bisa memberikan pasif income buat anda..
            kelebihan membeli rumah, memiliki potensi kenaikan harga yg tinggi,
            asal faktor lokasinya bagus.
            Kekurangan membeli rumah, jika kita membutuhkan uang cash, butuh
            waktu relatif lama utk di cairkan.

            Saya sendiri lebih cenderung jika dananya cukup, dibeliin rumah aja
            asal dana darurat kita sudah punya... dana darurat ini utk jaga jaga
            aja kalau kita masuk rumah sakit, di phk, dsb, kita jadi nggak buru
            buru or ada waktu buat mencairkan aset yg sudah kita miliki.

            Sekian,
            Arif Budi Harsono

            --- In SSR-Klub@yahoogroups.com, "Made Allan Pribadi"
          • Made Allan Pribadi
            Message 5 of 8 , Aug 6, 2004

              Dear miliser,

              Investasi pada bidang property di Indonesia keuntungannya utamanya diharapkan dari penyewaan atau penjualan kembali?

              Rgds

              Allan

              Message 6 of 8 , Aug 6, 2004
                Sepengetahuan saya untuk reksadana jika manajer investasi bubar uang
                tetap aman karena berada di tangan bank custodian, tapi setelah membaca
                jawaban Pak Arif saya jadi ragu yang benar yang mana?
                Regards
                Allan

                <mpribadi@u...> wrote:
> [...]
                > Apakah ada yang pernah membandingkan mekanisme investasi yang lebih
                > menguntungkan antara membeli rumah dengan pembelian reksadana

                www.perencanakeuangan.com

                Yahoo! Groups Links
              • Wirjodibroto Didi
                Message 7 of 8 , Aug 6, 2004
                  Salam kenal,

                  Sepanjang pengetahuan saya fungsi bank custodian adalah sebagai bank penitipan atau bank yang menyimpan harta dari suatu asset reksadan, bukannya sebagai bank penjamin. Sehingga jika terjadi sesuatu (misalnya liquidasi), maka bank custodian tersebut sama sekali tidak bertanggung jawab langsung terhadap nasabah management investasi tersebut.

                  Memang betul bahwa harta nasabah tetap aman, karena tetap tersimpan rapi di Bank Custodian. Tetapi, pihak yang bertanggung jawab langsung terhadap investasi nasabah adalah manager investasi yang bersangkutan.

                   Beberapa hal yang perlu diperhatikan untuk keamanan Reksadana:
                  1. Fund Manager tersebut harus mempunyai izin dari BAPEPAM (Badan dan Pembina Pasar Modal).
                  2. Mempunyai bank custodian yang juga sudah memiliki izin dari BAPEPAM untuk menyipan harta asset reksadana
                  3. Amati reputasi dari NAB (nilai aktiva bersih) dari reksadana tersebut
                  4. Lihat kinerja dari manager investasi tersebut
                  5. Cari informasi dari kastemer yang sudah memiliki asset reksadana yang mau dibeli

                  Terimakasih, jika ada yang masih kurang mohon maaf karena kami juga masih dalam proses pembelajaran.

                  Hormat kami,

                  Didi S (Financial Solution, "One Stop Financial Service")

                  <mpribadi@u...> wrote:
> [...]
                  > Apakah ada yang pernah membandingkan mekanisme investasi yang lebih
                  > menguntungkan antara membeli rumah dengan pembelian reksadana

                  www.perencanakeuangan.com

                  Yahoo! Groups Links

                  www.perencanakeuangan.com

                  Do you Yahoo!?
                  Yahoo! Mail is new and improved - Check it out!

                • Ajie
                  Message 8 of 8 , Oct 21, 2004
                    Hallo Bapak Dharmawan salam kenal
                    saya Ajie Dari Balikpapan

                    Saya mau coba jadi salesnya property, mungkin bapak bisa bagi pengalamnya