Tanya tentang crossrate

  • Djoko Pribadi
    Message 1 of 10 , Sep 5, 2006
      Rekan-rekan milis ssr, tolong dijelasin ya apa itu teknik crossrate ?

      Saya pernah dapat sms dari pialang valas yg mengatakan dng teknik crossrate maka sesorang yg berinvestasi di valas dapat memperoleh keuntungan dan menekan dapat menekan lost.

      Namun kurang detail dan tdk ada contoh atau data perhitungan yg mendukung yg bisa disebut untung atau menekan lost. Nah kalau ada yg punya pengalaman tolong di share ya.
      Trima kasih/DP

      Get your email and more, right on the new Yahoo.com

    • Susan
      Message 2 of 10 , Sep 8, 2006
        Pak Djoko,

        Saya belum punya cukup pengalaman dalam bermain valas, tapi saya akan coba menjelaskan apa sebenarnya pengertian crossrate itu.
        Dalam dunia Foreign Exchange (Forex) dikenal istilah Hard Currency dan Soft Currency.
        Hard Currency adalah mata uang yang sering digunakan sebagai alat pembayaran dan kesatuan hitung internasional, mis: USD, Yen, Euro, GBP.
        Soft Currency adalah mata uang yang jarang digunakan sebagai alat pembayaran dan kesatuan hitung internasional, karena nilainya tidak stabil sehingga sering mengalami depresiasi terhadap mata uang lainnya. Mis: Rp,Baht,Won.

        Data di market biasanya menggunakan Hard currency sebagai patokan nilai suatu soft currency.
        Mis :
        SPOT USD/IDR = 9100/9120
        SPOT USD/JPY = 120.45/120.55

        Untuk mengetahui kurs JPY/IDR dilakukan perhitungan Crossrate.
        Maka kurs JPY/IDR adalah
        Bid    : 9100/120.55    =    75.49
        Offer : 9120/120.45    =    75.72

        Demikian contoh perhitungan Crossrate, semoga bermanfaat.

        Regards,
        Susan

        Message 3 of 10 , Sep 10, 2006
          Terima kasih mbak Susan, atas penjelasan nya.

          Mungkin dng teknik tsb (dari contoh) didapat rate antara Yen ke Rp. Kemudian dicocokkan dng kondisi di pasar berapa sebenarnya.  Sehingga para pelaku valas dapat melakukan tranksaksi minimal 3 mata uang ( $ , Yen , Euro , dan Rp sbg center basis transaksi). Dng melihat kondisi inflasi, neraca perdagangan , politik, keamanan dll  dari masing2  mata uang asing tsb maka pelaku pasar akan melakukan switching dari $ ke Yen atau sebaliknya. Untuk mendapatkan keuntungan yg maksimal. Apa begitu yah ??

          Wah zadinya malah ngelantur pada hal belum belum tentu benar, tapi kan ndak apa2 namanya zuga ilmu baru. Mari kita gali biar kawan2 zuga bisa mengerti bagaimana kalau kita zadi pelaku valas.

          Mohon mbak Susan kasih koreksi keterangan diatas, masih terkait dng crossrate.

          terima kasih dan salam / DP

          Susan <b_susan@...> wrote:
[...]

          Get your own web address for just $1.99/1st yr. We'll help. Yahoo! Small Business.

          How low will we go? Check out Yahoo! Messenger’s low PC-to-Phone call rates.

        • Dave
          Message 4 of 10 , Sep 15, 2006
            mungkin sdikit saya tambahkan ttg princian crossrate. dalam dunia valas, acuan rate smua currencie umumnya adalah usd, x: eur/usd, gbp/usd, dll, nah yg di sbt cross rate adlah antar rate, yg artinya rate mata uang tsb tdk mengacu pd usd tp ke mata uang negara maju lainnya, x:
            eur/gbp, gbp/jpy (sring dijulukin gajah), dll. bila ingin tau lbh byk ttg fx-trading, bisa YM saya, tp kasi brita dari siapa ya...biar jelas...takut dg org asing soale...:D
            --
            d'dave
            I give you free consultation
            Message 5 of 10 , Sep 16, 2006
              Dear pak David,

              Trima kasih atas kesediaannya membalas e-mail saya .
              Namanya juga baru belajar ilmu investasi.
              Nah pak david udah kasih sedikit penjelasan, mungkin bisa dibongkar2 lagi yang lb banyak. Dng contoh perhitungan, yg nama nya bisa menekan lost atau bisa untung sampai 30 % kata pialang forex. Ini yg membuat aku kurang copy.
              Mohon pak David kalau bersedia.

              terima kasih/ Djoko P

              Message 6 of 10 , Sep 16, 2006
                Betul Pak Djoko,
                Kalau kita bermain valas hanya dengan 2 mata uang dengan salah satu sebagai based currency, maka kita tidak akan mendapatkan keuntungan maksimal. Bukankah tidak selamanya suatu mata uang berfluktuasi ? Sementara kita tahu bahwa pilihan mata uang yang paling tepat untuk bermain forex adalah mata uang yang sedang berfluktuasi. Jika mata uang tersebut telah stabil, bagaimana kita mendapatkan spread-nya?
                Disinilah crossrate berfungsi, untuk melihat prediksi keuntungan jika kita bermain dengan mata uang lain.
                Satu hal yang cukup penting saya tambahkan jika Pak Djoko tertarik bermain forex, anda harus mengikuti berita2 dari negara yang mata uangnya merupakan underlying investasi anda. Bagaimana berita2 itu dapat mempengaruhi pergerakan kurs mata uangnya. Berita2 itu juga dapat anda gunakan sebagai dasar keputusan anda memilih mata uang mana yang paling tepat untuk anda jadikan underlying investasi anda.
                Memang sekarang banyak manager investasi yang dapat membantu kita mengelola dana, ataupun broker2 valas yang siap memberikan informasi mengenai pergerakan kurs. Tapi tidak ada salahnya kita mengetahui hal-hal yang dapat mempengaruhi investasi kita.

                Regards,
                Susan

                Message 7 of 10 , Sep 23, 2006
                  Dear mbak Susan,

                  Thanx berat comment dan penjelasan ttg crossrate , semoga kawan di millis ini bisa menjadi mengerti seluk beluk dalam melakukan transaksi valas. Yg merupakan salah satu bentuk investasi.
                  Best Regards / Djoko P

                  Message 8 of 10 , Sep 26, 2006
                    Mohon bantuan apa ada yg bisa sharing pengelolaan kesehatan perusahaan/kelompok tanpa asuransi karena ada saudara penelitian thx
                    mohon bantuan

                    Get your email and more, right on the new Yahoo.com