Re: [Pendaki] OOT:6 Mahasiswa UIN Yogja Tersesat di G.Salak<<

  • nanda devi
    Message 1 of 12 , Feb 1, 2010
      pot...
      koq loe gak ikut bantuin tim SAR seh?? khan loe sering maen ke g.salak...berarti khan dah tau byk jalur tuh...

      salam prihatin
      *nanda

      From: Bagdja Nugraha <bagja2000@gmail. com>

      To: Pendaki@yahoogroups .com

      Date: Sunday, January 31, 2010, 2:43 PM

      Mudah-mudahan mereka dalam kondisi yang baik dan dapat kembali pulang

      ke keluarga masing-masing. Semoga kejadian ini menjadi peringatan bagi

      kita yang akan mendaki gunung agar selalu berhati-hati,

      memperhitungkan dengan seksama kondisi cuaca serta menyiapkan fisik

      dan mental.

      Memang dalam musim penghujan seperti ini, mendaki Gunung Salak sangat

      berbahaya. Walau ketinggian Gunung Salak kalah dari Gunung Gede, namun

      Gunung Salak lebih rentan akan bahaya. Jalur pendakian lebih sulit,

      lembab, dan sulit mendapatkan air.

      Hipotermia juga menjadi salah satu faktor terbanyak terjadinya

      kecelakaan disaat mendaki bahkan sampai menyebabkan kematian.

      Halusinasi yang sering terjadi saat hipotermia menyerang dapat

      mengakibatkan kontrol dan konsentrasi pendaki merosot jauh.

      Jalur pendakian resmi terkadang hanya slogan saja, malah menjadi

      pemasukan pribadi preman-preman gunung. Sedangkan fasilitas keamanan

      pendakian tidak ada perhatian oleh pihak-pihak yang mengutip tiket

      masuk ke jalur-jalur tersebut.

      Saya heran dengan kebijakan menarik tarif yang besarnya bisa ratusan

      ribu rupiah per-orang untuk tiket masuk mendaki ke gunung, seperti ke

      Gunung Gede - Pangrango. "Untuk mencegah banyaknya pendaki yang naik

      sehingga mencegah kerusakan ekosistem gunung", demikian katanya.

      Sebuah logika yang kebelinger bin kebablasan.

      Kalau kebijakannya seperti itu, saya kira bukannya membatasi orang

      yang akan mendaki gunung malah akan membuat orang akan mencari jalur

      berbahaya untuk dapat bebas mendaki gunung. Lihatnya, pasti akan

      banyak pendaki-pendaki pemula yang tidak dapat membayar tarif ratusan

      ribu memilih mencari jalur alternatif. Sehingga malah membahayakan

      mereka. Padahal mereka adalah generasi muda yang ingin dekat dengan

      alan. Dan sudah seharusnya para birokrat yang terhormat

      mempertimbangkan hal ini.

      Salam Pendaki,

      Bagja

    • Chepot Chepot
      Message 2 of 12 , Feb 1, 2010
        .cuma sekali k salak,..cuma tau jalur resmi,..

        ngsar orang..?? ntar gw lagi yg di SAR..:)

        ________________________________
> [...]

        > http://www.facebook .com/group. php?gid=40560902 054

        > "Persahabatan terjalin, persaudaraan terengkuh, bersama mengukir cinta

      • Emil Emierdhynie
        Message 3 of 12 , Feb 1, 2010
          Kalo yang nyasar ce cakep,jomblo...kinyis2 gitu mau ngesar ga Bang Cepot
          ?

          ________________________________

          Message 4 of 12 , Feb 1, 2010
            ho'ohh
            menunggu luna maya dan dian satro nyasar k tenda gw..
            nahh iniii gw demenan
            gw sar dweh ...he he

            ________________________________

            ____________ _________ _________ __

> [...]

            > http://www.facebook .com/group. php?gid=40560902 054

            > "Persahabatan terjalin, persaudaraan terengkuh, bersama mengukir cinta

          • bajindul_jindul
            Message 5 of 12 , Feb 1, 2010
              katanya dah ga doyan perempuan.....
              katanya sering disakiti.......
              katanya....katanya.....

              --- In Pendaki@yahoogroups.com, Chepot Chepot <chepotchepot@...> wrote:

              > ho'ohh
              > menunggu luna maya dan dian satro nyasar k tenda gw..
              > nahh iniii gw demenan
              > gw sar dweh ...he he

            • Chepot Chepot
              Message 6 of 12 , Feb 1, 2010
                mau ngtes..?
                sini kasih bini lo ke gw..xixi

                di jamin eveknya 9 bulan dweh..:)

                ________________________________
                > menunggu luna maya dan dian satro nyasar k tenda gw..
                > nahh iniii gw demenan
                > gw sar dweh ...he he

              • bajindul_jindul
                Message 7 of 12 , Feb 1, 2010
                  emang anak gadis kaga ada lagi yg mauw ame ente pot?

                  Message 8 of 12 , Feb 1, 2010
                    bini lu gw anggap masih gadis dweh...
                    tp di mandiin kembang sebersih bersihnya dulu,..bekas jiddad soale..xixi